Comparison

Apple Watch Ultra VS Series 8: Manakah Yang Cocok Untukmu?

Tidak jarang orang susah membedakan antara Apple Watch Ultra vs Series 8. Dua smartwatch ini terlihat mirip kalau dari jauh. Padahal, Ultra lebih besar daripada Series 8, dan keduanya punya model yang berbeda. Selain modelnya, ada juga perbedaan lain yang tidak kita sadari. Kalau kamu mau tahu perbedaannya apa, yuk baca artikel di bawah ini!

Desain & Display

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ukuran Apple Watch Series Ultra lebih besar dibandingkan Apple Watch Series 8. Hal ini karena baterai Ultra lebih besar daripada Series 8, sehingga baterainya butuh tempat yang lebih besar untuk disimpan.

Apple Watch Ultra (Source: Apple)

Meskipun Series 8 lebih kecil daripada Ultra, jangan salah karena desainnya juga sama-sama keren dengan Ultra. Berbeda dengan Ultra yang cuma punya dua warna untuk talinya, Apple Watch 8 memiliki desain yang simpel dan minimalis, tetapi talinya cukup keren karena mereka datang dengan berbagai warna yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.

Apple Watch Series 8 (Source: Macrumors)

Tidak seperti Apple Watch lainnya, Apple Watch Ultra memiliki layar yang sangat cerah yang bisa mencapai 2,000 nit. Hal ini cukup hebat, mengingat bahwa kebanyakan Apple watch (termasuk Ultra) hanya bisa mencapai 1,000 nits. Kelebihan dari Ultra ini lah yang membuatnya menjadi jam tercerah di antara semua Apple watch yang ada.

Tentu saja, Apple Watch Series 8 juga memiliki kelebihannya sendiri. Desainnya sangat kalem dan elegan dengan bazelnya yang lebih kecil dibandingkan Ultra. Desainnya cukup mirip dengan Apple Watch series sebelumnya, mengikuti tradisi Apple Watch dan desain mereka yang minimalis tapi menonjol.

Tali dari Apple Watch Series 8 datang dengan berbagai variasi. Merah, hitam, biru – warna-warna tersebut adalah beberapa dari banyak warna yang tersedia untuk Ultra. Bahan talinya pun bervariasi, karena kamu bisa dapat tali terbuat dari nilon atau kulit.

Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas

Performa

Ada beberapa hal yang mirip diantara Apple Watch Ultra dan Series 8. Kedua-duanya menggunakan chipset S8 dengan dual processor. Chip W3, dan chip U1. dengan chipset seperti ini, kedua jam ini bisa memberikan performa yang maksimal. Tapi tentu saja, ada beberapa hal yang membuat keduanya “berbeda.”

Selain desain yang sporty, Apple Ultra Watch juga memiliki desain khusus untuk aktivitas tertentu untuk tali mereka. Trail Loop talinya tipis sehingga kamu bisa menyesuaikan talinya ketika kamu sedang lari. Sementara itu, Alpine Loop punya G-hook untuk memastikan agar jamnya tidak lepas ketika kamu sedang mendaki gunung. Yang terakhir, Ocean Band, memiliki extension atau tali ekstra agar bisa digunakan ketika kamu sedang berenang.

Source: The Verge

Desain tali mereka ini dilakukan dengan sengaja, karena Apple Watch Ultra adalah jam yang didesain khusus orang yang hobinya olahraga. Dengan berbagai tali yang digunakan untuk keamanan jam  dan desain yang cukup kecil tapi stylish, Ultra adalah jam yang cocok digunakan untuk aktivitas olahraga yang kamu mau.

Tentu saja, bukan berarti bahwa Apple Watch Series 8 tidak kuat seperti Ultra. Bahkan, series 8 adalah salah satu jam Apple yang dibuat dengan tujuan agar mereka bisa bertahan lama. Hal ini bisa dilihat di bagian layar yang memiliki cover terbuat dari kristal.

Source: The Verge

Selain itu, Series 8 juga memiliki sertifikat IP6X. sertifikat tersebut adalah bukti bahwa jamnya dust resistance. Sertifikat ini menyatakan bahwa jamnya tidak akan rusak bahkan ketika ada debu masuk ke jamnya.

Dan kalau kamu punya hobi menyelam, maka kamu wajib menggunakan Apple Watch Series 8. Jam ini bisa digunakan untuk menyelam sampai 50m di bawah laut, jadi kamu tidak usah khawatir kalau kamu menggunakan Series 8 di dalam air. Tapi pastikan bahwa kamu menyelam tidak melewati 50m kalau kamu tidak mau jamnya rusak

Fitur

Apple Watch Ultra memiliki banyak fitur dan hal ini membuat jamnya butuh chipset yang bisa mendukung performanya dengan baik. Untuknya, chipset S8 bisa melakukan pekerjaannya dengan benar sehingga fitur milik Ultra bisa berjalan dengan mulus.

Fitur pertama milik Ultra adalah sensornya yang bisa deteksi berbagai hal. Ultra bisa mendeteksi suhu tubuh, oksigen darah, dan detak jantung kita.

Source: Digital Trends

Tapi, sensor yang paling menonjol adalah Depth Gauge. Sensor ini bisa mendeteksi kedalaman kita di dalam air. Jadi, kita bisa tahu sudah berapa jauh kita di dalam kolam renang atau laut. Ketika kita sudah melewati 40 meter, layar Apple Watch Ultra akan berubah menjadi kuning. Beberapa fiturnya juga akan berhenti berfungsi.

Selain Depth Gauge, fitur lain milik Ultra yang tidak ada di Series 8 adalah siren atau sirene. Sirene ini bisa diaktifkan kalau kamu merasa dalam bahaya. Suara sirenenya cukup keras sehingga satu perumahan bisa mendengarnya kalau diaktifkan.

Source: The Verge

Kalau kamu pecinta musik, ada berita baik untukmu; Apple Watch Ultra dilengkapi dengan dual speaker yang bisa “menyanyikan” lagu dengan suara yang oke. Kamu juga bisa menjawab telepon dengan suara yang bening berkat mic yang menggunakan teknik beamforming yang bisa mengeliminasi suara yang mengganggu ketika mic digunakan.

Takut jamnya mendadak mati? Tenang saja, karena Ultra bisa bertahan sampai 26 jam apabila digunakan dengan normal. Jadi, jamnya bisa bertahan lebih dari dua jam tanpa charger.

Source: Digital Trends

Meskipun series Ultra banyak kelebihannya, bukan berarti Apple Watch Series 8 tidak kalah keren. Karena Series 8 juga menggunakan chipset S8, jam ini bisa melewati penggunaan fitur yang berat dengan mulus.

Meskipun tidak memiliki Depth Gauge, Series 8 masih ada sensor yang bisa menyaingi Ultra. Sama seperti Ultra jam ini bisa mendeteksi temperatur badan, oksigen darah, dan detak jantung kita.

Untuk baterai, Series 8 tidak seperti Ultra yang bisa bertahan lebih 2 hari. Tapi tidak usah khawatir, karena Series 8 bisa tahan sampai 18 jam. Jadi, kamu bisa menggunakannya selama satu hari lalu charge baterainya ketika kamu tidak sibuk.

Baca juga: Bocoran iPhone 15: Ada Ultra dan Pro!

Kesimpulan

Apple Watch Series 8 adalah jam yang bagus. Tapi, kebanyakan fiturnya adalah fitur yang sudah ada di Apple watch series sebelumnya. Jadi kalau budget kamu nggak cukup, kamu bisa beralih ke Apple Watch Series 7 untuk kegiatan sehari-harimu.

Kalau kamu adalah pecinta olahraga, maka kamu harus mencoba Apple Watch Ultra karena jamnya didesain untuk olahraga. Mulai dari talinya sampai fitur-fiturnya, semuanya dibuat untuk mempermudah kamu dalam melacak progresmu ketika olahraga.

Source: yangcanggih.com

Sayangnya, harganya cukup mahal yaitu 15 jutaan.Untungnya, kamu bisa beli Apple Watch Ultra second dengan harga 12 jutaan di Jagofon. Jagofon selalu cek kualitas produknya di 90+ titik, jadi Apple Watch yang dijual di Jagofon sudah pasti berfungsi dengan baik. Kalau ragu, kamu bisa menggunakan 7 hari garansi uang atau 30 hari garansi mesin mereka. Yuk, beli Apple Watch berkualitas dengan harga murah di Jagofon sekarang!