JagoHacks

Cara Mengunci WhatsApp atau WA, Chat Gabisa Diintip!

Siapa sih yang nggak kesal ketika HP kita diintip orang lain? Hal tersebut melanggar privasi dan orang lain bisa melihat pesan pribadi kita. Sayangnya, tidak sedikit orang yang iseng dan suka membuka HP temannya tanpa izin sebagai bahan candaan. Padahal, tidak semua orang bisa mengerti pesan pribadi kita, dan kadang hal ini bisa mengundang kesalahpahaman.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengunci WhatsApp kita. Kalau kamu tidak tahu, jangan khawatir. Simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara mengunci WhatsApp di Android, iPhone, dan HP lainnya!

Cara mengunci WhatsApp di Android

Source: sammobile.com

Kalau kamu punya HP Samsung, kamu bisa mengunci WhatsApp di Android dengan beberapa cara. Kalau HP kamu memadai, kamu bisa mengunci WhatsApp kamu menggunakan fitur sidik jari atau fingerprint. Berikut cara untuk mengunci WhatsApp dengan sidik jari:

  1. Pastikan bahwa kamu sudah mempunyai versi terbaru WhatsApp. Kamu bisa melakukannya dengan pergi ke “Play Store > WhatsApp > Update.”
  2. Buka WhatsApp lalu pergi ke “Settings.”
  3. Di “Settings,” pilih “Account > Privacy.”
  4. Pergi ke bagian bawah dari bagian tersebut sampai kamu menemukan opsi “Fingerprint Lock.”
  5. Nyalakan “Unlock with fingerprint” agar kamu bisa mengubah settingannya.
  6. Klik “Set Up” lalu pilih tipe kunci yang ingin kamu gunakan – pola, pin, atau sidik jari.
  7. Pilih opsi sidik jari lalu scan sidik jari kamu sesuai instruksi. Selamat, kamu sudah sukses mengunci WhatsApp di HP Samsung kamu!

Baca juga: Geledah Samsung S20

Source: Asda Mobile

Jika HP Android kamu (seperti Xiaomi) tidak ada opsi seperti yang di atas, tenang saja, kamu masih bisa mengunci WhatsApp kamu. Tapi, langkahnya akan berbeda dari HP Samsung. Kamu bisa mengunci WhatsApp kamu dengan melakukan langkah berikut:

  1. Pergi ke “Settings” atau “Setelan” HP Xiaomi kamu.
  2. Di setelan, cari “Aplikasi > Kunci aplikasi.”
  3. Jika ini pertama kalinya kamu melakukan hal ini, nyalakan opsi “Hidupkan.”
  4. Buat pola untuk penguncian aplikasinya. Pastikan polanya gampang kamu ingat.
  5. Lakukan konfirmasi dengan membuat polanya lagi, lalu klik “Berikutnya.”
  6. Kamu akan diminta untuk memberikan polanya lagi jika sudah membuatnya.
  7. Lalu, tambah akun Mi untuk jaga-jaga apabila kamu lupa pola yang sudah kamu buat. Kamu bisa melakukannya dengan memilih tombol “Tambah.”

Kalau kamu sudah sampai langkah ketujuh, kamu tinggal menggunakan pola yang kamu buat di WhatsApp. Berikut cara menggunakan polanya di WhatsApp:

  1. Di bagian “Kunci aplikasi,” tambahkan WhatsApp (dan aplikasi lain yang mau dikunci)
  2. Pilih opsi “Gunakan kunci aplikasi” untuk menambahkan kuncinya di WhatsApp.

Cara mengunci WhatsApp di iPhone

Source: Phone Arena

Pengguna iPhone tidak usah khawatir, karena kamu juga bisa mengunci WhatsApp di iPhone. Namun, langkahnya berbeda dari langkah yang dilakukan di Android. Kalau kamu penasaran, ini caranya mengunci WhatsApp di iPhone:

  1. Update WhatsApp ke versi terbaru lalu buka aplikasinya.
  2. Pergi ke “Settings” yang terletak di bagian kanan bawah.
  3. Di Settings, cek bagian “Account > Privacy.”
  4. Scroll ke bagian bawah menu sampai kamu menemukan opsi “Screen Lock.”
  5. Nyalakan “Require Touch ID/Face ID.”
  6. Apabila kamu sudah menyalakan Touch ID atau Face ID, kamu akan disuruh menggunakannya untuk konfirmasi.
iPhone 12 terbaik di Jagofon

Menggunakan aplikasi kunci WhatsApp

Kalau kamu merasa bahwa penggunaan kunci tetap tidak menjamin data pribadi dan percakapan di WhatsApp, kamu bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Berikut adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk HP-mu:

1. AppLock

Source: khalfani.co.id

Applock adalah aplikasi pengunci yang dirilis oleh SpSoft di Play Store dan App Store. Aplikasi ini bisa menggunakan pola atau pin untuk mengunci berbagai aplikasi atau media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dll.

Fitur utama dari aplikasi ini adalah fitur deteksi mereka. Apabila aplikasi kamu dibuka secara paksa, mereka akan menginterupsi dengan mengambil foto “pelaku.” selain itu, mereka juga akan memberikan window “error” baru sehingga aplikasinya tidak akan terbuka.

Sayangnya, kekurangan dari AppLock adalah frekuensi dimana password akan muncul. Kamu akan sering melihat pop out password muncul. Jadi, kalau kamu tidak suka menggunakan password terlalu sering, aplikasi ini bukan untuk kamu.

2. LOCKit

Source: mozzec.com

Kalau kamu butuh shortcut untuk mengunci layar HP, maka LOCKit adalah aplikasi yang pas untuk kamu. Setelah kamu mengunduh LOCKit, kamu akan menemukan satu tombol besar di bagian bawah-tengah layar. Ya, tombol tersebut adalah LOCKit.

Dengan tombol tersebut, kamu tidak usah repot-repot mengunci layar kamu. Hanya dengan satu sentuh ke shortcut tersebut, layar kamu akan terkunci dengan sendirinya. Aplikasi ini juga mendukung kunci seperti pola dan PIN, jadi kamu bisa memilih yang mana yang cocok untuk kamu.

LOCKit adalah aplikasi berbayar, dan kamu wajib untuk membelinya jika ingin menghilangkan iklannya. Mereka juga tidak bisa dihapus secara langsung – kamu harus menghapusnya dari Play Store atau App Store.

3. Perfect AppLock

Apakah kamu mau aplikasi yang tidak melakukan “diskriminasi” di antara user gratis dan berbayar? Jika iya, kamu wajib untuk mengunduh Perfect AppLock. Di Perfect AppLock, user gratis dan berbayar mendapatkan semua fitur yang sama. Yang membuat kedua user berbeda adalah iklan yang ada di aplikasinya.

Perfect AppLock mempunyai fitur lain selain mengunci HP kamu. Mereka mempunyai mode Watchdog yang akan mengambil foto pengguna HP jika mereka gagal untuk membuka HP selama tiga kali. Mereka juga mempunyai “fake message” yang akan diluncurkan ketika kamu membuka aplikasinya.

Hal lain yang membuat aplilkasi ini unik adalah SMS common mereka. Jadi, kamu bisa meluncurkan aplikasinya dengan menggunakan  SMS command.

4. Norton App Lock

Terakhir, kamu bisa menggunakan Norton App Lock. ya, Norton App Lock adalah aplikasi pengunci HP buatan Norton Labs, salah satu perusahaan di bawah Norton Antivirus.

Dengan Norton App Lock, kamu bisa menambahkan password berupa pin, pola, atau teks untuk mengunci aplikasimu. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan isi galeri kamu, sehingga tidak ada orang yang bisa membukanya selain kamu. Jika ada yg berusaha untuk membukanya, Norton App Lock akan mengambil foto “pelaku” yang berusaha untuk membuka HP kamu. Cukup menarik, bukan?

Baca juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Plus

iPhone 14 terbaik dari Jagofon

Privasimu, Hak Mu

Source: freepik.com

Data pribadi adalah hal yang penting untuk dijaga. Kita tidak tahu apa yang bisa terjadi apabila data kita jatuh di tangan orang lain. Oleh sebab itu, kamu wajib melindunginya dengan extra security agar data pribadi kita aman di HP kita. Tunggu apa lagi? Ayo, lindungi data kamu dan kunci aplikasi penting di HP kamu sekarang juga!