JagoNews

April 28, 2023

5 Ciri Toko Online Smartphone Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu!

Hingga saat ini, masih ada banyak sekali penipuan yang terjadi pada transaksi jual beli secara online. Salah satu industri yang rasanya paling 'nyesek' adalah transaksi di toko elektronik, entah itu beli handphone, laptop, komputer, dsb.

Jadi, bagaimana cara melacak toko online smartphone terpercaya?

Walaupun ada, tapi jarang sekali penipuan terjadi pada transaksi offline. Hal ini dikarenakan kamu sebagai pembeli dapat melihat barangnya secara langsung dan biasanya dilakukan uji coba di tempat.

Selain memperhatikan penipuan pada produknya, kamu juga harus berhati-hati pada pengisian data di situs web. Jika situs webnya tidak dapat dipercaya, informasi mengenai data pribadi kamu seperti nama, nomor KTP, hingga kartu kredit kamu bisa bocor. Data tersebut dapat disalahgunakan oleh si penipu untuk hal yang tidak diinginkan.

Jagofon adalah toko online smartphone terpercaya. Sistem transaksi di Jagofon termasuk aman karena menggunakan akun untuk melakukan transaksi, bukan hanya sekedar memasukkan informasi tanpa dilindungi akun atau kata sandi.

Berikut adalah informasi penting agar kamu bisa mengetahui toko online terpercaya dan tidak tertipu untuk membeli perangkat elektronik atau produk lainnya.

Ciri-ciri situs toko terpercaya

Di zaman yang semakin maju ini, para penipu bisa saja melakukan berbagai cara untuk menjebak targetnya. Bahkan, ada juga penipu yang bermodal waktu dan tenaga sehingga terlihat seperti toko online terpercaya.

Meskipun dengan embel-embel “toko online terpercaya”, itu hanya branding yang dibuat untuk mengelabui targetnya.

Maksudnya, banyak penipu yang tak kasat mata jika tidak ditelusuri dengan seksama. Maka itu, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Situs web yang aman dilengkapi dengan sertifikat SSL, bertuliskan ‘https:’ dengan logo gembok yang terkunci. Contohnya seperti situs Jagofon yang aman karena memiliki SSL dan logo gembok.
  • Tidak hanya watermark, foto atau video produk yang ditampilkan asli dan berbeda dari toko lainnya.
  • Hal yang terpenting adalah adanya testimoni nyata yang tidak dibuat-buat. Jumlah pengikut yang banyak tidak menentukan seberapa terpercayanya suatu toko, karena saat ini semua hal bisa dibeli.
  • Perusahaan atau toko memiliki alamat dan nomor telepon yang jelas. Maksudnya adalah si penjual berani untuk menjadi transparan, meskipun terlihat hal kecil namun ini merupakan salah satu ciri yang penting untuk menumbuhkan kepercayaan.
100+ Online Shopping Pictures [HD] | Download Free Images on Unsplash

Jagofon sebagai toko second elektronik terpercaya

Kalau kamu belum tahu mengapa Jagofon dikenal sebagai toko second elektronik terpercaya, berikut adalah alasannya:

  • Semua perangkat elektronik telah melewati tahap uji coba secara rinci.
  • Selain itu, produk telah dibersihkan secara profesional tanpa merusak komponen yang ada.
  • Produk second yang dijual 100% berfungsi, laporan uji coba perangkat diberikan dengan QR Code sehingga pembeli mengetahui kondisi produknya.
  • Perangkat elektronik yang dijual bukanlah barang hilang atau barang curian.
  • Jagofon dapat memberikan garansi pengembalian uang dalam 7 hari hingga 30 hari.
  • Terverifikasi IMEI dan taat regulasi.
  • Aksesoris pada perangkat baru, dan
  • Membantu mengurangi limbah elektronik di Indonesia.

Testimoni pelanggan Jagofon

Data dari Shopify menunjukkan bahwa 67% pelanggan akan membaca testimoni pada toko atau produk dan sebanyak 80% akan dipengaruhi oleh komentar negative dan dapat merubah pikirannya untuk membeli produk tersebut.

Data tersebut menunjukkan bahwa testimoni dapat dikatakan merupakan salah satu penentu keputusan yang cukup besar dalam melakukan transaksi. Bahkan, testimoni dapat berperan menjadikan sebuah toko menjadi toko online terpercaya.

Testimoni yang diberikan pada Jagofon adalah bintang 4 hingga 5, yang dapat dikatakan cukup memuaskan.
Berikut adalah beberapa testimoni yang diberikan oleh Jagoan, pelanggan dari Jagofon, toko yang menjual elektronik second terpercaya:

Aku kasih bintang 5 buat Jagofon! Servicenya fast response banget dan bisa kasih pilihan yang intinya bisa bikin buyer lebih puas dan ga rugi buat beli hpnya. Good job!
Alhamdulillah ga ada kendala sama sekali, produknya juga ga ada cacat masih mulus banget kaya baru
Aku rekomendasi ke kalian yang punya low budget tapi mau cari web aman dengan produk berkualitas. Pelayanan yang ramah dan ga akan kecewa.

Hadirnya Jagofon di berbagai media

Saat ini, penggunaan media sosial sudah dapat dijadikan sebagai branding pada sebuah merek bahkan individu.

Selain meningkatkan kesadaran merek, media sosial berfungsi juga untuk meningkatkan kepercayaan.

Meskipun banyak penipu yang niat untuk menggunakan media sosialnya sebagai alat dengan membeli pengikut dan mengambil foto atau video orang lain, kamu perlu untuk dapat membedakan mana akun yang asli dan akun penipu.

Tidak usah ragu lagi dengan Jagofon sebagai toko online smartphone terpercaya. Jagofon sendiri memiliki media sosial yang memiliki pengikut yang cukup aktif, sehingga menjadikannya media dua arah dan dapat merespon pelanggan dengan lebih cepat.

Facebook Jagofon sudah memiliki sekitar 2,000 pengikut dan penyuka dengan cara organik.

Pada Instagram Jagofon juga terdapat banyak komentar dari pelanggan yang dimaksudkan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dengan cara seperti menjawab pertanyaan.

Untuk sebuah perusahaan yang membuka toko untuk jual beli online, hampir tidak ada yang memiliki akun LinkedIn. Tapi Jagofon mempunya akun LinkedIn, yang mana kredibilitas dan profesionalitasnya cukup baik.

Beberapa contoh kasus penipuan

Seperti yang sudah dibahas di awal, penipuan dalam transaksi elektronik sangatlah menyayat hati. Betapa pentingnya bagi kamu untuk mengetahui toko online smartphone terpercaya. Berikut adalah contoh kasus penipuan pada jual beli elektronik:

  • Budi ingin membeli iPhone 11 Pro Max dengan harga 1.550.000 dan diminta tambahan uang sebesar 5.900.000 sebagai uang jaminan.
  • Tina ingin membeli handphone Oppo Reno 5 dengan harga 900 ribu, tambahan 2 juta atas ancaman akan diblacklist.
  • Seorang ibu membeli Redmi Note 10S seharga 2 juta dan dikirim kotan handphone berisi kertas.

Dari contoh tersebut, kita dapat melihat pola penipuan yang paling jelas terlihat adalah adanya biaya tambahan yang dimina diluar harga produk.

Lain halnya jika dikirim produk yang tidak sesuai, selama ada video unboxing mungkin dapat dilaporkan.

Jika sebuah toko ingin menjual produk dengan jujur, mereka tidak perlu untuk meminta tambahan uang untuk jaminan dan sebagainya.

Semua handphone diatas bisa kamu dapatkan dari Jagofon, tidak perlu mencari ke toko yang tidak jelas kredibilitasnya dan belum ada testimoninya.

Terkejut Bukan Main! si Cewek Beli Hp Baru Rp2,5 Juta di Olshop, Isinya  Malah Batu | Dream.co.id

Be a Smart and Wise Buyer

Jika kamu sudah mengetahui ciri-ciri situs toko penipuan atau toko online terpercaya, kamu dapat menjadi lebih cermat dan bijak dalam melakukan transaksi, terutama pada platform online yang produknya tidak dapat kamu rasakan secara langsung.

Hal yang perlu kamu catat adalah jangan terlalu tergiur dengan harga yang sangat rendah dibawah harga pasaran, karena produk tersebut biasanya bersumber dari black market yang kualitasnya kurang, seperti nomor IMEI tidak terdaftar, produk refurbish, atau barang kw.Kalau yang kamu cari adalah perangkat elektronik yang terpercaya, jangan ragu untuk transaksi di Jagofon aja, karena Jagofon adalah toko online smartphone terpercaya.

Share on: