Lifestyle

3 Rekomendasi Laptop Macbook Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Selain iPhone, salah satu produk Apple yang juga sedang digandrungi oleh mahasiswa saat ini adalah Macbook. Dengan ragam model dan spesifikasi, Macbook dipercaya mampu menunjang segala kegiatan sekolah mulai dari mengerjakan tugas yang simple, melakukan riset, coding sampai ke editing.

Kali ini, Jagofon memberi tiga rekomendasi Macbook yang up to date dan juga terjangkau dari segi harga untuk kamu. Simak Macbook terbaik yang mampu menunjang kegiatanmu dan buat teman sekelasmu melirik!

1. Macbook Air M1

Source: techradar.com

Diantara tiga rekomendasi Macbook yang Jagofon berikan, Macbook Air M1 adalah yang paling terjangkau. Buat kamu yang belum paham, series Air dari Macbook adalah series laptop yang tipis, ringan tanpa kipas dengan desain yang futuristik. Cocok sekali dengan kehidupan mahasiswa yang dinamis.

Chip M1 didalamnya punya 16 miliar transistor yang membuat kinerja dan pemakaian daya jadi efisien. CPU 8 inti di M1 tidak hanya cepat, namun juga mampu bertahan 18 jam untuk mengerjakan tugas sehari-hari. GPU 7 inti juga membuat grafik dan transisi layar mulus serta akurat.

Tampil cemerlang dan kece saat meeting online dengan resolusi webcam 720p dan tiga mikrofon yang membuat suaramu jernih baik saat meeting atau merekam suara. Jika kamu banyak menggunakan laptop untuk menulis tugas, skripsian atau akunting dan editing tipis-tipis, Macbook Air M1 sudah cukup ideal. Bahkan untuk gaming pun, sepertinya Macbook Air M1 masih menyanggupi.

2. Macbook Air M2

Source: CNN

Sebagai chipset paling baru keluaran Apple, M2 punya kelebihan utama yakni GPU 10 inti yang membuat proses editing dan grafis jadi lebih cepat dan mulus. Walaupun dari segi CPU masihlah sama, Apple mengklaim bahwa M2 berjalan 1.4x lebih cepat dan efisien. Ditambah lagi, M2 dilengkapi resolusi webcam 1080p dan teknologi Liquid Retina yang memudahkan proses pengerjaan desain maupun video karena visual yang akurat.

Macbook Air M2 sangatlah portable dan didesain untuk kamu yang punya kegiatan padat. Tidak perlu repot jika ingin bekerja dimana saja karena Macbook Air M2 sudah didukung dengan magsafe dan juga daya baterai yang tahan lama.

Jika kamu punya budget lebih dan mengutamakan laptop yang ringan dan portable, M2 bisa jadi solusinya - toh speknya juga lebih bagus daripada M1. Namun, jika portable bukanlah hal yang utama, sesungguhnya harga Macbook Pro 13 tidak begitu jauh dari M2 namun spek yang kamu dapat sudah lebih canggih lagi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Plus

3. Macbook Pro 13"

Source: Malut Network

Perbedaan Macbook Pro dan Air terletak pada kipasnya. Pro adalah laptop yang dikhususkan untuk aktivitas kelas berat seperti coding ataupun editing. Maka dari itu fungsi kipas di Macbook Pro adalah untuk membuat laptop tetap dingin - walau jadinya laptop sedikit bersuara.

Macbook Pro 13 hadir dalam ukuran compact namun bertenaga besar. Dari segi chipset ia sudah disematkan dengan M2 yang merupakan chipset terbaru dari Macbook untuk masa kini. Bertenaga dahsyat dan portable namun Macbook Pro 13 hanya memiliki dua port untuk charge dan kabel penghubung iPhone - ini akan sulit jika kamu terbiasa menggunakan laptop untuk HDMI atau mengakses hard disk / flash disk, kamu harus membeli USB-C Hub tambahan.

Banyak pro dan kontra yang muncul atas kehadiran Macbook Pro 13 ini, harganya yang tinggi dibilang tak sepadan karena ukurannya yang terlalu kecil dan hanya memiliki dua port. Jika kamu tidak menyukainya juga, kamu bisa beralih ke Macbook Air M2 yang memiliki chipset sama dengan harga yang lebih rendah, atau sekalian ke Macbook Pro 14/16.

Baca juga: 5 Alasan Macbook Air Cocok buat Mahasiswa

Rekomendasi Jagofon untuk Kamu

Source: The Guardian

Menenteng Macbook memang punya kebanggaan tersendiri, disamping itu performanya yang juga mumpuni membuat laptop keluaran Apple satu ini banyak diminati. Jika kamu mahasiswa yang lebih menggunakan laptop untuk mengetik tugas, akuntansi atau skripsian, Macbook Air M1 saja sudah lebih dari cukup, apalagi harganya juga sangat terjangkau diantara yang lain.

Namun, jika kegiatanmu cukup padat dengan tugas yang berat, seperti coding, editing dan design, Jagofon menyarankan untuk membeli Macbook Pro. Karena selain performanya yang berkali lipat lebih cepat dan kuat dibanding Macbook Air, series Pro juga bisa kamu pakai dalam jangka waktu yang panjang dan tak terbatas. Harganya memang tinggi, namun anggaplah ini jadi salah satu investasi buatmu di kemudian hari.

Jika kamu ada sedikit  kekhawatiran soal budget namun tetap menginginkan laptop dengan performa teratas, jalan tengah yang bisa kamu ambil adalah membeli Macbook Air M2. Ia tipis, portable, namun chipset-nya sudah terbaru untuk zaman sekarang. Jadi gimana, sudah menentukan pilihanmu belum?