JagoHacks

5 Cara Mudah Melacak HP yang Hilang

Cara melacak HP yang Hilang

Di era sekarang ini, handphone atau biasa Jagoans sebut HP menjadi elemen yang penting bagi manusia. Hampir semua kegiatan jarak jauh, menyimpan data pribadi, foto-foto dan video pribadi, dokumen penting, kontak telepon, hampir semua bermuara pada HP. Maka dari itu kita harus menjaga HP kita baik-baik agar tidak berpindah tangan ke orang tidak dikenal.

Jika hal yang tidak diinginkan terjadi, Jagoans jangan khawatir dan jangan panik dulu, apalagi buru-buru membeli HP baru. Yuk kita tarik nafas, relax dan temukan cara melacak HP yang hilang.

Ada beberapa cara melacak HP yang hilang, diantaranya dengan akun Google, Google Maps, IMEI, WhatsApp, dan Jagoans pun bisa melacak HP dalam keadaan dimatikan. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak cara melacak HP yang hilang berikut.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Cara melacak HP yang Hilang
Source: Eraspace

Sedia payung sebelum hujan. Mungkin kiasan ini sudah klise terdengar, tetapi kita memang harus mempersiapkan sesuatu sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Cara melacak HP kamu jika hilang bisa menggunakan Google Maps.

Pasalnya sebelum bisa melacaknya, kamu harus mengaktifkan fitur "sharing location" atau bisa diartikan "berbagi lokasi" dengan akun orang lain yang bisa kamu percaya atau akun alter kamu yang lain. Setelah memastikan fitur berbagi lokasi aktif, yuk kita simak bagaimana mekanisme menemukan HP kamu yang hilang menggunakan Google Maps.

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Klik foto profil kamu yang biasanya terletak di kanan atas, lalu ketuk berbagi lokasi atau location sharing.
  • Pilih opsi waktu untuk pelacakan antara "selama 1 jam / for 1 hour" atau "hingga dinon-aktifkan pengguna / untill you turn this off"
  • Pihak Google akan mencoba mengirimkan email konfirmasi dan kamu harus memasukkan alamat email yang sering kamu akses.
  • Kemudian akan ada pilihan geser ke kanan dan ketuk more untuk memasukkan email lain supaya bisa digunakan untuk berbagi lokasi secara langsung (live) atau sampai lokasi terakhir dimatikan.
  • Ketik kembali alamat email yang kamu percaya untuk memulai proses pelacakan.
  • Kemudian kamu akan bisa melihat titik HP kamu berada dimana atau terakhir dimatikan dimana.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google

Cara melacak HP yang Hilang
Source: CNN Indonesia

Selain menggunakan Google Maps, kamu juga bisa melacak HP yang hilang menggunakan Google. Caranya melalui aplikasi Find My Device. Hal ini akan berhasil dengan syarat kamu harus hafal password akun Google kamu dan fitur location di HP kamu harus tetap aktif. Yuk kita simak bagaimana caranya mencari HP yang hilang menggunakan Google via Find My Device.

  • Pertama kamu harus mecari laptop, tablet, smartphone, atau device apapun yang bisa membuka browser.
  • Kemudian kamu harus memasukkan alamat website berikut: google.com/android/find dan izinkan Google untuk mengakses lokasi HP kamu.
  • Silakan Log In menggunakan akun Google di HP kamu yang hilang.
  • Jika pada HP yang hilang terdapat berbagai macam akun Google, kamu harus memasukkan akun Google default atau akun primary kamu.
  • Jika akun Google tersebut digunakan di berbagai device, pilih device yang hilang.
  • Kemudian akan muncul pemberitahuan melalui Google Play Service terkait informasi lokasi dari HP yang hilang.
  • Kemudian akan muncul titik lokasi yang dicari. Namun titik tersebut berpotensi kurang akurat dan harus dicek kembali kapan titik terakhir HP yang hilang berada.
  • Setelah memastikan titik yang akan dituju, langsung datang ke lokasi, kemudian kamu bisa menggunakan fitur Play Sound atau Putar Suara untuk mengetahui dimana lokasi tepatnya HP kamu. Suara ini akan tetap beerbunyi dibarengi dengan getar selama 5 menit tanpa henti walaupun HP kamu dalam keadaan mode senyap.
  • Jika HP kamu masih tidak diketahui keberadaannya, ada fitur lain yang memungkinkan kamu mengunci layar HP kamu melalui fitur Secure Device atau Amankan Perangkat. Dengan fitur ini kamu bisa mengunci HP kamu menggunakan password, PIN atau pola serta bisa mengirimkan pesan ke layar HP kamu.
  • Ada fitur lain yang sangat extrim, yaitu hapus perangkat atau Erase Device. Fitur ini akan menghapus semua data yang ada di internal storage kamu. Jika data yang ada di HP kamu sangat penting, fitur ini akan sangat berguna. Namun perlu dicatat bahwa jika kamu mengaktifkan fitur ini, kamu tidak akan bisa melacak HP kamu lagi.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

Cara melacak HP yang Hilang
Source: Tekno Kompas

Jika manusia memiliki sidik jari, HP mempunyai IMEI (International Mobile Equipment Identity). Begitulah kira-kira perumpamaan yang pas menggambarkan IMEI. IMEI sendiri adalah kode unik yang terdapat pada setiap perangkat HP dan kode tersebut berbeda antara satu perangkat dengan perangkat lainnyaa.

Sebaiknya ketika kamu membeli HP baru, kamu menyimpan IMEI HP kamu di tempat yang aman, seperti di folder khusus atau folder cloud seperti Google Drive atau penyedia Cloud Storage lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah jika terjadi kehilangan. Jika HP kamu kehilangan, kamu bisa melacak HP kamu hanya dengan informasi IMEI tersebut.

Sebelum membahas cara melacak HP yang hilang dengan IMEI, untuk Jagoans yang belum tahu cara melihat IMEI, berikut caranya:

  • Cara pertama yaitu masuk ke aplikasi panggilan, lalu ketik *#06# lalu nomor IMEI akan langsung muncul secara otomatis. Kamu bisa screenshot IMEI nya dan simpan di tempat yang aman.
  • Cara kedua yaitu melalui setting, kemudian pilih About Phone atau Tentang Ponsel, kemudian informasi IMEI akan langsung muncul. Screenshot IMEI kemudian simpan di tempat yang aman.

Nah, jika kamu sudah memiliki informasi IMEI HP kamu yang hilang, kamu bisa langsung mencari lokasi HP kamu yang hilang melalui kantor Kepolisian terdekat.

Kamu bisa membuat laporan dan menyerahkan informsi IMEI HP kamu ke pihak Kepolisian. Cara ini akan sangat membantu dan sangat akurat walau membutuhkan usaha yang lebih saat membuat laporan.

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Cara melacak HP yang Hilang
Source: Kabar Warga

Keadaan terburuk yang akan kita hadapi adalah saat melacak HP yang hilang dalam keadaan mati. Kita tidak bisa telfon, tidak bisa mengirimkan pesan, pun tidak dapat melacak lokasi secara langsung (live).

Namun jika hal itu terjadi kita masih bisa melacak keberadaan terakhir HP kita dimana. Berikut cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati.

  • Buka aplikasi Google Maps di smartphone atau tablet
  • Ketuk foto profil, biasanya di bagian kanan atas kemudian tambahkan akun baru dengan cara mengetuk ikon segitiga terbalik yang letaknya di sebelah kanan foto profil.
  • Kemudian tambahkan akun baru dengan mengetuk "tambahkan akun lain" atau "add another account".
  • Masukkan akun Google yang sama dengan yang ada pada HP Jagoans yang hilang.
  • Kemudian setelah selesai memasukkan akun Google, Jagoans langsung klik "linimasa" atau "your timeline"
  • Setelah itu, Jagoans bisa melihat pergerakan HP sampai akhirnya HP Jagoans dimatikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan WhatsApp

Cara melacak HP yang Hilang
Source: SINDOnews

Cara berikutnya untuk menemukan HP Jagoans yang hilang adalah dengan menggunakan WhatsApp. Yuk kita simak langkah melacak HP yang hilang dengan WhatsApp.

  • Ketuk aplikasi WhatsApp di HP yang lain kemudian cari kontak HP kamu yang hilang.
  • Kemudian mulai chat dengan mengirimkan fitur "bagikan lokasi terkini" atau "share live location" dengan cara ketuk icon lampiran, kemudian pilih lokasi atau"location" kemudian ketuk "bagikan lokasi terkini" atau "share live location" .
  • Kemudian akan ada pilihan berapa lama fitur ini akan berbagi lokasi, kemudian pilih yang 8 jam lalu klik lanjutkan.
  • Fitur bagikan lokasi terkini sekarang sudah terkirim ke HP kamu yang hilang.
  • Kemudian ketuk lokasi terkini yang dikirim dan ketuk "melihat lokasi terkini pada kotak pilihan"
  • Setelah berhasil membaikan lokasi terkini, kamu bisa langsung ketuk "dapatkan arah" dan pindah ke Google Maps untuk mencari lokasi yang dituju.

Kesimpulan

Kehilangan HP memang bisa membuat frustasi dan memakan banyak waktu kamu untuk mencarinya. Namun dari kondisi terburuk ini kamu bisa menggunakan cara melacak HP yang hilang menggunakan cara-cara di atas. Mungkin untuk langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum kejadian tidak mengenakan terjadi adalah membuat back-up IMEI, email dan password email jangan sampai lupa. Kamu bisa langsung menggunakan fitur Find my Device karena banyak fitur yang memungkinkan bertambahnya kesempatan buat kamu menemukan HP kamu. Jika cara tersebut belum berhasil, Jagoans bisa langsung membuat laporan dan meminta bantuan dari pihak kepolisian.

Nah, kalau Jagoans harus mencari HP pengganti, bisa cek katalog kita dan dijamin kamu akan mendapatkan kualitas yang bagus dan ga bakal nyesal pasti!