JagoHacks

5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas

Tahukah kamu bahwa iPhone punya berbagai fitur yang bisa digunakan untuk membantu produktivitasmu? Sayangnya, banyak user iPhone yang tidak tahu fitur-fitur tersebut. Yuk cek fitur-fiturnya di bawah ini!

1. Menggunakan Focus Mode

Source: 9to5mac.com

Jika kamu orang yang gampang hilang fokus karena terlalu sering cek HP, kamu bisa pakai Focus Mode. Sesuai dengan namanya, Focus Mode adalah mode yang mirip dengan Do Not Disturb.

Uniknya, fitur iPhone satu ini  kamu bisa mengubah pengaturan dan mengontrol aplikasi apa saja yang aktif saat mode tersebut dinyalakan. Kamu juga bisa membuat jadwal khusus di fitur tersebut. Jadi ketika jamnya melewati jadwal, Focus Mode akan mati dengan sendirinya.

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan dan mengubah setting Focus Mode:

  • Buka “Settings” > “Focus” untuk membuka Focus Mode.
  • Cari tanda “+” di pojok kanan atas layar lalu ketuk tanda tersebut.
  • Pilih kategori Focus Mode yang ingin anda buat (Fitness, Driving, etc.
  • Jika anda ingin membuat Focus baru, pilih “Custom” lalu ganti nama dan icon sesuai keinginan.
  • Ubah settingan seperti izin notifikasi dari aplikasi dan kontak yang dibolehkan, jadwal Focus Mode, homescreen, lockscreen, dll.

Jika kamu sudah selesai membuat Focus Mode-nya, kamu tinggal menunggu sampai jam yang dijadwalkan untuk Mode tersebut. Ketika sudah memasuki jam dari jadwal, maka Focus Mode tersebut akan aktif dengan sendirinya.

Gunakan Focus Mode dengan iPhone 13, disini lebih murah!

2. Pasang Limitasi untuk Aplikasi Yang Paling Sering Dipakai

Source: The Verge

Apabila kamu ingin lebih produktif di luar jam kerja tapi tidak ingin menggunakan mode, kamu bisa membatasi waktu aktif aplikasi yang “mengganggu”.

Apabila kamu pergi ke Setting dan mencari bagian Screen Time, kamu akan melihat berapa jam kamu sudah menggunakan aplikasi-aplikasi di iPhone-mu. Jika kamu membatasi jumlah waktu aktif setiap aplikasi, maka aplikasi tersebut akan mati dengan sendirinya ketika waktunya habis.

Berikut langkah fitu iPhone satu ini:

  • Buka “Setting” > “Screen Time.”
  • Cari “App Limit” lalu pencet “Add Limit” untuk membuat limit di aplikasi anda.
  • Pilih kategori aplikasinya, lalu scroll sampai anda menemukan aplikasi yang dicari. Atau, anda bisa memilih semua aplikasi di kategori tersebut.
  • Setelah memilih aplikasinya, klik “Next” lalu tambahkan waktu yang anda inginkan untuk aplikasi tersebut.
  • Setelah anda memasang limitnya, pencet “Add” untuk menyelesaikan proses.

3. Menggunakan Fitur Downtime iPhone

Source: Macstories

Jika Focus Mode dan aplikasi Limit tidak cocok untukmu, mungkin ini saatnya kamu mematikan aplikasi yang mengganggu. Jangan khawatir, karena kamu tidak usah menghapus aplikasi tersebut. kamu bisa “memblokirnya” dengan fitur Downtime.

Downtime adalah fitur dimana aplikasi akan mati total dan tidak memberi notifikasi sama sekali. Tentu saja, aplikasinya tidak akan mati selamanya.

Aplikasinya hanya menjadi non-aktif pada waktu yang sudah dijadwalkan agar konsentrasimu tidak terganggu oleh notifikasinya. Jadi, kamu bisa fokus dan lebih produktif ketika Downtime aktif.

Begini cara fitur iPhone satu ini:

  • Buka “Settings.”
  • Cari dan buka “Screen Time.
  • Scroll ke bawah sampai anda menemukan “Downtime” lalu klik bagian tersebut.
  • Pilih “Turn On Downtime Until Tomorrow” jika kamu ingin aplikasinya dimatikan sampai hari berikutnya.
  • Jika kamu ingin mematikannya pada jam tertentu, buat jadwal untuk aplikasi tersebut.

Kamu tinggal menunggu waktu yang dijadwalkan agar Downtime aktif. Dengan fitur ini, aplikasi akan “diam saja” dan anda bisa mengerjakan aktifitas anda dengan penuh fokus.

Baca juga: Merk Smartphone Apakah Yang Paling Peduli Atas Lingkungan? Ini Jawabanya!

4. Mematikan Notifikasi dari Suatu Aplikasi

Source: Apple Insider

Bagi mereka yang benar-benar ingin totalitas dalam “mematikan” aplikasinya, kamu bisa mematikan notifikasi dari aplikasi yang mengganggumu satu per satu.

Hal ini karena notifikasi lah yang sering membuat konsentrasi pecah karena mereka akan menyalakan nada dering atau muncul di layar handphone. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mematikan notifikasi dari aplikasi yang sering muncul notifikasinya.

Cara fitur iPhone ini cukup mudah. Kamu tinggal melakukan langkah di bawah ini:

  • Buka “Settings” lalu scroll ke bawah sampai anda menemukan aplikasi yang ingin anda matikan notifikasinya.
  • Ketuk aplikasinya lalu pilih “Notifications.”
  • Matikan opsi “Allow Notifications.”
  • Pergi kembali ke Settings lalu lakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang ingin dimatikan notifikasinya.

5. Gunakan Extension dari Safari

Source: iPhonetricks.org

Fitur ini mungkin adalah fitur yang paling jarang diketahui oleh user iPhone. Kebanyakan user iPhone menganggap bahwa extension hanya bisa digunakan di Macbook saja. Padahal, sejak iOS 15, Safari di handphone juga bisa menggunakan extension.

Hal ini bisa sangat membantu, mengingat bahwa ada banyak extension yang bisa digunakan untuk membantu produktivitas juga. Mulai dari extension note sampai timer, kamu bisa menggunakannya untuk bekerja.

Jika kamu bingung mau menggunakan extension yang mana, Jagofon ada list extension yang bisa dicoba:

  • Notion Web Clipper – Notion Web Clipper adalah extension untuk menyimpan link website penting (atau bookmark). Dengan Web Clipper, kamu bisa menyimpan web dan membukanya kurang dari 3 klik saja.
  • Awesome Screenshot & Recorder – Bagi mereka yang sering butuh screenshot dari HP, mereka bisa menggunakan Awesome Screenshot & Recorder. Kamu bisa mengambil screenshot dari seluruh layar atau hanya sebagiannya saja. Begitu kamu mengambil screenshot, kamu langsung bisa mengeditnya di extension-nya.
  • 1Password – 1Password adalah salah satu extension untuk menyimpan password yang paling dikenali. Dengan 1Password, kamu bisa membuat password yang kompleks dan juga menyimpannya. Mereka juga ada fitur autofill, sehingga anda tidak perlu repot-repot mengetik detail user kamu.
  • Grammarly – Grammarly adalah aplikasi wajib bagi mereka yang sering menulis dalam Bahasa Inggris. Aplikasi ini akan membantu untuk cek pengejaan tulisan, mengubah struktur kalimat, dan memberikan saran tanda baca, dan cek plagiarisme. Apapun kesalahannya, semuanya akan dicek oleh Grammarly.

Pakai extention berguna di iPhone 11, disini lebih murah!

Biarkan iPhone Membantu Produktifitas-mu

Source: Shutterstock

Tidak sedikit orang yang pakai iPhone hanya untuk merekam mengambil foto, dan nonton video. Padahal, iPhone punya berbagai fitur yang bisa membuat lebih produktif.

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan iPhone, kamu bisa mencoba menggunakan iPhone second dari Jagofon. Meskipun second, iPhone Jagofon memiliki kualitas seperti baru karena selalu melalui uji kelayakan.

Jadi, iPhone kamu pasti akan berfungsi dengan baik. Jangan ragu untuk cek Jagofon dan pilih iPhone yang kamu inginkan!