Product

Ini Dia Harga Terbaru Apple iPad Air 4 Tahun 2023.

iPad Air 4
Source : Houston Chronicle

Berbicara tentang produk Apple belum lengkap rasanya jika belum membahas mengenai iPad Air. Dalam ranah dunia tablet, iPad Air dapat dikatakan sebagai salah satu produk yang dapat menjadi andalan penggunanya hingga saat ini adalah iPad Air 4. Meskipun telah memasuki tahun 2023, iPad Air 4 masih diminati oleh pencinta tablet buatan Apple karena harganya yang sudah terjangkau.

Namun, sebelum jagoans memutuskan untuk membeli, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan dari iPad Air 2020 agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan gadget Jagoans. Untuk kamu yang penasaran tentang spesifikasi iPad Air 2020 ini, simak ulasan lengkapnya di artikel berikut!

Desain Mantap dan Modern

iPad Air 4
Sumber: Concept Phones

Salah satu yang tak bisa dilewatkan dari iPad Air 4 adalah desainnya yang ciamik dan modern. Desain perangkat ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Banyak yang mengklaim bahwa desainnya mirip dengan iPad Pro 11 inci, dengan kesan yang premium.Selain desainnya terlihat elegan, iPad Air 4 juga tetap ringan, sehingga mudah untuk dibawa ke berbagai tempat.

Layar iPad Air 4 dilengkapi dengan teknologi Liquid Retina IPS LCD, dengan resolusi yang mencapai 1640 x 2360 piksel. Hal ini akan membuat pengalaman menonton film atau video memberikan tampilan yang luas. Meskipun tidak mendukung refresh rate 120Hz seperti iPad Pro, layar ini masih memberikan tampilan visual yang cukup memuaskan mata. iPad Air 4 hadir dalam berbagai pilihan warna seperti Silver, Space Grey, Rose Gold, Green, dan Sky Blue.

Baca juga: iPad Mini 5 Review: Masih Layak Beli Di Tahun 2023?

Performa iPad Air 4 dengan A14 Bionic

iPad Air 4
Sumber: hardwarezone.com

Chipset A14 Bionic dengan fabrikasi 5 nm adalah jantung dari perangkat ini, dan dengan ekosistem Apple yang terintegrasi dengan baik, seperti iPadOS, performanya bisa dibilang mengesankan. Salah satu bukti kecanggihan A14 Bionic adalah kemampuannya untuk mengambil video 4K dan langsung mengeditnya. Dengan peningkatan 40% dibandingkan dengan A12 Bionic, iPad Air 4 dapat merender objek 3D dengan cepat dan bermain game dengan grafis tinggi tanpa hambatan.

A14 Bionic hadir dengan CPU 6-core yang terdiri dari empat core efisiensi tinggi dan dua core performa tinggi. Dalam pernyataan resmi, Apple mengklaim bahwa performa CPU A14 Bionic ini 40% lebih cepat daripada pendahulunya, A12 Bionic.Tidak hanya CPU, GPU A14 Bionic juga mampu memberikan performa grafis yang canggih. Meskipun dalam beberapa tugas tertentu mungkin kurang unggul dibandingkan prosesor terbarunya, A14 Bionic masih mampu memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna. Spesifikasi lengkap dari iPad Air ini dapat dilihat pada tabel berikut :

Category

Specifications

Network

GSM / HSPA / LTE

Body

 

 

 

Dimensions: 247.6 x 178.5 x 6.1 mm (9.75 x 7.03 x 0.24 in)

Weight: 458 g (Wi-Fi) / 460 g (3G/LTE) (1.01 lb)

Build: Glass front, aluminum back, aluminum frame

SIM: Nano-SIM and eSIM, Stylus support

Display

 

 

 

Type: Liquid Retina IPS LCD, 500 nits (typ)

Size: 10.9 inches, 359.2 cm2 (~81.3% screen-to-body ratio)

Resolution: 1640 x 2360 pixels (~264 ppi density)

Protection: Scratch-resistant glass, oleophobic coating

Platform

 

 

 

OS: iPadOS 14.1, upgradable to iPadOS 17.1

Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)

CPU: Hexa-core (2x3.0 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm)

GPU: Apple GPU (4-core graphics)

Memory

 

Internal: 64GB 4GB RAM, 256GB 4GB RAM

Main Camera

 

 

Single: 12 MP, f/1.8, (wide), 1/3", 1.22µm, dual pixel PDAF

Features: HDR

Video: 4K@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps; gyro-EIS

Selfie Camera

 

 

Single: 7 MP, f/2.0, 31mm (standard)

Features: HDR

Video: 1080p@30/60fps

Sound

 

Loudspeaker: Yes, with stereo speakers

Comms

 

 

 

WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot

Bluetooth: 5.0, A2DP, EDR

Positioning: GPS, GLONASS (LTE model only)

USB: USB Type-C, magnetic connector

Features

Sensors: Fingerprint (top-mounted), accelerometer, gyro, compass, barometer

Battery

Type: Li-Ion 7606 mAh (28.93 Wh), non-removable

Misc

Colors: Space Gray, Silver, Rose Gold, Green, Sky Blue

Fitur iPad Air 4

iPad Air 4
Sumber: Apple Insider

Hal selanjutnya yang perlu Jagoans ketahui adalah kualitas kamera yang ditawarkan perangkat ini. Dengan kamera belakang 12 MP, iPad Air 4 mampu menghasilkan gambar yang tajam dan akurat. Bahkan, kamera depannya dengan resolusi 7 MP juga mampu menghasilkan gambar yang jernih.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah kehadiran Touch ID, yang terintegrasi dengan tombol power. Hal ini membuat akses ke perangkat menjadi lebih cepat dan praktis. Selain itu, iPad Air 4 juga menonjol dalam hal daya tahan baterai. Perangkat ini mampu bertahan hingga 10 jam, cukup untuk menjalani berbagai aktivitas yang standar sepanjang hari.

Dalam ranah aksesori, iPad Air 4 mendukung Apple Pencil (Generasi ke-2) dan Magic Keyboard. Dengan Magic Keyboard, tablet ini dapat berfungsi layaknya laptop jika dibutuhkan. Perangkat ini juga menjalankan iPadOS 14, dan merupakan salah satu sistem operasi tablet terbaik yang tersedia.

Baca juga: iPad Air Generasi 5: Tampilan Terbaru Lebih Ringan

Kesimpulan

Memiliki tablet yang sesuai dengan kebutuhan adalah harapan bagi semua pengguna gadget. Tentunya jagoans tidak ingin mengeluarkan uang cuma-cuma hanya untuk perangkat yang tidak sesuai kebutuhan dan keinginan Jagoans, kan? Untuk itu sebelum membeli, ada beberapa hal yang perlu Jagoans pertimbangkan untuk membeli iPad Air 4. Berikut rangkumannya:

Alasan Membeli iPad Air 4

  1. Kinerja Super Cepat: Ditenagai oleh chip M1, iPad Air 4 menawarkan kinerja super cepat.
  2. Kualitas Kamera yang Meningkat: Kamera yang lebih baik pada iPad Air 4 memberikan kualitas gambar yang baik.
  3. Harga yang Terjangkau: Dibandingkan dengan iPad Pro, iPad Air 4 menawarkan harga yang lebih terjangkau.
  4. Daya Tahan Baterai yang Baik: Baterai yang tahan lama sehingga Jagoans dapat menggunakan perangkat ini sepanjang hari tanpa khawatir tentang kehabisan daya.
  5. Dukungan 5G: iPad Air 4 memiliki kemampuan akses ke jaringan 5G, yang memungkinkan Jagoans untuk menjelajahi internet dengan kecepatan super tinggi.

Alasan Tidak Membeli iPad Air 4

  1. Ukuran yang Agak Besar: iPad Air 4 memiliki ukuran yang agak besar, membuatnya kurang nyaman digunakan saat bepergian atau bergerak.
  2. Belum Bisa Menggantikan Laptop: Meskipun memilikki fitur mumpuni, iPad ini mungkin belum sepenuhnya bisa menggantikan fungsi laptop, terutama jika memerlukan aplikasi yang berat.
  3. Tambahan Harga dan Biaya Untuk Aksesoris: Harga awal iPad mungkin terjangkau, tetapi tambahan seperti Apple Pencil dan Magic Keyboard bisa membuat biaya keseluruhan meningkat dengan cepat.
  4. Alternatif E-Reader yang Lebih Baik: Bagi yang menggunakan perangkat untuk membaca e-book, layar iPad mungkin bisa memberi tekanan pada mata.
  5. Kompatibilitas Aplikasi yang Tidak Optimal: Beberapa aplikasi mungkin tidak dioptimalkan dengan baik untuk iPad, dan tidak semua aplikasi favorit Jagoans mungkin tersedia atau berfungsi dengan baik di perangkat ini.

Untuk kamu yang sudah memutuskan untuk membeli  iPad Air 4, Jagofon adalah tempat yang tepat untuk membeli perangkat berkualitas tinggi dengan harganya yang terjangkau. Pasalnya semua produk yang ditawarkan Jagofon telah melewati quality check ketat di lebih dari 90 titik fungsi HP.

Jagofon juga menjamin bahwa gadget original dan bebas dari komponen non-original. Selain itu, dengan berbelanja di Jagofon, Jagoans ikut berkontribusi  dalam mengurangi peningkatan sampah elektronik yang dapat merusak lingkungan kita. Tunggu apalagi? Yuk buruan dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!