JagoHacks

4 Cara Terbaik Untuk Mempersonalisasi AirPods Kamu

AirPods adalah earbuds yang sedang melejit saat ini. Setiap tahunnya, Apple bisa mendapatkan $10 milyar hanya dengan menjual AirPods saja. Ada banyak faktor mengapa AirPods menjadi populer walau harganya cukup tinggi.

AirPods punya kualitas dan bisa di personalisasi sesuai keinginanmu. Personalisasi ini lah yang bisa membuat AirPods lebih seperti barang milik sendiri. Yuk simak caranya dari Jagofon!

Personalisasi Case AirPods

Source: iGeeksBlog

Kamu bisa menulis nama di personalisasi AirPods dengan memesan versi engrave dari Apple. Bisa pesan secara langsung di official store atau lewat website Apple. Pastikan bahwa toko dan website Apple di negaramu menyediakan layanan ini.

Disini kamu bisa tulis apapun yang kamu inginkan. Yang penting, tulisannya tidak lebih dari 8 huruf besar dan 14 huruf kecil. Bahkan, kamu bisa engrave emoji kalau kamu tidak tahu mau menulis apa.

Source: SoyaCincau

Setelah kamu mendapatkan AirPods dengan engrave-nya, buka iPhone kamu dan lihat status baterai AirPods-nya. Kamu akan melihat icon AirPods-mu dan engraving-nya. Cukup unik, bukan?

Kalau di negaramu tidak menyediakan jasa engraving. Kamu masih bisa personalisasi AirPods dengan membeli case yang banyak terjual di marketplace. Meskipun tidak mendapatkan engraving, kamu tetap memilih sesuatu yang spesial dan unik sebagai pelindung AirPods-mu.


Baca juga: Beli Airpods Pro Nggak Perlu Mahal, Ini Spesifikasi dan Harganya!


Personalisasi AirPods dengan Audio Spasial

Source: MakeMac

Kalau ingin personalisasi AirPods tanpa membeli case baru, kamu bisa melakukannya dengan Audio Spasial. Dengan TrueDepth, kamu bisa membuat profil audio spasial pribadi seperti tampilan depan personal, tampilan telinga kiri dan kanan, dan lain-lain.

Untuk membuat profil Audio Spasial pribadi, kamu wajib mempunyai hal ini – AirPods Pro/ AirPods Max, AirPods (3rd generation), atau Beats Fit Pro, aplikasi audio visual pendukung, dan iOS  16.

Setelah kamu mempunyai syarat untuk personalisai, kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Hubungkan AirPods dengan iPhone yang diinginkan.
  2. Setelah terhubung, buka “Pengaturan > [perangkat Anda yang mendukung Audio Spasial]” dan cari bagian “Audio Spasial yang Dipersonalisasi.”
  3. Ketuk “Audio Spasial yang Dipersonalisasi” > “Personalisasi Audio Spasial”
  4. Untuk mengubah tampilan depan, kamu harus menaruh wajahmu di dalam bingkai yang ditampilkan. Pastikan jarak di antara wajah dan iPhone adalah 12 inci.
  5. Jika sudah pas, gerakan wajah melingkar sesuai instruksi lalu ketuk “Lanjutkan.”
  6. Lakukan hal yang sama untuk telinga kanan dan kiri. Khusus untuk telinga, kamu harus menoleh sedikit agar bagian belakang telinga bisa di-scan oleh iPhonenya.

Kalau sudah selesai melakukan personalisasi, selamat! Kamu sudah membuat profil pribadi Audio Spasial pertamamu. Untuk mematikannya, kamu tinggal melakukan langkah di bawah ini:

  1. Pergi ke “Pengaturan > [perangkat Anda yang mendukung Audio Spasial] .”
  2. Cari dan buka “Audio Spasial yang Dipersonalisasi,”
  3. Ketuk Berhenti Gunakan Audio Spasial yang Dipersonalisasi.”

Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas


Gunakan AirPods Ear Hooks

Meskipun AirPods Ear Hooks digunakan agar AirPods kita terlihat lebih stylish, Ear Hooks bisa membantu kita untuk menjaga AirPods kita agar tidak hilang.

Pertama, Ear Hooks bisa mencegah AirPods kita untuk jatuh. Meskipun AirPods di-desain agar mereka tidak gampang jatuh, akan ada beberapa kemungkinan AirPods kita hilang seperti jogging, olah raga, berlompat, dan lain-lain.

Kedua, Ear Hooks bisa membuat AirPods lebih “pas” untuk telinga. Meskipun AirPods di-desain dengan tiga ukuran, ada saatnya dimana kita salah beli ukuran karena online. Kalau AirPods kamu terlalu besar atau kecil, kamu bisa menggunakan Ear Hooks agar lebih pas di telinga.

Ada beberapa Ear Hooks yang bisa kamu gunakan, seperti:

1. Proof Labs AirPods

Proof Labs AirPods adalah in-ear Ear Hook yang terkenal dengan desainnya yang simple dan elegan. Mempunyai dua warna yang bisa diselipkan di dalam daun telinga, bersembunyi di antara “lorong” lubang telinga sehingga tidak terlihat oleh orang lain. Model ini cocok bagi mereka yang tidak ingin terlihat mencolok.

2. EarBuddyz AirPods

Mirip dengan Proof Labs, EarBuddyz bisa digunakan tanpa harus menarik perhatian. EarBuddyz punya dua tipe Ear Hooks yakni, varian 30A dengan tekstur lembut, dan varian 60A yang lebih kaku. Kamu bisa memilih varian yang cocok untuk kebutuhanmu.


Baca juga: Perbedaan iPhone 12 Pro Max dengan iPhone 13 Pro Max


Memakai 3rd Party Apps

Source: CNET

Jika kamu pengguna Android, tidak usah bersedih. Meskipun AirPods di-desain untuk iPhone, kamu masih bisa menggunakan AirPods dengan maksimal asalkan kamu mau mengunduh beberapa aplikasi. Kalau masih kurang yakin, Jagofon punya list aplikasi yang bisa dicoba:

1. Equalizer

Dengan aplikasi Equalizer, kamu bisa mengatur hasil suara yang akan keluar dari AirPods-mu. Atau, kamu bisa menggunakan preset yang sudah disediakan. Aplikasi ini adalah sifatnya freemium, jadi jangan kaget kalau ada beberapa setting yang terkunci oleh payment.

2. AirBattery

Mau display AirPods di Android-mu seperti yang di iPhone? Install saja AirBattery! AirBattery akan membantumu melihat status baterai dan charging AirPods di layar HP Android-mu. Meskipun ikon AirPods-nya tidak seunik iPhone, setidaknya kamu bisa monitor baterai AirPods kamu.

3. PodDroid

Kamu yang ingin mengontrol AirPods tanpa harus mengetuk AirPods-nya, bisa menggunakan aplikasi PodDroid. Mulai dari stop, play, pause, forward, backward – semua bisa dilakukan. Kamu juga bisa melihat status baterai dan mengubah warna tema jadi pink atau ungu lho!

Kesimpulan

AirPods diminati oleh banyak orang bukan hanya karena kualitasnya tetapi juga personalisasinya. Ketika kita melakukan engraving, AirPods tersebut akan terasa lebih “personal” ke kita.

Atau, kamu bisa melakukan hal lain seperti menggunakan AirPods case dan Ear Hook untuk membuat AirPods kamu terlihat personal.

Siap invest di AirPods? Cek saja di Jagofon! AirPods di Jagofon lebih terjangkau dan tersedia versi seocnd maupun baru, kamu tidak usah menghabiskan tabungan banyak untuk membeli AirPods. Ayo, beli AirPods di Jagofon sekarang juga!