JagoHacks

Pusing? Lihat Cara Blokir Iklan di HP Disini!

Iklan yang muncul di layar HP terkadang sangat mengganggu hingga bikin pusing. Tak hanya mengganggu, iklan yang masuk ke dalam HP juga bisa berpotensi menghambat performa HP kamu dan menguras kuota internet.

Tak hanya itu, iklan yang masuk dari berbagai aplikasi yang kamu install berpotensi mengandung virus berbahaya yang bisa jadi dapat mencuri data pribadi kamu. Hal ini memungkinkan terjadi di era perkembangan dunia digital yang pesat ini.

Nah, sebenarnya untuk mematikan munculnya iklan di HP Android kamu caranya cukup mudah. Ada beberapa cara ampuh untuk memblokir iklan supaya tidak muncul di HP kamu. Berikut cara-caranya.

Baca juga: Penasaran? Ini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Blokir Iklan dari Home Screen

Pusing? Lihat Cara Blokir Iklan di HP Disini! - Jagofon
Image Source: Herald ID

Salah satu jenis iklan yang mengganggu adalah jenis iklan dari home screen. Hal ini terjadi karena kamu pernah meng-install aplikasi dari pihak ketiga. Sebenarnya salah satu cara ampuh untuk menghilangkan iklan tersebut adalah dengan menguninstall aplikasi tersebut.

Namun jika kamu tidak tahu iklan tersebut berasal dari mana atau kamu masih ingin menjalankan aplikasi tersebut, berikut cara untuk blokir iklan yang muncul di home screen.

  1. Tahan icon aplikasi penyumbang iklan.
  2. Pilih menu info (memiliki tanda huruf i dalam lingkaran) biasanya terletak di kanan atas.
  3. Setelah masuk ke dalam menu aplikasi, cari pilihan menu "Display over other apps".
  4. Cari pilihan "Allow display over other apps" kemudian matikan pilihan ini.
  5. Selesai.

Hal ini akan memutus akses aplikasi untuk menampilkan iklan pada home screen HP Samsung kamu. Sehingga akan mengurangi pemberitahuan yang muncul akibat aktivitas aplikasi yang kamu install.

Gunakan cara ini ke aplikasi lain, dan kamu akan terbebas dari iklan home screen yang mengganggu.

Tentu, untuk menanggulangi iklan jahat yang mengandung virus dibutuhkan HP yang memiliki proteksi yang andal. Seperti HP Samsung yang dilindungi oleh Samsung Knox yang mampu menjaga data diri kamu yang sensitif.

Fitur proteksi ini mengandalkan hardware sendiri untuk meng-enkripsi data secara end-to-end sehingga tak akan bisa dibobol oleh pihak luar dengan mudah. Jadi data kamu dijamin akan lebih aman dari ancaman luar yang berbahaya.

Nah, buat Jagoans yang sedang mencari-cari HP dengan proteksi data yang oke punya, Samsung adalah jawabannya. Dapatkan HP Samsung di Jagofon dengan harga yang bersaing dan yang pasti semua produknya 100% layak pakai, original, dan memiliki garansi!

Blokir Iklan dari Chrome

Pusing? Lihat Cara Blokir Iklan di HP Disini! - Jagofon
Image Source: iNews

Cara lain untuk memblokir iklan mengganggu, terutama yang bersifat pop-up adalah menghentikannya dari Chrome. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi peramban Google Chrome pada HP Android kamu.
  2. Pergi ke menu pilihan lain yang memiliki tanda titik tiga di sebelah kanan atas.
  3. Pilih "Settings".
  4. Kemudian temukan dan pilih menu "Site Settings"
  5. Lalu kamu akan menemukan pilihan "Pop-ups and redirects" kemudian non-aktifkan pilihan tersebut dengan menekan slider on/off.
  6. Kemudian kembali lagi ke dalam menu "Site Setting".
  7. Sekarang ketuk pilihan "Ads".
  8. Kemudian kamu hanya perlu mengaktifkannya dengan menekan toggle yang tersedia.
  9. Selesai.

Cara ini termasuk ampuh untuk menghalau iklan yang muncul dari site yang kamu kunjungi. Cara lainnya untuk menghalau iklan yang masuk adalah jika kamu pertama kali masuk ke dalam website tertentu, jika ada pemberitahuan untuk mengizinkan notifikasi masuk, kamu harus menolak izin tersebut. Namun jika kamu terlanjur mengizinkan permission tersebut, kamu bisa mencoba cara di atas.

Blokir Iklan dari Wallpaper

Pusing? Lihat Cara Blokir Iklan di HP Disini! - Jagofon
Image Source: Akurat Tekno

Aplikasi Wallpaper memang menyediakan beberapa gambar yang menarik. Namun jika kamu perhatikan, aplikasinya menyediakan iklan yang mengganggu, terutama pada lock screen.

Iklan ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika kamu tidak sengaja mengklik iklan tersebut. Kamu tidak tahu iklan tersebut akan mengarah ke laman apa. Alih-alih mendapatkan informasi tentang hal yang berkaitan, kamu malah terjerat upaya phising yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Jika iklan yang muncul sesekali mungkin tidak masalah, pasalnya intensitas iklan yang muncul terkadang sangat tinggi. Mulai dari rekomendasi produk, konten berita, atau konten yang terkait dengan kemitraan antar aplikasi penyedia Wallpaper.

Nah, untuk menghalau iklan yang masuk, kamu bisa menggunakan cara ini.

  1. Masuk ke dalam menu "Settings".
  2. Pilih menu "Lock Screen".
  3. Kemudian buka pilihan "Wallpaper Services".
  4. Lalu temukan tombol radio yang terletak di samping, kemudian ketuk "None".
  5. Selesai.

Dengan cara ini kamu bisa memblokir iklan yang mengganggu di HP. Kamu juga bisa menggunakan cara lain, yakni uninstall aplikasi Wallpaper pihak ketiga jika tidak mau menggunakan cara di atas.

Menggunakan aplikasi pihak ke tiga di HP memang menarik karena menyediakan beragam fitur yang tidak disediakan oleh aplikasi bawaan. Namun ada risiko masuknya iklan berbahaya, apalagi sampai kamu klik iklan tersebut baik sengaja atau tidak sengaja.

Paling aman memang menggunakan aplikasi wallpeper bawaan seperti yang terdapat pada HP Oppo. Apalagi pada antar muka ColorOS6 yang memiliki fitur Wallpaper Live bawaan. Fitur yang mampu mempercantik tampilan layar HP kamu ini memungkinkan Wallpaper bergerak dengan pola tertentu. Fitur ini bisa menggantikan Wallpaper statis yang tersedia sebelumnya.

Dengan banyaknya aplikasi bawaan yang ada di HP Oppo memang tidak semuanya bisa berguna, namun aplikasi Tema yang tersedia bisa kamu andalkan untuk menambah personalisasi HP kamu agar beda dari yang lain. Selain itu aplikasi tersebut dijamin aman dari iklan yang berbahaya.

Kamu bisa mendapatkan HP Oppo di Jagofon dengan harga yang murah. Beberapa model HP Oppo tersedia dan memiliki kondisi yang 100% masih layak pakai. Selain itu dengan membeli HP Oppo bekas, kamu juga berkontribusi aktif dalam menanggulangi sampah elektronik. Jadi selain bisa mendapatkan HP baru, kamu juga bisa melestarikan lingkungan.

Baca juga: Tips Wajib Bagaimana Menjaga Data Pribadi di HP Secara Aman

Kesimpulan

Dengan adanya iklan yang mengganggu di HP kamu memang terkadang membuat pusing kepala. Beberapa notifikasi yang masuk terkadang tersamarkan dengan notifikasi iklan. Hal ini tentu menjadi sebuah kerugian buat kamu karena berpotensi melewatkan notifikasi yang penting.

Intinya jika kamu tidak ingin mendapatkan notifikasi iklan, kamu bisa memblokir notifikasi tersebut di pengaturan. Kamu juga bisa mengantisipasi masuknya iklan dengan tidak mengizinkan permission pemberitahuan masuk sejak awal menginstall atau membuka sebuah website.

Nah, jika kamu mendapatkan iklan dari Jagofon, kamu wajib klik iklan tersebut, karena isinya pasti memuat informasi yang sangat berguna. Kamu juga bisa beli HP bekas berkualitas di website Jagofon tanpa harus khawatir terkait kualitas dan keamanan bertransaksi.

Buat yang belum tahu, Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!