Product

February 2, 2024

5 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A

Lagi-lagi, Xiaomi merilis sebuah ponsel menarik di kelas entry-level nya. Ya, buat para Mi Fans, Xiaomi merilis Redmi 9A pada tahun 2020 dengan harga yang sangat bersahabat. Pasalnya dengan harga Rp. 1 jutaan saat rilis kamu sudah bisa memiliki ponsel dengan display yang luas. Dijamin kamu ga bakalan banyak komplain mengenai ponsel pintar ini.

Tapi, Jagoans jangan terburu-buru keluarin kocek dulu ya sebelum mengetahui isian dari Redmi 9A ini. Bisa jadi kamu malah seperti membeli kucing dalam karung. Oleh karena itu, kita akan membeberkan 5 kelebihan dan kekurangan Redmi 9A. Yuk kita simak bareng-bareng ulasan Redmi 9A di bawah ini.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 9 2023

Kelebihan Redmi 9A

Jika di lihat harganya yang murah, kamu pasti ragu akan spesifikasi Redmi 9A. Namun jangan dipandang sebelah mata dulu ya Jagoans, kelebihan Redmi 9A juga ada banyak kok. Oleh karena itu, yuk kita simak beberapa kelebihannya di bawah ini.

Kamera Cukup Memuaskan

Image Source: mi.co.id

Walaupun Redmi 9A hanya memiliki satu kamera, namun gambar yang dihasilkan cukup memuaskan. Adapun konfigurasi kamera belakangnya yaitu memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan lensa f/2.2, dengan lebar 28mm (wide), 1.0┬Ám dan dilengkapi fitur PDAF. Sementara itu, kamera selfie Redmi 9A memiliki konfigurasi 5 MP dengan bukaan lensa f/2.2 dan sudah support HDR.

Untuk mendukung pemrosesan gambar yang baik, sektor kamera Redmi 9A didukung beberapa fitur yang lumayan canggih. Adapun fiturnya seperti HDR, Selfie AI Beautify, Kaleidoskop, Palm shutter, serta AI Face Unlock. Jika dibandingkan dengan Redmi 9 yang memilik 4 kamera, hasilnya pun masih bisa di adu.

Berikut contoh hasil kamera Redmi 9A.

Image Source: yangcanggih
Image Source: yangcanggih
Image Source: yangcanggih

Ukuran Besar dan Kokoh

Image Source: mi.co.id

Redmi 9A memiliki bodi yang bongsor di kelasnya. Ponsel ini memiliki dimensi bodi 164.9 x 77.1 x 9 mm dengan berat 196 gram. Buat kamu yang mencari ponsel yang nyaman bisa digenggam dengan satu tangan, mungkin HP ini kurang cocok ya Jagoans. Sementara itu, ponsel ini juga tersedia dalam 3 varian warna, yakni Granite Grey, Sky Blue, Peacock Green.

Untuk sektor display, layar Redmi 9A dilapisi panel IPS LCD seluas 6,53 inchi dan memiliki resolusi 720 x 1600 serta memiliki rasio 20:9. Ponsel ini juga memiliki kerapatan pixel di 269 ppi dan memiliki refresh rate 60Hz.

Untuk kenyamanan mata kamu, Redmi 9A dilengkapi fitur low blue light agar kamu terhindar dari radiasi cahaya yang akan berakibat buruk dalam jangka waktu yang lama. Kemudian untuk menunjang aktivitas di luar ruangan, ponsel ini memiliki tingkat kecerahan maximum di 400 nits.

Baterai Bertenaga

Image Source: mi.co.id

Salah satu keunggulan yang menjadi daya jual Redmi 9A adalah kapasitas baterainya yang bongsor. Dibekali dengan daya 5000 mAh, kamu ga akan mengalami momen low-bat saat beraktivitas di luar ruangan. Jika kamu compare Redmi 9A dengan HP sekelas 1 jutaan lain, daya baterai HP Redmi 9A adalah juaranya.

Xiaomi juga mengklaim bahwa ponsel ini mampu bertahan selama 168 jam saat mendengarkan musik tanpa henti, 19 jam menonton video playback, 14 jam bermain game, dan 38 jam digunakan untuk menelepon.

Punya Slot Memori Eksternal

Image Source: carisinyal

Salah satu fitur penting yang kadang tidak ditemukan di ponsel mid-range dan high-end adalah adanya slot memeori external tanpa mengorbankan slot SIM. Fitur tambahan ini memang krusial buat kamu yang hobi mengumpulkan data atau file besar seperti video rekaman pribadi, foto pribadi, atau file film yang kamu simpan di HP.

Redmi 9A sendiri bisa menambah memori pada slot memori external sampai dengan 512 GB. Kamu juga bisa menyimpan data penting kamu di dalamnya. Alih-alih kamu harus me-reset ulang ponsel kamu karena suatu alasan tertentu dan file penting kamu akan aman dan tidak akan ikut terhapus ketika harus me-reset ulang ponselnya.

Android OS Up-to-Date

Image Source: Tekno Kompas

Sebagai perusahaan yang memperhatikan Mi Fans nya, Xiaomi berambisi mengedepankan software update yang cukup baik. Sebagai contoh Redmi 9A mendapat update terakhir sampai Android 12 dengan tampilan MIUI 13 yang pada saat rilis menggunakan Android 10 dan tampilan MIUI 11.

Walaupun sudah tidak mendapat update lagi, hal ini diwajarkan karena umur Redmi 9A sudah mau masuk ke dalam 4 tahun. Namun jangan khawatir, hal ini tidak berpengaruh kepada performa Redmi 9A.

Baca juga: Wow! Ini Spesifikasi dan Harga Terbaru Redmi 10 5G!

Kekurangan Redmi 9A

Eits tahan dulu Jagoans, sebelum beli Redmi 9A di Jagofon, alangkah baiknya kamu baca dulu beberapa kekurangan nya ya, siapa tahu menjadi deal breaker nih buat kamu. Tidak usah basa-basi lagi, yuk kita simak beberapa kekurangan Redmi 9A berikut.

RAM Kecil

Image Source: mi.co.id

RAM yang disuguhkan oleh Redmi 9A memang tergolong kecil, yakni di 2 pilihan LPDDR4X 2GB atau 3 GB. Dengan RAM sekecil ini, kecil juga harapan kamu untuk melakukan multitasking. Kamu akan terkendala saat berpindah-pindah aplikasi dan kemungkinan tidak akan responsif menjalankan aplikasi baru yang memiliki UI/UX yang tergolong berat.

Masih Pakai Port Micro-USB

Image Source: Hybrid.co.id

Harga yang harus dibayar saat membeli HP murah adalah mendapatkan ponsel yang masih menggunakan port Micro-USB. Hal ini disayangkan karena kecepatan data atau pengisian dayanya akan lebih lambat dari port USB Type-C.

Kamu juga akan sedikit kesusahan saat ingin mengisi ulang HP kamu karena bentuknya yang tidak reversible.

Tidak Fast-charging

Image Source: The Tech Edvocate

Hal yang mmungkin akan membuat Jagoans geleng-geleng kepala adalah ponsel yang tidak support fast charging. Hal ini terjadi pada Redmi 9A yang tidak memiliki teknologi pengisian daya cepat. Ponsel ini hanya mengandalkan pengisian daya standar 10 W yang akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya 5000 mAh nya, yakni sekitar 2 jam dari 0% sampai 100%.

Performa Kurang Memadai

Image Source: mi.co.id

Redmi 9A ditenagai chipset MediaTek Helio G25. Performa chipset yang memiliki prosesor Octa-core ini memang kurang bisa mengangkat game berat di jaman sekarang. Hal ini dibuktikan setelah pengetesan pada aplikasi AnTuTu v8 yang mana hanya meraih skor 91.000. Skor ini tergolong sangat rendah dibanding dengan Redmi 9 yang memakai chipset Helio G80 yang meraih skor 202.000.

Buat Jagoans yang mengharapkan ponsel ini untuk gaming apalagi game berat, lebih baik membuang expektasi tersebut ya.

Semenara itu, jika dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk chatting, bermain sosial media, atau menonton anime dan series dari Netflix, ponsel ini masih tergolong baik performanya.

Cek Redmi 9A di Jagofon!

Nah, bagaimana nih Jagoans, kamu masih tertarik untuk mengantongi Redmi 9A? jangan ragu jika sudah yakin ya, karena harga jual Redmi 9A sekarang ada yang di bawah 1 jutaan loh di Jagofon! Kalau tidak percaya langsung saja cek katalognya ya.

Sedikit informasi tambahan, Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget/HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget/HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP/gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP/gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!

Share on: