Comparison

Inilah Perbandingan iPhone 14 Pro dan iPhone 12 Pro Beserta Harganya di Tahun 2024

iPhone Pro Series adalah serangkaian produk ponsel pintar unggulan dari Apple yang menawarkan teknologi terdepan dan fitur-fitur canggih, termasuk kamera berkualitas profesional, layar Super Retina XDR yang menakjubkan, prosesor bertenaga tinggi untuk kinerja yang mulus, dan desain yang elegan dengan bahan-bahan premium. Seri ini dirancang untuk pengguna ponsel yang mengutamakan inovasi, kinerja, dan kualitas dalam pengalaman perangkat mobile Jagoans.

Source: Phone Arena

Untuk kamu yang masih menggunakan iPhone 12 Pro, mungkin kamu perlu mencari informasi mengenai perbandingannya dengan iPhone yang lain. Apakah Jagoans ingin atau perlu untuk meng-upgrade iPhone 12 Pro milikmu ke iPhone versi yang lebih baru? Kali ini mari simak, Jagofon akan membahas perbandingan iPhone 12 Pro dengan iPhone 14 Pro.

Baca juga: iPhone 14 Pro: Keunggulan Tak Terbatas Dari Apple

Desain

iPhone 14 Pro memiliki desain yang mengesankan dengan sentuhan elegan dan modern, menampilkan bodi yang ramping dan kokoh dengan tepian yang halus dan sudut yang tepat. Dengan panel belakang yang terbuat dari kaca tahan gores berkualitas tinggi dan bingkai dari stainless steel, iPhone 14 Pro menawarkan tampilan yang mewah dan tahan lama.

Desainnya juga menghadirkan beberapa perubahan signifikan, termasuk peningkatan kamera dengan modul yang lebih besar dan tersusun secara simetris, serta pengurangan ukuran notch yang diperkenalkan untuk menyediakan lebih banyak ruang layar bagi Jagoans untuk menikmati konten dengan lebih maksimal.

Source: Telegra.ph

iPhone 12 Pro menampilkan desain yang mengagumkan dengan kombinasi kaca dan stainless steel yang premium, memberikan tampilan yang elegan dan kokoh. Dengan tepian yang halus dan sudut yang presisi, iPhone 12 Pro hadir dengan bodi yang ramping dan ergonomis. Desainnya memperlihatkan perubahan yang signifikan dari pendahulunya dengan sudut yang lebih tegas dan kesan yang lebih futuristik.

Ukuran dan Layar

iPhone 14 Pro menampilkan desain yang ramping dan elegan dengan dimensi yang optimal, memudahkan Jagoans untuk mengoperasikannya dengan nyaman dengan satu tangan. Layar Super Retina XDR yang luas dan mengagumkan, dengan teknologi ProMotion untuk refresh rate adaptif hingga 120Hz, memberikan pengalaman visual yang luar biasa dengan warna yang hidup dan kontras yang tajam.

What's the Difference Between Apple's 2 Biggest iPhones? | Gear Patrol
Source: Gear Patrol

iPhone 12 Pro menampilkan desain yang ramping dan elegan dengan bodi yang kokoh serta dimensi yang memungkinkan kamu untuk mengoperasikannya dengan nyaman. Layar Super Retina XDR yang luas dengan teknologi OLED memberikan pengalaman visual yang luar biasa dengan warna yang hidup dan kontras yang tajam. Dengan resolusi tinggi dan tingkat kecerahan yang kuat, iPhone 12 Pro menawarkan kejernihan visual yang mengagumkan untuk menikmati konten multimedia dengan detail yang tajam.

Prosesor

Chipset A16 dari iPhone 14 Pro ini dilengkapi dengan prosesor hexa core yang terdiri dari dua inti berkinerja tinggi bernama Everest (3.46 GHz) dan enam inti hemat daya bernama Sawtooth (2.02 GHz). Apple mengklaim bahwa chipset ini memiliki kinerja 40% lebih baik daripada yang ada di pasaran, serta mendapat peningkatan 50% dalam bandwidth memori dan memperkenalkan neural engine yang mampu menangani 17 triliun operasi per detik.

Selain itu, Apple A16 Bionic juga membawa fitur-fitur baru seperti Image Processor (ISP) yang mampu menangani sensor kamera dengan resolusi lebih tinggi dan menjalankan hingga 4 triliun operasi per foto, serta debut dari Display Engine yang bertanggung jawab atas kemampuan layar AOD dan LTPO, animasi licin pada Dynamic Island, dan tingkat kecerahan layar hingga 2000 nit.

<abbr title=iPhone 12 Pro vs iPhone 12 Pro Max: Which Takes Better Photos?" loading="lazy">
Source: Gear Patrol

iPhone 12 Pro ditenagai oleh chip A14 Bionic, sebuah prosesor yang mengesankan dengan kinerja luar biasa dan efisiensi energi yang tinggi. Dengan kecerdasan buatan yang terintegrasi, chip ini mampu menghadirkan pengalamanmu yang mulus dalam menjalankan aplikasi berat, bermain game grafis tinggi, dan melakukan tugas-tugas multitasking dengan responsif. Selain itu, kemampuan pemrosesan grafis yang unggul membuat iPhone 12 Pro cocok untuk pengeditan foto dan video yang membutuhkan kinerja tinggi.

Kamera

iPhone 14 Pro menampilkan konfigurasi kamera utama yang diperbarui dengan kamera utama 48 MP yang menggunakan filter warna Quad Bayer dan sensor berukuran 1/1.28 inci, dilengkapi dengan stabilisasi untuk menghasilkan foto dan video yang lebih stabil. Kamera ultrawide 12 MP juga mengalami peningkatan dengan sensor berukuran 1/2.55 inci dan pixel size 1.4 µm, serta fitur Dual Pixel PDAF.

The <dfn title=iPhone 13 Pro vs. iPhone 12 Pro Camera Shootout - Moment" loading="lazy">
Source: Moment

Meskipun demikian, kamera telefoto tetap pada resolusi 12 MP dengan ukuran sensor 1/3.5 inci, focal length 77 mm, dan zoom optik hingga 3x dengan dukungan OIS. Mode portrait didukung oleh sensor LiDAR Scanner, sementara setiap lensa dapat merekam video 4K pada 60 FPS dengan fitur-fitur seperti Dolby Vision HDR, ProRes, dan Cinematic Mode, serta perekaman suara stereo.

iPhone 12 Pro menampilkan sistem kamera yang impresif dengan tiga lensa utama yang terdiri dari kamera wide, ultra-wide, dan telefoto, masing-masing dengan kemampuan yang mengesankan. Kamera wide memiliki aperture f/1.6 yang lebih besar, memungkinkan lebih banyak cahaya masuk untuk menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas, sedangkan kamera ultra-wide memberikan sudut pandang yang luas untuk mengambil foto pemandangan yang spektakuler.

The iPhone 15 Pro camera needs to fix Apple's worst design decision
Source: Created Tech

Selain itu, kamera telefoto menyediakan zoom optik 2x, memungkinkan kamu untuk mendekati subjek tanpa mengorbankan kualitas gambar. Dengan fitur-fitur seperti Night mode, Deep Fusion, dan Smart HDR 3, iPhone 12 Pro menawarkan kemampuan fotografi yang luar biasa dalam berbagai kondisi pencahayaan, menjadikannya pilihan yang sempurna bagi kamu yang menginginkan hasil foto berkualitas tinggi langsung dari ponsel pintarmu.

Baca juga: Banyak Dikeluhkan, Apa Penyebab Screen Burn iPhone 14 Pro?

Baterai

iPhone 14 Pro tampaknya memiliki ketahanan baterai yang sedikit kalah saing dibandingkan dengan ponsel flagship Android dan bahkan dengan pendahulunya, iPhone 13 Pro. Dalam pengujian yang mencakup me-reload halaman web berkali-kali menggunakan jaringan seluler dengan kecerahan 150 nit, iPhone 14 Pro hanya bertahan selama 10 jam 13 menit, sementara iPhone 13 Pro mampu bertahan selama 12 jam 18 menit.

Source: Simple Alpaca

iPhone 12 Pro hadir dengan baterai lithium-ion built-in yang kuat, yang memungkinkan Jagoans untuk menggunakan perangkat dengan lebih lama di antara pengisian ulang. Meskipun Apple tidak merilis kapasitas baterai secara spesifik, iPhone 12 Pro diketahui memiliki daya tahan baterai yang layak, cocok untuk penggunaan sehari-hari. Dengan optimalisasi perangkat keras dan perangkat lunak yang terus-menerus, iPhone 12 Pro menawarkan daya tahan yang handal.

Kesimpulan

Perbandingan antara iPhone 14 Pro dan iPhone 12 Pro menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam berbagai aspek. iPhone 14 Pro hadir dengan peningkatan dalam hal prosesor, kamera, dan kemungkinan fitur tambahan seperti layar dan baterai. Dalam hal performa, iPhone 14 Pro menawarkan kinerja yang lebih tinggi berkat prosesor yang lebih canggih dan fitur-fitur kamera yang lebih canggih.

Namun, perbandingan antara keduanya juga mengungkapkan bahwa iPhone 14 Pro mungkin memiliki desain dan kemampuan baterai yang serupa atau hanya sedikit lebih baik daripada pendahulunya. Sementara faktor harga iPhone 14 Pro dan ketersediaan di pasar juga harus dipertimbangkan secara teliti sebelum membuat keputusan pembelian.

Apple Iphone 14 Pro Max ,12 Pro Max ,11 Pro Max at Rs 70000/piece |  Graphics Card in Kalyan | ID: 2850821285191
Source: India Mart

Harga iPhone 12 Pro saat ini di iBox Rp 12.999.000, sedangkan harga iPhone 14 Pro Rp 16.999.000. Dengan harga yang cukup tinggi, kedua tipe iPhone ini memberikan penawaran yang menarik untuk para penggunanya. Tetapi, kamu bisa mendapatkan perangkat ini dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Jagoans bisa menemukan iPhone 12 Pro dan iPhone 14 Pro seken di Jagofon dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang tidak diragukan lagi.

HP bekas yang dijual di Jagofon sudah lolos uji kelayakan, sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik. Tidak perlu khawatir lagi membeli HP bekas, karena Jagofon memberikan garansi hingga 6 bulan. Jadi, untuk Jagoans yang sedang mencari harga iPhone 14 Pro ataupun iPhone 12 Pro yang sesuai dengan budget, boleh banget langsung kunjungi Jagofon sekarang juga!