Product

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4!

samsung z fold 4

Samsung Galaxy Z Fold 4 hadir di pasar ponsel pintar Indonesia sebagai solusi untuk kamu yang membutuhkan HP dengan layar yang lebar untuk keperluan produktivitas yang lebih memadai serta bisa melipatnya seperti smartphone biasa untuk kebutuhan lain dengan layar yang lebih ringkas.

Ponsel yang rilis pada tahun 2022 di Bulan Agustus ini merupakan seri Galaxy Z Fold ke 4 dan berfokus mengembangkan sektor yang krusial di bagian jeroannya ketimbang mengurusi tampilan luarnya. Tak ayal tampilannya sangat mirip dengan Galaxy Z Fold 3 yang berbeda 1 generasi di bawahnya.

Adapun beberapa sektor yang ditingkatkan adalah seperti chipset, kamera, dan build quality yang mendapatkan teknologi lebih andal dari seri sebelumnya. Namun selain mendapatkan peningkatan, ada beberapa sektor yang menjadi kekurangan dari ponsel ini.

Oleh karena itu jangan salah, ini kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4 yang bisa menjadi bahan acuan kamu sebelum membelinya.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip3 5G: HP Lipat Ter-Viral

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4

Sebagai ponsel yang memiliki gelar HP flagship ala Samsung, tentu ponsel ini memiliki beberapa kelebihan. Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4 5G yang bisa menjadi bahan acuan kamu sebelum beli ponsel ini.

Kamera Mumpuni

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: WIRED

Sama seperti pendahulunya, Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki 3 kamera belakang dengan konfigurasi yang tak biasa. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP, kamera telefoto 10 MP dan kamera dengan lensa ultrawide dengan resolusi 12 MP. Sekilas konfigurasinya sama dengan yang ada pada kamera Samsung Galaxy S22 dan S22+.

Kamera utama Samsung Galaxy Z Fold4 di dibekali sensor Samsung GN3 seluas 1/1.56 inchi yang mampu menghasilkan 1.0µm dengan kemampuan Quad Bayer. Kemudian lensanya memiliki focal length 23mm dengan aperture f/1.8 dan dilengkapi fitur dual pixel PDAF serta sudah didukung OIS. Samsung mengklaim lensanya mampu menangkap 23% cahaya lebih baik ketimbang pendahulunya.

Selain kamera utama, ponsel ini dilengkapi kamera dengan kemampuan telefoto yang mengandalkan sensor S5K3K1 seluas 1/3.94 inchi dan mampu menghasilkan 1.0µm pixel dengan aperture f/2.4. Kameranya mampu melakukan pembesaran optik sampai dengan 3x zoom.

Kamera ultrawide Samsung Galaxy Z Fold 4 menggunakan sensor Sony IMX 258 berukuran 1/3.06 inchi yang menghasilkan piksel sebesar 1,12µm dengan aperture f/2.2 dan memiliki sudut pandang ruang sampai dengan 123˚.

Kamera selfie ponsel ini memiliki resolusi 10 MP dengan bermodalkan sensor Sony IMX 374 dan memiliki aperture f/2.2. Lalu ada kamera under-display beresolusi 4 MP (f/1.8) dengan focal length 26mm.

Untuk perekaman video, kamera utamanya mampu merekam video dengan kualitas maksimal 8K di 24fps dan kamera depannya mampu merekam video dengan kualitas maksimal 4K di 30/60fps.

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Hasil Kamera Utama Samsung Galaxy Z Fold4 | Source: GSMArena
Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Hasil Kamera Telefoto 3x Samsung Galaxy Z Fold4 | Source: GSMArena
Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Hasil Kamera Utama (Low Light) Samsung Galaxy Z Fold4 | Source: GSMArena

Hasil jepretan kamera Samsung Galaxy Z Fold4 tak diragukan lagi kualitasnya. Warnanya lebih cenderung pop namun masih nyaman dipandang dan tak memiliki masalah dengan white balance nya. Gambarnya juga memiliki detail yang baik dan memiliki ketajaman yang bagus.

Build Quality Terbaik

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: Samsung

Samsung menghadirkan build quality terbaik untuk Galaxy Z Fold 4. Dengan memanfaatkan material Gorilla Glass Victus+ dan aluminium untuk bingkainya, HP ini dijamin tahan akan benturan dan goresan. Untuk melindungi komponen dalamnya, ponsel ini juga mendapatkan sertifikasi IPX8 yang tahan debu dan air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Ponsel yang memiliki ukuran 155,1 x 67,1 x 14,2-15,8 mm saat terlipat ini sangat nyaman saat digenggam. Bodi keras nan kokoh yang didukung Gorilla Glass Victus+ membuat kamu merasa aman dan nyaman saat menggenggamnya.

Saat dibuka, ukuran ponsel ini menjadi 155,1 x 130,1 x 6,3 mm. Dengan mode tablet seperti ini, kamu yang suka menggunakan layar lebar untuk memenuhi kebutuhan produktivitas kamu akan sangat terbantu dan sangat mobile saat dipakai bekerja atau hanya sekedar menonton video.

Bodi nya yang kokoh dipercantik dengan beberapa pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy yang akan semakin membuat kamu terlihat stand-out dan berkelas.

Baterai Cukup Bertenaga

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: Samsung

Untuk menunjang kegiatan kamu sehari-hari, kamu membutuhkan ponsel dengan daya tahan baterai yang bagus. Untungnya Samsung Z Fold4 dibekali baterai dengan kapasitas 4400 mAh.

Dengan kapasitas sebesar itu, ponsel ini meraih skor endurance rating 101 jam di GSMArena. Jika kamu memakai ponsel ini seharian dengan pemakaian wajar, kamu tak harus mengisi ulang daya baterainya jika di pagi hari posisi baterai dalam keadaan 100%.

Sementara itu, skor tersebut menjelaskan bahwa ponsel ini mampu bertahan selama 40 jam untuk melakukan panggilan telepon, 14 jam26 menit untuk melakukan browsing internet, dan 15 jam 28 menit saat digunakan untuk menonton video.

Beralih ke kemampuan pengisian dayanya, ponsel ini dibekali dengan teknologi super fast charging 25W yang Samsung klaim mampu mengisi daya baterai sebanyak 50% di 30 menit pertama. Sementara itu untuk mengisi daya sampai full, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 19 menit.

Performa Unggul

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: Samsung

Untuk mendukung pengalaman bermain game mobile dan menjalankan tugas yang berat, Galaxy Z Fold 4 didukung chipset Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm) dan GPU Adreno 730 sebagai penyokong kualitas grafisnya.

SoC kelas atas ini juga didukung memori yang besar, yakni 12 GB RAM dan memiliki beberapa pilihan penyimpanan internal di 256 GB, 512 GB, atau 1 TB yang menganut teknologi UFS 3.1.

Hasilnya, ponsel ini mampu menjalankan semua aplikasi game yang ada di Google Play Store dengan lancar. Untuk melakukan multitasking di layar yang lebar juga masih sangat mulus dan terjaga performanya.

Hal ini juga didukung oleh hasil tes yang dilakukan oleh Mark Spoonauer yang melakukan tes benchmark sintetis dengan menghasilkan skor memuaskan. Galaxy Z Fold4 5G meraih skor 1.328 pada single-core dan 3.831 pada multi-core saat dilakukan pengetesan prosesor menggunakan GeekBench 5.

Sementara itu kemampuan render grafisnya berada pada 52,83 fps pada 3DMark Wild Life Unlimited.

Sangat Mendukung Produktivitas

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: Samsung

Salah satu alasan beli Galaxy Z Fold 4 5G adalah kemampuannya dalam mendukung produktivitas kamu. Samsung memang membenahi beberapa fungsi multitasking untuk layar ponsel yang lebar ini.

Hal yang mencolok adalah membenahi UI dari ponsel ini yang mendukung peningkatan kualitas hidup kamu. Ditambah ada fitur drag and drop secara seamless yang sangat membantu dalam dunia pekerjaan.

Kemudian dukungan S Pen menjadi daya jual Samsung Galaxy Z Fold4 karena memang sangat berguna untuk layarnya yang lebar dan memudahkan kamu dalam hal multitasking.

Jika kamu merasa membutuhkan layar yang lebih lebar untuk ditampilkan, ponsel ini juga sudah dibekali fitur Samsung DeX yang bisa menyambungkan ponsel kamu dengan monitor dengan mudah.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 4

Walau status Galaxy Z Fold4 adalah sebuah ponsel flagship, nyatanya tak luput dari beberapa kekurangan. Buat Jagoans yang penasaran, yuk cek beberapa kekurangan Samsung Z Fold 4 berikut ini.

Terlalu Besar dan Berat

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: Samsung

Galaxy Z Fold4 bukan HP yang ramah digenggam dengan satu tangan. Mengingat dimensi bodi yang bongsor dengan berat 263 gram, dijamin tangan kamu akan terasa pegal saat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Harga Kurang Bersahabat

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: IGN

Sebagai model HP dengan segudang inovasi, harga Samsung Galaxy Z Fold 4 memang selangit. Pada saat rilis saja ponsel ini dibanderol sekitar 26 - 30 jutaan tergantung model memori internal yang mana.

Namun jika kamu cek Jagofon, si penyedia HP bekas berkualitas, pasti harga Samsung Galaxy Z Fold 4 tidak se-ekstrim saat baru rilis.

Kepala Charger Dijual Terpisah

Jangan Salah! Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 4! - Jagofon
Image Source: Phone Arena

Mengikuti trend mengurangi jejak karbon dan mengurangi sampah elektronik, Samsung tak menyematkan adaptor ke dalam satu paket penjualan Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Hal yang sangat disayangkan mengingat untuk membeli charger adaptor saja kamu harus mengeluarkan uang extra disamping harga HP nya yang mahal.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 4: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Cek Samsung Galaxy Z Fold 4 di Jagofon!

Tak ada salahnya beli HP bekas apalagi HP nya memiliki kelas flagship. Samsung Galaxy Z Fold 4 bisa kamu cek di website Jagofon dengan harga yang sangat bersaing.

Selain mendapat HP impianmu, Jagofon menyediakan garansi yang menjamin uang kembali jika dalam 7 hari produk mengalami masalah serius. Kemudian Jagofon juga menyediakan garansi ganti mesin selama 30 hari dan menawarkan opsi tambah waktu garansi selama 6 Bulan dengan sedikit tambahan biaya,

Kamu juga tidak akan khawatir terkait kualitas Samsung Galaxy Z Fold 4 bekas di Jagofon karena ponselnya dipastikan sudah melalui tes kelayakan di 90+ titik dan semua produk yang ditampilkan pasti sudah lolos tes kelayakan tersebut.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan self-pickup ke kantor Jagofon!