JagoHacks

Cara Merawat HP Bekas Agar Awet Bertahun-tahun

Handphone merupakan barang yang harganya tidak murah. Apalagi zaman sekarang, mungkin jika kamu menginginkan iPhone kondisi baru harganya bisa sampai 10 juta ke atas. Beralih ke iPhone second bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu pintar dalam merawatnya.

Nah, jika kamu memang berencana untuk membeli HP second, sepertinya kamu harus mengikuti langkah sederhana di bawah ini agar HP second pembelianmu dapat awet bertahun-tahun.

1. Hindari Charger Palsu atau Murahan

Source: GadgetHacks

Kabel charger yang tidak berkualitas atau palsu biasanya memiliki arus listrik yang kurang stabil. Walaupun tidak merusak handphone secara langsung, namun lama kelamaan dapat membuat mesin handphone berjalan lambat.

Bahkan terkadang di beberapa kasus, pemakaian charger palsu dapat membuat port charger HP tidak berfungsi lagi, lho. Kamu bisa mulai merawat HP agar awet dengan menggunakan charger original atau aksesoris yang bersertifikat MFi (Made For iPhone) untuk iPhone.

2. Bersihkan Port Charger Secara Berkala

Source: WikiHow

Cara merawat HP agar awet juga bisa dimulai dengan membersihkan part-nya secara berkala. Lubang charger adalah salah satu tempat sarangnya debu dan kotoran, jika menumpuk debunya akan berdampak pada kinerja HP.

Pakai cotton bud untuk membersihkan port yang ada di HP kamu secara berkala bisa jadi solusi untuk merawat HP agar awet. Selain itu, membersihkan body-nya dengan alkohol dan kain micro fiber juga menjadi keharusan.


Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas


3. Jangan Biarkan HP Second Mati Total

Source: CellphoneRepair

Mungkin secara tidak sadar kita sering membiarkan HP second kita dalam keadaan mati total. Banyak ahli yang tidak menyarankan untuk mengecas HP dalam keadaan mati, karena arus listrik pertama yang sampai ke HP cukup besar, takutnya, ini menyebabkan battery health HP jadi cepat menurun.

4. Hindari Pemakaian HP Terlalu Panas

Jika kamu cek, pasti di setiap buku manual pada handphone tertulis bahwa salah satu cara merawat HP agar awet adalah dengan menjaganya pada suhu normal. Rata-rata suhu ruangan dari 15 - 30 derajat adalah suhu yang ideal bagi HP bekas.

HP yang sering dibawa ke tempat dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin terbukti memiliki kinerja lebih lambat daripada HP yang sering berada di suhu normal.

5. Pakai Aplikasi yang Penting Saja

Source: Tom's Guide

Kinerja yang lambat pada HP terutama pada Android biasanya terjadi karena banyaknya aplikasi yang memakan kapasitas RAM pada HP. Perhatikan lagi aplikasi yang ada di HP. Jika tidak terlalu penting dan jarang digunakan, lebih baik dihapus saja, ya.


Baca juga: 5 Penyebab Utama HP Sering Panas dan Cara Mengatasinya


6. Hindari Bermain HP Ketika Diisi Daya

Source: TechwithTech

Bermain game atau menonton video streaming saat HP sedang di-charge sangatlah tidak baik. HP yang dimainkan saat diisi dayanya dapat membuatnya cepat panas. Bahkan di beberapa kasus handphone yang dimainkan saat di-charge dapat membuat HP meledak karena tidak mampu menanggung panasnya.

7. Pakai Pelindung HP dengan Bahan yang Baik

Source: Whiteboard Journal

Cara merawat HP agar awet yang satu ini juga perlu diperhatikan. Beberapa pelindung handphone seperti case atau screen protector terbuat dari bahan yang tidak baik untuk HP. Terutama, case dari bahan yang tidak tepat akan membuat suhu HP tetap panas. Jika dibiarkan kelamaan, hal ini dapat merusak mesin HP-mu.

8. Update OS Secara Berkala

Source: Detik iNet

Jika kamu kira meng-update sistem operasi pada handphone hanya membuat user-interface jadi lebih menarik, kamu salah. Tujuan dari update OS yang utama adalah untuk meningkatkan proteksi HP dari serangan virus dan malware yang dapat menyerang dan mengambil data privasi.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati fitur-fitur terbaru di HP-mu jika kamu meng-update OS secara berkala. Jadi, jangan lupa untuk gunakan cara ini agar HP awet bertahun-tahun, ya.


Baca juga: Perbandingan iPhone 8 dengan iPhone 14: Perubahan Pesat setelah 5 Tahun


9. Bersihkan Cache Secara Berkala

Source: VOI

Cache merupakan ruang penyimpanan hardware, software, atau browser yang menyimpan data sementara. Cache menyimpan berbagai data seperti informasi log in dan history website agar kamu dapat mengakses berbagai aplikasi dengan lebih cepat.

Namun, cache yang kepenuhan juga berdampak pada penuhnya memori HP sehingga kerja HP jadi melambat. Lakukan pembersihan cache secara rutin itu perlu, terlebih cache tidak akan menghilangkan data-data penting pada HP-mu kok.

10. Jangan Terlalu Sering Multi-Tasking

Cara merawat HP agar awet yang terakhir adalah dengan mengurangi kegiatan multitasking di HP-mu. Saat kamu membuka banyak aplikasi pada HP, apalagi jika kapasitas RAM-nya kecil, hal ini akan menyebabkan HP cepat panas, baterai boros, dan kinerja HP melambat.

Jadi, disarankan untuk kamu, selain hanya mengunduh aplikasi yang penting-penting saja, namun juga memakai aplikasi tersebut dengan bijak dan tidak dalam satu waktu agar HP awet bertahun-tahun.

Beli HP di Jagofon, Bisa Awet Bertahun-Tahun!

Source: Freepik

Ya, karena Jagofon adalah marketplace gadget baru dan second berkualitas, kami selalu menerapkan uji kualitas sebelum dan sesudah produk masuk di katalog website. Dengan quality control yang terjamin, bisa dipastikan kamu akan mendapatkan HP yang awet, ditambah dengan ikuti cara di atas, pasti HP-mu akan lebih prima!