Comparison

Duel Kamera Poco M3 VS Redmi Note 9, Mana Yang Terbaik?

Xiaomi adalah perusahaan teknologi yang berasal dari China, dengan dua anak perusahaan dinamai Redmi dan Poco. Kalau Redmi dan Poco hanya fokus pada pembuatan handphone, Xiaomi mencakup produk elektronik keseluruhan seperti TV dan peralatan dapur.

Xiaomi dibangun pada tahun 2010, lalu dibangunlah Redmi pada tahun 2013, dan kemudian diikuti oleh Poco yang dibangun pada tahun 2018.

Meskipun memiliki arti beras kecil, sekarang produk Xiaomi bersama dengan Redmi dan Poco sudah besar bahkan sudah mendunia dan merupakan salah satu merek handphone yang cukup terkenal terutama di kalangan kelas menengah.

Salah satu spesifikasi terkuat dan paling populer dari keluarga Xiaomi adalah kameranya yang sangat baik meskipun harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Pada artikel ini, kami akan membahas perbandingan Dual Kamera antara Poco M3 dan Redmi Note 9 yang sama-sama dirilis pada tahun 2020. Kedua handphone ini sama-sama memiliki tipe standar dan tipe Pro.

POCO M3 Vs Redmi Note 9: Manakah yang Terbaik?
(Source: Berita7)

Namun untuk membeli sebuah handphone, tidak mungkin kan yang dilihat hanya spesifikasi kameranya, kita juga perlu untuk mempertimbangkan spesifikasi lainnya meskipun memang misalnya kamera adalah yang diincar.

Kalau begitu, langsung saja kita simak spesifikasi lengkapnya!

Spesifikasi Kamera

Selain agak mirip, spesifikasi Redmi Note 9 memang lebih baik dibandingkan Poco M3, baik dari segi jumlah maupun fitur. Namun hal ini sesuai karena handphone Redmi harganya lebih mahal.

Kamera pada kedua handphone ini sudah dilengkapi dengan fitur dual LED dual-tone flash, HDR, dan panorama. Dual-tone LED flash adalah lampu LED tambahan yang diciptakan sebagai solusi untuk menyesuaikan suhu warna dan menghasilkan nada yang lebih nyata.

Redmi Note 9 dan Poco M3 sama-sama dapat menghasilkan video dengan resolusi 1080p pada 30fps, baik kamera depan maupun kamera belakang. Meskipun resolusi video tidak dapat diatur, resolusi bawaan yang disediakan sudah cukup berkualitas dan HD. Keduanya lebih fokus untuk memaksimalkan fitur pada kamera untuk foto.

Berikut adalah spesifikasi kamera Poco M3:

Kamera Belakang

  • 48 MP, f/1.8, (lensa wide), 1/2.0", 0.8µm
  • 2 MP, f/2.4, (lensa macro)
  • 2 MP, f/2.4, (lensa depth)

Kamera Depan

  • 8 MP, f/2.1, (lensa wide), 1/4.0", 1.12µm
Poco M3 review: Camera, photo and video quality
(Source: GSM Arena)

Dan berikut adalah spesifikasi kamera Redmi Note 9:

Kamera Belakang

  • 48 MP, f/1.8, 26mm (lensa wide), 1/2.0", 0.8µm,
  • 8 MP, f/2.2, 118˚ (lensa ultrawide), 1/4.0", 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, (lensa macro)
  • 2 MP, f/2.4, (lensa depth)

Kamera Depan

  • 13 MP, f/2.3, 29mm (standard), 1/3.1", 1.12µm
Xiaomi Redmi Note 9 test Camera full features - YouTube
(Source: Infofull)

Perbedaannya bisa dilihat pada resolusi kamera depan yang lebih unggul dimiliki oleh Redmi Note 9, dan jumlah kamera belakang, dimana Redmi Note 9 memiliki 1 kamera dengan resolusi 8MP.

Menurut Jagofon, tentu lebih bagus kamera Redmi Note 9 yang memiliki resolusi lebih baik dan jumlah kamera lebih banyak. Namun, biaya yang dikeluarkan juga lebih tinggi.

Sebenarnya jika kamu tidak terlalu menggunakan kamera untuk kegiatan fotografi, kamera Poco M3 pun sudah cukup. Sehingga penggunaan kamera ini kembali lagi kepada kebutuhan kita.

Baca juga: Inilah Perbedaan Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 9!

Desain Bodi

Poco M3 memiliki tinggi 162.3 mm, lebar 77.3 mm, dan ketebalan 9.6 mm, dengan berat 198 g. Handphone ini memiliki permukaan bodi yang mengkilap karena telah diberikan finishing glossy. Uniknya, Poco M3 malah memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Poco M3 Pro.

Selain itu, Poco M3 dilindungi oleh Gorilla Glass 3 pada bagian depan dan plastic pada bagian belakang yang berbentuk melengkung seperti 3D, serta menggunakan bingkai plastik.

Redmi Note 9 memiliki ukuran yang hampir sama persis dengan Poco M3, hanya saja lebih tipis dan lebih ringan, dengan memiliki tinggi 162.3 mm, lebar 77.2 mm, dan ketebalan 8.9 mm, dengan berat 189 g.

Bedanya, Redmi Note 9 sudah dilengkapi dengan teknologi Water-repellent coating, tidak hanya tahan air namun bisa kebal air.

Warna yang tersedia untuk Poco M3 ada 3, yaitu Poco Yellow, Power Black, dan Cool Blue.

(Source: Poco)

Begitu pula dengan warna Remi Note 9 yang juga menyediakan 3 pilihan warna, yaitu Forest Green, Midnight Grey, dan Polar Whit

Mi Nepal
(Source: Mi Nepal)

Layar

Spesifikasi layar kedua handphone ini juga sangat mirip, sama-sama menggunakan IPS LCD dengan ukuran 6.53 inci yang memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel pada ~395 ppi.

Bedanya, Poco M3 masih menggunakan Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Redmi Note 9 sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 5 yang lebih bagus, seperti yang digunakan pada produk Samsung kebanyakan.

Performa

Karena sama-sama dirilis pada tahun 2020, Poco M3 dan Redmi Note 9 menggunakan sistem operasi dasar Android 10 dengan MIUI 12.

Mementingkan performa yang cepat dan maksimal, Poco M3 menggunakan chip prosesor Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 dengan CPU 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver dan GPU Adreno 610.

Sedangkan Redmi Note 9 lebih mementingkan performa yang mulus dan stabil dengan menggunakan chip prosesor Mediatek MT6769Z Helio G85 dengan CPU 2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55 dan GPU Mali-G52 MC2.

Jika kamu ingin handphone untuk bermain game, Poco M3 lebih cocok untukmu. Selain karena chip prosesor yang digunakan.

Meskipun keduanya menawarkan memori internal 128GB RAM 4GB dan 128GB RAM 6GB, Poco M3 menawarkan pilihan 64GB RAM 4GB dan 64GB RAM 6GB yang memiliki pilihan RAM lebih tinggi dibandinkan Redmi Note 9 yang menawarkan pilihan 64GB RAM 3GB dan 64GB RAM 4GB saja.

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer? • Page 2 of 4 • Jagat  Gadget
(Source: Jagat Gadget)

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi: Wajib Tau!

Baterai

Salah satu nilai jual Poco M3 yang menarik adalah kapasitas baterainya yang sangat besar, melebihi handphone kekinian, Samsung S23 Ultra. Meskipun memiliki kapasitas baterai sebesar 6000 mAh, Poco M3 termasuk cukup ringan loh.

Selain itu, handphone ini sudah dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat dengan 18W. Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan handphone.

Setelah diuji, Poco M3 dipercaya dapat bertahan hingga 154 jam dalam pemakaian normal, dapat stanby selama 583 jam, digunakan untuk telepon hingga 40 jam, mendengar music selama 196 jam, dan menonton video hingga 17 jam.

(Source: Poco)

Sedangkan Redmi Note 9 memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, yaitu 5020 mAh. Meskipun begitu, kapasitas ini termasuk sangat besar dibandingkan handphone lainnya. Seperti Poco M3, Redmi Note 9 juga dibekali teknologi pengisian daya cepat yang juga bertenaga 18W yang dipercaya dapat bertahan hingga 125 jam pemakaian normal.

Kesimpulan

Nah, diatas adalah spesifikasi Poco M3 dan Redmi Note 9. Sudah putuskan ingin membeli salah satu handphone ini?

Sebagai informasi, harga resmi Poco M3 adalah Rp1,799,000 dan harga resmi Redmi Note 9 adalah Rp1,999,000. Namun, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah di Jagofon, dimana harga Poco M3 mulai dari Rp1,480,000 dan harga Redmi Note 9 mulai dari Rp1,580,000.

Perbedaan harganya cukup lumayan loh, karena dengan selisih yang ada bisa kamu gunakan untuk membeli casing dengan motif kesukaanmu, atau bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya.

Terlebih lagi jika kamu beli di Jagofon, kamu akan diberikan aksesoris gratis untuk handphonemu. Tidak hanya handphone Redmi atau Poco, tersedia juga merek dan tipe handphone lainnya.

Meskipun handphone second, kualitasnya bukan sembarangan loh. Selain akan aman karena adanya garansi, handphone yang dijual juga sudah melalui proses pengecekan dan lulus pengujian.

Stok handphone di Jagofon selalu semakin menipis, yuk masukkan handphone impianmu ke dalam kerangjang belanjamu!