JagoNews

Perlukah Memasang Antivirus di iPhone? Ketahui 3 Hal Ini

Pada situs web resmi Apple Discussion, terdapat satu pertanyaan yang dikeluarkan oleh pengguna iPhone terkait iPhone AntiVirus.

Pertanyaan tersebut adalah “are iphones free from viruses or do I need an antivirus software?, yang artinya adalah: Apakah iPhone terbebas dari virus? Apakah saya membutuhkan software AntiVirus?

Semua anggota pada komunitas Apple dengan percaya diri menjawab TIDAK.

Mungkin kamu heran dan bertanya-tanya apakah iPhone betul-betul tidak membutuhkan AntiVirus?

Jawabannya adalah YA, iPhone tidak membutuhkan program AntiVirus apapun. Berbeda dengan Android yang dapat dimasuki oleh virus dalam berbagai macam.

Pasti kamu juga sering mendengar modus penipuan baru terkait penyebaran virus pada handphone korban, namun orang yang menggunakan iPhone jarang terkena virus.

Selain itu, memang benar bahwa produk Apple dikenal akan keamanannya dari serangan virus atau malware.

Untuk menjawab bagaimana cara memasang antivirus di iPhone, artikel ini akan memberi jawabannya.

Sistem Operasi iPhone iOS Canggih

Apple merancang semua produknya dengan sangat canggih. Tidak hanya itu, produk Apple juga sangat eksklusif. Artinya, hanya Apple yang dapat merancang produk beserta fiturnya.

Jika melihat produk dari merek lain seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, dan lainnya, sistem operasi yang digunakan adalah Android.

Hal ini juga sama dengan produk laptop atau notebook merek lain, sistem opreasi yang digunakan adalah Windows.

Pada produk Apple, sistem operasi yang digunakan khusus iPhone adalah iOS. Untuk produk Apple lainnya seperti iPad, Macbook, dan Apple Watch juga memiliki sistem operasinya masing-masing.

Melihat ekslusivitas produk Apple menunjukkan bahwa lebih sedikit orang yang dapat membuat virus untuk produk Apple.

Karena selain ekslusif, produk Apple juga membuat sistemnya dengan sangat ketat sehingga pengguna pun merasa aman.

iOS memiliki fitur pengenalan program asing dan proteksi terhadap virus dan malware.

Hal ini merupakan salah satu kelebihan iPhone dibanding merek lain dan fitur yang disukai penggunanya.

Pengguna tidak perlu repot untuk memasang antivirus di iPhone, karena semua sudah dilindungi oleh sistem iOS.

Source: CNET

Memblokir Program Berbahaya

Produk Apple khususnya iPhone akan dapat mendeteksi virus atau potensi berbahaya akan situs web, program, hingga file yang diunduh.

Sebelum kamu nonaktifkan atau menghapus sumber virus, iPhone kamu sudah terlebih dahulu memblokir aktivitas virus sebelum virus dapat menjalankan tugasnya.

Selain itu, iPhone kamu tidak bisa meng-install aplikasi diluar yang diunduh dari AppStore, berbeda dengan handphone Android yang dapat mengunduh aplikasi dengan format apk.

Semua aplikasi yang ada di AppStore sudah terverifikasi dan lulus uji dari Apple agar semua aplikasi yang akan diunduh bersifat aman untuk penggunanya.

Untuk memasukkan aplikasi ke PlayStore lebih mudah terutama untuk developer kecil, tidak mudah untuk memasukkan aplikasinya ke AppStore karena syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Apple sangatlah ketat.

Selain aplikasi, penjelajah Safari memiliki fitur anti-phising yang dapat menghentikan pengguna bila membuka situs yang mencurigakan meskpun menggunakan VPN.

Tidak Ada AntiVirus Resmi

Karena Apple sangat yakin bahwa produknya tidak akan ada virus, mereka tidak pernah membuat program AntiVirus.

Sebenarnya tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan Apple akan merancang program AntiVirusnya.

Kalaupun ada AntiVirus untuk iPhone, program tersebut dirancang oleh pihak ketiga yang tidak resmi dari Apple. Meskipun sudah melewati lulus uji dan masuk ke AppStore. Jika tidak ada di AppStore, mereka dapat mencari cara agar program ini dapat ter-install di handphonemu.

Jadi, selamat tinggal iPhone AntiVirus yang tidak resmi.

Untuk Macbook, Apple punya pengarahan untuk melindungi Mac dari virus.Caranya adalah:

  1. Pilih menu Apple > Pengaturan Sistem, lalu klik Privasi & Keamanan di bar samping.
  2. Buka Keamanan, klik menu pop-up di samping "Izinkan aplikasi yang diunduh dari", lalu pilih sumber perangkat lunak yang Anda izinkan untuk diinstal.
Source: indianExpress

Keamanan Pada Pembaruan Software

Sambil memantau adanya serangan dari virus atau malware, Apple terus memperbarui sistem operasinya. Jadi kamu tidak perlu memasang antivirus di iPhone diluar sistem yang didukung oleh Apple.

Meskipun ada beberapa upaya penyebaran malware dan virus pada iPhone, sistem keamanan yang ketat dan updates teratur dari Apple telah berhasil mengurangi risiko serangan virus pada perangkat iPhone.

Tidak hanya selalu memperbarui tampilan atau membetulkan bug, Apple juga menyisipkan tambahan teknologi keamanan pada iPhone pada setiap software update, agar siap menghadapi tanda-tanda mencurigakan yang muncul.

Para pembuat virus pun perlu untuk memperbarui virus mereka agar dapat berjalan sesuai dengan sistem operasi yang dijalankan iPhone.

Jika iPhone sudah memiliki iOS16 namun virusnya hanya dapat melacak hingga iOS14, virus tersebut tidak akan bekerja pada iOS15 keatas.

Para developer pun akan kewahalan jika harus terus memperbarui sistem hacknya, kecuali mereka sangat niat, punya waktu dan tenaga serta uang (mungkin).

Perlukah Memasang AntiVirus di iPhone?

Kamu tidak perlu memasang AntiVirus di iPhone. Seperti alasan yang sudah dijelaskan diatas, Apple telah berusaha untuk melindungi penggunanya dari virus.

Meskipun Apple telah melindungi kita dari virus, kita sebagai pengguna juga turut membantu Apple untuk menggunakan iPhone dengan lebih bijak.

Meskipun Apple sudah memaksimalkan usahanya untuk mencegah iPhone dari virus, namun kejahatan siber seperti phishing atau ransomware tetap dapat terjadi, biasanya menyebar melalui email atau pesan teks khususnya berupa link. Sekali kamu pencet link tersebut, data kamu dapat diambil oleh hacker.

Dengan begitu, kita tidak akan mengunduh aplikasi atau file yang mencurigakan dan membahayakan.

Namun, bukan berarti Apple ini terbebas dari virus 100%, karena akan ada saja oknum nakal untuk membuat virus.

Beberapa virus sudah terdeteksi di Macbook di tahun 2023, yaitu MacStealer dan XMRig, namun iPhone Antivirus belum banyak ditemukan.

Untuk handphone Android seperti Samsung, virus yang terdeteksi di tahun 2023 adalah Joker Spyware, Harly Trojan, FakeDolphin, GinMaster, dan masih banyak lagi.

Maka itu, kita perlu menghindari hal-hal yang mencurigakan.

Jangan Khawatir Dengan iPhonemu

Sekarang, kamu sudah tahu kan apakah kamu harus memasang AntiVirus di iPhone?

Kamu tidak perlu khawatir karena virus atau malware tidak akan masuk dengan mudah ke iPhone. Faktanya, iPhone AntiVirus bahkan tidak ada yang dirilis resmi oleh Apple.

Kalau kamu sudah punya iPhone, kamu tidak perlu khawatir akan iPhone AntiVirus. Namun jika kamu belum punya iPhone dan memutuskan ingin membelinya, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan ada membeli iPhone di toko yang tidak terpercaya.

Si penjual dapat menjual iPhone dengan harga yang sangat murah namun penjual itu bisa saja memasukkan virus ke dalam iPhone tersebut. Penting untuk kita mencari penjual yang resmi dan terpercaya seperti di iBox, Erafone, dan Jagofon.