Comparison

MacBook Air VS iPad Pro: Mana yang Harus Dipilih?

Source : Houtson Chronicle

Untuk sebagian orang, banyak yang telah beralih menggunakan laptop sebagai alternatif pilihan untuk menggantikan fungsi laptop, seperti para pecinta Apple yang banyak menggunakan iPad sebagai ganti dari laptop mereka. Ide dari menggantikan MacBook Air ke iPad Pro memang sangat tempting, apalagi hal ini sangat populer di kalangan anak muda.

Salah satu dari banyak alasan orang mengganti MacBook Air ke iPad Pro sebagai fungsi laptop adalah karena kemudahan iPad untuk dibawa kemanapun dan tampilannya yang simpel, dibandingkan dengan laptop yang cenderung lebih complicated dan kurang versatile. Di sisi lain, ada banyak hal yang belum dapat dilakukan oleh iPadOS dibandingkan dengan MacOS. Penasaran dengan perbandingan MacBook Air dan iPad Pro ini? Simak artikel berikut ya Jagoans!

Spesifikasi dan Harga

Untuk memudahkan kamu melihat perbandingan dari dua device ini, berikut tabel spesifikasi lengkapnya :

Spesifikasi

MacBook Air 

iPad Pro

Chipset


MacOs

Apple M1 dan M2 Chip


iPadOS

Apple A12 Bionic, Apple M1 dan M2  


Layar

13.3 inches (2560 x 1600 pixels)

12.9 inches (2732 x 2048 pixels)

Bodi

12 x 8.4 x 0.2 - 0.6 inches

2.8 pounds

11. x 8.5 x 0.2 inches

1.4 pounds

Kamera

720p Facetime HD

12MP wide, 10-MP ultra-wide; Front: 7MP

Penyimpanan

256 GB- 2TB

128 GB-1TB

RAM

8-16 GB

6 GB

Konektivitas

USB-C

Two Thunderbolt 3, headphone

Daya Tahan Baterai

14:41

10:16

Harga dari kedua device ini memiliki rentang harga yang berbeda-beda, tergantung dari versi dan tahun peluncurannya. Untuk kamu yang tertarik membeli MacBook Air atau iPad Pro ini, kamu bisa mendapatkannya di Jagofon dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan platform lainnya. Harga iPad Pro di Jagofon mulai dari 13 jutaan dan harga MacBook Air mulai dari 14 jutaan untuk versi tahun 202o nya.

Tampilan dan Display

MacBook Air

Sumber: Amazon

MacBook Air memiliki desain yang tipis dan elegan, dengan pilihan layar 13 dan 15 inch. Selain itu, MacBook ini memiliki pilihan warna yang beragam mulai dari warna starlight, space gray, rose gold, silver dan gold yang menampilan kesan mewah. Dimensinya yang ramping, juga membuat MacBook ini ringan untuk dibawa dan dipegang.

Layar dari MacBook Air juga telah didukung dengan fitur Retina Display serta teknologi True Tone yang membuat tampilan warna pada layar MacBook menjadi lebih tajam dan nyata, cocok untuk Jagoans yang memiliki pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan pekerjaan yang membutuhkan RAM dan memori yang lebih banyak.  Hal ini juga membuat pengalaman untuk menonton video dan streaming lebih memanjakan mata.

iPad Pro

Sumber: Apple

iPad Pro memiliki desain yang juga ramping dan mewah. Di samping itu, iPad Pro ini juga nyaman untuk digenggam, bahkan hanya dengan satu tangan. Tersedia dengan pilihan warna silver dan abu-abu, iPad Pro ini memiliki pilihan layar 11 dan 12 inch. Bobot dari iPad Pro juga lebih ringan dan lebih compact untuk dibawa kemana-mana, cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan device yang praktis.

Untuk iPad Pro, jika dibandingkan dengan MacBook Air bisa dibilang memiliki layar yang lebih superior. Dilansir dari Tom's Guide, layar dari iPad Pro ini memiliki 2732 x 2048 pixels, lebih tajam dibandingkan dengan MacBook Air yang mencapai 2560 x 1600 pixels. Selain itu, iPad Pro memiliki refresh rate yang tinggi dengan 120 Hz.

Prosesor dan Performa

Sumber: Digital Trends

MacBook Air

MacBook Air tersedia dengan dua pilihan prosesor besutan Apple, yaitu Apple chip M1, dan Apple Chip M2. Kedua chip Apple ini memang sama-sama mumpuni dan terbaik di kelas Apple. Walaupun sama-sama menggunakan chip Apple M1, jika dibandingkan dengan prosesor iPad Pro, tentunya prosesor MacBook Air bisa dibilang lebih baik karena opsi penyimpanannya, apalagi jika kamu membutuhkan device untuk menjalankan pekerjaan yang berat.

Namun, jika membandingkan kedua Chip M1 dan M2, terdapat sedikit perbedaan dari kedua chip ini. Dilihat dari kecepatan RAM nya, M2 memiliki kecepatan yang lebih besar dengan 2134 Mhz. Dilansir dari idntimes, Chip M2 dari Apple memiliki keunggulan yaitu GPU 35 persen lebih powerful,  CPU 18 persen lebih cepat, dan Neural Engine dengan 40 persen lebih cepat.

iPad Pro

Untuk iPad Pro, chip yang digunakan berbeda-beda tergantung dari model dan versi iPadnya. Untuk iPad Pro 11, chip yang digunakan adalah chip Apple 12 Bionic, sedangkan untuk iPad Pro 12,9 inch generasi ke 5 sudah menggunakan chip Apple M1, dan untuk versi iPad Pro terbaru yaitu iPad Pro 11 inch generasi 4 dan iPad Pro 12 inch generasi 6 sudah menggunakan chip Apple M2.

Dengan chip M2, iPad yang dilengkapi magic keyboard dan Apple pencil, iPad Pro tersebut dapat berfungsi maksimal untuk menggantikan laptop, khususnya untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti mengedit dokumen, membuat persentasi, melakukan online conference, melakukan streaming video, dan beragam aktivitas lainnya yang tidak terlalu berat.  

Baterai dan Konektivitas

Sumber: 9to5Mac

Jika dilihat dari baterainya, baterai MacBook Air memang memiliki daya tahan yang lebih besar jika dibandingkan dengan baterai iPad Pro. Hal ini lumrah, karena baterai yang ada pada iPad memiliki ukuran dan kapasitas yang tentunya lebih kecil dibandingkan dengan MacBook. Untuk pemakaian normal, MacBook Air dapat bertahan hingga 14 sampai 18 jam tergantung dengan versi dan modelnya, sedangkan iPad Pro dapat bertahan selama 10 jam.

Untuk mendukung konektivitasnya, iPad Pro sudah dilengkapi dengan port USB-C charging dengan teknologi Thunderbolt. Sedangkan untuk MacBook Air sudah didukung oleh dua port Thunderbolt/USB 4. Untuk MacBook Air yang diluncurkan pada tahun 2022, kamu dapat mengisi baterai 50 persen hanya dalam 30 menit menggunakan teknologi fast charging.

Kamera dan Fitur Spesial lainnya

MacBook Air

Kamera dari MacBook Air memiliki resolusi HD FaceTime 720p. Kamera ini mendukung penggunaan untuk prosesor sinyal gambar canggih menggunakan video komputasional. Cocok untuk Jagoans yang memiliki kebutuhan yang mengandalkan fitur dari webcam, baik video conference, online meeting, maupun video call. Hasil dari kamera MacBook Air dapat dilihat pada gambar berikut :

Source : Yotube Lexman

iPad Pro

Berbicara soal kamera, iPad Pro mungkin memiliki fitur yang lebih tinggi dibandingkan dengan MacBook Air. Pasalnya, iPad Pro dilengkapi dengan dua kamera depan dan belakang, serta menawarkan resolusi yang lebih tinggi dengan kamera 12MP wide serta kamera 10MP ultrawide. Cocok untuk Jagoans yang menginginkan untuk mengabadikan berbagai momen.

Selain itu, pada iPad Pro 12 inch genrasi 5 dan generasi selanjutnya juga telah didukung oleh fitur center stage yang membuat kamera iPad akan tetap fokus dan memastikan pengguna berada di posisi tengah saat melakukan video call dengan kamera depan. iPad Pro ini juga dapat melakukan Perekaman video 4K pada kecepatan 24 fps, 25 fps, 30 fps, atau 60 fps (Wide). Hasil foto dari iPad Pro dapat dilihat pada gambar berikut :

Source : Youtube Gadgetin
Source : Youtube Gadgetin

Kesimpulan

Nah gimana nih Jagoans? sudah menentukan pilihanmu? pilih MacBook Air atau iPad Pro? Jika kamu membutuhkan device untuk melakukan pekerjaan sehari-hari yang ringan, kamera yang mumpuni, serta desain yang ringan dan compact, kamu dapat memilih untuk membeli iPad Pro. Namun, jika kamu menginginkan device untuk melakukan pekerjaan yang agak berat yang membutuhkan RAM dan memori yang lebih, serta membutuhkan daya tahan baterai yang lebih besar, kamu dapat memilih MacBook Air.

Kedua MacBook Air dan iPad Pro ini dapat dengan mudah kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau hanya di Jagofon! Kamu juga akan mendapat garansi dan tidak perlu khawatir dengan keaslian dari produk-produk yang ada di Jagofon karena semua produk telah melewati lebih dari 90+ tes untuk memastikan kualitasnya. Yuk, tunggu apalagi? dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!