Product

Tes Kelayakan Redmi Note 10 Pro di Maret 2024

Redmi Note 10 Pro adalah ponsel kebanggaan para Mi Fans yang masih layak dipakai di tahun 2024. Mungkin itu adalah ungkapan buat para Jagoans yang masih sayang dan ogah mengganti ponsel ini dengan yang baru.

Pasalnya, seri Note yang Xiaomi keluarkan pada Maret 2021 ini masih menjadi perbincangan. Tak hanya layarnya yang lega, namun performanya juga mumpuni untuk memenuhi kebutuhan produktivitas dan hiburan kamu.

Namun, apakah benar ponsel yang umurnya sudah 3 tahun ini masih layak untuk dipakai di tahun 2024? Oleh karena itu, yuk kita simak tes kelayakan di bawah ini yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu sebelum beli Redmi Note 10 Pro di Jagofon.

Performa

Image Source: mi.co.id

Performa Redmi Note 10 Pro ditenagai dapur pacu Qualcomm Snapdragon 732G (8nm). SoC kelas mid premium ini memiliki CPU octa-core yang terdiri dari 2 core Kryo 470 Gold (2.3 GHz) dan 6 core Kryo 470 Silver (1.8 GHz). Di dalamnya juga terdapat GPU Adreno 618 (810 MHz) untuk melancarkan proses grafisnya.

Jika kamu teliti, sebenarnya chipset Snapdragon 732G ini disematkan juga pada POCO X3 NFC. Nah, karena menggunakan chipset yang sama, apakah performa nya mirip? atau mungkin bisa lebih baik?

Untuk membuktikannya, melansir dari GSMArena yang melakukan tes benchmark pada model ini, berikut beberapa hasilnya.

Pada percobaan pertama, dilakukan pengetesan performa menggunakan aplikasi AnTuTu v8. Hasilnya Redmi Note 10 Pro meraih skor 295.442, mengungguli POCO X3 NFC yang hanya meraih skor 283.750.

Kemudian dalam pengetesan prosesornya yang menggunakan aplikasi GeekBench 5, Redmi Note 10 Pro meraih skor 569 pada sektor single-core dan 1780 pada sektor multi-core nya. Sementara POCO X3 NFC berada tepat di bawahnya dengan skor 568 pada sektor single-core dan 1777 pada sektor multi-core nya.

Nah, dari hasil di atas sudah jelas bahwa Redmi Note 10 Pro sedikit lebih unggul walaupun dibekali dengan SoC yang sama. Kenapa hasilnya bisa berbeda memang bisa dipengaruhi dari beberapa faktor.

Pertama, sistem operasi Redmi Note 10 Pro yang lebih baru yakni Android 11 saat pengetesan. Hal ini membantu sistem menghasilkan daya yang lebih efisien dan tepat saat akan digunakan untuk apa. Dan sekarang ponsel ini terus mendapat pembaruan piranti lunak sampai Android 13 dan dipercantik menggunakan MIUI 14.

Kedua, sistem penyimpanan Redmi Note 10 Pro memiliki teknologi lebih cepat saat memabca dan menulis datanya, yakni UFS 2.2. Sedangkan POCO X3 NFC memiliki teknologi UFS 2.1.

Sementara itu untuk kebutuhan hiburan kamu, ponsel ini mampu menjalankan aplikasi game dengan lancar dan nyaman. Jika kamu sering memainkan game seperti MLBB, FF, PUBG Mobile, atau Pokemon Unite, kamu tidak akan mendapatkan masalah yang berarti.

Jika menjalankan aplikasi game saja bisa selancar itu, apalagi menjalankan aplikasi hiburan lain seperti membuka Youtube, Twitch, atau platform streaming lain. Kamu juga tidak akan mengalami permasalahan serius saat bermain media sosial seperti Instagram, TikTok, Discord, atau aplikasi yang lain.

Oleh karena itu, di tahun 2024 ini masih banyak Mi Fans yang menggunakan Redmi Note 10 Pro karena HP nya masih sangat layak dijadikan HP utama kamu.

Kamera

Image Source: mi.co.id

Sektor kamera dengan sistem kamera flagship, super jernih, super canggih. Itulah tag-line yang Redmi kenalkan untuk memasarkan HP ini. Apakah kenyataan nya kamera Redmi Note 10 Pro mampu menghasilkan gambar sekelas HP flagship? Sebelum melihat hasilnya, yuk kita bedah dulu konfigurasi kameranya.

Kamera belakang Redmi Note 10 Pro memiliki 4 lensa yang mumpuni. Kamera utamanya mengandalkan sensor Samsung ISOCELL HM2 sebesar 1/1,52 inchi berkekuatan 108 MP (f/1.9) yang mampu menghasilkan pixel sebesar 0,7 µm.

Secara default, gambar yang dihasilkan oleh kamera utamanya memiliki kualitas mentok di 12 MP. Untuk menghasilkan gambar sampai dengan 108 MP, ponsel ini dibekali teknologi pixel-binning yang mampu menggabungkan pixel seukuran 0,7 µm menjadi 2,1 µm sehingga terbentuklah gambar dengan kualitas 108MP dan tentu saja memiliki ukuran file yang jauh lebih besar namun memiliki detail yang lebih baik.

Lalu ponsel ini memiliki kamera ultrawide berkekuatan 8MP dengan memanfaatkan sensor Sony IMX355 (f/2.2) dengan kemampuan mengambil gambar sampai dengan 118˚. Lensanya juga sudah diberikan fitur fixed focus untuk menjaga kualitas gambar tanpa blur.

Kemudian ada kamera macro berukuran 5 MP (f/2.4) yang menggunakan sensor OmniVision OV5675 sebesar 1/5 inci dengan fitur tambahan auto focus. Lalu kamera ini juga dilengkapi sensor depth 2 MP (f/2.4) untuk kebutuhan efek bokeh yang lebih menawan.

Di sisi depannya, ponsel ini dilengkapi dengan kamera selfie 16 MP (f/2.45) dengan memanfaatkan sensor Sony IMX471 1/3 inci.

Hasilnya, kamera utama Redmi Note 10 Pro menghasilkan gambar yang tajam, memiliki detail yang jelas, noise yang sangat terkontrol, dan memiliki dynamic range yang tinggi.

Berikut contoh hasil jepretan Redmi Note 10 Pro.

Hasil Jepretan Kamera Utama Redmi Note 10
Hasil Jepretan Kamera Utama Redmi Note 10 | Image Source: GSMArena
Hasil Jepretan Kamera Ultrawide Redmi Note 10
Hasil Jepretan Kamera Ultrawide Redmi Note 10 | Image Source: GSMArena
Hasil Jepretan Kamera Macro Redmi Note 10
Hasil Jepretan Kamera Macro Redmi Note 10 | Image Source: GSMArena
Hasil Jepretan Kamera Selfie Redmi Note 10
Hasil Jepretan Kamera Selfie Redmi Note 10 | Image Source: GSMArena

Baterai

Image Source: mi.co.id

Performa yang bagus memang harus diimbangi dengan kapasitas baterai yang bagus juga agar bisa lebih lama menggunakan HP nya. Untungnya Xiaomi membekali Redmi Note 10 Pro dengan daya baterai 5020 mAh yang terbukti menunjukkan hasil yang positif dalam urusan daya tahan baterai.

Untuk membuktikannya, merujuk pada hasil tes yang dihasilkan oleh tim GSMArena, ponsel ini meraih skor endurance rating 114 jam. Yang mana jika di break-down, ponsel ini mampu bertahan selama 28 jam 45 menit saat melakukan panggilan telepon.

Kemudian ponsel ini juga mampu bertahan selama 13 jam 58 menit saat digunakan untuk berselancar dunia maya, dan 15 jam 47 menit ketika digunakan untuk memutar video offline. Jika dipakai sehari-hari dengan pemakaian yang wajar, ponsel ini mampu bertahan dengan baik dan menyisakan sekitar 30% daya pada malam hari.

Kemudian, ponsel ini juga sudah didukung teknologi pengisian daya cepat 33W yang mampu mengisi daya sebanyak 50% dalam waktu 30 menit pertama. Kemudian untuk mengisinya sampai penuh dibutuhkan waktu selama 1 jam 21 menit.

Dengan daya baterai yang mumpuni seperti ini, ponsel ini masih sah saja untuk kamu gunakan di tahun 2024. Namun, kamu juga harus siap-siap jika kamu harus ganti baterai mengingat umurnya yang sudah cukup lama.

Konektivitas

Image Source: mi.co.id

Dengan harga Redmi Note 10 Pro yang berada pada kelas menengah, konektivitas nya tergolong lengkap. Ponsel ini  sudah dilengkapi dengan NFC yang sekarang baru terasa kegunaannya bagi sebagian besar orang.

Near Field Connection atau biasa disebut NFC ini sangat berguna buat kamu yang biasa menggunakan moda transportasi umum. Pasalnya fitur ini mampu menampilkan saldo dan mengisi eMoney atau Flash yang biasa digunakan untuk tap-in dan tap-out pada kendaraan umum.

Selain itu fungsi dari NFC lainnya bisa digunakan untuk transfer file, menandai lokasi, memberikan informasi smart card, dan NFC tag.

Kemudian ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan konektivitas lainnya seperti Bluetooth 5.1, IR Blaster, FM Radio, memiliki port USB Type-C, dan masih menyematkan port audio jack 3,5 mm.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 10 Pro: Paling Banyak Dicari, Lihat Spesifikasinya

Cek Redmi Note 10 Pro di Jagofon!

Dengan harga Redmi Note 10 Pro yang berada di kisaran 2 jutaan dan memiliki performa yang greget dan fitur yang mumpuni, masih sangat layak untuk kamu beli di Jagofon. Tak hanya murah, ponsel ini juga masih terjaga kualitasnya karena semua produk di Jagofon dijamin keaslian dan seluruh komponen nya masih berfungsi dengan baik.

Sedikit tambahan informasi buat kamu, Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!