Comparison

Apple Watch Series 8 VS SE 2: Pilih Kualitas Atau Harga?

Dari jauh, Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE 2 terlihat mirip. Padahal, keduanya memiliki desain dan beberapa fitur yang berbeda dari satu sama lain.  Kalau kamu bingung mau beli yang mana, kami sudah membandingkan kedua jam tersebut di artikel ini.

Desain

Mari kita mulai dengan desain Apple Watch Series 8 dulu. Secara fisik, jam ini lebih besar daripada SE 2. Series 8 punya dua jenis jam – 45 mm dan 41 mm. Dua tipe dari Series 8 ini memiliki diameter lebih besar daripada SE 2.

Selain ukuran, Series 8 juga memiliki dua tipe casing yang berbeda. Ada yang versi alumunium, dan stainless steel. Tapi jangan khawatir, karena casing ini tidak mempengaruhi berat dari jamnya. Jamnya masih terasa ringan ketika ada di pergelangan tangan.

Source: Apple

Kedua dari casingnya tersedia dalam bentuk kotak. Selain kotak, tidak ada bentuk lain dari jam ini. Sangat disayangkan, karena ada beberapa orang yang lebih suka jam bulat. Tapi,setidaknya setiap ujung dari bentuk kotaknya bentuknya agak tumpul sehingga jamnya aman untuk digunakan.

Meskipun jamnya hanya tersedia dalam bentuk kotak, Series 8 ada banyak variasi warna dan material untuk casingnya. Merah, silver emas adalah beberapa dari warna tersebut. Tapi, perlu diingat bahwa pilihan warnanya sesuai dengan tipe casingnya. Warna talinya juga disesuaikan dengan warna casingnya.

Meskipun lebih mungil, Apple Watch SE 2 juga memiliki desain yang bagus seperti Series 8. Jam dengan diameter 44 mm dan 40 mm meter ini bisa digunakan untuk menyelam sampai 50, fitur yang juga dimiliki oleh Series 8.

SE 2 tidak memiliki casing yang berbeda, tapi jam mereka yang lebih besar ada fitur unik yaitu cellular. Jadi, kamu bisa menggunakan paket data khusus untuk jam SE 2 yang versi besar.

Casing Apple Watch SE 2 hanya tersedia di satu warna, tapi kamu bisa memilih warna untuk talinya. Ada warna hijau, kuning, ungu, starlight, dan lain-lain.

Baca juga: Review Apple Watch 8: Spesifikasi dan Kelebihan

Prosesor & Fitur

Untuk fitur, Apple Watch Series 8 lebih maju dibandingkan dengan Apple Watch SE 2. Series 8 di-support oleh Chipset S8 yang terkenal dengan performanya yg cepat dan efisien. Chipset ini sangat cocok dengan SE 8 karena SE 8 punya fitur baru yang butuh tenaga ekstra.

Pertama, Series 8 sekarang punya sensor baru untuk oksigen darah, EKG, dan temperatur tubuh.

Source: Digital Trends

Sensor baru ini memberi data lebih cepat dan lengkap, sehingga kamu akan mendapat hasilnya secara instan dan informasi tambahan bila ada. Informasi tambahan ini sangat membantu apabila kamu butuh data untuk melihat progres sehari-hari.  Tentu saja, hal yang sama juga terjadi dengan sensor detak jantungnya.

Perubahan di sensor jam ini bukan tanpa alasan. Sensornya di-upgrade dengan tujuan agar crash detection-nya lebih akurat. Ya, Series 8 punya crash detection. Apabila jamnya merasa bahwa kamu kecelakaan, jamnya akan bertanya mengenai kondisimu. Apabila tidak dijawab, jamnya akan menghubungi telepon darurat secara otomatis.

Source: Apple

Sama seperti Series 8, Apple Watch SE 2 juga menggunakan chipset S8 untuk hardware mereka. Jadi, performa jamnya tidak usah dipertanyakan lagi.

SE 2 juga memiliki berbagai fitur yang ada di SE 8. Jam ini ada sensor untuk detak jantung, crash detector, fall detector, dan lain-lain. Jam ini juga memiliki menstrual tracking yang langsung bisa ditambahkan update-nya di jam.

Sayangnya, ada beberapa fitur yang termasuk “jadul” di SE 2. Meskipun sensor jantungnya lebih detail, mereka masih menggunakan sensor yang lama. Jadi, prediksinya tidak akan se-akurat Series 8.

Untungnya, selain sensor jantung SE 2, kebanyakan fitur di antara dua jam ini masih sama. Mereka juga mendapatkan fitur baru di sleep tracker. Sekarang, sleep tracker-nya lebih rinci, penuh detail, dan ditulis dalam bentuk grafik juga di jamnya. Jadi, kamu bisa melihat pola tidurmu melalui gambar secara langsung tanpa harus ke iPhone.

Baca juga: Review Apple Watch Ultra: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Performa Baterai

Apple Watch Series 8 mendapat upgrade yang cukup signifikan di bagian baterainya dibandingkan series 7 dan 6. Menurut Apple, Series 8 bisa bertahan sampai 18 jam.

Dan, yang mengejutkan, jamnya bisa bertahan lebih dari apa yang dikatakan Apple. Menurut beberapa user, jamnya bisa bertahan sampai 2 hari. Tapi tentu saja, hal ini tergantung dengan aplikasi dan mode yang kamu gunakan. Apabila kamu menggunakan mode seluler, ada kemungkinan baterainya lebih boros dibandingkan mode wi-fi.

Source: AndroidAuthority

Series 8 memiliki low power mode yang bisa menambah waktu baterai dua kali lipat dari 18 jam. Apabila low power mode diaktifkan dan ada iPhone didekatnya, maka Series 8 bisa bertahan sampai 36 jam. Tapi perlu diingat bahwa mode ini akan membatasi beberapa fitur sehingga mereka tidak bisa digunakan. Jadi, pastikan kamu tidak menggunakan fitur jam apabila mau menggunakan low power mode.

Kalau baterai jamnya habis di tengah hari, tenang saja. Karena SE 8 ada fitur fast charging, kamu bisa charge di tengah hari dalam waktu yang cepat.

Source: Android Auhority

Sama seperti SE 8, Apple Watch SE 2 juga bisa digunakan sampai 18 jam. Performa baterai jamnya melebihi ekspektasi, karena jamnya bisa bertahan selama 30 jam bahkan ketika fiturnya digunakan semua. Performa jam SE 2 yang luar biasa ini membuat jamnya cocok bagi mereka yang tidak suka charging baterainya.

Sayangnya, ada kekurangan dari baterai SE 2. Karena SE 2 tidak punya fast charging, kamu harus menyisakan waktumu untuk charging baterainya. Tapi tenang saja, karena kamu bisa menyiasatinya dengan mengisi daya ketika kamu sedang tidur. Jadi ketika kamu bangun, baterainya sudah penuh dan jamnya siap untuk digunakan.

Mana yang Harus Kamu Pilih?

Source: Reviewed

SE 2 dan Series 8 adalah jam yang sama bagusnya, tetapi fokus dari keduanya berbeda. Series 8 adalah series yang punya banyak fitur dan dirancang khusus untuk membantu semua aspek dalam hidupmu. Jam ini cocok bagi mereka yang punya gaya hidup sehat dan sering melakukan olahraga intens.

Sementara itu, SE 2 adalah jam yang cocok untuk kegiatan sehari-harimu. Kamu bisa menggunakan sensornya untuk mengambil data kegiatan kita sambil tampil stylish. Jamnya yang long-lasting membuat jam ini cocok dipakai untuk bepergian.

Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE 2 dijual dengan harga yang cukup mahal di official seller. Untungnya, kamu bisa mendapatkan jamnya dengan harga yang lebih murah di Jagofon. Di Jagofon, kamu bisa dapat jam second berkualitas yang sudah diperiksa di 90+ titik. Jadi, kamu bisa beli jam impianmu dengan harga murah di Jagofon. Yuk, beli di Jagofon sekarang juga!