Lifestyle

January 21, 2022

5 Alasan Kamu Harus Beli HP Second Di Tahun 2022

Siapa sih yang nggak akan ngiler kalau melihat iklan hp baru? Rasanya ada kepuasan tersendiri kalau kita punya HP baru. Bodi mulus, memori yang tidak pernah dipakai sebelumnya, daya baterai 100%... Siapa sih yang nggak akan tergiur?

5 Alasan Kamu Harus Beli HP Second Di Tahun 2022

Tentu saja, tidak semua HP second mempunyai spek sebagus HP baru. Namun jika kamu cukup teliti ketika memilih HP second-mu, kamu bisa mendapatkan HP second berkualitas yang bisa menandingi HP baru! Selain itu, kalau kamu cukup teliti malah kamu bisa mendapatkan semua keuntungan HP baru bahkan jika kamu beli HP second.

Penasaran gimana caranya memilih HP second berkualitas dan punya spek yang mirip sama HP baru? Yuk, simak artikel dibawah ini!

1. Harga jauh lebih murah dibandingkan HP baru

HP second cenderung mempunyai harga yang sangat lebih murah dibandingkan dengan HP baru. Kalau nggak percaya, lihat saja di Jagofon. Di Jagofon, HP Apple harganya bisa jatuh dari 10 juta ke 1 juta. Perbedaannya cukup mengejutkan, bukan?

Tentu saja, perbedaan harganya tergantung dengan kualitas HP-nya. Ketika seller mematok harga untuk HP second, mereka melihat berbagai faktor dari HP tersebut. Contoh faktor yang dimaksud adalah BH (battery health), goresan di layar dan bodi, IMEI, dan lain-lain. Semakin banyak goresan dan rendah BH (battery health) yang ada, semakin turun harga yang diberikan.

Faktor ini juga lah yang membuat orang-orang untuk berhati-hati dalam merawat HP mereka. Kita tidak tahu kapan kita akan menjual HP kita. Hal inilah yang membuat orang sering menggunakan casing dan protector yang lain untuk HP mereka.

Tapi jangan khawatir, karena kamu masih bisa mendapatkan HP second berkualitas dengan harga yang murah juga. Ya, ada juga HP second berkualitas dimana harganya HP-nya drop sangat jauh tetapi barangnya masih terlihat seperti HP baru. Contohnya, iPhone 13 second berkualitas dijual di Jagofon dengan harga 17 juta! Dari 24 juta ke 17 juta! Perbedaannya cukup besar, bukan? Bayangkan jika kamu bisa punya HP flagship seperti Apple dengan harga yang murah! Siapa sih, yang nggak mau?

Kalau kamu khawatir soal kualitas HP-nya, tenang saja! Ada banyak seller yang mau merekam dan memberi foto HP mereka agar pembeli tidak khawatir dengan kualitas HP second yang dijual. Mau tanya spek HP secondnya? Jelas bisa lah! Bahkan, kami mendorong kamu supaya kamu menanyakan info se-detail mungkin ke sellernya agar kamu benar-benar yakin soal HP yang akan kamu beli. Ada juga beberapa seller, seperti Jagofon, yang sudah memberikan detailnya di website atau sosial media mereka, sehingga kamu tinggal scrolling dan membacanya saja.

Jadi, kamu masih bisa mendapatkan HP berkualitas juga jika kamu beli HP second. Bedanya, HP second harganya lebih murah dan juga pernah dipakai oleh orang lain sebelumnya. Kamu nggak akan rugi deh kalau kamu beli HP second!

2. Harga jual kembali tidak akan terlalu jauh

Sudah biasa kalau kita sebagai pemilih HP merasa bosan dengan HP kita. Kalau kita punya saudara yang mau kita kasih HP-nya sih nggak masalah, tetapi gimana kalau HP yang lama dianggurin ketika kita beli HP baru?

Nah, disini lah kita bisa menjual HP second kita. Dengan menjual HP second kita, HP second kita tetap akan berguna di tangan orang lain dan nggak bakal dianggurin, jadi semuanya bakal happy!

Selain HP second-nya nggak bakal dianggurin, kita juga dapat untung lho. Ketika kamu menjual HP second yang kamu punya, kamu akan mendapatkan “modal balik” untuk membeli HP barumu. Meskipun modal yang didapatkan tidak full sama dengan harga pembeliannya, setidaknya kamu masih mendapatkan masukan dari HP second tersebut.

Lagipula, harga jualnya juga tidak jauh dari harga aslinya kok! Contohnya, jika kamu beli HP dengan harga 15 juta, kamu bisa menjualnya dengan harga 13 juta terutama jika HP yang kamu jual adalah HP incaran banyak orang (seperti Apple atau Samsung). Meskipun perbedaan harganya sangat minim, jika HP kamu adalah HP favorit banyak orang, dijamin pasti laku dalam waktu yang cepat!

Tentu saja, ada faktor lain yang juga menentukan harga jual HP second punya kamu. Kalau kamu mau harga jual tetap tinggi, kamu harus memastikan bahwa HP tersebut dijual dalam keadaan baik. Yang dimaksud dengan baik adalah bodi yang minim atau tidak ada lecet sama sekali, dan juga battery health yang lebih dari 80%.

Ada juga faktor lain seperti kelengkapan barang seperti charger, kotak, kabel, dan lain-lain. Semakin lengkap dan baik aksesoris yang kamu punya untuk HP yang akan kamu jual, semakin tinggi juga harga jualnya meskipun barang second.

Bagaimana kalau barangnya tidak lengkap dan bodinya tidak sebaik ekspektasi orang-orang? Tenang saja, karena kamu masih bisa menurunkan harganya sampai setengah dari harga aslinya. Jadi, kamu tidak akan rugi karena bisa mendapatkan setidaknya setengah dari harga asli HP tersebut. Kamu nggak bakal rugi deh kalau jual beli HP second!

3. Membantu mengurangi limbah elektronik

Tahukah kamu bahwa Indonesia mempunyai banyak limbah elektronik? Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), limbah elektronik di Indonesia mencapai 2 juta ton sendiri. Tentu saja, secara global pun jumlahnya cukup banyak. Menurut laporan Global E-Waste Monitor 2020, jumlah limbah elektronik di dunia bisa mencapai 74 juta ton pada tahun 2030.

Limbah elektronik yang dimaksud adalah berbagai barang elektronik yang sudah tidak digunakan lagi, dan HP bukanlah pengecualian. Dengan berbagai HP yang dirilis setiap tahun oleh berbagai brand, orang-orang terbiasa dengan mengganti HP mereka setahun sekali (atau bahkan mungkin kurang dari setahun). Hal ini sangat berbahaya, karena pergantian HP yang cepat bisa meningkatkan jumlah limbah elektronik yang ada.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kita jual beli HP second. Ketika kita membeli HP second, kita mengurangi jumlah HP yang akan dibuang begitu saja dan menjadi limbah. Apabila semua orang di Indonesia melakukan hal ini, pasti jumlah limbah elektronik yang ada akan berkurang. Slowly but surely.

Sayangnya, tidak semua toko yang menjual HP memiliki konsep ini. Tidak sedikit toko HP yang menjual HP baru begitu saja tanpa memikirkan dampaknya ke bumi.

Untung saja, masih ada beberapa toko atau situs yang masih memikirkan kondisi limbah elektronik. Salah satu dari situs tersebut adalah Jagofon. Jagofon percaya bahwa kita bisa mengurangi limbah elektronik yang ada, dan kita bisa memulainya dengan membeli HP second. Jagofon tidak hanya menjual HP second berkualitas, tetapi mereka juga memikirkan bagaimana produk yang mereka jual bisa membantu bumi menjadi lebih baik. Keren, bukan?

4. Beli HP second di Jagofon akan menjamin kualitas terbaik

Apakah sekarang kamu sudah mantap buat beli HP second? Sekarang, kamu tinggal mencari toko yang menyediakan HP second berkualitas.

Meskipun ada banyak toko yang jual HP second, kamu tidak boleh lengah dan gampang terpesona dengan marketing toko tersebut. Kamu harus memastikan bahwa toko tersebut menjual HP yang benar-benar bisa digunakan. Akhir-akhir ini, ada banyak kasus dimana HP yang dijual oleh toko HP second terkenal yang tidak bisa dipakai karena HP tersebut bermasalah.

Bingung bagaimana caranya memastikan bahwa toko tersebut menjual HP berkualitas? Tenang saja, kami akan memberi tahu gimana caranya!

Pertama, kamu harus cek IMEI dari HP yang dijual. Hal ini sangat penting karena tanpa IMEI yang berfungsi, kamu nggak akan bisa menggunakan HP-nya sama sekali. Ada juga peraturan di Indonesia yang membuat beberapa IMEI dari luar negeri tidak bisa digunakan.

Sayangnya, ada banyak kasus dimana HP second yang dijual memiliki IMEI dari luar negeri, dan hal ini bisa membuat HP kamu tidak berfungsi nanti. Jadi, kamu harus memastikan bahwa toko tersebut menyediakan HP dengan IMEI yang bisa digunakan. Kamu bisa mencari-cari testimoni seperti Twitter untuk memastikan bahwa hal tersebut.

Setelah cek IMEI, kamu bisa cek battery health yang ditawarkan. Pastikan bahwa battery health HP yang dijual setidaknya 80%. Dengan begitu, HP second yang kamu incar bisa bertahan setidaknya sehari. Lagi, kamu bisa cek testimoni battery health do sosial media.

Yang terakhir adalah kelengkapan aksesoris yang disediakan. Jika tokonya tidak menulisnya di deskripsi, kamu wajib menanyakan aksesoris yang diberikan ke kamu. Sangat tidak masuk akal apabila HP second-nya dijual dengan harga tinggi tetapi tidak ada aksesoris yang disediakan.

Jika toko yang kamu incar lolos semua persyaratan di atas, maka kamu bisa beli HP second yang kamu incar.

Kalau kamu masih kurang yakin, Jagofon menjual berbagai HP second terpercaya. Dari Samsung sampai Oppo, semuanya ada. Selain kelengkapannya, mereka juga sangat transparan dengan proses pemilihan HP mereka. Jagofon selalu cek IMEI HP mereka, bodi dari HP yang ada, dan menawarkan aksesoris yang lengkap. Kalau kamu beli HP di Jagofon, kamu tidak usah khawatir soal HP-nya, karena pasti bisa kamu pakai!

5. Kamu akan menjadi pribadi yang tidak boros.

Tahukah kamu kalau beli HP second bisa membantu kita menjadi lebih baik? Ketika kamu beli HP second, kamu melatih diri menjadi pribadi yang tidak boros. Kamu punya pilihan untuk membeli HP yang baru, tetapi kamu memilih untuk membeli HP second dengan harga yang lebih murah. Dengan hal ini, kamu melatih diri menjadi lebih hemat dan bisa memilih prioritas yang lebih baik.

Selain menjadi pribadi yang lebih hemat, kamu juga membantu bumi menjadi lebih baik. Karena dengan membeli HP second, secara tidak langsung kamu sudah mengurangi limbah elektronik yang ada.
Beli HP Second Mulai Dari Sekarang!
Seperti yang kamu lihat, beli HP second bisa memberimu banyak keuntungan. Dengan membeli HP second, kamu bisa mendapatkan HP berkualitas dengan separuh harga aslinya. Dan dengan HP second, kamu bisa menghemat uang dan juga membantu untuk merawat bumi.

Kalau kamu masih tidak tahu mau beli HP second dimana, kamu bisa membelinya di Jagofon. Jagofon terkenal dengan transparansi mereka, dimana mereka memberitahu apa langkah yang mereka lakukan untuk memberikan HP second berkualitas untuk para pembeli. Tunggu apa lagi? Ayo beli HP second berkualitas di Jagofon sekarang juga!

Share on: