Product

Review Jujur, Spesifikasi dan Harga Vivo Y12

Sebagai vendor ponsel pintar dengan harga bersahabat, pada tahun 2020 Vivo mengeluarkan model entry-level ke pasar Indonesia, yakni Vivo Y12. Walaupun termasuk ke dalam kelas entry, ponsel besutan Vivo ini memiliki performa yang bisa diadu dengan merk lain.

Ponsel yang dirilis dengan harga 2 jutaan ini mengedepankan fitur AI kamera dan daya baterai yang mumpuni. Namun apakah Vivo Y12 masih bisa kamu andalkan di tahun ini?

Untuk lengkapnya, yuk kita simak ulasan spesifikasi dan update harga Vivo Y12 terbaru.

Desain Minimalis dan Playful

Image Source: vivo.com

Desain Vivo Y12 terlihat menakjubkan. Ponsel berukuran 159,4 x 76,8 x 8,9 mm dengan berat 190,5 gram ini memiliki bahan material kaca di layarnya, dan plastik di frame dan tutupan belakangnya.

Dengan menghadirkan 3 pilihan warna Aqua Blue, Burgundy Red, dan Thunder Black, tutupan belakangnya dapat mengalami perubahan gradasi warna ketika terbias cahaya di setiap sudutnya, menambah kesan elegan dan terlihat outstanding.

Sementara itu, fitur layarnya dilapisi oleh panel IPS LCD berukuran 6,35 inchi dan memiliki refresh rate 60Hz dan memiliki rasio layar ke bodi ~81.4%. Resolusi layarnya berkualitas HD (720 x 1544 pixel) dan memiliki aspek rasio 19,3:9, serta memiliki kerapatan pixel 268 ppi. Fitur layarnya tergolong bagus untuk menemani pengalaman menonton dan bermain game kamu.

Baca juga: Kenali Sejarah dan Jajaran HP Vivo Disini!

Performa Lancar untuk Gaming

Image Source: vivo.com

Vivo Y12 memang berada di kelas entry, namun soal performa gaming, ponsel ini bisa kamu adu dengan hp sekalas lain.

Ponsel ini dibekali OS Androig 9 dengan bawaan OS Funtouch 9. Dengan memanfaatkan dapur pacu Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm) dan dukungan prosesor Octa-core yang memiliki kecepatan 2.0GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320, ponsel ini sudah mampu menjalankan game mainstream seperti MLB, FF, dan PUBG Mobile.

SoC nya sendiri didukung memori yang cukup besar. Dengan RAM berkekuatan 3 GB atau 4 GB serta penyimpanan di 32 GB atau 64 GB (eMMC 5.1), kamu sudah bisa menjalankan beberapa aplikasi dengan lancar.

Sementara itu, setelah dilakukan pengetesan oleh kimovil.com melalui AnTuTu v7, ponsel ini meraih skor 75.450. Sementara itu benchmarks.ul.com menguji performa grafisnya dan menghasilkan skor 455 di 3DMark Sling Shot Extreme (OpenGL ES 3.1), 703 di 3DMark Sling Shot, dan 4404 di PCMark for Android Work 2.0.

Jika melihat hasil tes di atas, Vivo Y12 tidak memiliki skor yang begitu tinggi, namun kembali lagi ke pemakaian real sehari-hari Jagoans. Nyatanya ponsel ini masih layak untuk menemani aktivitas kamu seharian.

AI Triple Camera Vivo Y12

Image Source: vivo.com

Vivo Y12 memiliki 3 kamera belakang yang mumpuni. Kamera tersebut meliputi kamera utama beresolusi 13 MP (f/2.2) PDAF, kemudian ada kamera AI super-wide angle 8 MP (f/2.2) 16mm (ultrawide) dengan field of view sampai dengan 120°, dan kamera dengan lensa depth 2 MP (f/2.4). Untuk perekaman video, ponsel ini mampu menghasilkan video dengan kualitas 1080p di 30fps.

Sementara itu, kamera depan Vivo Y12 memiliki resolusi 8 MP (f/2.2) dan memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas 1080p di 30fps.

Secara keseluruhan, ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang bagus. Detail yang lumayan rapi, dan memiliki tingkat kecerahan yang pas. Namun jika kamu memotret dalam keadaan minim cahaya, kamu akan kesulitan mendapatkan gambar yang bagus.

Sementara itu untuk perekaman video, walaupun mampu mendapatkan kualitas yang lumayan bagus, kamu harus menggunakan alat tambahan agar gambar yang dihasilkan lebih stabil. Hal ini dikarenakan kamera Vivo Y12 tidak didukung OIS maupun EIS.

Berikut contoh hasil jepretan kamera Vivo Y12.

Image Source: 805Gadget
Image Source: Gadgetainment

Baca juga: Kenali Sejarah dan Jajaran HP Vivo Disini!

Baterai Jumbo Vivo Y12

Image Source: vivo.com

Vivo Y12 dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Dengan daya sebesar ini kamu ga bakal khawatir jika harus beraktivitas di luar ruangan.

Ponsel ini dijamin tidak akan terlalu banyak mengisi daya karena selain memiliki kapasitas yang besar, ada beberapa fitur yang mendukung ponsel ini untuk bertahan lebih lama seperti fitur smart power saving yang bisa menekan konsumsi daya berlebih.

Sementara itu menurut findpare.com, dengan kapasitas baterai sebesar ini, ponsel ini mampu bertahan selama 172 jam dalam keadaan standby, 25 jam untuk menelepon, 22 jam untuk browsing internet, 6 jam untuk menikmati video, dan 106 jam untuk mendengarkan musik.

Performa baterai yang sangat bagus untuk harga jual Vivo Y12 yang berada di kisaran 1 jutaan di Jagofon.

Kemudian untuk fitur pengisian daya, ponsel ini masih menggunakan port micro-USB untuk mengisi daya. Kemudian ponsel ini juga tidak didukung teknologi fast charging dan hanya mengandalkan pengisian daya 10W biasa namun ponsel ini mendukung reverse charging 5W.

Cek Vivo Y12 di Jagofon!

Beragam fitur unggulan dan kekurangan akan membingungkan Jagoans untuk beli Vivo Y12 di Jagofon. Selain harganya yang tergolong murah, speknya juga tergolong mumpuni.

Oleh karena itu, yuk kita rangkum beberapa poin alasan beli Vivo Y12 dan alasan tidak beli Vivo Y12 berikut.

Alasan Beli Vivo Y12

  • Baterai daya jumbo di 5000 mAh
  • Hasil kamera bagus berkat Triple AI Camera  
  • Layar lebar cocok untuk multimedia dan gaming
  • Pilihan warna ciamik berkesan mewah

 Alasan Tidak Beli Vivo Y12

  • Tidak didukung teknologi fast charging
  • RAM dan storage kurang besar

Nah, kalau Jagoans sudah yakin, langsung saja order Vivo Y12 nya di Jagofon. Jika kamu menginginkan ponsel dengan kualitas setara, kamu bisa cek produk Vivo lainnya di katalog Jagofon ya!

Dengan menggunakan HP bekas, kamu juga berkontribusi langsung membantu lingkungan dalam mengurangi limbah elektronik. Oleh karena itu, jika kamu memiliki perhatian khusus mengenai hal ini, jangan ragu dan jangan malu menggunakan HP bekas.

Buat yang belum tahu, Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jagofon melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!