JagoHacks

Perbandingan Kamera Android dan iPhone

Sektor kamera merupakan salah satu hal yang penting untuk menentukan membeli ponsel Android atau iPhone. Banyak pengguna yang memiliki preference ke arah sektor kamera mumpuni karena kebutuhannya untuk membuat content di media sosial. Ada pula karena memang penggunanya seorang photography enthusiast yang pasti memilih ponsel dengan konfigurasi kamera unggul.

Nah sekarang timbul perdebatan, manakah yang lebih baik diantara kamera iPhone dan Android? Pasti kamu yang sedang mencari ponsel dengan kamera mumpuni penasaran juga ya.

Oleh karena itu, yuk kita bedah perbandingan kamera Android dan iPhone berikut ini.

Perbedaan Resolusi

Image Source: TIME Indonesia

Faktor resolusi gambar yang dihasilkan kerap menjadi elemen tim marketing untuk memasarkan sebuah ponsel. Dengan embel-embel mampu menghasilkan gambar dengan resolusi besar, tak sedikit juga para Jagoans tergiur untuk membeli salah suatu produk.

Saat ini ponsel Android dan iPhone mampu menghasilkan gambar dengan resolusi besar. Sebagai contoh, kualitas gambar yang dihasilkan kamera Android bisa memiliki resolusi antara 1080p sampai 4K. Sedangkan untuk iPhone mampu menghasilkan kualitas gambar sampai dengan 8K.

Untuk besarnya megapixel, kamera Android di pasaran ada yang menghadirkan kamera dengan kamera 200 MP seperti yang ada pada Samsung Galaxy S24 Ultra dan S23 Ultra. Sementara itu, untuk di iPhone menawarkan kamera beresolusi 48 MP seperti yang ada pada iPhone 15 Pro Max.

Namun faktor di atas tidak melulu menjadi patokan bagus tidaknya foto yang dihasilkan ya Jagoans! Yang jelas jika kamu ingin mencari HP bekas, kamu bisa mengunjungi situs Jagofon. Karena walaupun bekas, semua produk telah teruji di 90+ titik fungsi jadi kualitasnya masih terjaga.

Perbedaan Build Quality

Image Source: PocketPhotography

Faktor build quality mempengaruhi ketahanan dan kualitas kamera dalam jangka panjang. iPhone sendiri memang terkenal dengan build quality-nya yang top-notch sehingga minim sekali mengalami cacat produk.

Di sisi lain, kamera yang terdapat dalam ponsel Android memiliki beragam kualitas build quality. Tak sedikit produsen ponsel pintar mengesampingkan sektor ini namun menonjolkan sektor lain untuk menekan biaya produksi.

Tak ayal banyak ponsel yang memiliki kualitas kamera bagus, namun build quality-nya kurang bagus, sehingga berpengaruh pada daya tahan ponsel itu sendiri.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan HP Android-mu Dengan Tips-tips Ini!

Perbedaan Fitur

Image Source: PetaPixel

Fitur kamera berperan penting dalam eksplorasi kreatifitas kamu. Dari beberapa fitur yang dihadirkan kamera Android seperti HDR, Night Mode, atau portrait mode belum tentu ada pada kamera iPhone dan sebaliknya.

Secara umum, ponsel Android menawarkan lebih banyak fitur dalam pengaturan kameranya, sehingga kamu bisa memilih mengandalkan fitur yang ada atau mengandalkan fitur pro untuk mendapatkan gambar yang kamu inginkan.

Sementara di iPhone, fitur-fiturnya cukup simple dan tidak banyak pilihan fitur. Walaupun demikian gambar yang dihasilkan termasuk ke dalam kualitas yang sangat bagus.

Saking banyaknya fitur kamera sekarang ini, pasti Jagoans bingung memilih HP mana yang cocok dengan kebutuhan kamu. Kalau bingung, kamu bisa membandingkan kualitas dengan dana yang kamu punya dan belinya di Jagofon ya.

Jangan khawatir, semua produk 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished. Kemudian terdapat berbagai macam jenis sinyal, mulai dari Sinyal On sampai IMEI verified. Selain itu, kamu juga bisa berbangga hati karena bisa bantu lingkungan mengurangi limbah elektronik dengan memakai HP bekas.

Perbedaan Sistem OS

Image Source: Amateur Photographer

Terkadang sistem operasi atau OS berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Loh kok bisa sesuatu berbasis software berpengaruh ke dalam hasil kamera? tentu bisa, Jagoans. Semakin baru OS yang diterapkan, maka semakin bagus pula kualitas kamera yang didapatkan. Namun hal ini juga harus didukung hardware kamera yang mumpuni.

Kita ambil contoh OS Android 14 yang memiliki peningkatan di sektor kamera dan medianya. Di versi ini, kamu akan mendapat dukungan untuk mendapatkan kualitas gambar Ultra HDR, yang mana memungkinkan sensor kamera akan mendapat sejumlah informasi lebih banyak saat mengambil foto sehingga menghasilkan gambar yang lebih cerah dan memiliki kontras yang lebih baik.

Selain itu beberapa fitur kamera seperti Zoom, Focus, Postview, dan In-sensor zoom mendapat peningkatan di versi Android 14 ini.

Sementara itu, iOS 17.2 mendapatkan update berupa security updates, ada juga beberapa peningkatan lain termasuk sektor kameranya.

Adapun peningkatannya berada pada sektor kamera telefoto yang meningkatkan kecepatan fokus pada kamera saat akan menangkap gambar yang jauh. Kemudian Apple menghadirkan fitur perekaman video yang dilakukan di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang bisa ditayangkan dalam bentuk 3D saat kamu menggunakan Apple Vision Pro.

Nah, ternyata semakin update OS nya, maka kemampuan kamera kamu akan mengalami peningkatan juga, namun sekali lagi ya Jagoans, kamu juga harus memiliki hardware kamera yang mendukung daripada software atau OS terbaru dari iOS atau Android.

Baca juga: Cara Cek Garansi iPhone, Ternyata Gampang!

Perbedaan Flash

Image Source: Tom's Guide

Terkadang, saat mendapatkan cahaya yang minim, kita akan kesusahan mendapat hasil kamera yang bagus. Salah satu solusinya adalah menggunakan flash agar mendapat cahaya tambahan sehingga gambar mendapat cahaya yang lebih baik dan menghasilkan gambar yang bagus.

Pada iPhone, LED flashnya memiliki konsep true-tone yang memungkinkan kamu dapat menangkap 1000 jenis warna berbeda yang menyesuaikan dengan sumber cahaya alami dan objek yang difoto. Dengan demikian, hasil jepretannya pun menghasilkan warna yang natural.

Sementara itu, untuk perangkat berbasis Android, flash yang diterapkan berbeda-beda tergantung vendor nya dan kelas harganya. Ada yang menyematkan flash dengan kemampuan yang setara dengan iPhone seperti Samsung, Sony dan OPPO, ada pula yang tidak lebih bagus.

Namun faktor flash memang berpengaruh terhadap kualitas foto yang dihasilkan. Berbicara tentang flash, di Jagofon sering mengadakan flash sale di setiap Bulannya. Nantikan berbagai produk original dengan harga marginal yang hanya ada di Jagofon!

Setiap pembelian produk di Jagofon, kamu dijamin mendapatkan full aksesoris sesuai box baru dan dijamin 30 hari garansi mesin gratis. Jika dalam 7 hari kamu mengalami kendala berupa produk tidak hidup, uangmu akan dikembalikan loh!

Buat yang belum tahu, Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Jagofon melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!