Comparison

Mengapa iPhone XR Lebih Laku dari iPhone XS? Ketahui Perbedaannya!

Di awal kemunculannya pada tahun 2018, kedua HP besutan Apple ini memang cukup fenomenal. Jika ditanya apakah iPhone XR dan iPhone XS masih worthy untuk dipakai di tahun 2023, tentu saja iya, karena kedua HP ini masih akan mendapat pembaruan hingga tahun 2025.

Baik iPhone XR maupun iPhone XS dinilai memiliki perbedaan yang sedikit, namun perbandingan harganya cukup jauh. Pun dari dua tahun yang lalu, peminat iPhone XR masih cukup tinggi bahkan sampai sekarang. Jagofon akan merangkum perbedaan mencolok kedua HP ini sehingga kamu dapat memilih mana yang cocok untuk kamu beli di tahun ini!


Baca juga: 5 Penyebab Utama HP Sering Panas dan Cara Mengatasinya


Alasan Membeli iPhone XR

1. Lebih Terjangkau

Dimulai dari harga Rp 4.000.000 untuk storage 64GB, iPhone XR memang jadi lebih laku dibanding iPhone XS. Pasalnya, iPhone XS dengan storage 64GB punya selisih sekitar Rp 1.000.000 lebih mahal dibanding iPhone XR.

Hal ini pula yang membuat orang berpikir, dengan harga yang ditawarkan iPhone XS di storage terkecil, mereka mungkin bisa mendapatkan storage yang lebih besar untuk iPhone XR.

2. Layar yang Lebih Besar

Source: Youtube Maxresdefalt

Sayangnya, iPhone XS punya layar sebesar 5.8 inci OLED yang membuatnya terasa “tanggung”. Karena di zaman sekarang, sepertinya layar 6.1 inci LCD milik iPhone XR sudah menjadi standar ideal untuk pengguna handphone dalam menonton atau bermain game.

3. Performa yang Sama dengan iPhone XS

Source: GSM Arena

Selain harga, mungkin ini juga menjadi salah satu faktor utama mengapa iPhone XR lebih laku di pasaran. Pasalnya, baik iPhone XR maupun iPhone XS sama-sama dibekali oleh chipset A12 Bionic. Dimana prosesor ini masih sangat memungkinkan untuk multi-tasking dan gaming.

4. Pilihan Warna yang Lebih Banyak

Source: Cult of Mac

Well, kalau ini selera masing-masing. Memang, iPhone XR terkesan lebih pop dan muda dibanding iPhone XS minimalis nan elegan. Namun, varian warna yang ditawarkan iPhone XR cukup menarik seperti White, Black, Blue, Coral, Yellow dan Red.

5. Face ID dan Daya Baterai yang Memuaskan

Seperti handphone kebanyakan, Face ID sudah menjadi fitur wajib yang harus ada di handphone masa kini. Untunglah, dengan kamera depan True Depth milik iPhone XR pengguna dapat membuka lockscreen atau sign in hanya lewat rekognisi wajah. Jadi, nggak terlalu ketinggalan zaman.

Nilai tambahnya, iPhone XR punya daya tahan hingga 11 jam tidak seperti iPhone XS maupun iPhone XS Max yang hanya bertahan di rentang 9 sampai 10 jam.


Baca juga: Bocoran iPhone 15: Ada Ultra dan Pro!


Alasan Memilih iPhone XS

1. OLED Display

Fitur LCD pada iPhone XR cukup ketinggalan zaman, kamu bisa tetap up to date dengan fitur layar yang lebih baru yakni OLED Display. Walaupun LCD iPhone XR cukup berwarna, namun OLED Display memberikan pengalaman visual yang lebih nyata dan akurat. Selain itu, resolusi display iPhone XR juga rendah yakni 1,792 x 828 sedangkan iPhone XS di 2,436 x 1,125.

2. Kamera Lebih Baik

Source: Telegraph

iPhone XS sudah memiliki dual kamera dengan sensor wide dan ultrawide. Lebih spesifik, terdapat fitur 2x optical zoom yang memungkinkan kamu untuk memotret lebih dekat dan detail pada objek. Selebihnya, baik iPhone XS maupun iPhone XR sama-sama memiliki resolusi 12MP untuk kamera depan dan belakang.

3. Bezel dan 3D Touch

Source: CNet

Well, keduanya memang sama-sama memiliki notch pada layar saat semua HP zaman sekarang sudah meninggalkan hal tersebut. Jika kamu lebih menyukai HP dengan layar penuh, iPhone XS memang lebih baik dengan bezel yang lebih kecil daripada iPhone XR.

Selain itu, kehadiran 3D Touch pada iPhone XS juga cukup membuat HP ini menarik, walaupun sebenarnya Haptic Touch yang juga dimiliki iPhone kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan 3D Touch.


Baca juga: Perbandingan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 12 Pro Max


Kesimpulan dan Harga

Handphone

iPhone XR

iPhone XS

Harga mulai dari

Rp 4.300.000

Rp 5.000.000

Display dan Resolusi

6.1 inci LCD

1792 x 828 pixel

5.8 inci

2436 x 1125 pixel

Prosesor

A12 Bionic

Storage

64 GB, 128 GB, 256 GB

64 GB, 256 GB, 512 GB

Kamera Belakang

Single kamera 12 MP

Dual kamera 12 MP

Wide, Ultrawide

Kamera Depan

7 MP

Daya Baterai

11 jam 28 menit

9 jam 41 menit

So, dari kesimpulan di atas, kamu bisa menilai sendiri kan kenapa iPhone XR lebih laku di pasaran ketimbang iPhone XS? Namun jika kamu masih jatuh hati pada series XS, lebih baik sekalian beli iPhone XS Max yang memiliki ukuran baterai dan layar lebih besar daripada keduanya. Namun, pilihannya Jagofon serahkan lagi ke kamu.

iPhone XR dan iPhone XS berkualitas dan bergaransi bisa kamu dapatkan dengan lebih terjangkau di Jagofon, lho! Kamu juga bisa cek series iPhone di atas kedua HP ini. Yuk checkout sekarang!