Product

7 Alasan Kenapa Oppo Reno 6 Masih Layak Pakai

iasanya, seri OPPO Reno diperbarui setiap enam bulan sekali, seperti yang terjadi dengan peluncuran OPPO Reno4 pada bulan Juli 2020. Kemudian, pada bulan Januari 2016, OPPO Indonesia mengumumkan kehadiran OPPO Reno5. Bulan Juli 2021, OPPO kembali memperkenalkan OPPO Reno6.

Namun, kehadiran OPPO Reno6 ini memunculkan beberapa pertanyaan menarik. Di Tiongkok, OPPO sebelumnya telah memperkenalkan seri OPPO Reno6 dengan dukungan jaringan 5G untuk semua modelnya. Sedangkan OPPO Reno6 yang diluncurkan di Indonesia adalah versi yang mendukung jaringan 4G. Ternyata, OPPO Reno6 4G ini hanya dijual di beberapa wilayah, seperti Kambodja dan Indonesia.

OPPO Indonesia memiliki rencana untuk memperkenalkan varian lain dari Reno6 ke Indonesia, termasuk yang mendukung jaringan 5G. Namun, pada kesempatan kali ini, fokus akan dibahas mengenai OPPO Reno6 yang sudah tersedia di pasaran Indonesia. Yuk, disimak!

Image Source: GIZGUIDE

Layar Efesiensi yang Baik

OPPO Reno6 hadir dengan layar AMOLED yang mirip dengan Reno5, memberikan efisiensi daya yang lebih baik dan kontras rasio yang lebih luas, menciptakan pengalaman visual yang memukau bagi pengguna. Layar AMOLED ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, menambah keamanan perangkat, dan memiliki satu lensa depan berbentuk punch hole.

Dengan resolusi Full HD Plus (1080p) pada layar berukuran 6,43 inci, OPPO Reno6 mampu menampilkan konten dengan ketajaman yang baik, meningkatkan keterbacaan tulisan, dan memberikan pengalaman yang superior secara keseluruhan. Keunikan lainnya terletak pada kemampuan Reno6 untuk menggabungkan panel AMOLED dengan refresh rate 90 Hz, memberikan pengguna keuntungan dari kedua teknologi tersebut.

Refresh rate yang tinggi membuat tampilan layar menjadi 50% lebih mulus saat di-scroll, meningkatkan pengalaman pengguna terutama saat browsing atau menjelajahi feed Instagram. Selain itu, touch sampling rate yang ditingkatkan hingga 180 Hz juga memungkinkan respons yang lebih cepat saat layar disentuh, menambah kesan responsif dari perangkat ini.

Image Source: Black Miners Museum

Baterai yang Awet

Oppo Reno6 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.310 mAh yang terbukti awet. Pengujian menunjukkan bahwa Reno6 mampu bertahan hingga 21 jam 15 menit untuk pemutaran video 1080p, menegaskan daya tahan baterai yang konsisten dengan pendahulunya, OPPO Reno5. Hal ini tidak mengherankan mengingat kesamaan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh kedua ponsel tersebut.

Image Source: Gizmologi

Fitur Pengisian Super Cepat

OPPO Reno6 dibekali dengan fitur fast charging yang disebut Flash Charge 50 W. Teknologi ini menawarkan daya pengisian yang besar untuk ukuran ponsel menengah, memperpendek waktu pengisian baterai dari nol hingga penuh secara signifikan.

Dengan baterai berkapasitas 4.310 mAh, OPPO Reno6 dapat bertahan seharian penuh tanpa perlu khawatir tentang kehabisan baterai. OPPO mengklaim bahwa Reno6 dapat mencapai 100% pengisian hanya dalam waktu sekitar 48 menit, memastikan pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk kembali menggunakan ponsel secara penuh.

Image Source: Tribun Manado

Baca Juga: Cara Menambah Kapasitas RAM di HP OPPO, Mudah dan Praktis!

Desain Elegan Bodi Ramping

OPPO selalu dikenal dengan tampilan bodi yang menarik dan atraktif. Produk-produknya, termasuk OPPO Reno6, selalu menawarkan desain yang catchy dan eye-catching, sesuai dengan selera anak muda yang mengutamakan estetika.

Dalam hal desain, OPPO Reno6 melanjutkan kesuksesan Reno5 dengan menawarkan dua varian warna yang menarik, yaitu Aurora dan Stellar Black. Varian Aurora menciptakan efek visual yang unik dengan memancarkan jutaan warna, terinspirasi dari cahaya aurora borealis di Kutub Utara. Sementara Stellar Black memberikan tampilan yang berkilauan dan berubah-ubah warna ketika terkena sinar matahari.

Tidak hanya klaim semata, OPPO Reno6 memang memiliki teknologi canggih dalam tampilan desainnya. Dengan 5 lapisan Spectrum, ponsel ini bisa berubah warna seperti bunglon tergantung sudut pandangnya. Namun, perlu dicatat bahwa Reno6 memiliki bobot sedikit lebih berat dibandingkan Reno5, meskipun dimensinya tetap serupa. Meskipun begitu, perbedaan bobot ini mungkin tidak terlalu mencolok bagi pengguna karena perbedaannya hanya sedikit.

Image Source: Gizmologi

Performa Luar Biasa

Spesifikasi Detail
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
CPU Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Memori Eksternal Tidak Ada

Oppo Reno6 4G masih mengandalkan chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm) yang sudah dikenal sebelumnya, sama seperti pendahulunya, Reno 4 dan Reno 5. Meskipun tidak ada peningkatan signifikan pada chipset, hal ini dapat dimaklumi mengingat harga Reno 6 saat diluncurkan masih sebanding dengan generasi sebelumnya.

Meskipun demikian, performa Snapdragon 720G yang solid cukup mampu memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari dengan baik. Mulai dari aktivitas sosial media, pesan, streaming video, hingga fotografi sudah berjalan dengan lancar. Dukungan RAM 8 GB juga memberikan keunggulan dalam multitasking, menjalankan aplikasi, dan berpindah antaraplikasi tanpa lag.

Untuk penyimpanan, Reno 6 4G memiliki memori internal 128 GB yang cukup lega untuk penggunaan sehari-hari. Namun, adanya opsi untuk menggunakan kartu microSD memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan jika diperlukan. Fitur slot microSD ini menjadi keunggulan tersendiri karena tidak tersedia di versi Reno 6 5G yang lebih tinggi.

Image Source: Antara News

Kamera Keren Punya Bokeh Flare Potrait

OPPO Reno6 membawa konfigurasi kamera yang sebanding dengan pendahulunya, OPPO Reno5, termasuk beragam fitur unggulan yang dimilikinya. Kamera depannya tetap menawarkan resolusi 44 MP, sementara di bagian belakang, kita masih melihat kombinasi empat kamera, termasuk kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro serta kamera mono dengan resolusi 2 MP.

Image Source: yangcanggih

Berbagai fitur yang dimiliki Reno6 sebagian besar mirip dengan OPPO Reno5. Mulai dari Air Control untuk scrolling layar tanpa menyentuh, hingga Smart Message Privacy untuk menjaga privasi notifikasi pesan dari orang di sekitar Anda. Fitur Dual View Video memungkinkan pengguna merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan, dengan dukungan EIS untuk meminimalisir goyangan pada rekaman.

Image Source: Tabloid Pulsa

Namun, yang paling menarik dari OPPO Reno6 adalah fitur Bokeh Flare Video Portrait. Fitur ini memungkinkan ponsel merekam video bokeh sinematik dengan latar belakang yang kabur secara presisi, mirip dengan efek yang dihasilkan oleh kamera mirrorless. Fitur ini menambahkan dimensi artistik yang menarik bagi pengguna yang ingin menghasilkan video berkualitas tinggi dengan efek bokeh yang dramatis.

Image Source: Grid.id

NFC dan Jack Audio 3,5 mm

Dalam era yang semakin mengarah ke ekosistem wireless, beberapa ponsel memilih untuk tidak lagi menyertakan port audio 3,5 mm untuk earphone dan speaker eksternal. Namun, bagi yang masih lebih nyaman menggunakan earphone dengan kabel, OPPO Reno6 masih menyediakan port audio 3,5 mm, memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk tetap menggunakan perangkat audio favorit mereka.

Keberadaan NFC pada HP juga semakin dihargai, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. NFC tidak hanya memudahkan transaksi cashless, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuka kunci pintu apartemen atau kantor. Kehadiran fitur NFC ini pada OPPO Reno6 menjadi sebuah nilai tambah, terutama setelah OPPO menyadari kekurangan tersebut pada Reno4 dan kemudian memperbaikinya dengan menyematkan fitur NFC pada Reno5, yang kini tetap dipertahankan pada Reno6. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mengisi saldo eToll secara manual, membawa kemudahan dalam penggunaan sehari-hari.

Image Source: iPrice

Checkout Oppo Reno 6 di Jagofon, Sekarang!

Jika kamu memutuskan untuk melakukan upgrade dengan membeli ponsel Android keluaran terbaru ataupun ingin membeli ponsel besutan OPPO ini juga boleh banget lho Jagoans!

Sebelum membeli, selain kamu juga harus mempertimbangkan fitur dan RAM ponsel, kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Untuk beragam jenis ponsel OPPO dan ponsel Android lainnya, kamu dapat langsung check out di website Jagofon!

Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Namun, Jagoans tidak perlu khawatir, karena semua HP bekas di Jagofon telah lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP bekas dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!

Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon, semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original. Di samping itu, dengan membeli HP dan gadget di Jagofon, kamu juga turut berkontribusi dalam mengurangi e-waste atau limbah elektronik di Indonesia.

Jadi tunggu apalagi? yuk segera dapatkan HP impian kamu hanya di Jagofon!