Product

Tes Kelayakan iPhone XR di April 2024

harga iPhone XR

iPhone, salah satu ponsel produk Apple yang memiliki fan base yang sangat besar di Indonesia, bahkan dunia. Hal ini dikarenakan kualitas produk iPhone yang sangat mumpuni dalam menunjang kreativitas, produktivitas dan hiburan para penggunanya.

Namun harganya yang tergolong mahal, pasti membuat Jagoans berpikir ulang untuk membeli iPhone. Nah, untuk memberi solusi akan hal tersebut, muncullah iPhone XR yang bisa kamu dapatkan di Jagofon dengan harga yang terjangkau namun menyuguhkan performa sekelas ponsel flagship.

iPhone XR memang sudah berumur, mengingat pertama kali dirilis pada tahun 2018 apakah masih layak kamu pakai di tahun 2024? Apakah kualitas kamera dan performanya bisa diadu dengan iPhone Series terbaru? Oleh karena itu, yuk kita simak tes kelayakan iPhone XR di April 2024 berikut.

Baca juga: Mengapa iPhone XR Lebih Laku dari iPhone XS? Ketahui Perbedaannya!

Performa

The 15 Best Games for the iPhone XS and iPhone XR | Tom's Guide
Image Source: Tom's Guide

iPhone XR ditenagai chipset Apple A12 Bionic (7nm) yang memiliki 6 inti prosesor (hexa-core) yang terdiri dari 2 core performa Vortex 2.5 GHz dan 4 core hemat daya Tempest 1.6 GHz. Kemudian di dalam SoC nya terdapat quad-core Apple GPU untuk memuluskan urusan grafisnya.

Sementara itu untuk urusan memori, ponsel ini dibekali RAM 3 GB dengan pilihan penyimpanan 64 GB, 128 GB, atau 256 GB yang menganut teknologi NVMe. Tentu dengan RAM yang hanya sebesar itu, Apple mampu menunjang performa iPhone XR dengan baik karena memang Apple terkenal dengan manajemen SoC dan performanya dengan sangat baik.

Untuk mengetahui seberapa powerful performa iPhone XR, GSMArena melakukan beberapa tes benchmark sintetis. Hasilnya pada sektor prosesor, setelah dites menggunakan GeekBench 4.1 ponsel ini mampu meraih skor 11437 pada multi-core nya dan 4818 di single-core nya.

Sementara itu dalam pengetesan kemampuan grafisnya, iPhone XR menunjukkan hasil yang sangat memuaskan saat dites menggunakan GFX 3.1. Hasilnya, ponsel ini mampu meraih nilai 97 di Manhattan (1080p offscreen) dan 60 di GFX 3.1 Manhattan (onscreen). Sementara itu pada GFX 3.1 Car scene (1080p offscreen) ponsel ini meraih nilai 60 dan 58 di GFX 3.1 Car scene (onscreen).

Nah, untuk pengetesan performa sehari-hari di tahun 2024, kanal Youtube George Lock menemukan bahwa ponsel ini masih bisa menyuguhkan performa yang apik. Saat menjalankan game PUBG Mobile, ponsel ini mampu memberikan performa yang mulus dan mampu mempertahankan frame rate nya. Pun saat dites berpindah aplikasi dan scrolling, ponsel ini masih terasa sangat mulus.

Buat kamu yang berniat beli iPhone XR di tahun 2024, ponsel ini masih sangat layak mengingat performa nya yang masih apik. Selain itu, iPhone XR juga masih mendapatkan update OS sampai dengan iOS 17.4 sehingga masih mendapatkan pembaruan terkini.

Kamera

iPhone SE generasi selanjutnya diduga mirip dengan iPhone XR
Image Source: Tek.id

iPhone XR dibekali single camera dengan konfigurasi 12 MP (f/1.8) dengan focal length 26mm. Sensornya selebar 1/2.55 inchi dan mampu menghasilkan pixel sebesar 1.4µm. Ponsel ini juga sudah dilengkapi fitur PDAF dan OIS.

Sementara itu, di sisi depannya terdapat kamera selfie 7 MP (f/2.2) dengan focal length 32mm. Kamera depannya juga dibekali sensor biometrik SL 3D yang berfungsi sebagai pemindaian wajah alias Face ID.

Untuk perekaman videonya, kamera belakang iPhone XR mampu menghasilkan rekaman video dengan kualitas 4K di 24, 30, atau 60fps, atau 1080p di 30, 60, 120, atau 240fps, kemudian gambarnya juga sudah memiliki kualitas HDR dan suara stereo. Di sisi lain, kamera depannya mampu menghasilkan rekaman video dengan kualitas 1080p di 60fps.

Untuk mengetahui hasil kamera iPhone XR di tahun 2024, kanal Youtube iamcherish Apple Pro menguji kualitasnya. Apakah hasil kamera ponsel ini masih layak untuk dibanggakan di 2024? Yuk kita coba lihat hasilnya di bawah ini.

Image Source: Youtube/iamcherish Apple Pro
Image Source: Youtube/iamcherish Apple Pro
Image Source: Youtube/iamcherish Apple Pro
Image Source: Youtube/iamcherish Apple Pro

Menilai dari hasil jepretan kameranya, secara umum kualitas gambarnya tergolong bagus dan masih ok untuk dipakai di tahun ini. Namun memang ada beberapa kekurangan seperti tidak bisa mengambil gambar dengan efek bokeh dan belum didukung fitur night mode.

Baterai

Image Source: TechCrunch

iPhone XR dibekali baterai Li-Ion dengan kapasitas 2942 mAh. Dengan kapasitas baterai yang tergolong kecil di era ponsel pintar sekarang ini, secara mengejutkan ponsel ini mampu bertahan seharian.

Dari pengetesan daya tahan baterai yang dilakukan GSMArena, ponsel ini mampu meraih skor endurance rating 78 jam. Yang mana jika dipakai untuk melakukan panggilan telepon ponsel ini mampu bertahan selama 15 jam 3 menit, sementara itu jika dipakai untuk menonton video ponsel ini mampu bertahan selama 15 jam 8 menit, dan 13 jam 4 menit untuk berselancar dunia maya.

Sementara itu, kanal Youtube George Lock menguji daya tahan baterai ponsel ini di tahun 2024 dengan menggunakannya untuk bermain game dan membuka aplikasi lainnya dan dibandingkan dengan iPhone 11 dan iPhone 12.

Hasilnya ponsel ini masih memiliki daya tahan baterai yang memuaskan dengan bertahan selama hampir 7 jam ketika digunakan terus-menerus untuk bermain game dan memutar video.

Jadi jika kamu mau beli iPhone XR di tahun 2024, ponsel ini masih bisa kamu andalkan untuk menemani kamu seharian.

Konektivitas

Apple iPhone XR Sample Photos | ePHOTOzine
Image Source: ePHOTOzine

Untuk ponsel keluaran tahun 2018, iPhone XR memiliki konektivitas yang terbilang lengkap. Ponsel ini dilengkapi koneksi WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, dan fitur hotspot. Kemudian Bluetooth nya berada di versi 5.0 dan sudah dilengkapi fitur NFC yang berguna untuk membaca kartu electronic payment.

Selain itu, ponsel in juga dilengkapi sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer. Untuk melindungi komponen dalam nya, ponsel ini juga sudah tersertifikasi IP67 yang tahan debu dan air sampai dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Nah, sepertinya koneksi dan sensor yang berapa di iPhone XR sudah memenuhi standar yang ada dalam ponsel pintar dan mampu menunjang produktivitas kamu.

Baca juga: 5 Trik Tersembunyi iPhone XR Yang Belum Pernah Kamu Ketahui

Cek iPhone XR di Jagofon!

Salah satu solusi buat Jagoans yang bingung ingin memiliki iPhone dengan budget BPJS adalah dengan meminang iPhone XR dari Jagofon. Secara, harga pasaran iPhone XR sekarang sekitar 4 jutaan sudah bisa menawarkan performa dan kualitas kamera yang mumpuni.

Buat kamu yang penasaran Jagofon itu apa, Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas. Walaupun bekas, setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Selain itu, Jagofon berani memberikan garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Tunggu apa lagi, beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!