Comparison

Penasaran? Ini Perbandingan iPhone 15 dan iPhone 13. Boleh Upgrade?

Source : OtoTekno

Apple kembali meluncurkan seri terbaru dari iPhone mereka yaitu iPhone 15. Diluncurkan pada September 2023, iPhone 15 ini membawa terobosan baru di dunia smartphone, sebut saja Chip A17 Pro-nya, yang diklaim Apple sebagai 'fastest chip ever on any smartphone.

Selain itu, iPhone 15 ini juga membawa beragam fitur up to date, dari versi-versi iPhone sebelumnya. Mulai dari desain notch yang sudah dihilangkan, bahannya yang menggunakan material titanium, sampai kapasitas baterai dan resolusi kamera yang juga sudah ditingkatkan.

Dengan beragam fitur terbaru dan canggih yang ditawarkan iPhone 15, mungkin muncul pertanyaan di benak banyak orang. Bagaimana dengan seri iPhone sebelumnya, seperti iPhone 13? Apakah layak untuk melakukan upgrade ke iPhone 15? Nah, untuk Jagoans yang penasaran dan ingin upgrade, yuk cari tahu terlebih dahulu perbandingan iPhone 13 dan iPhone 15!

Desain & Layar

Source : Suara.com

Layar dari iPhone 15 dan iPhone 13 sama-sama berukuran 6,1 inch yang telah didukung oleh teknologi Super Retina XDR. Untuk resolusinya, iPhone 15 memiliki resolusi yang lebih tinggi dari iPhone 13 dengan 2556 x 1179 piksel. Sedangkan untuk iPhone 13 resolusinya 2532 x 1170 piksel.

Dari segi dimensinya, iPhone 15 memiliki ukuran 0,1 mm lebih tipis dibandingkan dengan iPhone 13. Bobotnya juga lebih ringan dengan 171 gram. Namun, kedua ponsel besutan Apple ini masih nyaman untuk digenggam dengan layar yang cukup besar untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Sekilas, desain dari iPhone 15 dan iPhone 13 ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari material yang digunakan maupun desain kameranya. Untuk warnanya, iPhone 13 dan iPhone 15 memiliki pilihan warna yang mirip, seperti hijau, biru, pink, dan hitam.

Namun, iPhone 13 juga memiliki warna lain yaitu starlight dan merah, sedangkan iPhone 15 juga memiliki pilihan warna kuning. Di samping itu, iPhone 13 memiliki warna yang cenderung lebih tua.

Perbedaan yang signifikan dari iPhone 13 dan iPhone 15 adalah hadirnya dynamic island yang dapat menampilakn notifikasi pengguna dan menambah kesan yang aesthetic. Fitur ini juga membuat tampilan layar iPhone 15 menjadi lebih full.

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15 Yang Baru Masuk Indonesia

Spesifikasi dan Performa

Source : Donamin Haber

iPhone 15 yang ditenagai chip terbaru Apple yaitu A17 Pro tentunya lebih mulus dan cepat dibandingkan dengan iPhone 13 yang menggunakan chip A15 Bionic. Dilansir dari CNBC Indonesia, chip Apple A17 Pro Bionic ini memiliki kecepatan 3.78GHz dengan 6 inti CPU, dan juga memiliki kecepatan 2.11GHz untuk 2 inti CPU efisiensi.

Namun, iPhone 13 juga tidak kalah dalam hal performa, meskipun masih menggunakan chip A15 Bionic yang menggunakan fabrikasi 5 nm. Frekuensinya diatur oleh 6 core CPU serta dua core performa Avalanche berkecepatan 3,22 GHz, dan 4 core efisiensi Blizzard yang memiliki kecepatan 1,82 GHz.

Baik dari iPhone 15 dan iPhone 13 bisa digunakan dengan nyaman untuk aktivitas ponsel sehari-hari, seperti scrolling maumpun menonton video streaming beresolusi tinggi juga berjalan tanpa hambatan. Di samping itu, dilansir dari eraspace, iPhone 15 juga dilengkapi RAM LPDDR5 6 GB yang dapat meningkatkan kemampuan multitasking. Bisa dibilang iPhone 15 memiliki performa yang lebih tinggi dibanding iPhone 13.

Kamera

Jika berbicara soal kamera, iPhone 15 memiliki resolusi yang lebih tinggi dengan 48 MP, dibandingkan dengan iPhone 13 yang beresolusi 12 MP. Selain itu, kamera pada iPhone 15 juga dilengkapi zoom optik yang lebih tinggi dan ditenagai Photonic Engine dan Smart HDR 5.

Walaupun memiliki resolusi kamera yang tidak setinggi iPhone 15, iPhone 13 juga masih dapat menghasilkan gambar yang tajam dengan kualitas yang baik dengan resolusi kamera 12 MP yang didukung dengan sistem kamera ganda dan Smart HDR 4 untuk foto.

Untuk perekamanan videonya, kedua ponsel ini dapat merekam hingga resolusi 4K pada kecepatan 24 fps, 25 fps, 30 fps, atau 60 fps. Untuk iPhone 15 sendiri telah dilengkapi dengan Mode Sinematik untuk perekaman video dengan kedalaman bidang yang dangkal hingga HDR 4K pada kecepatan 30 fps. Hasil dari kameranya dapat dilihat pada gambar berikut :

Source : Youtube Radhe Bits
Source : Youtube Radhe Bits

Baterai dan Harga

Source : Ghiz China

iPhone 13 dikenal dengan kapasitas baterainya yang tahan lama, tetapi jika dibandingkan dengan iPhone 15, terdapat sedikit peningkatan pada baterai di seri iPhone 15. Dilansir dari 9to5Mac, kapasitas iPhone 13 memiliki kapasitas sebesar 3227 mAh yang diklaim Apple dapat bertahan selama 75 jam untuk pemutaran audio dan 19 jam untuk pemutaran video.

Sedangkan untuk iPhone 15 memiliki kapasitas baterai sebesar 3.349 mAh yang dapat bertahan 80 jam untuk pemutaran audio dan bertahan 20 jam untuk pemutaran video. iPhone 15 dan iPhone 13 ini juga telah didukung oleh teknologi fast charging yang dapat terisi 50% dalam waktu 30 menit dengan adaptor 20 watt atau lebih.

Untuk Jagoans yang penasaran dengan harganya, karena baru dirilis pada tahun 2023, iPhone 15 memiliki harga yang relatif tinggi dibandingkan dengan iPhone 13 yang diluncurkan pada 2o21 lalu. Dilansir dari website Jagofon, iPhone 15 dibandrol dengan rentang harga 15-22 juta, dan iPhone 13 memiliki kisaran harga 9-15 jutaan.

Baca juga: Kamu Harus Tau Hal-Hal Ini Sebelum Upgrade ke iPhone 13

Kesimpulan

Untuk Jagoans yang masih bingung mau memilih antara iPhone 13 atau iPhone 15, berikut beberapa poin penting yang Jagofon rangkum :

Alasan Pilih iPhone 15 :

  • Memiliki performa yang lebih mulus dan cepat, bahkan untuk pekerjaan multi-tasking dengan chispet A17 Pro.
  • Kamera lebih mumpuni dengan 48 MP dan perekam video berkualitas tinggi.
  • Baterai yang lebih awet dengan kapasitas baterai yang lebih besar.
  • Memiliki fitur dynamic island sehingga layar terlihat lebih full dan notifikasi ditampilkan secara unik.

Alasan Pilih iPhone 13 :

  • Masih memiliki performa yang baik dan dapat melakukan aktivitas ponsel yang berat meskipun dengan chip A15 Bionic.
  • Masih menghasilkan kualitas foto yang baik dengan resolusi kamera 12 MP.
  • Harganya lebih terjangkau dengan fitur yang tidak terlalu berbeda dengan iPhone 15.
  • Memiliki pilihan warna yang lebih banyak dengan warna-warna elegan.

Gimana nih Jagoans? mau pilih iPhone 13 atau iPhone 15? Nah, biar ga bingung mau beli dimana, mending langsung cek Jagofon aja! Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas.

Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik lho Jagoans! Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Jadi tunggu apalagi? yuk segera dapatkan beragam gadget incaranmu hanya di Jagofon!