Comparison

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Macbook Dibanding Laptop Biasa?

Source : Digital Trends

Terdiri dari dua tipe, yaitu MacBook Air dan MacBook Pro, laptop besutan milik Apple ini terdiri dari beragam pilihan penyimpanan memori yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Untuk kamu yang membutuhkan laptop untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti mengerjakan dokumen, melakukan online meeting, membuat presentasi, streaming, dan aktivitas umum lainnya, kamu dapat memilih MacBook Air.

Sedangkan untuk kamu yang membutuhkan laptop untuk graphic desgin, mengedit video,  dan pekerjan lainnya yang berat dan membutuhkan prosesor dan beragam fitur yang mumpuni, kamu dapat memilih MacBook Pro. Namun perlu diingat, fitur unggul tersebut juga mengocek kantong lebih dalam karena harga MacBook Pro lebih mahal dibandingkan MacBook Air.

Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu pilihan MacBook yang mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu sebelum membeli MacBook. Untuk kamu yang bingung dan penasaran dengan perbedaan MacBook dan laptop biasa, berikut guide yang dapat kamu simak!

Baca juga: Sebelum Beli, Simak Perbedaan MacBook Dengan Chromebook, Ultrabook, dan Notebook Di Sini

Kelebihan MacBook dari Laptop

Source : Blibli

Desain Kokoh dan Premium

Salah satu faktor penting sebelum membeli laptop adalah built-in durability atau ketahanan dan keawetan dari laptop tersebut. MacBook sendiri memiliki desain yang kokoh dan premium, hal ini terlihat dari permukaan bagian luarnya yang bermaterial aluminium dan telah melalui pengujian ketat oleh Apple.

Selain itu, komponen SSD-nya juga dapat beroperasi tanpa ada parts yang bergerak. Teknologi ini mengurangi kemungkinan kesalahan baca atau tulis serta kerusakan memori, bahkan setelah MacBook terbentur. MacBook juga memiliki daya tahan mesin yang baik, seperti para user MacBook tahun 2015 masih bisa menggunakan MacBook-nya bahkan sampai dengan tahun 2019.

Performa Terjamin Tangguh

Performa dari MacBook memang dikenal tangguh. Hal ini dikarenakan MacBook menggunakan prosesor yang powerful, seperti Chip Apple M1, M2, dan M3 buatan Apple. Apple juga mengintegrasikan CPU, GPU, Neural Engine, I/O, yang tak kalah mumpuni untuk mendukung kinerja MacBook-nya.

Contohnya pada chip M1, CPU-nya diklaim Apple tidak hanya sangat cepat, tetapi juga dapat menyeimbangkan core performa tinggi dengan core efisiensi tinggi sehingga tugas sehari-hari mudah diselesaikan dengan hanya sedikit energi, bahkan untuk pengeditan video maupun bermain game.

Tampilan Display Ciamik dan User Friendly

Selain desainnya yang kokoh dan performanya yang tangguh, Apple juga melengkapi berbagai fitur pada display dan layar dari MacBook-nya sehingga tidak hanya ciamik, tapi juga user friendly dengan dukungan dari MacOsnya. User Interfacenya yang simpel dan menggunakan layar Liquid Retina, membuat tampilan display dari laptop ini sangat memanjakan mata.

MacBook juga tampil dengan desain yang elegan dan mewah, serta tersedia dengan warna-warna yang aesthetic, seperti Starlight, Midnight, Abu-Abu, Gold, dan juga Silver. Kaamu juga dapat memilih beragam ukuran layar MacBook yang sesuai dengan preferensi kamu yang terdiri dari ukuran yaitu 13 inch, 14, inch 15 inch dan 16 inch.

Sistem Keamanan Lebih Tinggi

Fitur unggul selanjutnya dari MacBook adalah sistem keamanannya yang lebih tinggi jika dibandingkan dari laptop biasa. Pasalnya, MacOs atau sistem operasi besutan Apple ini dikenal dengan sistem operasi yang lebih aman jika dibandingkan Windows. Hal ini dikarenakan Windows menawarkan banyak penyesuaian mendetail dalam hal sistem file, yang membuatnya rentan terhadap virus dan peretasan.

Selain itu, Apple juga selalu memberikan update dengan menambahkan fitur terbaru terkait dengan security pada MacBook-nya. Hal ini juga didukung oleh sistem Apple yang tidak mudah untuk di-customize, sehingga meminimalisir kegiatan hacking, dan jarang terkena oleh virus seperti serangan malware ataupun virus lain karena menggunakan Linux-based.

Daya Baterai Kuat

Hal lain yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli sebuah laptop ataupun gadget adalah daya tahan baterainya. Daya tahan baterainya yang awet merupakan keunggulan lain dari MacBook. Apple juga mengklaim bahwa produk MacBooknya dapat bertahan selama 18 sampai dengan 20 jam pemakaian.

Untuk kamu yang sering berpergian dan menerapkan work from anywhere, MacBook dapat menjadi pilihan yang tepat.Di samping itu, beberapa model dari MacBook juga telah mendukung pengisian daya cepat yang tentunya sangat memudahkan pengguna yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pengisian daya.  

Kekurangan MacBook dari Laptop

Source : Laptop Mag

Aplikasi Kurang Bervariasi

Sistem Apple yang tidak bisa sembarangan untuk dimodifikasi dan sistem keamanan yang tinggi, tentunya membuat pengguna MacBook tidak bisa sembarangan untuk mengunduh aplikasi. Hal lainnya dikarenakan pengguna Windows lebih banyak dibandingkan dengan pengguna MacBook, sehingga banyak developer hanya menyediakan aplikasi yang compatible dengan Windows.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Apple dan pengembang pihak ketiga lainnya telah melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam membuat klon dari banyak aplikasi Windows. Oleh karena itu sebelum membeli, ada baiknya kamu benar-benar memahami cara kerja dan aplikasi yang ditawarkan oleh MacOs. Untuk men-download aplikasinya dapat dilakukan melalui AppStore.

Harga yang Tinggi

Dengan beragam fitur dan prosesor yang memiliki spesifikasi canggih, tentunya membuat harga MacBook menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan laptop lainnya yang menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Bahkan untuk MacBook versi tahun-tahun sebelumnya, harganya juga masih terbilang cukup mahal.

Namun, jika kamu ingin membeli MacBook dengan harga yang terjangkau, kamu bsia membelinya di Jagofon. Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP ataupun gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli gadget impian yang berkualitas. Di Jagofon sendiri, kamu sudah bisa memiliki MacBook mulai dari rentang harga empat jutaan untuk MacBook seri 2o15.

Biaya Reparasi Mahal

Dengan pengguna MacBook yang tidak sebanyak Windows dan tempat service Apple di Indonesia yang masih jarang, membuat harga perbaikan reparasi MacBook menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Selain itu, service center dari Apple tidak ada di semua daerah, melainkan hanya ada di kota-kota besar saja.

Minim Port dan Aksesoris Mahal

Kekurangan lainnya dari MacBook adalah perangkatnya yang sulit untuk di upgrade. Hal ini disebabkan oleh ekosistem Apple yang memang tertutup. Contohnya saja Macbook yang banyak sekali memangkas port agar beratnya menjadi ringan, akan tetapi kita jadi tidak bisa menggunakan perangkat lain secara bersamaan untuk terhubung dengan Mac.

Dari kekurangan-kekurangan tersebut, salah satu solusinya adalah dengan membeli converter tambahan dengan berbagai macam jenis port agar Macbook bisa menggunakan LAN, tampil di Monitor Eksternal maupun banyak menyambungkan USB. Tentunya hal ini juga menambah cost yang tidak sedikit karena kita harus mencari yang compatible dengan Apple.

Baca juga: Tips Memakai MacBook Untuk Pemula Sampai Lancar

Kesimpulan

MacBook memang menawarkan laptop dengan beragam fitur mumpuni dan performa yang mulus. Mulai dari desainnya yang ramping dan elegan, prosesornya yang tinggi, displaynya yang tajam dan memanjakan mata, sampai baterainya yang awet. Namun, memang kamu harus merogoh kocek agak dalam untuk membeli MacBook karena harga MacBook yang tergolong mahal.

Oleh karena itu, sebelum membeli MacBook, kamu benar-benar harus memperhatikan kebutuhan dari penggunaan laptop tersebut, dan kamu juga harus menyesuaikannya dengan bugdet yang kamu miliki. Untuk kamu yang penasaran dengan model dan beragam tipe MacBook, kamu dapat mengunjungi website Jagofon.

Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan gadget ataupun HP bekas  dan  merupakan marketplace spesialis gadget dan HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget dan HP bekas. Jagofon juga telah melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Kapan lagi kamu beli HP/gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau di Jagofon!

Tunggu apalagi? Yuk dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!