Product

5 Alasan Kenapa Samsung Galaxy A52 Masih Layak Dibeli Tahun 2023

Samsung Galaxy A52

Jika kamu penggemar smartphone asal Korea Selatan ini, mungkin tidak asing dengan tipe Galaxy A52. Samsung memang selalu menghadirkan berbagai macam inovasi untuk beragam tipe dan model dari smartphone besutannya. Jika Jagoans menginginkan ponsel di kelas mid-range dengan harga terjangkau, Samsung Galaxy A52 ini mungkin bisa jadi alternatif pilihan untuk kamu!

Dirilis pada tahun 2020, ponsel Samsung ini menawarkan layar yang luas dan berbagai fitur mumpuni yang jarang ada di kelas mid range. Smartphone ini lebih mengesankan dan bahkan jauh lebih baik daripada seri terdahulunya, yaitu Samsung Galaxy A51. Beberapa keunggulan dari Galaxy A52 ini yaitu :

  • Layar luas dengan refresh rate yang tinggi
  • Fitur Quad Kamera dengan  resolusi terbaik dan stabil
  • Menggunakan chispet yang mumpuni untuk performa yang mulus
  • Bobot ringan dengan layar AMOLED dengan fitur FHD+
  • Daya baterai yang tahan lama dengan kapasitas yang cukup besar

Selain keunggulan-keunggulan di atas, masih banyak fitur mumpuni lainnya lho Jagoans! Penasaran dengan spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy A52 ini? Yuk simak artikel berikut!

Baca juga: Samsung Galaxy A71: Masih Diminati di Tahun 2023

Prosesor Kencang

Samsung Galaxy A52
Sumber : Harapan Rakyat

Samsung menghadirkan prosesor yang canggih dan kencang pada seri Galaxy A52 ini. Berbekal chipset Samsung Exynos 9611 dengan Precision Fabrication 10 nm, serta OS Android 11 yang dapat diupgrade, membuat ponsel ini unggul dalam hal performa. Didukung dengan  RAM 6 GB, ponsel ini sangat mulus untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari sampai dengan bermain game dengan refresh rate 60 Hz. Hasil pengujian dari gadget review, Samsung Galaxy A52 ini dapat digunakan untuk bermain game sekelas I dengan average 57 Fps, stabil saat dimainkan, dan problem hanya pada frame drop pada saat loading texture.

Selain itu, kapasitas memori dari Galaxy A52 ini juga tersedia dengan  8 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB. Slot yang tersedia yaitu SIM Tray Hybrid (2 Nano SIM atau 1 Nano SIM + Micro SD), sehingga pengguna bisa mengekspansi kapasitas memori penyimpanan tanpa mengorbankan SIM Card, jika diperlukan.

Desain Modern

Desain dari Galaxy A52 ini bisa dikatakan elegan dan stylish yang hadir dengan beberapa warna yaitu Black, Blue, Violet, dan White. Desain tombol dari ponsel ini yaitu tombol volume dan power berada di sisi kanan, dan sisi kiri benar-benar kosong.

Bagian bawah terdapat jack audio 3,5 mm, mikrofon, port USB-C, dan speaker utama. Bodi belakang dari ponsel ini memiliki tekstur matte yang bebas sidik jari dengan desain kamera yang menonjol yang disusun secara vertikal atau memanjang.

Ponsel ini berukuran 159.9 x 75.1 x 8.4 mm dengan bobot yang cukup ringan yaitu 189 gram. Selain itu, Galaxy A52 ini juga telah dilengkapi sertifikasi IP67 yang membuat ponsel ini tahan air dan debu.  Kedalaman maksimal 1 meter selama 30 menit. Penting untuk diperhatikan bahwa kondisi IP67 ini hanya berlaku untuk air tawar saja, bukan di air kolam renang ataupun air laut.

Baca juga: Penasaran? Ketahui Lebih Lanjut Samsung Galaxy A Series

Kamera Mumpuni

Untuk masalah fotografi, Samsung memang juaranya. Walaupun termasuk ke dalam smartphone  di kelas mid-range, Samsung Galaxy A52 ini telah didukung oleh quad kamera. Jadi, ada empat kamera utama yang juga dilengkapi flash dan disematkan pada bagian belakang ponsel.

Kamera utama memiliki resolusi yang tinggi dengan 64 MP, dengan dukungan lensa wide 12 MP, serta lensa makro dan depth 5 MP. Terdapat juga fitur Pro Mode yang dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan menciptakan efek bokeh yang keren. Night Mode pada ponsel ini juga sudah mumpuni, karena dapat menghasilkan gambar yang jelas.

Untuk kamera depan juga telah beresolusi 32 MP yang memiliki fitur deteksi wajah, mode potret, dan mode selfie yang cantik. Selain itu, kameranya juga dapat merekam video sampai dengan kualitas 4K dengan kecepatan 30 fps. Hasil gambar dari ponsel ini dapat dilihat pada gambar berikut :

Hasil kamera samsung a52
Sumber : Youtube Riswan Zone
Hasil kamera samsung a52
Sumber : Youtube Riswan Zone

Baterai Tahan Luar Biasa

Selain fitur kamera yang canggih, Samsung Galaxy A52 ini juga dilengkapi baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 4500 mAh dengan tipe baterai Li-Po. Hal ini membuat Galaxy A52 sedikit lebih turun dari pendahulunya yaitu Samsung A32 yang berkapasitas 5000 mAh, namun untuk pengisian daya, Galaxy A52 lebih cepat dibandingkan A32. Di samping itu, ponsel ini juga telah didukung pengisian daya cepat atau fast charging 25 W, cocok untuk kamu yang sangat  mobile dalam keseharian karena tidak membutuhkan waktu lama untuk pengisian daya.

Selain itu, fitur Adaptive Charging yang ada pada pnsel ini juga memungkinkan baterai terisi penuh, tepat sebelum digunakan untuk menghindari siklus konstan antara 99 sampai 100 persen. Fitur adaptive charging ini dirancang untuk menjaga kesehatan baterai selama mungkin dengan mengurangi kerusakan siklus pengisian daya pada baterai.

Samsung Galaxy A52 ini juga telah diuji coba ketahan baterainya untuk bermain game. Nextren melakukan pengujian dengan memaikan game genshin impact pada Galaxy A52. Hasilnya setelah dipakai 60 menit untuk bermain game, ponsel ini masih memiliki daya baterai sebanyak 82%, hanya berkurang 18% dari mode baterai penuh. Sensor yang tersedia pun juga cukup lengkap, mulai dari Light sensor, acceleration, Proximity, Compass, hingga Gyroscope.

Layar AMOLED

Spesifikasi terakhir dari Samsung tipe ini yang akan kita bahas adalah layarnya. Didukung oleh layar AMOLED beresolusi FHD+, membuat layar ini semakin unggul untuk digunakan dalam scrolling sehari-hari, menonton video, maupun bermain game.

Layar dari Samsung Galaxy A52 juga cukup luas dengan berukuran 6.5 inch dan resolusi layar 1080 x 2400 pixels yang dapat mencapai tingkat kejernihan 800 nits. Di samping itu, juga terdapat fitur Eye Comfort Shield yang dapat mengurangi cahaya biru dan melindungi mata, serta fitur Real Smooth menjaga tayangan tetap halus, baik saat anda sedang bermain game atau pun scrolling,

Untuk bentangan layarnya adalah 6.5-inch Infinity-O Display.Fitur lainnya yaitu Samsung Galaxy A52 sudah menyediakan fitur fingerprint dan juga fitur face lock. Hal ini tentunya Ini akan memudahkan kamu yang tidak mau ribet membuka password dengan mengetik kata sandi.

Gimana nih Jagoans? Udah tau kan keunggulan dan spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy A52? Tertarik untuk membeli? Daripada bingung buat cari yang original, mending cek di Jagofon aja yuk! Dijamin semua produk yang ditawarkan Jagofon original karena telah melewati lebih dari 90+ tes. Selain itu, kamu juga akan mendapat garansi selama 6 bulan dan pastinya harga di Jagofon lebih terjangkau dibanding platform lain lho Jagoans! Yuk, tunggu apa lagi? Segera dapatkan gadget impian kamu di Jagofon!