Product

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24!

samsung s24

Samsung Galaxy S24 hadir di Indonesia pada Bulan Februari tahun 2024 silam. Kehadirannya didampingi 2 saudaranya, yakni Samsung Galaxy S24+ dan Samsung Galaxy S24 Ultra.

Ponsel yang menerapkan teknologi AI alias kecerdasan buatan untuk perangkatnya ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Galaxy AI merupakan sebuah fitur yang disematkan dalam seri S24 untuk mempermudah kamu dalam hal perintah atau mencari topik yang menarik perhatian kamu.

Namun, dengan seluruh inovasi yang dimasukkan ke dalam HP flagship ini, pasti tak luput dari kekurangan. Oleh karena itu jangan terkecoh, ini kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy S24 yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Baca juga: Penasaran? Ketahui Lebih Lanjut Samsung Galaxy S Series

Kelebihan Samsung Galaxy S24

Sebagai HP keluaran terbaru, Samsung Galaxy S24 memiliki beberapa kelebihan yang sebagian besar merupakan sebuah peningkatan dari seri sebelumnya. Apa saja kelebihannya? yuk kita simak beberapa poin di bawah.

Kamera Mumpuni

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Image Source: Tom's Guide

Sektor kamera merupakan parameter yang membuat Samsung Galaxy S24 unggul dengan kompetitornya. Mengandalkan konfigurasi triple camera dan kemampuan AI, Galaxy S24 memberikan nuansa berbeda dari seri sebelumnya.

Kamera utama Samsung S24 memiliki resolusi 50 MP dan mengandalkan sensor Samsung ISOCELL (S5K) GN3 sebesar 1/1,56 inchi yang mampu menghasilkan 1,0µm pixel. Lensanya memiliki aperture f/1.8 dengan focal length 24mm serta didukung dual pixel PDAF dan sudah OIS.

Kemudian ada kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan focal length 13mm dan memiliki field of view 120˚. Sensornya sebesar 1/2,55 inchi dengan kemampuan menghasilkan pixel sebesar 1.4µm dan didukung fitur Super Steady video.

Lalu ada kamera telephoto 10 MP (f/2.4) dengan focal length 67mm yang berbekal sensor 1/3,94 inchi dengan kemampuan menghasilkan piksel sebesar 1.0µm, dan dilengkapi fitur PDAF, OIS, dan mampu melakukan 3x optical zoom.

Di sisi lain, kamera selfie Samsung Galaxy S24 memiliki resolusi 12 MP (f/2.2) dengan jarak fokus 26mm dengan kemampuan dual pixel PDAF.

Kemampuan perekaman video kamera utamanya mampu menghasilkan video sampai dengan kualitas 8K di 24/30fps dan kamera utamanya mampu menghasilkan video dengan kualitas 8K di 24/30fps.

Penasaran dengan hasil jepretan Samsung S24? berikut beberapa contoh gambar hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S24 yang dihimpun dari GSMArena.

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Hasil Kamera Utama Samsung Galaxy S24 | Source: GSMArena
Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Hasil Kamera Telefoto 3x Zoom Samsung Galaxy S24 | Source: GSMArena
Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Hasil Kamera Selfie Samsung Galaxy S24 | Source: GSMArena

Sangat sulit melihat kekurangan dari gambar yang dihasilkan kamera Samsung Galaxy S24. Suguhan warna yang vibrant dan dynamic range yang tinggi menghasilkan jepretan yang memukau.

Desain Elegan ala Samsung

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Image Source: Samsung

Sisi desain Samsung S24 tidak memiliki perubahan yang signifikan dari seri sebelumnya. Menghadirkan desain minimalis dengan menggabungkan warna Onyx Black, Marble Grey, Cobalt Violet, Amber Yellow, Jade Green, Sandstone Orange, atau Sapphire Blue, Samsung berhasil menyuguhkan visual yang elegan ala Samsung.

Tampilannya yang elegan dibalut dengan material yang mumpuni untuk melindunginya dari benturan dan goresan. Ponsel ini mengandalkan material Gorilla Glass Victus 2 di bagian depan dan belakang, dan disokong frame yang memiliki bahan aluminium.

Bahan yang kokoh ditambah dengan ukurannya yang paling kecil di jajaran Seri S24 (147 x 70,6 x 7,6 mm dengan berat 167 gram) membuat sensasi menggenggam ponsel ini sangat nyaman ketika digenggam menggunakan satu tangan.

Baterai Cukup Bertenaga

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Image Source: WIRED

Samsung Galaxy S24 memiliki kapasitas baterai 4000 mAh. Kapasitasnya mengalami peningkatan sebanyak 100 mAh dari seri sebelumnya Samsung Galaxy S23 yang memiliki kapasitas baterai 3900 mAh.

Walaupun tergolong kecil jika dibandingkan dengan kompetitornya, baterai Samsung S24 dapat diandalkan seharian. Hal ini terbukti saat dites ketahanannya oleh GSMArena yang menghasilkan active use score 11 jam 27 menit.

Jika dirinci, ponsel ini bisa bertahan selama 23 jam 26 menit saat melakukan panggilan telepon, 17 jam 40 menit untuk menonton video, 9 jam 46 menit untuk browsing internet, dan 7 jam 34 menit untuk bermain game.

Jika kamu menggunakan ponsel ini seharian dengan pemakaian wajar, kamu dijamin tidak akan melakukan pengisian daya lebih dari 1 kali selama sehari. Namun jika kamu menggunakannya untuk aktif bermain game, kemungkinan bisa 2 sampai 3 kali tergantung game apa yang kamu mainkan.

Performa Dapat Diandalkan

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Image Source: nexpit

Sebagai HP flagship yang memiliki kasta tertinggi di jajaran HP Samsung tahun ini, urusan performa tak perlu ditanya lagi. Walau statusnya paling basic di seri ini, Samsung S24 memiliki jeroan yang dapat diandalkan.

Mengandalkan chipset Exynos 2400 di pasar dunia atau Snapdragon 8 Gen 3 di pasar Amerika, China, dan Kanada, ponsel ini terasa tak terkalahkan jika adu urusan performa.

SoC Exynyos 2400 sendiri memiliki 10 inti prosesor yang terdiri dari 1 inti prima 3,2GHz Cortex-X4, 2 inti performa 2,9GHz Cortex-A720, 3 inti performa 2,6GHz Cortex-A720, dan 4 inti efisiensi daya 1,95GHz Cortex-A520, dan didukung GPU Xclipse 940.

Pilihan memorinya juga cukup beragam dan besar yang berada pada pilihan 8 GB atau 12 GB RAM, dan memiliki pilihan memori internal 128 GB (UFS 3.1), 256 GB, atau 512 GB (UFS 4.0).

Untuk urusan gaming atau hiburan lain, semua aplikasi game yang tersedia di Android akan berjalan dengan mulus tanpa ada hambatan apapun. Kamu akan dimanjakan dengan performa yang halus dan lancar.

Teknologi AI

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Image Source: Samsung Newsroom

Galaxy AI menjadi fitur yang sangat menarik untuk pasar yang sekarang marak mengandalkan auto generated prompt. Fitur yang menarik ini berbeda dengan yang ada di internet pada umumnya karena privacy kamu akan terjaga. Pasalnya semua data yang kamu bagikan saat menggunakan fitur ini hanya akan berada pada perangkat dan tidak akan bocor sampai dunia maya.

Salah satu dari beberapa fitur Galaxy AI di S24 yang cukup menarik adalah Circle to Search. Fungsinya adalah kamu bisa mencari sebuah objek yang tampil di layar atau hal lain hanya dengan menggambar sebuah lingkaran pada objek tersebut. Kemudian hasilnya akan langsung ditampilkan dengan detail yang cukup lengkap.

Kemudian ada fitur Photo Assist yang berguna untuk meng-edit foto kamu seperti mengisi latar belakang, menghilangkan objek, dan meluruskan foto yang miring. Lalu ada Live Translate yang sangat berguna saat kamu bepergian ke luar negeri karena kemampuannya mampu menerjemahkan beberapa bahasa.

Kekurangan Samsung Galaxy S24

Tak mungkin ada sebuah smartphone yang sempurna. Walaupun memiliki teknologi yang canggih, Samsung Galaxy S24 tak luput dari beberapa kekurangan.

Isu Throttling

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Image Source: Cultura Informática

Tak tanggung-tanggung, Samsung menyematkan chipset Exynos 2400 yang bisa dibilang sudah hampir menyaingi Snapdragon dan didukung GPU canggih yang sudah mendukung teknologi AI.

Tak hanya itu, untuk mempertahankan performanya Samsung S24 memiliki vapor chamber untuk mengontrol panas yang dihasilkan sehingga diharapkan bisa mencegah penurunan frame rate.

Namun, isu adanya throttling yang masih membayangi sejak seri S23 masih ada pada S24. Hal ini dibuktikan oleh GSMArena yang menguji konsistensi performanya. Ponsel ini mengalami penurunan performa sampai dengan 60% setelah menyentuh performa puncak di bagian prosesor, kemudian performa GPU nya mengalami penurunan sebanyak 50% dari seluruh performa yang sampai 20 kali pengoperasian.

Sebenarnya ini merupakan sebuah peningkatan dari sebelumnya, namun memang diharapkan Samsung bisa mengatasi masalah ini tanpa harus menunggu seri selanjutnya keluar.

Pengisian Daya Kurang Optimal

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Imae Source: wondershare

Pengisian daya Samsung Galaxy S24 didukung dengan Super Fast Charging dengan mengandalkan daya 25 Watt. Daya yang tergolong sangat kecil dibandingkan dengan beberapa kompetitor ini berdampak pada lamanya waktu pengisian daya ulang.

Dalam waktu pengisian ulang selama 30 menit pertama, ponsel ini mampu terisi daya sebesar 59% saja. Kalah oleh Xiaomi 13T yang mengandalkan daya 67W yang terisi sampai dengan 70%. Bahkan jika dibandingkan dengan realme GT 5 Pro dengan daya 100W dan Xiaomi 13T Pro dengan daya 120W, baterai kedua ponsel ini sudah terisi penuh sebelum menyentuh durasi 30 menit.

Sementara itu, untuk mengisi daya baterai Samsung Galaxy S24 sampai penuh, dibutuhkan waktu selama 75 menit.

Minim Kelengkapan Aksesoris

Jangan Terkecoh! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S24! - Jagofon
Image Source: Facebook/Samsung

Selain tergolong lambat, charging adaptor 25W juga tidak termasuk kedalam satu paket penjualan Samsung Galaxy S24. Di dalam kotak pembeliannya hanya terdapat 1 unit HP Samsung Galaxy S24, sebuah kabel USB Type-C, pin ejector, dan sebuah buku manual.

Buat kamu yang ingin mendapatkan charging adaptor dan earphone atau earbuds, kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk melengkapi aksesoris dari Samsung Galaxy S24.

Baca juga: Jajaran Samsung Galaxy S23: Kamera Epik, Performa Ciamik!

Cek Samsung Galaxy S24 di Jagofon!

Ponsel yang tergolong mungil nan compact tapi memiliki performa dahsyat ini sangat cocok buat Jagoans yang anti ribet. Kamu yang memimpikan untuk switch ke Samsung Galaxy S24 namun masih menabung untuk mewujudkannya bisa langsung cek website Jagofon. Karena harganya dijamin paling murah dan paling terjamin kualitasnya.

Jangan sampai ragu, Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!