JagoHacks

Langkah Mudah Cek dan Mengaktifkan NFC iPhone 11

Cara Mengaktifkan NFC iPhone 7, 8, X hingga 15 dengan Mudah
Source : Kontan

Di era sekarang, transaksi keuangan digital merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari. Untuk kamu pengguna smartphone dan sering bertransaksi digital juga pasti tidak asing lagi dengan yang namanya fitur NFC.

Mulai dari pembelian, bayar tagihan, isi ulang pulsa bahkan pengisian saldo e-money semuanya sudah menggunakan teknologi digital dan dapat menggunakan fitur NFC ini.

Fitur NFC sendiri hadir diberbagai smartphone, mulai dari yang berbasis iOS maupun Android. Kali ini, Jagofon akan membahas tentang cara untuk mengecek dan mengaktifkan fitur NFC pada iPhone 11.

Buat Jagoans pengguna iPhone 11 dan penasaran tentang cara untuk mengaktifkan fitur NFC, yuk baca artikel berikut sampai habis ya!

Apa Itu NFC?

Cara Aktifkan NFC di iPhone, Bikin Top Up Saldo E-Toll Jadi Lebih Praktis!
Source : FIN

Untuk Jagoans yang belum tahu, NFC sendiri merupakan kepanjangan dari Near Field Communication. NFC sekarang juga hadir di berbagai smartphone, baik iOS maupun Andorid. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer data nirkabel dalam jarak dekat dan biasa digunakan untuk melakukan top up atau isi ulang kartu e-money.

Kegunaan lain dari fitur NFC pada ponsel yaitu, setiap orang dapat menghubungkan informasi kartu debit dan kredit dalam smartphone yang mendukung fitur NFC. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna saat berpergian tanpa harus repot membawa banyak kartu atau pun uang tunai.

Dengan kata lain, hadirnya fitur NFC ini akan memudahkan masyarakat untuk membayar transaksi keuangan tanpa metode gesek kartu atau pun transfer melalui bank sehingga lebih mudah dan praktis.

iPhone yang Punya NFC

iPhone 15 Meluncur September 2023, Ini Bocoran Beda Spek iPhone 15 Plus, iPhone  15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max - Zona Jakarta
Source : Zona Jakarta

Hampir semua jenis smartphone besutan Apple ini memiliki fitur NFC. Fitur NFC iPhone dapat ditemukan pada iPhone dengan seri iPhone SE dan versi iPhone ke atas, termasuk iPhone 11. Berikut list lengkap dari iPhone NFC :

Untuk Jagoans yang ingin upgrade ke iPhone NFC atau pun pertama kali membeli iPhone, mending langsung cek Jagofon aja! Selain kualitasnya yang terjamin, harganya juga lebih terjangkau lho Jagoans!

Baca juga : Inilah Perbandingan iPhone 14 dan iPhone 12 Beserta Harganya di Tahun 2024.

Cara Aktifkan NFC

Yuk, Intip Cara Mengaktifkan NFC di iPhone! - Blibli Friends
Source : Blibli.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tidak semua perangkat iPhone mendukung fitur NFC, hanya versi iPhone SE dan iPhone 7 ke atas yang dapat menggunakan fitur NFC iPhone. iPhone 11 sendiri sudah termasuk ke dalam kateogri iPhone yang mendukung fitur NFC.

Pada seri iPhone dan iOS yang lama, fitur NFC harus diaktifkan terlebih dahulu, atau dengan kata lain dihidupkan secara manual. Hal ini berbeda dengan seri iPhone 11 ke atas yang fitur NFC-nya bisa aktif secara otomatis. Untuk mengaktifkan fitur NFC pada versi iPhone dan iOS yang lama, Jagoans dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka Settings atau Pengaturan.
  • Pilih dan buka menu Control Center.
  • Scroll atau gulir ke bawah sampai menemukan opsi "NFC Tag Reader"
  • Kemudian geser tombol atau toogle hingga berubah menjadi warna hijau.
  • NFC telah aktif dan dapat digunakan.

Selain melalui menu pengaturan, pada iPhone versi lama, NFC iPhone nya juga dapat diakses melalui control center yang bisa dimunculkan dengan melakukan slide pada layar utama. Jagoans tinggal memilih ikon yang ada seperti pada gambar untuk mengaktifkan fitur NFC iPhone Jagoans.

Akses Menu Setting
Source : Blibli.com

Untuk iPhone dengan seri 11 dan versi yang lebih update, fitur NFC akan aktif secara otomatis pada saat pengguna ingin melakukan transaksi menggunakan ponsel. Jagoans tinggal membuka aplikasi m-banking atau pun aplikasi yang ingin digunakan untuk bertransaksi melalui NFC.

Cara Top-Up E-Money dengan NFC

Cara Aktifkan NFC di iPhone untuk Isi E-Money atau e-Toll
Source : IDN Times

NFC yang mengusung konsep tap and go ini banyak digunakan masyarakat untuk melakukan isi ulang atau top-up e-money. Di luar negeri, fitur NFC juga digunakan untuk bertransaksi melalui Apple Pay, namun Apple Pay sendiri belum masuk ke Indonesia.

Untuk Jagoans yang ingin mengisi ulang kartu e-money menggunakan NFC iPhone 11 dan iPhone versi ke atas, berikut beberapa langkah yang dapat kamu ikuti :

  • Buka aplikasi m-banking yang hendak kamu gunakan untuk melakukan isi ulang e-money.
  • Kemudian log in pada akun m-banking.
  • Setelah sukses untuk log in, cari menu e-money. Biasanya terdapat di menu utama, atau pun menu e-wallet.
  • Ikuti instruksi yang diberikan m-banking, dan tempelkan kartu e-money pada bagian depan atau belakang iPhone.
  • Tunggu hingga pemindaian selesai kemudian isi nominal e-money dan selesaikan transaksi dengan mengisikan password m-banking.
  • Setelah berhasil, biasanya m-banking akan memberikan instruksi untuk menempelkan kartu e-money kembali, dan tunggu beberapa saat.
  • Saldo e-money akan bertambah setelah pemindaian selesai.
  • Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan waspada pada saat menggunakan m-banking, jaga selalu password kamu ketika sedang melakukan transaksi.

Cara Cek Saldo E-Money dengan NFC

Selain untuk melakukan isi ulang kartu e-money, NFC iPhone 11 juga dapat digunakan untuk memeriksa saldo pada kartu e-money tersebut. Cara untuk cek saldo e-money menggunakan NFC iPhone 11 dan iPhone versi terbaru juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Cari dan buka aplikasi m-banking yang sesuai dengan kartu e-money milikmu (misal BCA untuk kartu Flazz, TapCash dari BNI, dan Brizzi untuk BRI).
  • Setelah berhasil log in, pada menu m-banking pilih opsi e-money.
  • Tempelkan kartu e-money pada bagian depan atau belakang ponsel.
  • Tunggu beberapa detik sampai pemindaian selesai dan layar telah menunjukkan jumlah saldo dari kartu e-money milikmu.

Dapatkan iPhone NFC hanya di Jagofon!

Nah gimana Jagoans? transaksi digital jadi lebih mudah bukan dengan hadirnya fitur NFC iPhone? Fitur NFC iPhone juga sangat bermanfaat, apalagi untuk Jagoans yang memiliki mobilitas tinggi dan memerlukan saldo e-money yang banyak. Dengan adanya fitur NFC iPhone, kamu bisa kapan saja dan dimana saja melakukan isi ulang e-money milikmu.

Untuk kamu yang ingin upgrade atau pun membeli iPhone dengan fitur NFC mending langsung check out di Jagofon aja! Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas.

Kamu juga nggak perlu khawatir Jagoans, setiap produk yang ditawarkan Jagofon sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Cukup checkout HP atau gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa! Tunggu apalagi? yuk segera cek website Jagofon dan dapatkan beragam HP dan gadget impian kamu!