JagoNews

Android 14: 5 Hal Yang Paling Di Antisipasi

Tahun 2023 adalah tahun yang penuh antisipasi untuk penggemar Android. Pada tanggal 10 Mei, Google telah merilis Android 14 versi beta untuk quality checking. Pecinta Android mungkin butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan Android 14, tapi tes beta kedua ini menunjukan bahwa Android sudah mulai disiapkan untuk dirilis ke semuanya.

Tentu saja, penggemar Android punya banyak prediksi mengenai Android 14. Apa saja hal yang diantisipasi mengenai Android 14? Yuk, simak detailnya di bawah ini!

Nama & Tanggal Rilis

Salah satu dari khas Android adalah menggunakan nama hidangan penutup sebagai nama untuk update-an Android. Contohnya, Android 2.0 dinamakan Android Eclair, dan Android 9 adalah Android Pistachio Ice Cream.

Sayangnya, ada kemungkinan bahwa sistem nama Android yang unik ini dikabarkan akan hilang di Android 14. Menurut rumor, nama Android 14 adalah Android 14 saja. Meskipun Android 14 disebut sebagai Upside Down Cake di tim internal Google, kita tidak akan mendapatkan nama lucu tersebut ketika Android 14 dirilis secara resmi.

Belum ada tanggal resmi untuk peluncuran Android 14. Tapi Google mengatakan bahwa Android 14 punya target stabilisasi pada bulan Juni, dan developer punya waktu sekitar 2-3 minggu setelah bulan Juni untuk tes Android 14 lagi. Melihat pernyataan dari Google, kita bisa prediksi bahwa Android 14 akan resmi dirilis di Q3 atau Q4.

Gestur Navigasi Kembali

Source: 9to5google.com

Meskipun terlihat simpel, tombol “Back” atau “Kembali” yang ada di Android adalah salah satu tombol yang paling digemari oleh pengguna Android. Tombolnya simpel, mudah dicari, dan responsif ketika kita menggunakannya.

Di Android 14, tombol “Kembali” akan mengalami upgrade yang cukup signifikan. Tombolnya akan menyatu dengan UI dan diubah posisinya di bagian tengah kiri layar, bukan atas kiri lagi. Warna tombolnya juga akan berubah sesuai dengan tema yang digunakan.

Selain berubah warna, tombol “Kembali” akan menggunakan sistem gesture navigation. Dengan sistem ini, kamu nggak harus memencet tombol “Kembali” ketika kamu mau balik ke halaman sebelumnya. Kamu cuma perlu menggeser layarnya dari ujung kiri ke ujung kanan, membawamu ke halaman yang diinginkan. Kamu juga akan dapat preview dari halaman yang akan dikunjungi juga.

Pengaturan Sound untuk Notifikasi

Source: Computer World

Biasanya, HP Android menggabung pengaturan untuk suara dan notifikasi. Kita hanya bisa mengatur notifikasi untuk pesan atau aplikasi tertentu yang mau digunakan. Kita juga bisa mengatur suara untuk ringtone HP. Pengaturan dasar yang bisa kita ganti adalah volume dari suara dan notifikasi. Semua dari pengaturan ini ada di satu halaman.

Di update Android 14, pengguna Android akan mendapatkan pengaturan individu untuk suara dan notifikasi. Suara dan notifikasi akan mendapatkan halaman sendiri untuk pengaturan mereka, sehingga kamu punya pengaturan yang berbeda untuk keduanya.

Contohnya, kamu mau mengubah pengaturan di suara. Ketika kamu pergi ke bagian “Pengaturan,” kamu akan pergi ke bagian khusus untuk Suara dan mengatur setting untuk suara saja seperti volume dan lagu yang digunakan untuk ringtone.

Bagaimana kalau kamu mau mengganti pengaturan untuk Notifikasi? Untuk notifikasi, kamu harus pergi ke bagian pengaturan khusus untuk Notifikasi lalu mengganti pengaturannya disana.

Pemisahan ini adalah perubahan yang baik, karena kamu bisa mengatur suara dan notifikasi dengan pengaturan yang berbeda tanpa harus mengganggu satu sama lain.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP 3 Jutaan Tahun 2023: Masih Layak Beli

Pengaturan Baru untuk Font dan Flashlight

Source: Samnews24

Salah satu kelebihan dari Google adalah fitur aksesibilitas yang selalu mereka perbaiki setiap ada update. Android 13 merilis mode pembaca untuk pengguna tunanetra, display dengan huruf braille, dan deskripsi untuk audio. Android 12 juga ada fitur aksesibilitas seperti zoom in dan opsi mengatur layar dengan pergerakan wajah.

Tentu saja, Android 14 akan memberikan fitur aksesibilitas baru untuk penggunanya. Pertama, mereka akan memberikan opsi untuk membesarkan huruf yang sudah besar. Ya, kamu bisa memperbesar huruf di Android 200% lebih besar dari huruf aslinya.

Uniknya, Google memprogram sistem ini agar sistem hanya memperbesar huruf kecil saja. Contohnya, kalau ada artikel dimana judulnya sudah menggunakan huruf yang besar, Android tidak akan memperbesar huruf judulnya. Sistem hanya akan memperbesar huruf artikel di bawah judulnya.

Selain huruf, update Android 14 juga memberi fitur baru yaitu notification flash. Dengan fitur ini, pengguna Android 14 bisa menggunakan flash untuk notifikasi selain suara. Kamu juga punya dua pilihan untuk flash-nya, yaitu flash kamera dan flash display. Untuk flash display, kamu bisa memilih warna yang akan digunakan oleh cahayanya. Sayangnya, flash-nya tidak bisa diberi pola tertentu. Tapi tidak usah khawatir, karena Google pasti akan menambah fitur unik untuk notification flash di masa depan nanti.

Pembaruan Daya Baterai

Source: 9to5google.com

Kalau kamu adalah tipe pengguna HP yang sering kehabisan baterai, mungkin kamu bisa ganti ke HP dengan Android 14 ketika software-nya sudah dirilis. Hal ini karena Google telah melakukan improvisasi untuk untuk bisa meningkatkan ketahanan baterai di Android 14. Meskipun perubahannya bukan perubahan yang besar, setidaknya improvisasinya bisa membantu kamu untuk menyimpan ekstra baterai.

Perubahan pertama yang dilakukan adalah background application dan ketika mengunduh aplikasi dengan ukuran yang besar. Google memastikan bahwa data transfer untuk aplikasi dan data yang diunduh bisa dilakukan dengan lebih cepat, gampang, dan efisien.

Perubahan kedua adalah  munculnya fitur schedule exact alarm. Fitur ini mewajibkan semua aplikasi kecuali jam dan kalender untuk meminta izin (permission) ke user. Google mengatakan bahwa ijin ini akan membantu HP-nya untuk menyimpan data baterai lebih besar.

Apakah kamu kangen dengan data screen time yang dulu “dihapus” oleh Google? Jika iya, berbahagialah karena fitur ini akan kembali di Android 14. Di Android 14, kamu bisa melihat statistik screen time kamu yang dihitung setelah baterai HP-nya penuh. Fitur ini sangatlah membantu karena kamu bisa prediksi berapa lama HP kamu bisa bertahan untuk hari itu.

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi: Wajib Tau!

Rasakan Android 14 Tahun Ini!

Source: Jawapos

Rumor mengenai update Android 14 di atas hanya beberapa dari banyaknya rumor mengenai software tersebut. Tentu saja, tidak ada yang tahu apakah rumor di atas benar atau tidak. Kita akan tahu setelah Android 14 dirilis akhir tahun ini.

Untuk bersiap-siap, kamu bisa beli HP Android kesukaan kamu di Jagofon. Kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak, karena produk Jagofon adalah produk second dengan harga terjangkau.

Di Jagofon, kamu akan mendapatkan produk second dengan kualitas karena Jagofon selalu melakukan checking di 90+ titik yang ada di produk mereka. Jadi, kamu bisa dapat HP Android kesukaan kamu dengan harga yang terjangkau. Yuk, siapkan dirimu untuk update Android 14 sekarang juga dengan beli HP Android di Jagofon!