Lifestyle

10 Trik iPhone Yang Jarang Kamu Ketahui

Main HP untuk menunjang aktivitas kamu atau sekedar mencari hiburan sudah biasa. Tapi, pernah nggak kamu iseng mengulik HP sendiri untuk memudahkan kamu dalam beraktivitas atau sekedar senang-senang?

Nah, untuk yang sering lihat di Tiktok, mungkin sudah nggak asing ya dengan konten yang membahas soal trik iPhone yang mungkin jarang diketahui. Kali ini Jagofon mengulas kumpulan trik iPhone yang mungkin belum kamu sadar ternyata bisa sangat membantu. Nggak perlu scroll Tiktok, cukup baca disini. Yuk cek!

1. Ubah logo Apple menjadi shortcut

Cocok buat kamu yang nggak suka ribet, iPhone punya beberapa gesture shortcut yang cukup unik. Salah satunya dengan mengetuk si apel yang ada di belakang HP untuk melakukan aksi seperti membuka kamera atau menangkap layar. Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh, lalu temukan “Ketuk Kembali” atau Back Tap.

Setelahnya, kamu bisa atur berbagai aksi yang ingin kamu lakukan dengan ketukan di logo Apple tersebut. Misalkan, dua ketukan di logo Apple untuk membuka aplikasi pemutar musik atau e-wallet biar nggak kelamaan, tiga ketukan untuk mengunci layar atau screen capture biar nggak ribet saat menangkap layar untuk hal-hal penting. Bebas, deh kamu yang atur!

2. Merekam soundtrack

Mau buat konten video dengan musik dari iPhone kamu? Well, kamu bisa merekam dengan musik yang terputar sebagai background videomu, lho. Trik iPhone satu ini cocok untuk content creator yang nggak mau ribet mencari musik di aplikasi sosmed lainnya setelah merekam sesuatu.

Pertama, putar satu lagu pilihanmu di aplikasi musikmu, buka Foto dan geser tombol rana kamera (bulat putih) ke paling kanan hingga muncul icon lock atau terkunci, otomatis videomu dimulai dengan musik yang ikut terekam dalam videonya. Waktu yang kamu habiskan untuk membuat konten lumayan terpangkas dengan fitur ini!

3. Tutup semua Tab di Safari

Ada hal yang bikin kagetnya sama kayak ngeliat jumlah paylater yang lama nggak kita cek, yakni ngeliat jumlah tab di Safari yang nggak pernah kita tutup! Saat kita keluar dari Safari, beberapa tab yang kita akses tidak akan tertutup dengan sendirinya. Selain bikin was was kalau orang lain nggak sengaja lihat history kamu, tab yang nggak tertutup bisa bikin kinerja iPhone lambat lho.

Tak perlu kamu tutup satu persatu tab. Jika kamu ingin menutup semua aplikasi tanpa ribet, kamu cukup klik ikon tab di kanan bawah Safari lalu klik X atau hapus semua tab dan viola, semua tab-mu sudah bersih!

4. Sesuaikan Fokus untuk mengemudi

Untuk iOS 15, fitur Do Not Disturb atau Fokus merambah ke aktivitas lain. Kalau sebelumnya fitur ini hanya akan menutup atau mengontrol akses panggilan dan notifikasi saat tidur, kini kamu bisa mengaktifkan fokus juga saat mengemudi. Bahkan kamu bisa membuat Fokus baru sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.

Cek ke Pengaturan > Pilih Fokus, ketuk Berkendara lalu nyalakan. Kamu bisa mengatur Fokus secara manual untuk beberapa panggilan atau notifikasi yang kamu ingin masukan saat berkendara atau membagikan status Fokus-mu juga. Ini bisa jadi trik iPhone yang bagus buat bantu kamu konsentrasi melakukan suatu hal.

5. Tingkatkan Daya Baterai iPhone

Seorang content creator Tiktok (@ambre_skye) membagikan trik iPhone agar baterainya dapat bertahan lebih lama. Pertama kamu bisa membersihkan tab Safari yang nggak kamu akses lagi. Agar otomatis tertutup, kamu bisa buka Pengaturan > Safari > scroll ke bawah ke Tutup Tab dan kamu bisa pilih berapa lama waktu untuk tab yang terbuka di Safari untuk ditutup otomatis.

Selain web yang terus berjalan di tab Safari, ternyata RAM yang kepenuhan juga bisa jadi faktor daya baterai kamu menurun. Untuk yang satu ini kamu harus rajin-rajin mengecek aplikasi yang masih berjalan bersamaan di belakang layar dan menutupnya secara manual melalui home, ya.

6. Memperbesar layar di bagian manapun

Kadang saat membaca atau ingin melihat detail foto dalam sebuah web, kita perlu memperbesarnya agar terlihat lebih jelas dan fokus. Khusus iPhone XR ke atas, memperbesar atau zoom cepat di layar bisa kamu gunakan untuk bagian layar manapun.

Buka Pengaturan > Aksesibilitas > dan nyalakan Zoom. Kamu dapat memperbesar seluruh layar (Zoom Layar Penuh) atau hanya memperbesar bagian layar dengan lensa yang dapat diubah ukurannya (Zoom Jendela). Dan, kamu dapat menggunakan Zoom bersama dengan VoiceOver.

7. Cara unik melakukan panggilan telepon

Sebenarnya lumayan banyak orang yang sudah pakai trik iPhone satu ini, apakah kamu salah satunya? Terimakasih untuk Google Assistant dan Siri yang hadir untuk memudahkan hal ini! Tanpa perlu menyentuh HP sama sekali, kamu bisa memanggil kontak seseorang hanya dengan menyebutkan namanya.

Dengan trik iPhone satu ini, kamu hanya perlu mengaktifkan Google Assistant dan membuat perintah dengan memberikan kata kunci “Panggil” dan sebutkan nama kontaknya. Otomatis kamu akan memanggil seseorang tanpa menyentuh HP kamu. Ini cocok banget buat kamu yang multi-tasking, tetap kerjakan hal di laptop tapi bisa memanggil seseorang tanpa harus berpaling!

8. Sembunyikan foto pribadi

Kabar baik buat yang suka menyimpan aib-aib lucu atau sekedar ingin menyimpan dokumentasi penting yang personal. Khusus iPhone 12 ke atas, ada trik iPhone dimana kamu bisa menyembunyikan foto-foto bernilai pribadi dengan cara yang cukup mudah.

Buka Foto > klik Pilih di kanan atas dan pilih semua foto yang ingin kamu sembunyikan. Lalu, klik tombol Bagikan di kanan bawah dan pilih Sembunyikan dari menu. Semua foto ini dipindahkan ke album bernama Tersembunyi di bagian album secara aman.

9. Cari HP yang hilang dengan Siri

Kita semua tahu kalau Siri adalah fitur asisten dari iPhone yang cukup interaktif dan sangat membantu. Malah, Siri bisa diajak bercanda juga! Nah, jika kamu orang yang pelupa dan sering kehilangan HP kamu, bisa lho kamu mencarinya dengan Siri!

Untuk trik iPhone yang satu ini, kamu harus aktifkan Siri-nya dulu ya. Lalu kamu bisa atur satu perintah seperti meminta Siri untuk hidupkan lampu senter. Jadi, kalau misalkan HP kamu terselip di tempat yang gelap, kamu tinggal panggil Siri untuk menghidupkan lampu senter. Nggak perlu ngerepotin ibu kamu untuk cari HP yang hilang, dengan Siri HP kamu yang terselip bisa ketemu!

10. Ubah keyboard menjadi trackpad

Nggak usah khawatir mengatasi typo atau salah ketik. Keyboard di iPhone kamu bisa diubah menjadi trackpad untuk navigasi tulisan kamu. Caranya, saat ada ketikan yang ingin kamu revisi, kamu tinggal klik dan tahan lama keyboard  sampai karakter di keyboard-nya menghilang. Viola, keyboard sudah menjadi trackpad!

Nggak ada lagi tuh yang namanya salah ketik di HP dan ribet betulinnya. Karena, navigasi ketikan di trackpad iPhone ini cukup mudah dikendalikan hanya dengan satu jari kita. Tinggal sat set sat set, tulisan kamu bisa betul dalam waktu yang singkat!

Well, ternyata seru juga mengulik iPhone yang kita punya. Kira-kira, trik mana nih yang pernah kamu coba dan sangat membantu aktivitas kamu? Produk Apple dengan segala fitur yang dimiliki memang mampu membuat penggunanya jatuh cinta dan nggak mau beralih ke merk lain. Kamu yang belum kesampean punya iPhone, bisa lho cari iPhone impian kamu di Jagofon dengan harga terjangkau dan terjamin kualitas dan keasliannya!

Jagofon punya tim yang berpengalaman dalam mengecek keaslian HP second yang berkualitas sebelum sampai ke tangan kamu. Jagofon menerapkan pengecekan di 90+ titik fungsi HP dan 100% berfungsi. Kalau soal legalitas tenang aja, iPhone di Jagofon semua punya IMEI. Pengujian IMEI Jagofon didukung oleh GSMA otoritas global dan tunduk pada peraturan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Indonesia. Terbukti berkualitas, bergaransi dan pasti legal!

Punya iPhone harga terjangkau yang kualitasnya setara dengan iPhone baru ya cuma di Jagofon, dong. Jadi tunggu apa lagi? Order iPhone kamu segera dan selamat mengulik berbagai trik iPhone yang ada, ya!