Product

November 22, 2023

5 Kelebihan dan Kekurangan iPad Mini 6 (2021)

Saat memilih antara iPad Mini dan iPad standar, hal utama yang kamu pertimbangkan pasti adalah ukuran layarnya. Sesuai dengan namanya, iPad Mini itu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan iPad lainnya. Hal ini menjadikannya lebih mudah dibawa kemanapun, dapat masuk ke saku, dan sangat nyaman untuk digenggam.

Kalau iPad standar memiliki layar yang lebih besar, jadi lebih cocok untuk kamu yang perlu multitasking dan bekerja dengan banyak ruang layar. Jadi, pilihannya sebenernya tergantung kebutuhan Jagoans. Kalau kamu suka yang lebih portable dan mudah dibawa-bawa, iPad Mini bisa jadi pilihan yang tepat!

Source: Tenor Share

Apple baru saja merilis versi iPad Mini terbarunya pada tahun 2021 lalu, yaitu iPad Mini 6. Perangkat ini merupakan tablet yang menghadirkan kombinasi daya komputasi tinggi dalam desain yang ringkas. Dengan layar yang menakjubkan, perangkat ini memberikan pengalaman visual yang tajam dan jernih untuk kebutuhan hiburan, produktivitas, serta kreativitas.

Dengan kombinasi kehandalan, kecepatan, dan portabilitas, iPad Mini 6 menjadi pilihan yang menarik bagi Jagoans yang mencari tablet kuat dalam paket yang lebih kecil. Pada setiap perangkat, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Biasanya hal tersebut tergantung pada kebutuhan penggunaan juga. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan dari iPad Mini 6? Mari kita bahas bersama, Jagoans!

Baca juga: Spesifikasi Harga Terbaru Apple iPad Mini 4 Tahun 2023

Kelebihan iPad Mini 6 (Tahun 2021):

1. Performa yang Ditingkatkan

iPad Mini 6 mengalami peningkatan performa yang signifikan,  dengan penggunaan chip terbaru dari Apple yaitu Apple A15 Bionic yang sama digunakan pada iPhone 13 seriers. Keberadaan Neural Engine pada chip A15 Bionic ini memperkuat kemampuan kecerdasan buatan, meningkatkan pengalaman Jagoans dalam pengenalan pola wajah, serta mempercepat proses data.

Dengan konfigurasi enam inti CPU dan empat inti GPU, iPad Mini 6 memberikan kinerja yang lebih cepat dan responsif, serta kemampuan lebih mantap untuk menjalankan aplikasi berat, bermain game, dan tugas-tugas multitasking.

2. Desain dan Tampilan yang Diperbarui

Source: Smart Club

Perangkat ini mendapatkan desain yang lebih segar, dengan layar yang berdimensi 8,3 inci dan resolusi 1488 x 2268 pixel. iPad yang satu ini memiliki desain bezel yang lebih tipis dibanding versi sebelumnya, untuk memaksimalkan area layar.

Pad Mini 6 menampilkan desain yang modern dengan sudut yang membulat, dan pemilihan warna yang menarik. Bodi iPad Mini 6 didesain dengan detail, termasuk integrasi sensor Touch ID yang terletak pada tombol daya. Hal ini dapat menambah kenyamanan dan memastikan keamanan perangkat Jagoans.

3. Teknologi Layar Terbaru

iPad Mini 6 hadir dengan teknologi layar Liquid Retina dan memiliki refresh rate yang cukup pengalaman pengguna yang lebih mulus dan responsif. Perangkat ini memiliki tingkat kecerahan tertinggi mencapai 518 nit dan kecerahan terendahnya mencapai 0.391 nit. Resolusi yang ditingkatkan dan warna yang lebih akurat juga diunggulkan pada iPad Mini 6 ini.

Terdapat juga teknologi True Tone menyempurnakan pengalaman visual dengan warna-warna yang hidup dan kontras yang tajam. Layar secara otomatis menyesuaikan suhu warna dengan caha sekitar, dan menciptakan tampilan yang nyaman dan natural dalam berbagai kondisi pencahayaan.

4. Peningkatan Kamera

Source: Info Full

Seperti kebanyakan produk Apple, peningkatan kualitas kamera merupakan hal yang wajar untuk versi terbaru. Ini bisa mencakup peningkatan kualitas foto dan video, serta fitur-fitur fotografi yang lebih canggih. iPad Mini 6 dilengkapi dengan kamera belakang 12 MP dan  f/1.8 dan kemampuan merekam video berkualitas 4K.

Lalu juga terdapat kamera depan Ultra Wide memberikan fleksibilitas dalam pengambilan gambar dan video. Sebenarnya sangat jarang orang menggunakan iPad untuk merekam maupun mengabadikan momen penting. Namun, dengan iPad mini 6 ini, kualitas hasil foto dan video kalian dijamin tidak kalah bagus dengan iPhone Series.

5. Dukungan untuk Aksesori Baru

Source: Town Green

iPad Mini 6 didukung teknologi canggih, yang tidak hanya meningkatkan kinerja secara keseluruhan tetapi juga mendukung fitur-fitur yang belum ada pada versi sebelumnya. iPad ini menyajikan dukungan hadirnya port USB-C yang dapat memudahkan kalian untuk mengisi daya dari iPad milikmu. Perangkat ini juga sudah dibekali dengan kemampuan koneksi 5G yang semakin memperluas fungsionalitasnya.

Terdapat pembaruan dukungan untuk Apple Pencil generasi kedua, yang memungkinkan kamu untuk mengekspresikan ide dan kreativitasmu dengan presisi tinggi di layar tablet mini. Dengan adanya fitur kemampuan Double Tap untuk beralih antara alat gambar, Apple Pencil menjadi pasangan yang sempurna untuk tugas-tugas desain, sketsa, dan membuat notes.

Selain itu, Smart Keyboard juga merupakan tambahan yang berguna untuk meningkatkan produktivitasmu. Dengan koneksi magnetik yang kokoh, keyboard dapat dengan mudah terpasang pada iPad Mini 6. Apple juga menyediakan berbagai pilihan casing pelindung dan aksesoris, seperti Smart Folio yang dapat melindungi perangkatmu.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Apple iPad Mini 3 Tahun 2023

Kekurangan iPad Mini 6 (Tahun 2021):

1. Harga yang Meningkat

Peningkatan dalam spesifikasi dan teknologi baru seringkali diikuti oleh kenaikan harga. Hal ini membuat iPad Mini 6 menjadi satu perangkat yang cukup mahal dan kurang terjangkau bagi beberapa konsumen, jika dibandingkan dengan iPad standar maupun iPhone.

Terkadang ada beberapa kegiatan dengan menggunakan tablet yang lebih sempurna apabila ditampilkan pada layar yang besar. Pasalnya memang iPad Mini dan iPad standar berbeda secara layar saja. Hal ini menjadi pertimbangan bagi Jagoans yang sedang mencari perangkat dengan nilai tambah dari segi ukuran layar.

2. Keterbatasan Layar Kecil

Source: Phone Arena

Meskipun ukuran layar yang lebih kecil membuatnya portabel, hal ini juga dapat menjadi kendala saat melakukan multitasking atau bekerja dengan aplikasi yang memerlukan layar yang lebih besar. Misalnya, untuk menonton film atau menikmati konten visual lainnya. Dengan layar yang lebih besar pada iPad model lain, mungkin Jagoans akan mendapatkan pengalaman visual yang lebih memuaskan.

3. Daya Tahan Baterai Menurun

Daya tahan baterai iPad Mini 6 tergantung pada berbagai faktor, termasuk penggunaan perangkat, jenis aplikasi yang digunakan, dan pengaturan layar. Dengan kapasitas baterai yang disesuaikan untuk ukuran perangkat yang lebih kecil, iPad Mini 6 dapat memberikan daya tahan yang baik untuk penggunaan sehari-hari.

Penggunaan yang ringan, seperti membaca, berselancar di internet, atau menonton video dalam jumlah terbatas, dapat memperpanjang masa pakai baterai perangkat. Namun, penggunaan yang lebih intensif, seperti bermain game berat atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan daya komputasi tinggi, dapat memperpendek masa pakai baterai.

Selain itu, faktor-faktor seperti koneksi seluler atau Wi-Fi, kecerahan layar, dan fitur-fitur lain yang aktif juga memengaruhi daya tahan baterai. Tetapi daya tahan baterai bergantung kembali antara pengguna dan situasi penggunaan.

4. Tanpa Dukungan Refresh Rate tinggi

Source: Phone Arena

Refresh rate yang lebih tinggi dapat memberikan pengalaman yang lebih responsif dan halus, terutama saat menggulir konten atau bermain game. Dengan desain yang lebih ringkas, iPad Mini 6 ini jadi memiliki keterbatasan pada refresh rate yang tidak bisa terlalu tinggi. Perangkat ini memiliki hasil yang paling maksimal hanya 60Hz saja.

5. Tanpa adanya 3.5mm Jack

Untuk beberapa tugas produktivitas, seperti pengeditan video, mendengarkan musik dan menonton film, perlu adanya dukungan dari Bluetooth Earphone. Nyatanya memang produk Apple keluaran terbaru sudah tidak menyediakan lagi port untuk 3.5mm Jack. Kita diharuskan untuk menggunakan Bluetooth Earphone.

Kesimpulan

Dengan segala kelebihan dan kekurangan tersebut, pilihan untuk membeli iPad Mini 6 sangat tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Jagoans. Jika portabilitas dan performa tinggi adalah prioritas utama kamu, iPad Mini 6 bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Namun, jika kamu memerlukan layar yang lebih besar atau anggaran yang lebih murah, mungkin kamu perlu mempertimbangkan alternatif lain.

Kalau kamu tertarik dengan perangkat iPad Mini 6 ini, kamu bisa mendapatkannya di Jagofon sekarang juga! Kamu juga bisa melihat produk-produk lainnya, dengan brand selain Apple di katalog Jagofon. Apabila ada pertanyaan terkait yang masih belum kamu pahami, jangan sungkan bertanya kepada kami disini, ya.

Share on: