JagoHacks

Mengatasi Keyboard HP yang Tidak Muncul: Penyebab dan Solusinya

5 Cara Memperbaiki Keyboard HP Yang Suka Error Sendiri - Digital Station
Source : Digital Station

Untuk para pengguna smartphone, siapa yang pernah mengalami bug? Bug pada ponsel akan menyebabkan sistem tidak berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk keyboard HP tidak muncul. Hal ini memang salah satu kelemahan dari keyboard virtual yang banyak dipakai di smartphone di zaman sekarang.

Hal ini tentunya akan sangat menganggu aktivitas dan pekerjaan pengguna karena keyboard merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah ponsel. Keyboard banyak digunakan untuk mendukung aktivitas ponsel, seperti memasukkan teks dalam beragam aplikasi, termasuk pesan teks, email, aplikasi sosial media, serta melakukan pencarian web.

Namun, tidak perlu khawatir Jagoans. Berikut Jagofon rangkum tentang tata cara mengatasi keyboard HP yang tidak muncul pada artikel berikut. Simak sampai habis ya!

Penyebab Keyboard HP Tidak Muncul

Source : Jalan Tikus

Dilansir dari laman gotechtor.com, terdapat beberapa alasan penyebab keyboard HP tidak muncul, khususnya pada smartphone Android. Penyebab keyboard HP tidak muncul bisa terjadi karena terdapat masalah pada sistem keyboard cache pada Android.  

Cache yang penuh dapat mengakibatkan eror pada perangkat dan sistem Android. Penyebab lain dari keyboard HP tidak muncul dapat disebabkan adanya update atau pembaruan aplikasi keyboard yang tidak compatible dengan perangkat Android. Untuk itu pengguna disarankan untuk melakukan pembaruan sistem operas pada Android pengguna.

Di samping itu, memori atau penyimpanan HP yang penuh juga dapat mengakibatkan bug pada ponsel, yang akan menghambat kinerja smartphone, termasuk kinerja dari keyboard virtual. Selain permasalahan pada sistem yang belum di-update dan cache memori, layar ponsel yang retak dan soket yang lepas, juga dapat mengakibatkan  keyboard HP tidak muncul.

Baca juga: 5 Tips Memilih Anti Gores yang Benar dan Tahan Lama, Gak Gampang Rusak!

Mengatasi Keyboard HP yang Tidak Muncul

Source : Tekno Kompas

Saat masih menggunakan keyboard fisik, keluhan yang muncul dari pengguna adalah sulitnya memperbaiki kerusakan pada keyboard fisik, dan tak jarang pengguna harus mengeluarkan kocek yang lebih dalam untuk melakukan perbaikan di service center.

Namun, dengan hadirnya keyboard virtual ini, semua pekerjaan ponsel menjadi lebih praktis, dan juga merupakan terobosan baru di dunia gadget. Selain dapat mengurangi biaya produksi, dengan adanya keyboard virtual, layar dari ponsel juga semakin full dan dapat dilengkapi dengan resolusi layar yang tinggi.

Baik smartphone maupun tablet juga sudah menggunakan keyboard virtual ini. Bahkan, di beberapa tipe laptop yang dapat dilipat juga menghadirkan fitur keyboard virtual ini. Namun, keyboard virtual ini juga rentan terhadap bug, yang cukup mengganggu yang mengakibatkan keyboard ini tidak muncul pada layar ponsel.

Keyboard yang tidak muncul biasanya akan menampilkan tulisan "keyboard has stopped" ataupun menampilkan tulisan "force close". Keyboard yang eror juga membuat virtual keyboard yang tidak mau muncul, keyboard yang tidak merespon, hingga keyboard yang macet.

Untuk mengatasi permasalahan pada keyboard HP yang tidak muncul, Jagoans dapat melakukan cara-cara berikut :

Melakukan Restart pada HP

Cara pertama dan yang paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi keyboard HP tidak muncul yaitu dengan cara melakukan restart atau muat ulang pada ponsel. Kamu bisa melakukannya dengan menekan tombol power dan kunci secara bersamaan yang biasanya terletak di samping smartphone kamu.

Menghapus Data Cache pada Keyboard

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cache yang penuh memang dapat menghambat kinerja smartphone. Salah satu cara untuk mengatasi keyboard HP yang tidak muncul, kamu dapat menghapus cache keyboard.

Menghapus data cache bukan berarti kamu meng-uninstall aplikasinya ya Jagoans. Untuk menghapus data cache, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut :

  • Buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Pilih App Manager atau Kelola Aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi keyboard yang ingin data cache-nya dihapus.
  • Kemudian pilih opsi hapus data dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Melakukan Force Stop Keyboard

Keyboard atau papan ketik pada Android biasanya merupakan aplikasi yang akan terus berjalan meskipun kamu tidak sedang menggunakannya. Hal ini dikenal dengan aplikasi yang termasuk ke dalam App Background Service atau aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Nah, karena termasuk ke dalam App Background Service, cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi keyboard HP yang tidak muncul adalah dengan melakukan force stop keyboard atau menghentikan kinerja keyboard secara paksa.  

Untuk melakukan force stop pada keyboard berikut langkah-langkahnya :

  • Cari menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian pilih menu App/APK/Aplikasi.
  • Pilih aplikasi keyboard. Aplikasi ini dapat berbeda-beda, tergantung dengan jenis ponsel.
  • Setelah itu, klik opsi Paksa Berhenti atau Force Stop.
  • Aplikasi keyboard akan berhenti dan langkah yang terakhir kamu hanya tinggal melakukan restart smartphone sehingga keyboard dapat berjalan normal kembali.

Meninggalkan Aplikasi Keyboard yang Masih Beta

Beberapa aplikasi yang menyediakan fasilitas untuk meng-customisasi tampilan dan pengaturan keyboard sebagian masih ada yang Beta atau masih dalam uji coba. Jagoans dapat memeriksa terlebih dahulu apakah aplikasi keyboard yang kamu gunakan masih dalam tahap Beta.

Jika kamu masih menggunakan keyboard program Beta, hendaknya kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dan segera kembali untuk menggunakan aplikasi keyboard yang asli agar lebih stabil dan terhindar dari permasalahan keyboard HP yang tidak muncul.

Melakukan Factory Reset

Cara terakhir setelah langkah-langkah tersebut tidak berhasil adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Namun, perlu diingat bahwa sebelum melakukan factory reset, pengguna harus melakukan back up terlebih dahulu, agar data-datanya tidak hilang.

Factory reset dapat dilakukan dengan cukup mudah. Kamu hanya tinggal membuka menu settings atau pengaturan dan mencari menu factory reset atau dalam bahasa Indonesia kembali ke setelan atau pengaturan pabrik. Biasanya fitur ini akan berlangsung beberapa saat, dan smartphone pengguna akan kembali normal setelahnya.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan HP Android-mu Dengan Tips-tips Ini!

Dapatkan Smartphone Berkualitas dengan Harga Terjangkau di Jagofon

Nah, itu dia tadi beberapa cara yang bisa Jagoans lakukan ketika smartphone Jagoans mengalami permasalahan keyboard HP tidak muncul. Apabila cara-cara tersebut juga tidak berhasil, kemungkinan ada pada layar smartphone yang retak, soket yang lepas, ataupun part atau bagian ponsel yang rusak sehingga kamu tetap harus membawanya ke service center.

Namun, jika Jagoans memiliki budget yang lebih dan menginginkan untuk meng-upgrade ponesl, Jagoans dapat membeli ponsel yang sesuai dengan kebutuhan Jagoans di Jagofon lho! Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas.

Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan beragam smartphone dan gadget impian kamu hanya di Jagofon!