Comparison

Punya iPhone 13 Pro Max, Haruskah Upgrade ke iPhone 15 Pro Max?

Source : Tom's Guide

Rangkaian produk iPhone dari Apple selalu menjadi sumber antusiasme bagi para penggemar teknologi dan pengguna smartphone, meskipun Apple tidak selalu membawa inovasi yang revolusioner dengan setiap perilisan baru. Sebenarnya, hal tersebutlah yang banyak disukai oleh para pengguna produk Apple.

Meskipun perusahaan ini tidak enggan berinovasi, umumnya kita dapat mengantisipasi apa yang akan ditawarkan oleh siklus rilis tahunan mereka: perangkat yang ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Hal ini juga terlihat pada peluncuran iPhone 15 Pro Max terbaru. Flagship terkini dari Apple ini menampilkan beberapa perubahan halus namun signifikan dibandingkan dengan pendahulunya.

Jadi, apabila kamu saat ini menggunakan iPhone 13 Pro Max dan merasa bimbang mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan upgrade, Jagofon menyediakan perbandingan guna membantu Jagoans untuk membuat keputusan yang lebih tepat, berikut perbadingannya:

Baca juga: Perbandingan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 12 Pro Max

Desain & Layar

Tidak ada yang terlalu mencolok dalam perubahan tampilan layar pada perangkat baru dari Apple, baik iPhone 15 Pro Max maupun iPhone 13 Pro Max sama-sama memiliki layar Super Retina XDR OLED yang sangat baik dengan ukuran 6,7 inci. Para pengguna tentunya akan sangat dimanjakan dengan tampilan layar dari kedua ponsel ini.

iPhone 15 Pro Maxmemiliki resolusi sedikit lebih tinggi (2796x1290) dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max (2778x1284), tetapi perbedaan tersebut tidak terlalu terlihat. Max brightness dengan konten HDR telah meningkat menjadi 2.000 nits, berbeda dengan max brightness pada iPhone 13 Pro Max yang hanya berada pada 1.200 nits.

Perubahan paling mencolok pada tampilan bukanlah layar itu sendiri, melainkan bezel yang mengelilinginya. Apple telah memangkas bezel pada lini iPhone 15, meningkatkan rasio layar ke body beberapa persen. iPhone 15 Pro Max sudah menggunakan Dynamic Island.

Namun, desain dari iPhone 13 Pro Max masih mempertahankan penggunaan notch. Meskipun bukan perubahan yang mencolok, namun hal ini merupakan contoh dari penyempurnaan dan inovasi Apple kepada produk-produk terbaru dalam design iPhone.

Spesifikasi & Performa

iPhone 13 Pro Max diluncurkan bersamaan dengan iOS 15 dan saat ini mendukung iOS 17. Peluncuran seri iPhone 15 bersamaan dengan peningkatan iOS 17, membawa beberapa fitur baru untuk aplikasi iOS dan mengencangkan ekosistem perangkat lunak Apple.

Kedua ponsel memberikan pengalaman iOS yang sangat baik. Untuk Jagoans yang penasaran, berikut perbandingan dari spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max yang dapat kamu lihat pada tabel berikut :

Fitur

iPhone 13 Pro Max

iPhone 15 Pro Max

Sistem Operasi

iOS 15

iOS 17

Chipset

A15 Bionic

A17 Pro

RAM

6GB

8GB

Pilihan Penyimpanan

128GB, 256GB, 512GB, 1TB

256GB, 512GB, 1TB

Chip sistem

Chip A15 Bionic

Chip A17 Pro

Tanggal Rilis

September 2021

September 2023

Sebagaimana diharapkan, iOS 17 tidak membawa pembaruan besar, akan tetapi menambahkan beberapa fitur yang mengesankan untuk aplikasi komunikasi seperti FaceTime, Messages, dan AirDrop. iPhone 13 Pro Max dapat di-upgrade ke iOS 17, yang dirilis untuk sebagian besar pengguna pada bulan September 2023. Jadi, tidak perlu khawatir tentang perbedaan perangkat lunak di kedua ponsel ini.

Dalam hal performa, keduanya memang cukup baik, namun iPhone 15 Pro Max secara alami unggul. Dilengkapi dengan chip terbaru dari Apple, A17 Pro, yang memiliki ukuran 3nm dan menjadi yang pertama di industri. Chip ini diyakini dapat melampaui bahkan Snapdragon 8 Gen 2 yang terkenal, sehingga ekspektasi performa iPhone 15 Pro Max sangat tinggi.

Pengguna dapat mengharapkan respons yang cepat, multitasking yang lancar, dan pengalaman gaming serta streaming yang mulus. iPhone 15 Pro Max juga dilengkapi dengan RAM 8GByang tentu memberikan dukungan tambahan untuk performa. Selain itu, terdapat opsi penyimpanan mulai dari 256GB hingga 1TB.

Sebaliknya, iPhone 13 Pro Max menggunakan chip A15 Bionic, yang masih merupakan chipset tangguh yang menawarkan multitasking dan gaming yang lancar. Meskipun tidak menggunakan chipterbaru, namun tetap memberikan kinerja yang kuat.

Kamera

Kamera pada  iPhone 15 Pro Max  hadir dengan modul triple yang mencakup kamera utama 48MP dengan aperture f/1.78, ultrawide 12MP dengan aperture f/2.2, dan telephoto 12MP dengan aperturef/2.8 serta kemampuan zoom 5x. Terdapat juga kamera TrueDepth 12MP untuk selfie.

Di samping itu, pada  iPhone 15 Pro Max  pengguna juga akan disuguhkan beragam fitur, sehingga pengguna akan memiliki lebih banyak kontrol terhadap pengaturan kamera, contohnya seperti panjang fokus dan zoom, yang sangat cocok untuk para pengguna yang hobi fotografi.

Source : The Real Tech

Sementara itu, iPhone 13 Pro Max memiliki kamera utama dengan resolusi 12MP dan fitur ultrawide dan telephoto. Meskipun memiliki performa baik dalam fitur low brightness dan fitur kamera yang baik,  kamera utamanya yang berukuran 12MP lebih terbatas jika dibandingkan dengan kamera iPhone 15 Pro Max. Jagoans mungkin akan cukup puas dengan iPhone 13 Pro Max, tetapi untuk pecinta fotografi, iPhone 15 Pro Max kembali menawarkan sejumlah peningkatan yang menarik.

Baterai & Harga

Daya tahan baterai tentu menjadi pertimbangan utama dalam memilih gadget. iPhone 15 Pro Maxsekali lagi unggul di sini berkat baterai internal yang lebih besar, meskipun perbedaannya tidak terlalu besar. Menurut klaim dari Apple, iPhone 15 Pro Max dapat memutar video selama 29 jam, sedangkan iPhone 13 Pro Max hanya 28 jam.

Kedua model ponsel tersebut dapat dengan mudah bertahan sepanjang hari dengan penggunaan reguler, dan keduanya mendukung pengisian kabel 20W serta pengisian nirkabel MagSafe 15W. Keduanya juga seharusnya memberikan kecepatan pengisian yang serupa dengan adapter yang kompatibel.

Perbedaan yang paling mencolok adalah sekarang Jagoans dapat menggunakan kabel dan charger USB-Type C apa pun untuk mengisi daya iPhone 15 Pro Max. Kemudian dari segi harga yang ditawarkan, iPhone 13 Pro Max berkisar mulai dari 12 jutaan, sementara iPhone 15 Pro Max memiliki rentang harga 25 jutaan.

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15 Pro Max Yang Baru Masuk Indonesia

Kesimpulan

Alasan memilih iPhone 15 Pro Max

  • Performa Unggul: Chip A17 Pro, RAM 8GB, kinerja tinggi.
  • Kamera Inovatif: Triple kamera 48MP, zoom optik 5x.
  • Mode StandBy Layar: always on-display, widget kustom.
  • Desain Modern: Ramping, bezel tipis.
  • Pengisian Cepat: Baterai besar dengan pengisian USB-C.

Alasan memilih iPhone 13 Pro Max

  • Performa Solid: Chip A15 Bionic, RAM 6GB, kinerja tangguh.
  • Kamera Berkualitas: Kamera utama 12MP
  • Harga Terjangkau: Kisaran harga lebih rendah.
  • Memiliki storage dan penyimpanan yang luas.

Nah, itu dia perbandingan antara iPhone 15 Pro Max dan iPhone 13 Pro Max dari Jagofon. Setelah mempertimbangkan spesifikasinya, apakah Jagoans tertarik utnuk membelinya? Buat Jagoans yang masih penasaran atau ingin lebih jelas tentang produknya, tidak perlu bingung, langsung kunjungin Jagofon aja!

Jagofon merupakan situs e-commerce khusus dalam penjualan gadget/HP bekas di Indonesia yang menjamin pengalaman berbelanja yang nyaman. Semua produk yang ditawarkan di Jagofon telah melalui uji kualitas dan memiliki laporan tes untuk memastikan fungsionalitasnya.

Gadget/HP bekas yang dijual di Jagofon telah melewati proses pengecekan kelayakan, sehingga kamu akan mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. Jagofon memberikan jaminan 7 hari uang kembali, garansi mesin selama 30 hari secara gratis, dan garansi mesin selama 6 bulan dengan biaya tambahan.

Proses pembelian di Jagofon sangat mudah, termasuk pengantaran ke rumah dan opsi pembayaran saat barang diterima (COD) khusus untuk wilayah Jakarta, serta layanan Self-Pickup di kantor Jagofon untuk konsultasi langsung.

Jangan lewatkan kesempatan Jagoans untuk memiliki iPhone 15 Pro Max dan iPhone 13 Pro Max, serta gadget impian lainnya hanya di Jagofon!