Product

Spesifikasi dan Harga iPhone 15: Era Baru Dari iPhone

ip 15 harga

Pada 12 September 2023 di Cupertino, kita disuguhi dengan kehadiran empat ponsel baru dari Apple: iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Mereka ini adalah upgrade dari keluarga iPhone 14 Series yang sudah diperkenalkan pada September 2022. Tentu saja, ini adalah momen yang ditunggu-tunggu, terutama dengan adanya fitur baru yang ditambahkan, seperti Dynamic Island yang sekarang sudah hadir di semua model.

Namun, yang benar-benar menarik adalah perbedaan spesifik di antara mereka. Misalnya, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max hadir dengan material titanium yang bikin mereka terasa lebih elegan dan tangguh. Sementara itu, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus punya peningkatan kamera utama yang menjanjikan hasil foto yang lebih mengesankan.

Dalam artikel ini, tim dari Jagofon bakal mengulas secara detil apa yang bikin keempat model iPhone 15 Series ini jadi istimewa. Jadi, jangan sampai ketinggalan buat baca sampai habis ya!

Perbandingan iPhone 15 Series yang Baru Launching di Indonesia
Image Source: blibli

Spesifikasi

iPhone 15

Spesifikasi Detail
Chipset Apple A16 Bionic
CPU Hexa-core (2x3.46 GHz Everest + 4x2.02 GHz Sawtooth)
GPU Apple GPU (5-core graphics)
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Memori Eksternal Tidak Ada

iPhone 15 Plus

Spesifikasi Detail
Chipset Apple A16 Bionic
CPU Hexa-core (2x3.46 GHz Everest + 4x2.02 GHz Sawtooth)
GPU Apple GPU (5-core graphics)
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Memori Eksternal Tidak Ada

iPhone 15 Pro

Spesifikasi Detail
Chipset Apple A17 Pro
CPU Hexa-core (2x Performance core + 4x Efficiency core)
GPU Apple GPU (6-core graphics)
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Memori Eksternal Tidak Ada

iPhone 15 Pro Max

Spesifikasi Detail
Chipset Apple A17 Pro
CPU Hexa-core (2x3.78 GHz Performance core + 4x2.02 GHz Efficiency core)
GPU Apple GPU (6-core graphics)
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Memori Eksternal Tidak Ada

Baca Juga: 5 Kelebihan iPhone 13 yang Hadirkan Banyak Peningkatan

Resmi Dirilis di AS, Begini Spesifikasi iPhone 15 Series
Image Source: Kompas

Desain dan Material

Sekilas, keempat model iPhone 15 Series memiliki tampilan depan yang kompak dengan bezel layar tipis dan simetris, serta menggunakan poni ala Dynamic Island. Fitur poni Dynamic Island ini menjadi hal baru untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, sebelumnya hanya hadir pada iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Max. Sementara itu, sisi sampingnya memiliki frame datar atau flat yang seragam, sedangkan bagian belakangnya masih mirip dengan pendahulunya, dengan perbedaan utama pada susunan kamera yang berbeda-beda tergantung pada jumlah lensa yang dimiliki.

Dalam hal material, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max unggul dengan menggunakan titanium untuk frame-nya, sementara iPhone 15 dan iPhone 15 Plus menggunakan aluminium. Kaca Ceramic Shield buatan Corning digunakan pada bagian depan dan belakang keempat ponsel ini untuk melindungi layar, dengan tambahan finishing matte yang memberikan sentuhan tekstur pada bagian belakangnya. Perbedaan warna juga mencolok antara model Pro dan non-Pro, di mana iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max menawarkan pilihan warna yang lebih tenang, sementara iPhone 15 dan iPhone 15 Plus cenderung lebih cerah dan berani.

5 Perbandingan iPhone 15 vs iPhone 15 Pro Max - Blibli Friends
Image Source: Blibli

Teknologi dan Layar

Model Pro selalu dikenal memiliki teknologi dan kemampuan lebih tinggi, dan hal itu juga berlaku dalam sektor layar. Hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang dilengkapi dengan layar panel LTPO Super Retina XDR OLED, yang mendukung refresh rate adaptif 120 Hz. Sementara iPhone 15 Plus dan iPhone 15 masih menggunakan panel Super Retina XDR OLED standar dengan refresh rate 60 Hz.

Meskipun refresh rate hanya mempengaruhi kelancaran animasi gerakan, baik saat navigasi ataupun bermain game, untuk kualitas tampilan, keempat model ini dianggap setara. Semua model dari iPhone 15 Series dapat mencapai kecerahan hingga 1600 nit ketika memutar video HDR, dan bahkan bisa mencapai 2000 nit ketika digunakan di luar ruangan.

Mengenai resolusi dan ukuran layar, iPhone 15 Pro Max memiliki spesifikasi yang sama dengan iPhone 15 Plus, dengan resolusi 1290 x 2796 piksel dan diagonal layar 6,7 inci. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 memiliki resolusi 1179 x 2556 piksel dan diagonal layar 6,1 inci.

Apple A17 Pro Meluncur, Chip Mobile 3 Nm Pertama, Dipakai di iPhone 15 Pro /Max
Image Source: Tekno Kompas

Apple A17 Pro Vs Apple A16 Bionic

Apple telah memperkenalkan chipset baru bernama Apple A17 Pro untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Apple tidak lagi menggunakan embel-embel "Bionic" untuk chipset mereka. Apple A17 Pro hadir dengan enam core CPU, enam core GPU, dan 16 core neural engine, namun Apple tidak memberikan informasi terperinci mengenai clockspeed CPU-nya. Mereka hanya menjelaskan bahwa CPU terbagi menjadi dua klaster, dengan dua core performa dan empat core efisiensi.

Apple juga tidak mengungkapkan kapasitas RAM yang digunakan untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, tetapi banyak yang menduga bahwa RAM-nya mungkin sebesar 8 GB, naik 2 GB dari generasi sebelumnya. Di sisi lain, iPhone 15 Plus dan iPhone 15 menggunakan SoC yang sama dengan iPhone 14 Pro Max, yaitu Apple A16 Bionic. SoC ini memiliki CPU enam inti, GPU lima inti, dan neural engine 16 inti, diproduksi dengan fabrikasi 4 nm.

Apple A16 Bionic telah diuji clockspeed CPU-nya, dengan dua inti performa yang disebut Everest berkecepatan 3,46 GHz, dan empat inti efisiensi yang disebut Sawtooth berkecepatan 2,02 GHz. Meskipun demikian, tidak ada informasi resmi mengenai kapasitas RAM untuk iPhone 15 Plus dan iPhone 15, meskipun banyak yang menduga bahwa ukurannya mungkin tetap 6 GB seperti generasi sebelumnya.

Spesifikasi iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max:  Apa Saja Peningkatannya? - Tekno Liputan6.com
Image Source: Liputan6

Konfigurasi dan Kamera

Kemampuan kamera depan pada keempat ponsel iPhone 15 Series dianggap setara, dengan masing-masing memakai kamera depan 12 MP (f/1.9) autofokus yang sama dengan versi sebelumnya. Fokus pembahasan lebih diarahkan pada kamera belakang.

Pertama, kita bahas kamera belakang iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Konfigurasi kamera keduanya paling lengkap dengan kamera utama, ultrawide, dan telefoto. Kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP (f/1.8), dengan sensor yang sama seperti iPhone 14 Pro Max, namun dengan tambahan opsi focal length yang diperluas. Kamera ultrawidenya tetap 12 MP (f/2.2) dengan autofokus, sementara kamera telefoto iPhone 15 Pro Max memiliki focal length 120 mm, meningkatkan kemampuan perbesaran optiknya menjadi 5x dengan sensor shift OIS.

Sementara itu, iPhone 15 Plus dan iPhone 15 hanya dilengkapi dengan kamera utama dan ultrawide. Namun, terdapat peningkatan signifikan pada kamera utama keduanya, yang kini menggunakan sensor 48 MP (f/1.6) dengan kemampuan perbesaran optik hingga 2x. Meskipun belum memiliki kamera telefoto, peningkatan ini memberikan kelebihan dalam pengambilan gambar close-up pada kedua model ini.

Hypeabis - Kapasitas Baterai Jajaran iPhone 15 Diperbesar, Cek Daftar  Lengkapnya
Image Source: Hypeabis

Daya Tahan Baterai

Apple tidak pernah mengungkap secara spesifik daya tahan baterai dari ponsel iPhone saat peluncuran, tetapi mereka memberikan informasi mengenai estimasi daya tahan baterai untuk masing-masing model.

Dalam hal ini, iPhone 15 Pro Max menonjol dengan daya tahan baterai terbaik untuk pemutaran video lokal, dengan klaim bisa mencapai 29 jam. Kemudian diikuti oleh iPhone 15 Plus dengan 26 jam, iPhone 15 Pro dengan 23 jam, dan iPhone 15 dengan 20 jam. Meskipun demikian, daya tahan baterai keempat ponsel ini tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan pendahulunya.

Temukan iPhone 15 Series di Jagofon!

Kehadiran iPhone 15 Series menegaskan bahwa Apple telah sepenuhnya meninggalkan model "mini". Terakhir kali kita melihat model mini adalah pada tahun 2021 dengan rilis iPhone 13 mini. Line-up iPhone 15 kali ini mencerminkan struktur yang serupa dengan iPhone 14 Series, yang terdiri dari varian Pro Max, Pro, Plus, dan reguler. Dengan demikian, tampaknya Apple telah menghilangkan model "mini" dari strategi ponsel mereka, fokus pada memberikan variasi dalam ukuran dan fitur yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan lebih baik.

Saat ini kamu bisa menemukan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone Pro, iPhone Pro Max di Jagofon, loh. Harga Iphone 15 bisa kamu dapatkan di bawah Rp 14 jutaan pastinya kalau di Jagofon. Kamu bisa mendapatkan iPhone impianmu dengan harga yang lebih terjangkau, dengan kualitas HP baru. Semua HP yang ada di Jagofon sudah melalui serangkaian tes yang menjamin HP berfungsi dengan baik tanpa refurbished, dan kamu juga akan mendapatkan garansi mesin hingga 6 bulan. So, pastikan kamu memilih HP impianmu dengan tepat, dan segera kunjungi Jagofon!