Comparison

Sekilas Evolusi iPhone: Dari iPhone Hingga iPhone 14 Pro Max

iPhone adalah salah satu handphone paling populer di masyarakat sekarang. Tentu saja, kesuksesan ini tidak tanpa jerih payah. Setiap tahunnya sejak tahun 2007, iPhone mengalami evolusi hingga sekarang mereka sukses merilis iPhone 14 Pro Max. Mau tahu evolusi iPhone? Yuk, cek artikel di bawah ini!

2007

Source: Kompas

iPhone pertama Apple dirilis pada tahun 2007 di acara Macworld. iPhone generasi pertama ini dengan memori sebesar 4 GB dan 8 GB. Mereka juga dijual dengan harga yang cukup mahal pada saat itu, yaitu 6 juta dan 8 juta Rupiah.

Meskipun cukup mahal, iPhone tetap saja sukses dibeli oleh masyarakat. Hal ini karena fitur iPhone yang cukup revolusioner pada saat itu.

Berbeda dengan HP lain, iPhone pertama dirilis tanpa keypad fisik. Langkah ini cukup berani mengingat semua handphone menggunakan keypad fisik pada saat itu. Selain keypad, iPhone juga dilengkapi dengan predictive text dan kamera 2 megapiksel.

Mungkin fitur-fitur ini termasuk hal biasa sekarang, tetapi pada tahun 2007, fitur-fitur yang ada di iPhone tidak bisa ditemukan di HP lain. Jadi tidak aneh apabila iPhone sukses dirilis pada tahun tersebut.

2008

Source: ayobandung.org

Setelah sukses dengan iPhone pertamanya, Apple mengeluarkan iPhone kedua mereka pada tahun 2008 yaitu iPhone 3G. iPhone 3G dijual dengan harga tidak jauh dengan iPhone yang pertama, jadi para pengguna Apple saat itu masih bisa menyisakan budget untuk iPhone 3G.

Sesuai dengan namanya, iPhone 3G mengedepankan koneksi internet agar para pengguna iPhone bisa membuka web browser dengan kecepatan maksimal dengan iPhone 3G. Selain koneksi internet yang lebih cepat, iPhone 3G juga menggunakan chipset 2.0 yang membuat performa lebih maksimal dan cepat.

Secara fisik, iPhone 3G tidak jauh berbeda dengan iPhone pertama milik Apple. Perubahan yang cukup signifikan adalah beratnya iPhone 3G yang lebih ramping dan ringan.

2009

Source: iStock

iPhone 3GS yang dirilis pada tahun 2009 adalah evolusi dari iPhone 3G. Secara keseluruhan, iPhone 3GS tidak jauh berbeda dengan iPhone 3G. Yang membuat iPhone 3GS berbeda adalah koneksi internet dan chipsetnya.

Mengikuti jejak “kakaknya,” iPhone 3GS dirilis dengan iOS terbaru pada saat itu yaitu iOS 3.0. iPhone 3GS juga diklaim memiliki koneksi lebih cepat daripada iPhone 3G, dan hal tersebut diwakilkan dengan “S” yang artinya Speed.

2010

Source: iFixit

Evolusi iPhone berlanjut di tahun 2010 ketika Apple rilis iPhone 4

Di iPhone 4 lah Apple mulai memperhatikan fisik HP mereka. iPhone 4 mendapatkan berbagai upgrade seperti layar Retina Display, kamera depan, dan materi HP yang terbuat dari stainless steel. Apple juga mengeluarkan iPhone 4 dengan chipset terbaru yaitu iOS A4 yang terbukti lebih cepat performanya dibandingkan pendahulunya.

Tentu saja, perubahan ini dilakukan tidak tanpa alasan. Apple mengguncang dunia HP ketika mereka menunjukan fitur Facetime yang dirilis bersamaan dengan iPhone 4. Dengan Facetime, kamu bisa melakukan video call dengan sesama pengguna iPhone. Hal yang biasa ini adalah sebuah fitur baru pada zaman tersebut, sehingga orang-orang sangat antusias dengan iPhone 4.

Baca juga: Perbandingan iPhone 8 dengan iPhone 14: Perubahan Pesat setelah 5 Tahun

2011

Source: Nextren

Pada tahun 2011, Tim Cook menggantikan almarhum Steve Jobs sebagai CEO Apple. Hal ini tidak menghalangi Apple untuk rilis iPhone 4s.

Secara fisik, iPhone 4s tidak berbeda dengan iPhone 4. Tentu saja, masih ada perubahan seperti iOS A5, kamera 8 megapiksel, dan video HDR.

Fitur utama dari iPhone 4s adalah Siri sang voice assistant. Dengan Siri, para pengguna iPhone 4s bisa menggunakan HP mereka tanpa harus mengetik apapun di HP mereka.

2012

Source: appletechnos.com

iPhone mengalami upgrade fisik lagi pada tahun 2012 ketika Apple mengeluarkan iPhone 5. Berbeda dengan kakak-kakaknya, penampilan iPhone 5 memberi kesan yang premium dan stylish. iPhone 5 juga lah yang memulai era iPhone sebagai HP dengan penampilan yang high-class.

Selain desain, iPhone 5 juga dirilis dengan hardware dan fitur baru. Handphone ini dirilis dengan Chipset A6 yang mempunyai memori sebesar 1 GB. Apple juga sudah melakukan kemajuan yang membuat HP ini mempunyai performa yang cepat, baik di software maupun di kamera.

2013

Source: The Verge

Apple melakukan hal yang baru pada tahun 2013, dan hal ini membuat perubahan yang cukup signifikan untuk evolusi iPhone. Hal tersebut adalah merilis dua iPhone secara bersamaan.

Pada tahun 2012, Apple merilis versi baru iPhone 5, yaitu iPhone 5c dan 5s. Yang membuat iPhone 5c dan 5s unik adalah harga dan desainnya. Untuk pertama kalinya, iPhone dijual dengan harga terjangkau bagi semua orang.iPhone 5c dan 5s juga dirilis dengan warna-warna cerah yang belum pernah ada sebelumnya.

Meskipun iPhone 5c dan 5s cukup murah, mereka masih memiliki fitur premium dan juga baru. Touch ID debut di iPhone 5c dan 5s, dimana kamu bisa menggunakan fingerprint di layar untuk unlock HP kamu.

Selain Touch ID, 5c dan 5s juga hadir dengan chipset A7 yang memberikan performa cepat untuk kedua iPhone dengan harga terjangkau ini.

Baca juga: Bocoran iPhone 15: Ada Ultra dan Pro!

2014

Source: Liputan6

iPhone melanjutkan quest untuk desain yang lebih premium di tahun 2014.

Pada tahun ini, iPhone 6 dan 6 Plus mengalami perombakan total di desain mereka. Desain mereka terlihat lebih elegan, stylish, ramping, dan jua besar. Jadi jika kamu membeli iPhone 6 pada tahun 2014, kamu bisa menikmati layar besar yang ringan di tangan.

Perombakan total ini diterima dengan baik oleh penggemar Apple. iPhone 6 dan 6 Plus benar-benar disenangi sampai kedua HP ini memecahkan rekor penjualan terbanyak sampai sekarang.

2015

Source: sandroid

Di tahun 2015, Apple luncurkan iphone 6s dan 6s Plus. desainnya tidak berbeda dengan iPhone 6 dan 6 Plus, tetapi ada beberapa fitur baru yang dirilis bersama dengan iPhone 6s dan 6s Plus.

Perubahan pertama adalah chipset mereka. iPhone 6s dan 6s Plus dilengkapi dengan chipset A9 yang sudah di-upgrade menjadi lebih baik.

2016

Source: Softpedia News

Tahun 2016 adalah tren HP yang compact yang tidak terlalu besar atau kecil, tapi “pas.” Apple menjawab tuntutan pasar dengan merilis iPhone SE. iPhone SE adalah HP yang “kecil” tapi powerful. Produk ini mempunyai desain dan bodi seperti iPhone 5, tetapi software dan aplikasinya sama seperti iPhone 6.

Selain iPhone SE, Apple juga rilis iPhone 7 dan 7 Plus. kedua HP ini adalah HP Apple pertama yang menggunakan chip A10 yang 2x kali lebih cepat dari iPhone 6. Keduanya juga memiliki dual kamera untuk hasil jepretan yang lebih tajam.

Baca juga: Pengaturan Penting Dalam iPhone Yang Wajib Diperhatikan

2017

Sama seperti tahun sebelumnya, iPhone rilis dua HP di tahun 2017. iPhone 8 dan 8 Plus tidak jauh berbeda dengan pendahulunya kecuali fitur wireless charging-nya. Fitur ini bisa membantumu untuk mengisi daya HP hanya dengan menempelkan HP-nya ke charger.

Tapi, pemeran utama dari Apple adalah iPhone X. di series X, Apple melakukan perombakan total di desain seperti layout kamera dan bezel tipis. Series X juga punya fitur baru seperti Face ID, layar OLED, dll. Dan tentu saja, Chipset A11 Bionic yang 70% lebih cepat daripada A10.

2018

Evolusi iPhone agak terhenti pada tahun 2018. Di tahun ini, Apple mengeluarkan bukan hanya iPhone tetapi juga XS Max dan XR. XS Max menggunakan chipset A12 Bionic dan dijual dengan harga yang mahal. Sedangkan, iPhone XR adalah versi terjangkau XS Max. Tidak heran iPhone XR menjadi salah satu produk favorit pelanggan Jagofon.

2019

Pada tahun 2019, Apple mulai fokus ke kamera. iPhone 11 dirilis dengan berbagai fitur kamera baru. Selain layout baru untuk kamera, iPhone 11 juga punya stabilizer dan ultra-wide sensor. Night Mode-nya juga sudah ditingkatkan kualitasnya sehingga memberikan hasil yang lebih baik.

Baca juga: Kamu Harus Tau Hal-Hal Ini Sebelum Upgrade ke iPhone 13

2020

iPhone series 12 menjadi salah satu HP yang paling diminati pada tahun 2020. Series ini datang dengan empat versi – 12 Mini, 12, 12 Pro, dan 12 Pro Max.

Sesuai dengan namanya, iPhone 12 Mini adalah versi ekonomis yang fiturnya tidak sebanyak iPhone 12. Sememtara itu, iPhone 12 Pro dan Pro Max “dimanjakan” dalam aspek kamera dan video.

Semua series 12 menggunakan chipset A14 Bionic dan bisa menggunakan 5G.

2021

Apple kembali fokus ke hal-hal kecil seperti QoL di iPhone series 13 mereka. Di series 13, Apple menggunakan Chipset A15 Bionic yang lebih efisien dan bisa membantu battery life HP-nya. Ada juga perubahan desain seperti notch yang lebih kecil, ceramic shield untuk layar, dan mode cinematic untuk kamera.

2022

Nah, sekarang kita sudah sampai ke series terbaru Apple yaitu iPhone 14. iPhone series 14 tidak memiliki banyak perubahan, tetapi ada hal-hal kecil yang membuat HP ini bagus. Beberapa dari hal tersebut adalah Dynamic Island untuk pengganti notch, kamera 48 megapiksel, Chipset A16 Bionic, dan battery life yang lama.

iPhone yang mana nih favorit kamu?