Comparison

Perbandingan Oppo Reno7 VS Reno8: Mana Yang Lebih Worth It?

Oppo, perusahaan asal Tiongkok satu ini, tidak pernah berhenti untuk berinovasi untuk para pengguna setianya. Setelah meluncurkan Oppo Reno 7, di tahun yang sama, Oppo kembali meluncurkan tipe terbarunya, yaitu Reno 8.

Dengan berbagai macam fitur yang canggih dan menarik, kedua smartphone milik Oppo ini siap bersaing di pasaran dan tak jarang banyak yang membandingkan fitur dan spesifikasi dari Oppo Reno 7 dan Reno 8 ini. Untuk Jagoans yang bingung mana yang lebih worth it, yuk simak perbandingannya di artikel kali ini!

Desain dan Layar

Source : Youtube Gadget Compare

Jika dilihat dari ukurannya, Oppo Reno 8 memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dan lebih berat dari Oppo Reno 7, yaitu 160,6 x 73,4 x 7,7 mm serta bobot 182 gram. Untuk desain, jika dilihat sekilas, tidak terdapat perbedaan yang terlalu menonjol. Keduanya menggunakan bahan kaca untuk layarnya dengan bingkai aluminium serta bahan plastik di bagian belakang, menampilkan kesan yang elegan dan mewah.

Letak kamera dari Reno 7 dan Reno 8 juga memiliki desain yang sama, dengan kamera utama di bagian belakang sebelah kiri atas, dilengkapi dua lensa yang diletakkan segaris, serta kamera ketiga yang dibuat dengan ukuran lebih kecil yang berada di samping kanan.

Sedangkan untuk kamera depan didesain dengan model punch hole di bagian kiri atas. Perbedaan yang jelas dari kedua tipe Oppo ini adalah pilihan warnanya. Jika Oppo Reno 7 terdiri dari Startrails Blue dan Starry Black, Oppo Reno 8 terdiri dari pilihan warna yang lebih beragam, yaitu Clear Sky Blue, Slightly Drunk, dan Night Tour Black. Kedua smartphone ini menawarkan warna-warna elegan yang menampilkan kesan mewah.

Jika dilihat dari layarnya, kedua smartphone Oppo ini sama-sama menggunakan layar AMOLED beresolusi 1080 x 2400 pixels yang didukung fitur Full HD+, namun jika melihat ukuran layar, Oppo Reno 8 memiliki ukuran 0,1 inch lebih besar daripada Oppo Reno 7 dengan 6,4 inch. Perbedaan lainnya adalah kaca pelindung dari Reno 8 menggunakan teknologi Panda Glass, sedangkan Reno 7 menggunakan kaca pelindung GG5.

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

Kamera

Oppo dikenal dengan smartphone kelas midrange dengan fitur kamera yang canggih. Kedua smartphone Oppo ini sama-sama sudah dilengkapi dengan tiga lensa kamera, yaitu lensa wide, ultrawide dan macro dengan resolusi masing-masing 64 MP, dan 2 MP untuk lensa ultrawide dan macro.

Sama halnya dengan front camera, baik Reno 8 maupun Reno 7 beresolusi 32 MP yang kualitas selfienya tidak perlu diragukan lagi. Untuk Jagoans yang hobi dengan fotografi, kedua smartphone ini sangat cocok karena mempunyai bidikan kamera yang jernih, kualitas yang tajam dan juga latarnya juga bisa bokeh, setara dengan kamera DSLR.

Fitur kamera dari Reno 7 sebelumnya juga masih dipertahankan pada tipe Reno 8, seperti Mode Malam, Pro, Panorama, Potret, Ekstra HD, Slo-Mo, Selang Waktu, Microlens, STIKER, dan Pemindai teks. Perekaman video pada Oppo Reno 8 juga bisa menggunakan kualitas 1080p dengan kecepatan maksimal di 30 fps. Untuk perbandingan hasil tangkapan gambar dari Oppo Reno 7 dan Reno 8 dapat dilihat pada gambar berikut :

Source : Source : Youtube Gadget Compare

Performa dan Baterai

Dilihat dari performanya, Oppo Reno 8 sedikit lebih unggul dari Oppo Reno 7. Hal ini dikarenakan penggunaan jenis chipset dan prosesor yang berbeda. Jika Oppo Reno 8 menggunakan MediaTek Dimensity 1300 (6 nm), Octa Core dan Mali – G77 MC9, Oppo Reno 7 menggunakan MediaTek Dimensity 900 (6 nm), Octa Core dan Mali – G68 MC4. Jika melihat kinerjanya, Reno 8 akan sedikit lebih mulus dan responsif dibandingkan dengan Oppo Reno 7.

Baterai kedua smartphone milik Oppo ini juga telah menggunakan kapasitas baterai yang cukup besar dengan 4500 mAh dan dilengkapi dengan teknologi fast charging atau pengisian daya cepat. Buat Jagoan yang sering beraktivitas di luar, smartphone ini bisa menjadi pilihan. Perbedaan yang dapat dilihat yaitu watt dari fast charging kedua ponsel ini. Oppo Reno 8 menggunakan teknologi fast charging dengan daya 80 watt, sedangkan Oppo Reno 7 hanya menggunakan daya sebesar 65 watt. Perbandingan spesifikasi dari Reno 8 dan Reno 7 dapat dilihat pada tabel berikut :


Dimensi

Reno 8

Reno 7

Tinggi 159,9 mm

Lebar 73,2 mm

Ketebalan 7,66 mm

Bobot 182g

Tinggi 159.9mm

Lebar 73.2mm

Ketebalan 7,49 mm7,54 mm (kulit)

Berat 175g

Layar

Ukuran

6,4 inci 

Tipe

Amoled

Rasio Layar

90,80%

Resolusi

FHD+ (2400x1080)

Refresh Rate

Maks hingga 90 Hz

Ukuran

6,3 inci

Tipe

Amoled

Rasio Layar

90.80%

Resolusi

2400 × 1080

Refresh Rate

Hingga 90Hz

Chipset

MediaTek Dimensity 1300 (6 nm)

Octa Core dan Mali – G77 MC9

MediaTek Dimensity 900 (6 nm)

Octa Core dan Mali – G68 MC4

Kamera

Kamera Depan : 32 MP

Kamera Utama : lensa wide 50 MP, lensa ultra-wide 8 MP, dan lensa macro 2 MP.

Kamera Depan : 32 MP

Kamera Utama : lensa wide 64 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan lensa macro 2 MP.

Memori

RAM 8GB dan 12GB, serta ROM 128GB dan 256GB

RAM 8GB dan ROM 256GB

Baterai

4.500 mAh didukung teknologi fast charging 80 watt

4.500 mAh didukung teknologi fast charging 65 watt

Konektivitas

WLAN

Bluetooth v5.1

USB Tipe-C

Jack Earphone

3,5 mm

NFC

WLAN

Bluetooth v5.1

USB Tipe-C

Jack Earphone

3,5 mm

NFC

Pilihan Warna

Clear Sky Blue, Slightly Drunk, dan Night Tour Black

Startrails Blue dan Starry Black

Baca juga: Oppo Reno 7: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Kesimpulan Oppo Reno 7 dan Oppo Reno 8

Setelah melihat kedua spesifikasi dari smartphone ini, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan sebelum memilih Oppo Reno 7 ataupun Reno 8. Berikut beberapa poin yang dapat Jagoans pertimbangkan sebelum membeli.

Jagoans dapat memilih untuk membeli Reno 8 jika :

  • Mementingkan aspek chipset dan performa, karena Reno 8 mempunyai performa yang sedikit lebih unggul dari Reno 7.
  • Aspek peyimpanan, karena Reno 8 memiliki ROM 128GB dan 256GB memori.
  • Warna yang lebih cerah, hal ini dikarenakan Oppo Reno juga tersedia dengan warna Clear Sky Blue dan Slightly Drunk yang  cocok untuk pecinta warna cerah.

Jagoans dapat memilih untuk membeli Reno 7 jika :

  • Ingin memiliki smartphone yang lebih handy, nyaman digenggam dan digunakan untuk scrolling karena hanya berbobot 175 gram, lebih ringan jika dibandingkan dengan Reno 8 yang bobotnya 182 gram.
  • Memiliki budget yang terbatas, hal ini dikarenakan harga dari Reno 7 lebih terjangkau daripada Oppo Reno 8.
  • Ingin memiliki desain posel dengan gaya yang lebih retro, dikarenakan Reno 7 memiliki warna Sunset yang unik dan menambah kesan retro.

Gimana nih Jagoans? Udah nggak bingung kan? Sebelum membeli pastiin kamu membeli produk yang original ya, bukan yang refurbished yang belum terjamin kualitasnya. Daripada khawatir soal keaslian smartphonenya, mending langsung cek di Jagofon aja! Dijamin produknya original dan kualitasnya udah pasti terjamin karena Jagofon selalu menjalankan lebih dari 90+ untuk menjaga produk yang ditawarkan. Tunggu apalagi? Yuk cek Jagofon sekarang!