Lifestyle

5 Alasan Macbook Air Sangat Cocok Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Dilansir dari Canalys Newsroom, pasar Macbook dari tahun 2021 meningkat 8% dan menempati urutan ke 4 laptop terlaris di Indonesia di tahun 2022. Sedangkan, laptop jajaran di atasnya mengalami penurunan pangsa pasar rata-rata sebesar 10%. Ini menunjukan bahwa orang Indonesia mulai melirik Macbook sebagai device penunjang aktivitas mereka.

Mengapa Macbook Air? Well, secara garis besar, dari segi harga, desain dan sistem operasi, Jagofon merasa Macbook Air sudah cukup untuk menunjang kegiatan kreatif maupun edukatif bagi para pelajar. Buat kamu yang lagi cari-cari laptop, yuk simak kenapa Macbook Air bisa jadi pilihan tepat untuk penunjang kuliahmu!

1. Si Ringan dengan Kekuatan Besar

Sebagian besar orang pasti sudah hafal dengan tampilan minimalis dan futuristik ala laptop besutan Apple ini. Berbeda dengan Pro, Macbook Air tidak disertai dengan kipas, hal ini yang membuat Macbook Air hadir dengan mode senyap dan ramping dari segi desain. Sangat cocok untuk pelajar yang aktif karena Macbook Air praktis dibawa kemanapun.

Modelnya yang ramping dan lebih ringan ini tidak semerta-merta membuat performanya ikut turun. Macbook Air dengan chip M1 saja didesain dengan 16 miliar transistor yang membuat kinerja dan pemakaian dayanya efisien. CPU 8 inti di M1 tidak hanya cepat, namun juga mampu bertahan 18 jam untuk mengerjakan tugas sehari-hari. GPU 7 inti juga membuat grafik dan transisi layar mulus serta akurat.

Baca juga: Jajaran HP 5G Termurah versi Jagofon

2. Aplikasi Berlimpah dan Fleksibel

Source: macgasm.com

Semua aplikasi andalan yang biasa kamu dapat di iPhone juga pasti ada di Macbook Air, dengan lebih dari 10.000 aplikasi dan plug-in termasuk Microsoft 360 dan aplikasi favorit kamu dari iOS tersedia disini.

Mungkin kamu sudah terbiasa dengan Windows, pun ternyata Macbook Air dapat menginstall Windows! Ya, jika kamu lebih nyaman atau terbiasa dengan Office Suite, Macbook Air dengan fleksibel menyediakannya untukmu. Terutama jika kamu penggemar game yang hanya ada di Windows, semua bisa kamu akses lewat Macbook Air!

3. Kamera Facetime Terbaik

Source: idownloadblog.com

Mempunyai laptop dengan kamera dan mikrofon yang bagus sepertinya sudah menjadi keharusan untuk mendukung kegiatan kelas online. Tidak seperti laptop pada umumnya, Macbook Air hadir dengan kamera 720p untuk M1 dan 1080p untuk M2 yang bahkan, Macbook Pro saja masih memiliki kamera 720p.

Hal ini membuat hasil kamera Macbook Air menjadi tajam, akurat serta cemerlang, tidak kalah sama kamera iPhone. Selain itu, hasil mikrofonnya juga jernih dan dapat meredam suara bising di sekitarmu. Tampil cemerlang dan bersinar saat kelas online!

Baca juga: Samsung Galaxy S20 Ultra: Si Serba Bisa Tanpa Kenal Usia

4. Penyimpanan Memori yang Besar

Source: reviewed.com

Dokumen tersimpan dengan baik dan dapat diakses secepat mungkin di Macbook - seperti kamu mengaksesnya lewat iPhone! Macbook Air M1 hadir dengan memori terintegrasi 16GB dan 24GB untuk M2. Kedua Macbook Air ini juga sudah hadir dengan kapasitas SSD 2TB yang membuatmu cepat dalam menyimpan dan mengakses berbagai dokumen.

5. Harga Terjangkau untuk Kualitas Menawan

Source: appleinsider.com

Secara garis besar, Macbook Air bisa dikategorikan sebagai laptop bertenaga besar yang mampu bersaing dengan brand laptop menengah ke atas lainnya. Sepertinya lebih worth it untuk memilih Macbook Air ketimbang laptop dari brand lain dari segi harga dan kualitasnya (untuk jajaran laptop high end). Apalagi jika kamu juga pengguna iPhone, tinggal di integrasi saja kamu sudah dapat pengalaman yang luar biasa praktis dan efisien di dalam ekosistem Apple.

Macbook Air atau Macbook Pro?

Kalau ini tergantung dari kebutuhanmu. Keduanya sama-sama memiliki memori dan chip yang sama walau Pro memiliki versi CPU 10 inti. Pro lebih berat dengan kipasnya, Air lebih praktis karena tanpa kipas. Jika kegiatanmu kebanyakan di editing kelas berat, Macbook Pro mungkin lebih ideal untukmu. Namun, jika kegiatanmu bisa dibilang menengah sampai ke berat - sebenarnya Macbook Air sudah sangat cukup kok!