Product

Dulu Dinanti, Inilah 5 Alasan Kenapa iPhone 11 Pro Banyak Diminati

Dirilis pada tahun 2019, iPhone 11 Pro adalah iPhone yang paling dinanti pada saat itu. Hal tersebut tidak mengejutkan, mengingat bagaimana iPhone 11 Pro memiliki banyak fitur yang dianggap revolusioner dan unik pada jamannya. Apa saja sih, fitur iPhone 11 Pro yang unik? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Kamera Boba Pertama dari iPhone

Source: Apple

Apakah kalian pernah dengar yang namanya kamera boba? Kamera boba adalah nama keren dari kamera yang dimiliki Apple mulai dari iPhone 11 Pro sampai sekarang. Sesuai dengan namanya, kamera boba adalah kamera yang terkenal dengan ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan model kamera sebelumnya.

Model kamera yang baru dan lucu ini lalu disebut dengan kamera boba oleh orang-orang karena bentuknya yang bulat seperti boba.

Selain desainnya yang unik, kamera boba milik iPhone 11 Pro juga dibungkus dengan berbagai fitur dan teknologi yang cukup canggih. iPhone 11 Pro memiliki total tiga kamera di belakang. Ketiga kameranya memiliki 12 megapiksel, tetapi masing-masing punya fungsi sendiri. Kamera utama digunakan untuk ultra wide, kamera kedua untuk wide, dan kamera ketiga untuk 2x telephoto.

Mungkin jumlahnya terlihat berlebihan, tapi sebenarnya tiga kamera ini saling melengkapi satu sama lain. Tiga kamera ini bisa membantumu untuk mencerahkan foto ketika cahaya sekeliling objek terlalu sedikit. Dan dengan fitur ultra wide-nya, kamu bisa mengambil foto yang lebih lebar tanpa harus mundur dari posisimu.

Selain fitur ultra wide, kamu juga akan merasakan bahwa proses penggunaan fitur bisa digunakan lebih mulus di iPhone 11 Pro. Proses zoom in bisa dilakukan tanpa lag, dan pergantian fitur bisa dilakukan kurang dalam satu detik. Ini semua berkat chipset iPhone 11 Pro yang tergolong baru pada saat itu, dan chipset ini akan kami diskusikan di paragraf berikutnya.

Chipset Terbaru dan Bertenaga

Source: Macworld

Berbeda dengan iPhone X, iPhone 11 Pro dirilis dengan A13 Bionic sebagai chipsetnya. Perubahan ini disambut dengan hangat oleh pecinta iPhone karena A13 datang dengan sistem yang lebih cepat, canggih, dan modern.

Secara fisik, A13 Bionic memiliki komponen yang sama dengan A12 yaitu 2 CPU untuk performa biasa dan 4 CPU untuk performa berat. Namun, A13 bisa melakukan performa lebih baik dan cepat. Bahkan, mereka bisa memberikan performa 30-40% lebih cepat daripada A12.

Berkat efisiensi yang diberikan oleh A13, kamu bisa bermain game berat dengan mulus tanpa khawatir apabila frame rate-nya akan drop. Kamu juga bisa edit video dengan software berat tanpa harus khawatir proses edit akan mengalami lag.

Baca juga: 5 Kelebihan Membeli iPhone 11 Di Tahun 2023

Layar OLED

Source: Anand Tech

Salah satu fitur iPhone 11 Pro yang patut untuk dipuji adalah layar OLED mereka.

Mungkin layar OLED terdengar asing bagi pengguna iPhone XR dan iPhone 11 karena kedua handphone tersebut menggunakan LCD. LCD bukanlah layar yang jelek karena mereka bisa memberikan view yang yang terang berkat backlight yang ada dibalik layarnya.

Meskipun LCD memberikan layar yang terang, layar OLED bisa menghasilkan kontras yang lebih tajam. Bereda dengan LCD, OLED tidak memiliki backlight, dan setiap piksel yang ada di layarnya menyala secara individual. Hal ini lah yang menghasilkan kontras yang lebih terlihat dibandingkan LCD.

Kelebihan lain dari OLED adalah layarnya yang tetap konsisten di berbagai angle. Kalau kamu menggunakan LCD, kamu akan menemukan layar handphone terlihat buram apabila kamu melihatnya dari angle samping handphone.

Semakin jauh kamu melihat layarnya, semakin gelap layarnya terlihat. Nah, isu layar ini nggak akan terjadi di OLED. layar di OLED akan terlihat sama di angle manapun, dan layarnya nggak akan buram.

Meskipun OLED adalah layar versi baru, bukan berarti LCD tidak ada kelebihan. Karena LCD punya light di bagian belakangnya, layar LCD bisa tahan backlight sehingga layarnya bisa lebih terang daripada OLED.

Daya Baterai yang Tahan Lama

Source: Hardware Zone

Kekurangan dari iPhone sekarang adalah daya baterainya yang gampang habis. Handphone seperti iPhone 12 cuma bisa bertahan sampai 7 jam saja. Untungnya, iPhone 11 Pro adalah salah satu batch iPhone yang punya daya baterai yang cukup kuat.

Dengan iPhone 11 Pro, kamu bisa surfing internet selama 10 jam dengan cahaya yang paling terang. Jadi apabila kamu menggunakan handphonenya untuk mendengarkan musik saja, iPhone 11 Pro bisa bertahan selama 12-13 jam. Dan kalau kamu menggunakannya untuk bermain game, kamu bisa bermain non-stop selama 7-8 jam.

Kalau baterai iPhone 11 Pro kamu habis, tidak usah khawatir karena iPhone 11 Pro mendukung fast-charging. Berkat fast-charging, kamu tidak usah menghabiskan lebih dari 2 jam untuk mengisi baterainya.Ya, kamu bisa mengisi 50% dari daya baterai cuma dalam waktu 30 menit saja. Cukup cepat, bukan? Tentu saja, kecepatannya juga tergantung dengan daya listrik yang ada di colokan. Semakin besar daya listrik yang diberikan, semakin cepat juga baterainya terisi.

Baca juga: Berapa sih harga iPhone 11 Pro Max Tahun 2023?

Face ID Diperbarui

Source: iOS Gadget Hack

Salah satu kekurangan dari iPhone X adalah Face ID yang kurang responsif. Banyak pengguna iPhone X yang merasa bahwa Face ID mereka tidak bisa mengenal wajah mereka dalam anglet tertentu.

Untungnya, Apple mendengar keluh kesal pelanggan dan memberikan upgrade di Face ID mereka di iPhone 11 Pro. di iPhone 11 Pro, kamu bisa mengaktifkan Face ID meskipun angle wajahnya tidak lurus dan agak miring. Jadi, kamu nggak usah susah-susah maju untuk membuka handphonemu.

Kelebihan lain dari Face ID yang ada di iPhone 11 Pro adalah responnya. Kamu nggak akan merasakan lagi sama sekali ketika menggunakan Face ID. selain itu, Face ID juga akan mengenali wajahmu dalam waktu kurang dari 3 detik. Kecepatannya cukup mengesankan mengingat bahwa Face ID adalah fitur yang cukup baru pada tahun tersebut.

Masih Tertarik dengan iPhone 11 Pro?

Source: Trusted Review

Meskipun iPhone 11 Pro bukan HP baru, tapi handphonenya masih layak untuk dipakai sampai sekarang. iPhone 11 Pro punya berbagai fitur yang tidak ada di iPhone X, dan fitur tersebut masih digunakan sampai sekarang oleh iPhone versi baru. Jadi, kamu masih bisa menikmati fitur yang masih relevan sampai sekarang di iPhone 11 Pro.

Kalau kamu mau beli iPhone 11 Pro, kamu bisa beli iPhone 11 Pro second. Kualitas HP second tidak jauh dengan HP baru, dan kamu bisa membelinya dengan harga yang terjangkau. Tapi, jangan terlena dengan harga murah. Tidak sedikit seller nakal yang jual iPhone refurbish dengan harga sangat murah. Tidak semua iPhone refurbish komponennya asli; banyak HP refurbish yang “isinya” sudah diganti agar terlihat baru.

Kalau kamu mau seller yang pasti jual iPhone asli dan tidak diganti-ganti isinya, kamu bisa beli iPhone 11 Pro di Jagofon. Jagofon selalu cek 90+ titik di semua produknya, jadi keaslian produk mereka sudah tidak usah diragukan lagi. Yuk buktikan keaslian produk Jagofon dengan beli handphone murah mereka sekarang juga!