JagoHacks

5 Cara Paling Ampuh Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Terkadang kita panik saat ada foto yang terhapus secara tidak sengaja. Namun ternyata cara mengembalikan foto yang terhapus di HP itu sangat mudah, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus bertanya ke teman yang mengerti bidang IT atau pergi ke service center.

Selain itu, ada kasus foto terhapus sendiri saat HP kamu terjadi kerusakan. Maka dari itu sebelum hal yang tidak mengenakan terjadi, kamu harus rajin back up foto kamu ya Jagoans.

Berikut beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP.

Mengembalikan Foto dengan Google Photos

Source: PCMag

Jagoans, jika kamu ingim memulihkan foto yang dihapus terutama dari HP Android seperti Samsung S10 Plus, kamu bisa cek aplikasi Google Photos. Namun sebelumnya kamu harus pastikan dulu, apakah kamu sudah mengaktifkan pencadangan melalui Google Photos atau belum. Jika sudah kamu bisa menggunakan cara memulihkan foto yang dihapus di HP dengan Google Photos berikut:

  • Buka apliakasi Google Photos pada smartphone kamu
  • Pada bagian bawah, ada pilihan Galeri Foto, kemudian ada ikon tempat sampah
  • Foto yang dihapus atau terhapus akan ada didalamnya
  • Tekan foto selama beberapa detik kemudian ketuk Pulihkan. Foto akan kembali ke tempat semula.

Memakai Aplikasi Pemulihan Foto

Source: windowsreport

Sebenarnya ketika kamu menghapus foto di HP, ada beberapa saat foto tersebut belum benar-benar hilang, namun memang tidak bisa dicari tanpa bantuan aplikasi. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi agar kamu tahu cara memulihkan foto yang dihapus di HP.

DiskDigger Photo Recovery

Source: wondershare recoverit

Aplikasi ini sangat berguna buat kamu yang ingin mengembalikan foto yang terhapus di HP. Pasalnya tanpa harus melakukan root di smartphone, kamu langsung bisa menjalankan aplikasi ini. Namun memang akses akan sedikit terbatas jika kamu tidak melakukan root pada smartphone kamu.

Dumpster

Dumpster adalah aplikasi sejenis Google Photos yang menyediakan jasa pencadangan data di penyimpanan cloud. Nah, ketika kamu meng-install dumpster di smartphone, aplikasi ini akan mencadangkan foto kamu langsung ke dalam cloud storage mereka, sehinggha jika kamu tidak sengaja atau sengaja menghapus foto kamu, kamu masih memiliki salinan foto kamu di cloud storage Dumpster.

DigDeep Image Recovery

Source: Google Play

Aplikasi yang termasuk sangat berguna dan mudah dioperasikan. Ketika Jagoans memasang aplikasi ini di smartphone, kamu hanya tinggal memindai smartphone kamu, kemudian semua file yang hilang akan muncul kembali, lalu tinggal pilih file mana saja yang kamu mau kembalikan, kemudian tinggal ketuk restore, maka file foto kamu akan kembali.

Mengembalikan Foto di HP Android

Source: JalanTikus

Sebenarnya cara memulihkan foto yang dihapus di HP tidak melulu harus memasang aplikasi dari Google Play Store, aplikasi bawaan untuk mengembalikan foto sudah tersedia di beberapa smartphone. Aplikasi itu adalah My File jika pada HP Samsung, atau Mi File Manager pada HP Xiaomi.

Caranya adalah dengan membuka fitur "Trash" pada aplikasi file manager maka semua file yang telah kamu hapus akan terkumpul di dalamnya. Tidak hanya file foto, semua file termasuk file screenshot, dokumen, dan lainnya akan tampil disana. Kemudian jika kamu ingin mengembalikan file tersebut, kamu tinggal memilih file yang akan dikembalikan, kemudian pilih restore.

Pasalnya memang file foto atau file lainnya yang berada dalam HP kamu tidak akan langsung dihapus secara permanen, namun akan disimpan dalam trash, kemudian jika dalam kurun waktu selama 30 hari file tersebut berada dalam trash, maka file tersebut akan benar-benar hilang secara permanen.

Mengembalikan Foto di iPhone

Source: CNET

Kehilangan file foto atau file pribadi lain di iPhone memang akan membuat harimu tidak mengenakkan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone. Salah satunya adalah menggunakan iCloud.

iCloud adalah sebuah aplikasi penyimpanan yang khusus ditujukan untuk perangkat berbasis sistem operasi iOS. Selain menyediakan storage yang sudah ditetapkan pada iPhone masing-masing, Apple juga menawarkan layanan berlangganan iCloud dengan kapasitas tertentu. Layanan ini sangat sesuai untuk Jagoans yang memiliki banyak berkas, karena berlangganan iCloud dapat meningkatkan keamanan berkas kamu, terutama jika suatu saat kamu masih memerlukan dokumen tersebut.

iCloud juga memberikan fitur kepada pengguna untuk memulihkan foto yang telah terhapus secara permanen. Untuk melakukannya, pastikan akun iCloud Jagoans sudah terdaftar pada iPhone mu ya. Selanjutnya, buka menu "File" di iPhone kamu, lalu masuk ke opsi "Recently Deleted." Pilih foto yang ingin kamu pulihkan, klik "Recover," dan file foto dan file lainnya akan kembali ke lokasinya semula.

Mengembalikan Foto yang Terhapus lewat Komputer

Cara lain untuk memulihkan foto kamu yang terhapus di HP adalah dengan memakai bantuan laptop. Untuk mengoperasikan cara ini, kamu membutuhkan kabel data USB sebagai penghubung antara smartphone dan laptop kamu. Kemudian kamu harus memastikan sudah mengaktifkan setting USB debugging pada smartphone mu.

Buat kamu yang belum tahu caranya mengaktifkan USB Debugging, secara umum kamu bisa membukanya dengan langkah: Settings > About phone > Software information > Build number (Samsung), kemudian ketuk berulang Build Number sampai kamu mendapatkan pesaan "You are now a developer!". Kemudian keluar ke menu Settings, dan Developer Option terletak di bagian paling bawah.

Setelah mengaktifkan USB Debugging, Jagoans harus menginstall software di laptop. Adapun beberapa software rekomendasi kami yaitu:

  • EaseUS. Software ini terkesan simple namun sangat berguna dan mudah untuk digunakan. Jagoans hanya perlu mengunduh software di laman asli EaseUS kemudian install. Kemudian kamu harus menghubungkan Laptop dengan HP menggunakan kabel USB dan mulai pindai HP kamu. Kemudian setelah dipindai, kamu bisa memilih file foto apa saja yang ingin dipulihkan.
  • Dr. Fone. Tidak jauh berbeda dengan EaseUS, Dr. Fone juga dapat membatu kamu memulihkan foto yang hilang dari penyimpanan internal HP kamu. Caranya cukup sama dengan EaseUS namun fitur yang ditawarkan agak sedikit lebih banyak.

Kedua software di atas adalah contoh software yang berguna untuk kamu yang mencari cara memulihkan foto yang dihapus di HP. Jagoans, sebelum kamu menggunakan cara-cara di atas, alangkah baiknnya mencadangkan foto yang ada di smartphone kamu di cloud storage agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Kehilangan foto di HP memang bisa membuat harimu buruk, maka dari itu alangkah baiknya kamu menginstall aplikasi pencadangan cloud seperti Google Photos atau aplikasi lain yang menyediakan layanan penyimpanan cloud. Namun ada beberapa smartphone yang  memiliki aplikasi bawaan penyedia penyimpanan cloud seperti Samsung dan iPhone. Jika kamu mau switch HP kamu dengan versi yang lebih baik, kamu bisa lihat katalog Jagofon untuk meyakinkan keinginan kamu. Karena berbelanja di Jagofon akan terjamin kualitasnya dan dipastikan ga akan rugi.