Lifestyle

4 Tips Foto di Pantai Dengan HP: Instagrammable dan Artistik

Source: Racool Studio

Sekarang, kamu nggak usah beli kamera DSLR untuk mendapatkan foto yang instagramable dan aesthetic, karena kamu bisa mendapatkanya dengan menggunakan HP kamu. Mau tahu trik untuk mendapatkan foto yang artistik dengan HP? Yu, simak 4 tips foto di pantai dengan HP di bawah ini!

1. Pilih waktu antara saat matahari terbit atau tenggelam

Source: Rawpixel.com

Tips foto di pantai dengan HP yang utama adalah penentuan waktu. Kalau kamu scrolling foto pantai di Instagram, kamu akan melihat bahwa kebanyakan foto aesthetic diambil di pagi hari, sore hari, atau di saat ketika pantai terlihat terangi.

Pastikan kamu punya cahaya yang cukup sebelum memotret agar semuanya terlihat jelas. Kalau kamu kekurangan cahaya, kamu bisa menaikan cahaya yang ada di kamera dengan Settings. Jika tidak dibutuhkan, matikan flash agar cahaya di foto rata (tidak fokus ke satu bagian saja).

Selain cahaya, kamu harus memastikan bahwa angle yang digunakan juga pas. Apakah anglenya akan menghasilkan backlight? Apakah posisi kamera akan membuat orang-orang terlihat menunduk di foto?

Tentu saja, props dan pakaian juga bisa membantu sesi pemotretan di pantai. Hindari baju putih, terlebih lagi jika kamu mau foto saat sunrise dan sunset. Baju putih tidak memberikan hasil siluet yang maksimal.

2. Gunakan Teknik low speed dengan mengatur shutter speed

Source: spacedrone808

Apakah kamu pernah melihat foto air yang terlihat seperti embun, atau foto yang ada garis cahayanya? Jika iya, maka kamu sudah pernah melihat foto dengan teknik low speed.

Teknik low speed adalah teknik dimana fotografer mengatur shutter lensa sedemikan rupa sehingga ia bisa menangkap efek yang lebih dramatis seperti air yang terlihat lembut, senja yang lebih merah dari aslinya, cahaya mobil terlihat seperti baris, dan lain-lain. Teknik ini cocok untuk mereka yang ingin membuat foto mereka terlihat pop out tanpa menguras tenaga.

Kalau kamu menggunakan Android, kamu bisa menggunakan aplikasi di Play Store untuk mendapatkan efek unik ini. Jika kamu adalah user iPhone, selamat kamu bisa mengatur shutternya secara manual. Berikut cara mengubah kecepatan shutter di iPhone:

  • Pergi ke Pengaturan atau Settings di Kamera (iconnya roda)
  • Pergi ke bagian bawah dan cari “Shutter Speed.”
  • Setelah kamu menemukannya, cari speed yang cocok untuk kamu dan pilih speed tersebut.

Langkah tips foto di pantai dengan HP di atas cukup mudah, kamu bisa menggunakan trik low speed untuk mempercantik hasil jepretanmu di pantai.

Baca juga: Kelebihan iPhone dibanding Android

3. Gunakan fitur HDR

Source: wirestock

Salah satu hal yang membuat foto sunset unik adalah perbedaan di antara sunset itu sendiri dengan landscape atau subjek yang cenderung lebih gelap daripada sunsetnya. Nah, disini lah dilemma terjadi. Bagaimana caranya agar kita bisa menangkap cahaya dari sunset tanpa harus mengganggu landscape yang low light? HDR jawabannya.

Fitur HDR adalah fitur yang bisa membantu kita untuk mendapatkan foto sunset dengan kontras yang tepat. HDR di kamera iPhone melakukannya dengan mengambil lebih dari satu foto dengan exposure cahaya yang berbeda-beda. Setelah mengambil berbagai foto, HDR akan menyatukan foto tersebut sehingga kamu akan mendapatkan foto dengan exposure cahaya yang berbeda-beda. Keren, bukan? Fitur ini juga sudah ada di beberapa HP Android lho.

Kekurangan dari fitur ini adalah setinggannya yang cukup kompleks. Kalau kamu gagal setting fiturnya dengan baik, hasil fotonya akan menjadi low quality. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tripod agar HP yang digunakan tidak goyang ketika mengambil fotonya. Dengan stabilizer seperti tripod, HP-nya akan stabil sehingga subjeknya tidak akan goyang atau blur.

4. Pakai aksesoris yang akan lebih mewarnai fotomu

Source: unahuizi photography

Pemandangan sudah oke, lightning sudah oke, tapi fotonya masih terlihat sepi dan biasa saja? Tips foto di pantai dengan HP selanjutnya adalah memakai aksesoris! Kamu bisa menggunakan topi, kalung, ikat pinggang, kacamata hitam, dan hal lainnya yang bisa memberikan vibe yang keren seperti model.

Ingin memberikan kesan yang lebih bold? Kamu bisa menggunakan properti seperti tikar atau mencari batu aesthetic sekitar pantai. Apapun properti dan aksesorisnya, hal ini akan membuat foto kamu terlihat lebih menarik, rame, dan keren.

Source: Freepik

Kalau kamu tidak tahu harus melakukan pose apa, kamu bisa melakukan pose candid yaitu pose dimana kamu tidak melihat kamera untuk memberi kesan “natural.” Enaknya candid, kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau sebagai pose. Kamu bisa berjalan, lompat, tertawa lepas – semua bisa dianggap sebagai pose candid asal kamu tidak melihat kamera.

Kalau kamu merasa pede, kamu bisa menggabungkan properti/aksesori dengan pose candid untuk menghasilkan foto yang keren, Instagrammable, dan seru. Tidak usah takut untuk melakukan pose unik, karena pose unik pun akan terlihat menawan apabila angle fotonya tepat. Tunjukan kreatifitasmu disini dan buat foto yang keren dari HP apapun yang kamu gunakan untuk mengambil fotonya – iPhone, Xiaomi, Realme, semuanya bisa digunakan.

Baca juga: Kekurangan iPhone daripada Android

Spek Harus, Skill pun Harus

Source: Freepik

Dari tips di atas, kita bisa melihat bahwa spek tinggi dan perangkat yang mahal hanyalah beberapa faktor yang bisa menentukan hasil jepretanmu. Jika kamu ingin mendapatkan foto yang berkualitas, kamu harus melakukan beberapa tips foto di pantai dengan HP di atas.

Sayangnya, tidak semua HP menyediakan kamera berkualitas. Jika ada, harganya bisa menguras tabungan kita. Kalau kamu mau HP yang tidak membuat kantong kosong, kamu bisa membeli HP second di Jagofon. Meskipun second, handphone di Jagofon memiliki kualitas setara dengan handphone baru karena proses screening dan test yang dilakukan oleh Jagofon. Jadi, kamu tidak usah khawatir karena handphone dari Jagofon akan selalu berfungsi dengan baik. Apabila ada informasi khusus mengenai handphonenya, Jagofon akan memberitahumu lewat website mereka.

Jadi, dengan Jagofon, kamu bisa mendapatkan HP kualitas baru dengan harga yang murah. Kalau kamu masih belum yakin, cek Jagofon sekarang dan pilih handphone yang cocok untuk beach trip kamu!