Lifestyle

January 17, 2024

5 Alasan Kamu Harus Menunggu Demi Memiliki Apple Watch 2024

Source: Didongviet

Ketika smartwatch pertama kali diperkenalkan, itu membawa sensasi yang luar biasa karena menjadi perangkat yang menyatukan teknologi dan gaya hidup dengan cara yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Pengenalan ini membuka pintu untuk pengalaman baru dalam membawa teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang lebih terintegrasi dan akrab.

Para pengguna menyadari bahwa smartwatch bukan hanya sekadar perangkat penunjuk waktu, tetapi juga menjadi perpanjangan dari kecerdasan digital, memungkinkan mereka untuk memantau kesehatan, menerima pemberitahuan penting, dan bahkan menjalani rutinitas kebugaran dengan lebih efisien. Era smartwatch saat ini memberikan solusi yang ideal bagi para pecinta olahraga dan pengembara dengan menyajikan fitur-fitur canggih yang mendukung gaya hidup aktif.

Source: Cellphones

Smartwatch khusus olahraga dilengkapi dengan pemantauan detak jantung, GPS, dan pelacakan aktivitas yang sangat akurat, memungkinkan pengguna untuk mengukur dan menganalisis performa mereka selama latihan. Beberapa model bahkan memiliki kemampuan tahan air, menjadikannya pasangan yang andal selama kegiatan air seperti berenang atau menyelam.

Selain itu, smartwatch juga menjadi sahabat perjalanan yang handal bagi para pengembara. Dengan integrasi GPS dan peta yang dapat diakses langsung dari perangkat pergelangan tangan, pengguna dapat dengan mudah menavigasi dan menjelajahi tempat baru tanpa perlu membawa smartphone terpisah. Beberapa smartwatch juga dilengkapi dengan fitur koneksi seluler, memungkinkan panggilan, pesan, dan notifikasi diakses tanpa harus mengandalkan ponsel.

Baca juga: Apple Watch Series 3: Selalu Menjadi Watch Favorit

Banyak Produk Smart Watch Saat Ini

Meskipun Apple Watch tetap menjadi standar kualitas yang tinggi di pasar, ada beberapa smartwatch dengan harga yang lebih terjangkau yang berhasil menyajikan fitur-fitur kompetitif. Salah satu contohnya adalah Amazfit Bip, yang menawarkan pemantauan detak jantung, pelacak aktivitas, dan tahan air dengan harga yang cukup terjangkau. Fitur-fitur tersebut membuatnya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari smartwatch fungsional tanpa harus mengorbankan kualitas.

Source: Itzine

Selain itu, Xiaomi Mi Band series juga memberikan solusi ekonomis namun berkualitas dengan pemantauan kesehatan dan kebugaran yang baik. Meskipun tidak seterkenal Apple Watch, Mi Band menawarkan banyak fitur yang berguna, seperti pelacak tidur, pengukur denyut nadi, dan notifikasi pintar, semuanya dengan harga yang sangat bersaing. Meskipun tidak menyamai secara penuh fitur canggih yang dimiliki oleh Apple Watch, smartwatch ini dapat memberikan nilai yang baik bagi mereka yang mencari solusi berkualitas dengan anggaran terbatas.

Apple Selalu Terdepan

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, Apple Watch telah mengalami perkembangan yang luar biasa, terus meningkatkan standar dalam industri smartwatch. Dari awalnya sebagai perangkat pelengkap iPhone, Apple Watch telah menjadi lebih mandiri dengan setiap generasinya. Pada awalnya, fokus utama Apple Watch adalah pada pemantauan kebugaran dan kesehatan, namun seiring waktu, fitur-fitur tersebut semakin ditingkatkan.

Generasi terbaru Apple Watch memiliki teknologi EKG yang memungkinkan pengguna untuk melakukan elektrokardiogram dan pemantauan kadar oksigen dalam darah. Selain itu, Apple Watch Series 7 memiliki layar yang lebih besar dan desain yang lebih tahan lama. Teknologi dan fitur-fitur inovatif inilah yang terus membuat Apple Watch unggul di pasaran.

Source: Gagadget

Apple terus mengintegrasikan sensor-sensor canggih dan algoritma kecerdasan buatan untuk memberikan pemantauan kesehatan yang lebih akurat dan komprehensif. Selain itu, ekosistem yang terintegrasi dengan baik, termasuk konektivitas yang mulus dengan produk-produk Apple lainnya, menjadikan Apple Watch sebagai pilihan yang menonjol bagi para pengguna yang menghargai keseluruhan pengalaman terhubung dengan perangkat Apple mereka.

Dengan fokus pada inovasi teknologi kesehatan dan desain yang terus diperbarui, Apple Watch terus menjadi pionir dalam evolusi smartwatch. Belum lagi kemunculan Apple Watch 2024 yang sudah di nanti nantikan bagi kalangan pecinta Apple. Kira-kira apa saja alasannya sehingga harus ditunggu?

1. Deteksi Hipertensi

Source: idrop News

Dalam upaya terus menghadirkan inovasi kesehatan yang lebih baik, Apple Watch akan memperkenalkan fitur pemantauan hipertensi dengan memanfaatkan sensor baru yang secara cerdas mendeteksi perubahan tekanan darah pengguna. Fitur ini diharapkan dapat memberikan peringatan saat tekanan darah berada di luar rentang normal berdasarkan garis dasar pengguna.

Disayangkan bahwa fitur ini belum mampu memberikan pengukuran sistolik dan diastolik secara langsung ketika diluncurkan. Meski begitu, langkah ini tetap menjadi tonggak penting dalam memperkaya kemampuan Apple Watch untuk memberikan pemantauan kesehatan yang lebih komprehensif, memberikan perhatian khusus terhadap aspek penting seperti tekanan darah, dan memotivasi pengguna untuk lebih proaktif dalam menjaga kesehatan mereka.

2. Sleep Apnea

Source: Dot Apps

Perangkat ini tidak hanya akan memantau dan memberitahu penggunanya tentang risiko pra-diabetes, tetapi juga secara aktif mendeteksi peningkatan tekanan darah yang dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Selain itu, fitur deteksi gangguan tidur diharapkan dapat memberikan indikasi awal terkait hipertensi atau sleep apnea. Fungsi khusus untuk sleep apnea akan berperan sebagai pengukur awal, memberikan sinyal yang jelas untuk berkonsultasi dengan dokter.

Meskipun perangkat ini mampu memonitor faktor-faktor seperti pergerakan, laju pernapasan, dengkuran, dan detak jantung, namun sayangnya, kemampuannya masih terbatas untuk memantau aktivitas otak. Dengan demikian, Apple Watch 2024 diharapkan menjadi kawan setia pengguna dalam menjaga kesehatan mereka dengan memberikan peringatan dini yang berharga.

3. Monitor Tekanan Darah

Source: Tech And Geek

Dalam mencari inovasi untuk fitur pendeteksi tekanan darah, muncul spekulasi menarik bahwa perangkat tersebut mungkin mengadopsi teknologi spektroskopi inframerah. Dengan menggunakan metode ini, perangkat dapat menghitung perubahan tekanan darah dengan menggambarkan perubahan dalam aliran darah melalui pemindaian inframerah.

Tidak memberikan angka yang secara langsung dapat disetujui oleh dokter, tetapi teknologi ini mampu mendeteksi perubahan signifikan dalam tekanan darah, memberikan indikasi yang berharga kepada pengguna untuk segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan jika perlu. Dengan demikian, penggabungan teknologi spektroskopi inframerah membawa dimensi baru dalam pemantauan kesehatan pribadi, menyoroti potensi perangkat ini dalam memberikan peringatan dini dan mempromosikan kesadaran akan kesehatan yang lebih baik.

4. MicroLED Display

Analis Jeff Pu dan analis tampilan Ross Young meyakini bahwa Apple sedang mengembangkan jam tangan baru yang mewah dengan layar micro-LED berukuran 2,1 inci. Jam tangan ini diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2024 atau 2025, meskipun bisa saja menjadi pembaruan untuk Apple Watch Ultra daripada Seri 9. Dengan spekulasi ini, Apple mungkin merencanakan beberapa ukuran, atau yang diisukan sebagai "Apple Watch X" bisa jadi merupakan jam tangan yang lebih besar dengan desain casing baru dan bezel yang lebih ramping.

Source: Financetin

Teknologi MicroLED memiliki efisiensi energi lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi OLED yang saat ini digunakan pada model Apple Watch. Selain itu, MicroLED memiliki masa pakai yang lebih lama, waktu respons yang lebih cepat, kontras yang lebih baik, dan warna yang lebih cerah, menjadikannya potensial untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada jam tangan pintar Apple mendatang.

5. Release

Secara tradisional, Apple biasanya meluncurkan model Apple Watch baru pada bulan September bersamaan dengan peluncuran iPhone unggulannya terbaru, yang pada tahun 2024 akan menjadi iPhone 16. Namun, Apple mungkin memiliki sesuatu yang berbeda terencana jika benar-benar meluncurkan "Apple Watch X" dalam rangka peringatan ulang tahun ke-10 pada tahun depan.

Perlu dicatat bahwa Apple Watch asli diumumkan pada September 2014, tetapi tidak diluncurkan hingga April 2015, sehingga Apple dapat menggunakan salah satu tanggal tersebut sebagai peringatan ulang tahun Apple Watch. Mengingat bahwa tahun 2023 menandai debut Apple Watch Seri 9, Seri 10 atau "X" akan lebih sesuai untuk tahun 2024, bukan 2025, tetapi nama X ini hanyalah spekulasi pada saat ini.

Source: Smart Phone Price

Baca juga: Apple Watch SE: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Itu dia alasan kenapa kamu harus tunggu dan memiliki Apple Watch 2024 series terbaru ini. Sensasi pertama kali ini menciptakan landasan bagi evolusi smartwatch menuju perangkat yang tidak hanya fungsional tetapi juga merangkul aspek gaya hidup modern secara menyeluruh. Nantikan peluncurannya di Indonesia segera, Jagoans!

Share on: