Comparison

Beli iPhone 11 atau iPhone XS Max 2023? Yang Mana Yang Terbaik Untukmu

Apple saat ini masih belum ada cabang perusahaan di Indonesia. Sehingga jika kamu ingin beli iPhone atau produk Apple, kamu harus membeli ke penjual yang resmi atau pergi membeli di tokonya langsung yang paling dekat di Singapore.

Kali ini, kami akan membahas handphone yang termasuk banyak penggunanya di kalangan masyarakat saat ini, yaitu iPhone XS Max dan iPhone 11.
Pada situs web resmi Apple saat ini, iPhone XS Max maupun iPhone 11 sudah tidak dijual lagi, yang mana hanya produk-produk Apple terbaru yang tersedia.

Namun, kamu tidak bisa menggunakan data internet pada handphone yang dibeli dari luar negeri. Kamu hanya bisa menggunakan Wifi saja. Hal itu karena nomor seri IMEI dan sistemnya sudah ditetapkan.

Akan sangat menyusahkan jika kamu tidak bisa menggunakan internet selain menggunakan Wifi, dimana fungsi iPhone tersebut akan menjadi kurang maksimal.

Jika kamu memutuskan ingin beli iPhone yang bisa menggunakan internet di Indonesia, kamu bisa cek di Jagofon yang menawarkan berbagai macam seri iPhone dan juga produk Apple lainnya seperti Airpods, Apple Watch, iPad, dan Macbook.

Pada awal perilisannya, kedua handphone ini menawarkan harga yang cukup tinggi, sehingga masih banyak orang yang menunggu harganya turun.

Lain halnya dengan fans produk Apple garis keras kelas atas yang pasti setia selalu membeli produk keluaran terbaru Apple karena adanya perubahan tertentu, meskipun hanya dengan perilisan warna baru.

Namun, harga iPhone XS Max dan iPhone 11 saat ini dapat dibilang sudah terjangkau bagi kelas menengah. Meskipun begitu, kedua seri handphone ini tidak ketinggalan zaman dan tidak kalah keren.

Sesuai dengan produk Apple yang dikenal dapat bertahan lama, serta fitur canggihnya yang menyebabkan handphone tidak terlihat kuno.

Agar mengetahui kamu harus beli iPhone yang mana, kita akan bantu untuk membahas dan membandingkan kedua seri handphone yang waktu rilisnya hanya berbeda satu tahun ini.

Baca juga: Perbandingan iPhone 8 dengan iPhone 14: Perubahan Pesat setelah 5 Tahun

Desain Bodi

Source: selera.id

Kelebihannya, iPhone XS Max dan iPhone 11 dapat tahan air sampai kedalaman 2 meter hingga 30 menit.

Ukuran iPhone XS Max lebih besar daripada iPhone 11, salah satu alasannya adalah karena ‘Max’ disini sama dengan ‘Plus’ atau ‘Pro Max’ di seri lainnya.

Jika dibandingkan dengan iPhone XS tanpa Max, iPhone 11 berukuran lebih besar.
Meskipun begitu, ketebalan iPhone 11 lebih dari iPhone XS Max yang berukuran lebih besar. Hal ini dikarenakan desain dan komponen yang ada pada handphone.

Warna yang ditawarkan iPhone XS Max hanya 3, yaitu emas, abu-abu, dan perak. Spesifikasi dimensi bodi iPhone XS Max adalah:

  • Lebar: 77,4 mm
  • Tinggi: 157,5mm
  • Tebal: 7,7mm
  • Berat: 208gram
  • Bahan: Baja tahan karat sekelas alat bedah medis

Sedangkan warna yang ditawarkan oleh iPhone 11 ada 6, yaitu hitam, hijau, kuning, ungu, merah, dan putih. Spesifikasi dimensi bodi iPhone 11 adalah:

  • Lebar: 75,7 mm
  • Tinggi: 150,9mm
  • Tebal: 8,3mm
  • Berat: 194gram
  • Bahan: aluminium sekelas industri dirgantara

Layar & Kamera

Layar iPhone XS Max dan iPhone 11 sama-sama memiliki sudut melengkung yang mengikuti desain lekukan, semua sudut berada di dalam bidang persegi standar.

iPhone XS Max menggunakan layar Super Retina HD (OLED) 6,5” dengan resolusi 2688x1242 piksel pada 458 ppi, sedangkan iPhone 11 menggunakan layar Liquid Retina HD (LCD) 6,1” dengan resolusi 1792 x 828 piksel pada 326 ppi.

Source: Apple

Super Retina memberikan rasio kontras yang lebih tinggi, sedangkan Liquid Retina memberikan gambar yang lebih murus dan teks yang lebih tajam, seperti yang digunakan pada iPad.

Pada teknologi layar, iPhone XS Max mendukung 3D Touch dan iPhone 11 mendukung Haptic Touch.

Kamera merupakan salah satu daya tarik terkuat dan keputusan seseorang untuk beli iPhone. Soal kamera iPhone tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, karena dari tahun ke tahun kualitasnya sudah terbukti.

Hingga saat ini, kualitas kamera iPhone 5 atau iPhone 7 saja masih sangat bagus.
iPhone XS Max dan iPhone 11 memiliki 2 kamera belakang dengan kekuaran 12MP dan masing-masing memiliki bukaan 1.8 dan 2.4.

Source: 9to5mac

iPhone XS Max memiliki kamera telephoto dengan opsi zoom 1x dan 2x, sedangkan iPhone 11 memiliki kamera ultra wide dengan opsi zoom 0.5x dan 1x.

Untuk kamera depan, iPhone 11 lebih unggul dengan resolusi 12MP dibandingkan iPhone XS Max dengan resolusi 7MP.

Kamera depan iPhone 11 sudah termasuk bagus, melebihi kamera depan Samsung Galaxy S22 dengan 10MP.
Tidak hanya untuk mengambil foto, iPhone juga sangat mendukung pembuatan video 720p, 1080p, hingga 4K dengan kecepatan 30fps hingga 60fps.

Saat ini, banyak konten kreator yang menggunakan iPhone untuk membuat, mengedit, dan mengelola kontennya.

Baca juga: Mengapa iPhone XR Lebih Laris dibanding iPhone XS?

Performa

Source: Macrumors

Kapasitas yang ditawarkan iPhone XS Max adalah 64GB, 256GB, dan 512GB, lebih besar dibandingkan iPhone 11 dengan kapastias 64GB, 128GB, dan 256GB.

Hal ini disesuaikan juga dengan desain iPhone XS Max yang lebih besar dibandingkan iPhone 11 yang lebih ringkas.

Pada masanya, kapasitas 512GB termasuk cukup besar dan canggih. Hal ini cocok karena produk Apple memproduksi kualitas foto dan video yang baik dengan ukuran yang besar.

Selain itu, produk Apple hanya memiliki simpanan internal sejak dahulu. Lain halnya dengan produk Macbook yang dapat menggunakan hard disk atau simpanan eksternal.

iPhone 11 menggunakan Chip A13 Bionic yang pastinya lebih baru dan canggih dibanding iPhone XS Max yang menggunakan Chip A12 Bionic. Namun, keduanya memiliki CPU 6-core dan GPU 4-core.

Baterai

iPhone XS Max memiliki 3174 mAh, sedangkan iPhone 11 memiliki 3110 mAh.

Source: iFixit

Meskipun begitu, teknologi pada iPhone 11 memaksimalkan kapasitas baterai sehingga dapat bertahan lebih lama dalam pemakaian yang lebih intens.
Jika digunakan untuk menonton video, iPhone XS Max tahan hingga 15 jam, sedangkan iPhone 11 sama dengan iPhone 12 yang dapat bertahan hingga 17 jam.

Sedangkan jika digunakan untuk memutar audio, kedua seri ini dapat tahan hingga 65 jam.

iPhone Mana Yang Kamu Pilih?

Jika kamu ingin beli iPhone, kamu bisa beli sekarang sesuai dengan seri yang kamu pilih dan budget yang kamu tetapkan.

Tidak seperti produk Apple lainnya, seri iPhone akan rilis yang baru setiap tahunnya. Seiring berjalannya waktu, harga seri yang lama juga semakin turun.

Kamu bisa mulai browsing harga dari seri iPhone yang kamu inginkan dan sesuai dengan budget kamu.

Jika kamu bingung harus browsing dimana, kamu bisa coba cek di Jagofon yang menawarkan merek, jenis, dan tipe handphone atau laptop yang cukup beragam.