Product

Jangan Tertipu! Ini Kekurangan dan Kelebihan Oppo F11

harga oppo f11

Oppo terkenal sebagai brand yang mengeluarkan ponsel pintar untuk semua kalangan. Mulai dari kelas hi-end sampai kelas low-end, Oppo supply pasar ponsel guna merangsek ke semua segmen pengguna. Oleh karena itu, untuk memuaskan pengguna segmen kelas low-end, brand asal Tiongkok ini mengeluarkan model Oppo F11 ke pasar ponsel Indonesia pada tahun 2019.

HP dengan harga murah namun memiliki spek mewah bisa dikatakan dimiliki oleh Oppo F11. Ponsel yang juga terkenal oleh kameranya yang memiliki konfigurasi yang ciamik ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Namun, apakah spesifikasi Oppo F11 tidak memiliki kekurangan? Eits jangan tertipu, oleh karena itu yuk kita bahas kekurangan dan kelebihan Oppo F11 di bawah ini biar kamu yakin untuk beli Oppo F11 di Jagofon.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Merk Oppo Dibawah 3 Juta. Wajib Simak!

Kelebihan Oppo F11

Menilai dari harga Oppo F11 yang berada di kisaran 1,5 jutaan di Jagofon, sudah pasti Jagoans tidak memiliki ekspektasi lebih mengenai performanya. Namun tak disangka-sangaka ponsel ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa memantapkan keputusan untuk beli HP bekas di Jagofon. Tak usah berlama-lama yuk kita simak beberapa kelebihan Oppo F11 di bawah ini.

Kamera Masih Mumpuni

Image Source: oppo.com

Oppo F11 dibekali 2 kamera belakang yang mumpuni. Ponsel ini dibekali lensa utama beresolusi 48 MP (f/1.8) dengan ukuran sensor 1/2.0 inchi dan mampu menghasilkan pixel berukuran 0.8µm, serta sudah dilengkapi fitur PDAF. Kemudian kamera keduanya merupakan sensor depth beresolusi 5 MP (f/2.4).

Di depannya terdapat kamera selfie dengan resolusi 16 MP (f/2.0) dengan focal length 26mm dan sensornya memiliki ukuran 1/3.06 inchi dengan tambahan fitur HDR. Untuk perekaman video, kamera depan dan belakangnya mampu menghasilkan video dengan kualitas 1080p di 30fps.

Selain menyuguhkan konfigurasi yang wah di kelasnya, kamera Oppo F11 juga dibekali beberapa fitur untuk mempercantik hasil jepretannya. Salah satu fitur yang dibanggakannya adalah Dazzle Color Mode yang memanfaatkan teknologi AI sehingga bisa menyesuaikan warna tangkapan kamera dan menghasilkan gambar yang vibrant dan colorful yang pas.

Lalu ada fitur Ultra Night Mode yang memungkinkan kamera menangkap cahaya secara maksimal saat dalam keadaan minim cahaya. Sehingga hasil jepretan yang ditangkap kamera Oppo F11 bisa menyuguhkan gambar yang jelas dan detailnya terjaga saat dalam keadaan gelap.

Berikut contoh hasil jepretan Oppo F11.

Hasil Kamera Utama Oppo F11 | Source: Youtube/@gadgetalk
Hasil Kamera Utama Oppo F11 - Night Mode | Source: Youtube/@gadgetalk
Hasil Kamera Selfie Oppo F11 | Source: Youtube/@gadgetalk

Ukuran Besar dan Kokoh

Image Source: oppo.com

Oppo F11 memiliki ukuran bodi yang cukup besar dengan dimensi bodi 162 x 76,1 x 8,3 mm dengan bobot 188 gram. Bahan yang membalut ponsel ini terdiri dari kaca di bagian depan, dan plastik di bagian rangka serta tutupan belakangnya. Walaupun masih berbahan plastik, ketika menggenggamnya terasa kokoh dan terasa memiliki bahan yang premium.

Sementara itu, layarnya memiliki ukuran 6,53 inchi dengan rasio layar ke bodi ~85.3%. Layarnya menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2340 pixel dengan aspek rasio 19.5:9 dan memiliki kerapatan pixel cukup apik di 394 ppi.

Sementara itu, ponsel yang memiliki pilihan warna Flourite Purple, Marble Green, dan Jewelry White ini belum tersertifikasi IP rating, jadi kamu harus hati-hati jangan sampai terkontaminasi oleh air ya Jagoans.

Baterai Cukup Bertenaga

Image Source: oppo.com

Untuk menunjang masa pakai ponsel ini sehari-hari, Oppo F11 dibekali baterai Li-Po dengan kapasitas 4020 mAh. Apakah kapasitas sebesar ini mampu menamani kamu seharian?

Kanal Youtube Hateem Tech News melakukan sebuah tes ketahanan baterai Oppo F11. Pada saat perekaman video, kanal ini membandingkan daya tahan baterai ponsel ini saat dimainkan beberapa game dengan Redmi Note 7.

Hasilnya Oppo F11 mampu bertahan selama 5 jam 54 menit saat dipakai bermain game tanpa henti. Sementara itu, Redmi Note 7 baterainya habis terlebih dahulu di titik 5 jam 30 menit.

Dari data di atas, bisa disimpulkan jika dalam pemakaian wajar seperti cek media sosial atau bermain game hanya untuk menyelesaikan daily log-in, ponsel ini dijamin akan bertahan seharian tanpa harus dicharge ulang.

Sementara itu, Oppo 11 dibekali teknologi pengisian daya cepat 20W yang dinamakan VOOC Flash Charge 3.0. Menurut kanal Youtube TechBunny, ponsel ini mampu mengisi daya dari kosong sampai penuh dalam waktu sekitar 1 jam 27 menit.

Slot Memori Masih Cukup

Image Source: oppo.com

Oppo F11 dibekali memori yang besar. Ponsel ini ditenagai pilihan RAM 4 GB dan 6 GB, serta dua pilihan memori internal sebesar 64 GB dan 128 GB yang menganut teknologi eMMC 5.1.

Namun jika kamu ingin menambah kapasitas memorinya, kamu bisa menggunakan slot SIM ke 2 untuk digunakan sebagai slot microSD (hybrid). Tentu hal ini sangat berguna jika kamu memiliki data yang harus disimpan di HP kamu.

Terlebih akhir-akhir ini beberapa produsen ponsel pintar tidak menyediakan slot untuk micro SD. Jadi ini merupakan suatu kelebihan tersendiri untuk Oppo F11.

Sensor Cukup Memadai

Image Source: oppo.com

Selain fitur kamera yang mumpuni dan daya tahan baterai yang bisa bertahan seharian, Oppo F11 memiliki sensor yang cukup memadai.

Salah satu sensor yang sangat berguna adalah pemindai sidik jari. Ponsel ini memiliki sensor sidik jari di bagian belakang tepat di bawah kamera. Kemudian ponsel ini juga sudah dibekali sensor accelerometer, proximity, dan compass.

Lalu Oppo F11 juga sudah dibekali jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, serta Wi-Fi Direct untuk memaksimalkan koneksi internet menggunakan WiFi. Lalu untuk Bluetoothnya dibekali dengan versi 4.2. Ponsel ini juga masih dibekali FM radio dan sayangnya masih menggunakan port microUSB 2.0 untuk mengisi ulang daya atau transfer data.

Satu kelebihan lainnya adalah, ponsel ini masih disematkan port jack audio 3,5 mm. Untuk kamu yang hobi mendengarkan musik, streaming video, atau bermain game pasti akan senang dengan fitur ini karena bisa memudahkan kamu saat ingin menggunakan wired earphone tanpa harus menggunakan converter.

Kekurangan Oppo F11

Nah, layaknya ponsel pintar lain, Oppo F11 memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Adapun beberapa diantara kekurangannya adalah sebagai berikut.

Masih Pakai Port Micro-USB

What is micro-USB charging and how does it work? - Talk Android
Image Source: Talk Android

Salah satu kekurangan Oppo F11 adalah masih memakai port microUSB. Disaat ponsel lain sudah memakai port USB Type-C, ponsel ini masih bertahan dengan port yang termasuk jadul.

Tentu saja port ini masih banyak kekurangannya, terutama rentannya terjadi kerusakan pada kabel USB.

Absen Sensor NFC

NFC: Definisi, Fungsi-fungsinya, Kelebihan, dan Kekurangannya
Image Source: glints

NFC sudah menjadi fitur wajib untuk kamu yang tinggal di kota besar. Secara umum fitur in berguna untuk mempermudah kamu dalam hal transaksi pembayaran digital, seperti mengecek dan mengisi saldo eToll, Flazz, atau eMoney.

Buat kamu yang sering commuting menggunakan transportasi umum, tentu sensor NFC sangat wajib ada di HP kamu. Namun sayang Oppo F11 tidak memiliki fitur yang satu ini.

Tidak Tahan Air dan Debu

7 Rekomendasi HP Samsung Tahan Air Terbaik untuk Dipilih
Image Source: eraspace

Ponsel dengan IP rating biasanya memang terdapat pada HP dengan range harga 3 jutaan ke atas. Apa daya Oppo F11 yang tidak termasuk ke dalam rentang harga tersebut memang tidak memiliki IP rating sehingga rentan dari masuknya air dan debu ke dalam komponen HP.

Kamu harus berhati-hati menggunakan ponsel ini agar tidak tersiram air atau dibawa saat hujan ya Jagoans, agar komponen dalam HP nya masih terjaga.

Cek Oppo F11 di Jagofon!

Memilih Oppo F11 untuk kamu jadikan ponsel utama di 2024 memang salah satu solusi untuk kamu yang memiliki budget yang terbatas. Harga Oppo F11 yang di kisaran 1,5 jutaan di Jagofon menyuguhkan fitur kamera yang mumpuni di kelasnya dan ditunjang dengan daya tahan baterai yang mumpuni, lengkap sudah kebutuhan hiburan dan produktivitas kamu.

Jika kamu sudah memantapkan pilihan untuk beli Oppo F11, langsung cek website Jagofon ya Jagoans! karena Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!