Product

5 Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro Yang Sudah Lebih Murah Tahun 2023

Bagi Jagoans yang belum tahu, di tahun 2018, smartphone Xiaomi mempunyai sub-brand smartphone bernama Poco. Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia mengungkapkan bahwa brand Poco akan berfokus untuk menghadirkan smartphone dengan performa terbaik dengan harga terjangkau.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas Poco X3 Pro, termasuk kekurangan dan kelebihannya. Pocos X3 Pro ini juga yang banyak digandrungi para pecinta smartphone mid-range, karena menawarkan berbagai fitur menarik dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan Poco X3 Pro

Sumber : Radar Jabar

Diluncurkan perdana pada 2021, Poco X3 Pro ini di bandrol dengan harga 3,5 sampai 4 jutaan. Tapi jangan khawatir Jagoans, di tahun 2023 ini tentunya kamu bisa menikmati berbagai fitur menarik dari X3 Pro karena harganya sudah turun menjadi lebih terjangkau yaitu berkisar 2 jutaan saja.

Prosesor Gahar

Poco X3 Pro sudah dilengkapi dengan chipset chipset Snapdragon 860 yang mumpuni walaupun X3 Pro masih termasuk smartphone kelas mid range. Berbicara soal RAM, X3 Pro dibekali RAM dengan 6 GB dan 8 GB. Terdapat pilihan memori internal yang berkapasitas 128 GB dan 256 GB.

Hal ini membuat smartphone besutan Poco ini mempunyai performa yang baik untuk aktivitas sehari-hari dan sangat mumpuni  jika digunakan untuk bermain game. Pasalnya, Poco X3 Pro telah didukung GPU Adreno 640 yang cocok untuk bermain game, serta teknologi LiquidCool Technology 1.0 Plus yang bisa meredakan panas.

Cocok untuk Jagoans yang ingin mencari smartphone gaming dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau.

Bertenaga mumpuni

Daya tarik dari Poco X3 pro ini salah satunya yaitu didesain dengan dual tekstur pada bagian belakang smartphone yaitu dengan strip kroma reflektif di tengah dan tekstur logam di samping.

Selain itu Poco X3 pro ini juga didesain untuk anti sidik jadi dan juga dilengkapi corning gorilla glass 6 yang tahan goresan. Untuk Jagoans yang memiliki mobilitas tinggi, smartphone ini juga telah didukung teknologi pengisian daya cepat (fast charging) 33 watt berkapasitas 5160 mAh yang memungkinkan pengguna mengisi ulang daya kurang dari satu jam.

Kamera ciamik

Disamping kelebihannya yang menggunakan chipset mumpuni dan baterai berkapasitas besar, Poco X3 Pro juga memilki fitur kamera yang canggih untuk membuat foto-foto kamu terlihat lebih ciamik.

Hadir dengan Quad Camera yang berteknologi AI, membuat Poco X3 Pro dapat dijadikan pilihan untuk menjawab kebutuhan fotografi kamu lho Jagoans! Masing-masing kameranya beresolusi 48 MP untuk kamera utama, 8 MP untuk ultrawide angle, 2 MP kamera depth, serta 2 MP untuk kamera makro.

Teknologi AI pada smartphone ini juga memudahkan pengguna untuk membidik jauh dan dekat serta fitur dual video  yang dapat merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan yang dapat menghasilkan video menarik dan inovatif. Selfie camera yang beresolusi 20 MP juga dilengkapi dengan mode malam yang dapat membuat selfie kamu tetap bagus walaupun di cahaya yang kurang. Berikut hasil foto dari Poco X3 Pro :

Sumber : Youtube Gadgetin
Sumber : Youtube Gadgetin
Sumber : Youtube Gadgetin

Suara dan Konektivitas

Fitur suara dari Poco X3 Pro ini mengusung speaker stereo ganda, fitur yang cukup luar biasa pada smartphone di kelas mid range. Dengan suara berkualitas studio yang bertenaga baik dan tersertifikasi uji Hi-Res, pengguna akan sangat dimanjakan ketika menggunakan Poco X3 Pro untuk bermain game maupun mendengarkan musik.

Soal konektivitas, Poco X3 Pro mendukung jaringan 5G dan tak ketinggalan fitur NFC yang memudahkan pengguna untuk bertransaksi menggunakan e-money.

Tampilan Menarik

Dimensi keseluruhan dari X3 Pro ini yaitu 165.3 x 76.8 x 9.4 mm dan bobotnya tergolong cukup berat dengan 215 gram. Walaupun tergolong cukup berat, tenaga dari Poco X3 pro ini dapat diacungi jempol.

Daya tarik lainnya dari smartphone yang satu ini yaitu hadir dengan warna-warna yang memberi kesan elegan dam mewah. Warna-warna tersebut terdiri dari Phantom Black, Frost Blue dan Metal Bronze. Sangat cocok untuk Jagoans yang tidak terlalu menyukai warna yang cerah.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 Pro: Review dan Harga Termurah 2023

Kekurangan Poco X3 Pro

Nah Jagoans, setelah ngomongin kelebihannya, gimana? apakah tertarik untuk membeli Poco X3 Pro? Tapi sebelum membeli, pastikan kamu juga sudah mengetahui kekurangannya juga ya!

Kendala Notifikasi

Walaupun memiliki ketahanan baterai yang baik karena didukung oleh teknologi MIUI 12, yang berbasis Android 11, seluruh aplikasi yang ada pada smartphone ini membuat mode hemat daya secara default.

Hal ini menyebabkan notifikasi sering masuk terlambat. WhatsApp juga bisa mengalami keterlambatan pengiriman notifikasi sampai dengan satu jam.

Beberapa aplikasi juga mengalami delay notifikasi, berdasarkan pengujian Mike Lowe dari Pocket Lint. Untuk mengatasi kendala ini, Jagoans harus menyetel satu per satu aplikasi supaya tidak masuk ke mode hemat daya.

HP yang Besar dan Berat

Untuk kamu yang bukan penggemar smartphone dengan ukuran besar dan berat, ada baiknya kamu mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum membeli Poco X3 Pro.

Pasalnya jika melihat dimensinya, yakni 165,3 x 76,8 x 9,4 mm, dan berat 215 gram, smartphone yang satu ini tergolong tebal dan tidak compact. Buat Jagoans yang mencari smartphone handy dan ringan mungkin bisa mencari alternatif smartphone lainnya, seperti Poco X5 Pro.

Refresh Rate Kurang Maksimal

Meskipun refresh ratenya mencapai 120 Hz, Poco X3 Pro masih mengalami stutter (patah-patah) ketika pengguna melakukan scrolling. Hal yang sama juga terjadi ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Berdasarkan uji dari GSM Arena, stutter ini terjadi bukan karena chipset yang digunakan, tetapi dikarenakan layar dari X3 Pro yang kualitasnya masih kurang. Jika dijelaskan lebih lanjut, IPS layar Poco X3 Pro memiliki pixel yang butuh respon lebih lama, namun hal ini tidak menjadi hambatan dalam performanya.

Layar Bukan AMOLED

Walaupun di branding sebagai smartphone gaming, sungguh disayangkan Poco X3 Pro ini belum menggunakan layar AMOLED, tetapi masih menggunakan layar IPS LCD yang dilindungi Corning Gorilla Glass 6.

Hal ini mengakibatkan responsivitas smartphone akan lebih lambat dibandingkan layar AMOLED. Selain itu, warna yang dihasilkan bisa dibilang masih kurang pekat dan konsumsi daya lebih boros. Namun, layar IPS memiliki usia pakai yang lebih panjang serta masih dapat visibilitas walaupun di bawah sinar matahari.

Baca juga: Spesifikasi Poco M3 Pro: Termurah 2023!

Gimana Jagoans? Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apakah sudah memutuskan untuk membeli Poco X3 Pro? Sebelum membeli, kamu juga harus berhati-hati terhadap produk refurbished ya Jagoans!

Hal ini dikarenakan produk refurbished belum dijamin kualitasnya. Daripada pusing dan khawatir, mending cek di Jagofon aja yuk! Dijamin produknya original dan kamu juga akan mendapat asuransi selama 30 hari. Selain itu, kamu ikut berkontribusi dalam mengurasi limbah elektronik dengan berbelanja di Jagofon. Yuk beli produk gadget incaran kamu di Jagofon sekarang!