Comparison

Perbedaan MacBook dengan Laptop Biasa, Jangan Sampai Keliru

Tidak dapat dipungkiri bahwa komputer atau laptop menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang dibutuhkan untuk bekerja, baik itu kerja di kantor maupun di rumah.

Bahkan semenjak pandemi kemarin, laptop menjadi salah satu instrument yang penting untuk menjalani hidup.

Bicara soal laptop, ada berbagai alasan untuk memilih laptop yang cocok buat seseorang, contohnya apakah laptop ini untuk gaming, desain, editing, programming, dan sebagainya.

Kita akan bahas dua jenis laptop yang populer, yaitu Macbook dan laptop Windows.

Jangankan diantara dua jenis tersebut, memilih diantara Macbook Pro dan Macbook Air saja terkadang bisa membuat bingung.

Mungkin masih ada yang belum tahu apa beda Macbook dengan laptop Windows. Untuk mengetahui apa bedanya Macbook dengan laptop lebih rinci, simak artikel berikut.

Perbedaan Dasar Macbook dan Laptop

Dilihat dari fungsinya, keduanya sama-sama laptop yang berfungsi sebagai komputer portable. Namun sebenarnya, apa bedanya Macbook dengan laptop? Jika dilihat lebih rinci, kamu akan bisa melihat perbedaannya.

Branding dan harganya, Macbook ditujukan untuk kelas menengah keatas sedangkan laptop Windows ditujukan untuk kelas apapun dari bawah hingga atas tergantung merek, tipe, dan spesifikasinya yang beragam.

Perbedaan kebutuhan tersebut didukung oleh spesifikasi yang ada pada laptop, namun harga yang ditawarkan juga berpengaruh. Semakin canggih spesifikasinya, semakin tinggi pula harganya. Namun, hal itu disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya kamu butuh laptop dengan kamera yang bagus atau butuh GPU yang bagus, kamu bisa memilih laptop sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

Selain itu, beda Macbook dengan laptop yang cukup signifikan adalah sistem operasinya.

Macbook menggunakan macOS yang khusus dirancang Apple, sedangkan laptop menggunakan OS Windows.

Bicara soal OS, ternyata Apple Watch punya OS tersendiri loh, namanya watchOS.

Bingung Pilih Laptop OS Windows atau MacOS? Ini Jawabannya

Kesamaan Macbook Dengan Laptop

Kita sering mendengar apa bedanya Macbook dengan laptop, tapi apa sih persamaannya?

Sebelum mengetahui perbedaannya, kamu perlu tahu terlebih dahulu persamaannya.

Kesamaannya sudah sangat jelas, Macbook dan laptop Windows adalah sama-sama komputer portabel yang mudah dibawa kemana-mana.

Meskipun teksturnya berbeda, desain kedua perangkat ini mirip dan tidak banyak perbedaan.

Keduanya memiliki tipe yang mendukung kinerja penuh dengan teknologi pendingin, maupun tipe yang simple dan ringan.

Namun sebenarnya, Macbook dan laptop didesain sangat berbeda, sehingga sangat sulit untuk menemukan kesamaannya.

Karena itu, biasanya orang-orang akan memutuskan untuk memilih antara Macbook atau laptop terlebih dahulu dibandingkan memilih antar laptop Windows.

Macbook adalah milik Apple dan hanya diproduksi oleh Apple. Sedangkan laptop Windows diproduksi oleh banyak merek, seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, atau Realmi mempunyai laptop dengan berbagai jenis.

Kalau persamaannya tidak dapat ditemukan, mari kita bahas beda Macbook dengan laptop.

You Can Finally Run Windows On Your M1-Based Mac, But With A Catch

Kelebihan Macbook yang Tidak Dimiliki Laptop

Terdapat beberapa perbedaan signifikan diantara kedua OS tersebut. Untuk mematikan program pada Windows, kamu perlu klik tanda ‘x’ yang berada di ujung kanan atas layar Pada beberapa program, kamu perlu membuka Task Manager untuk mematikan program tersebut secara total.

Sedangkan pada Macbook, tanda silang hanya menutup program tersebut tapi tidak mematikannya. Untuk mematikan program secara total, kamu perlu klik kanan program lalu klik ‘Quit’. Kamu akan mengetahui program mana yang belum dimatikan dengan tanda lingkaran putih kecil yang terletak di bawah program tersebut.

Mengapa poin ini merupakan salah satu kelebihan Macbook?
Karena program yang belum dimatikan akan terlihat dan dapat dimatikan dengan mudah. Berbeda dengan Windows, meskipun kamu sudah menutup semua program yang ada pada ‘hidden icons’ pada kanan bawah layar, beberapa program masih berjalan jika dicek di Task Manager.

Selain itu, produk Apple sangat dikenal dengan keamanannya karena hampir tidak ada atau sedikit virus yang beredar. Berbeda dengan Windows yang sangat rawan terhadap virus dalam bentuk apapun.

Mungkin salah satu contoh fitur yang disebutkan diatas tidak menjelaskan apa bedanya Macbook dengan laptop Windows secara jelas. Namun, kamu bisa temukan banyak perbedaan lainnya pada OS yang berbeda.

MacBook Pro 13 inch M1 – Retina Display – Touch Bar – Apple M1 Chip with  8-Core CPU and 8-Core GPU 512GB Storage – Mac Store Indonesia

Kelebihan Laptop yang Tidak Dimiliki Macbook

Alasan beda Macbook dengan laptop ini merupakan salah satu penentu dalam pengambilan keputusan yang paling besar, yaitu game.

Data dari hasil wawancara ataupun hasil voting menunjukkan bahwa banyak yang tidak mau membeli Macbook karena tidak mendukung game, sampai-sampai banyak yang tidak pikir panjang untuk memilih diantara Windows atau Macbook, sampai-sampai ada sebutan fans Windows garis keras, alasannya karena spesifikasi yang mendukung game ini.

Laptop Windows sangat mendukung untuk bermain game. Para developer juga didukung untuk distribusi game untuk Windows dengan program yang dijalankan dan spesifikasi yang digunakan.

Hingga saat ini, Macbook belum mendukung untuk gaming terutama untuk game triple A dengan kualitas yang maksimal dan gambar yang rinci. Ada beberapa developer game yang tidak memberikan opsi untuk download di macOS.

Berbeda dengan iPhone atau iPad yang dirancang untuk mendukung game, bahkan bisa mendukung game terbaru dengan kualitas yang baik seperti handphone Android.

Meskipun begitu, kamu masih bisa menggunakan Macbook untuk bermain game yang spesifikasinya mendukung, tidak hanya game yang ringan saja.

Amazon.com: Lenovo IdeaPad 3i 15.6" FHD Gaming Laptop 2022, 11th Gen Intel  i5-11300H(up to 4.4GHz), 16GB RAM 1TB NVMe SSD, GeForce GTX 1650, USB-A&C  RJ45, Windows 11 : Electronics

Perbedaan Macbook dan Laptop Second

Jika Macbook atau laptop kamu rusak, jumlah service center yang tersedia juga berbeda. Cabang perusahaan atau toko resmi atau mitra resmi dari laptop Windows lebih banyak dibandingkan Macbook.

Tempat reparasi yang dibahas hanya untuk laptop saja, belum membahas merek laptop yang juga ada handphonenya. Untuk reparasi Macbook, tempat reparasinya bergabung dengan produk Apple lainnya termasuk iPhone, Airpods, iMac, dan Apple Watch.

Selain itu, komponen untuk laptop Windows lebih mudah didapatkan karena tersedia dimana-mana. Sedangkan untuk Macbook, komponen tidak mudah didapatkan. Komponen-komponen Macbook maupun produk Apple lainnya sulit untuk diduplikasi dengan kualitas yang hampir persis.

Jika menggunakan komponen Macbook yang duplikasi atau kw mungkin kinerjanya tidak sebagus yang asli atau bahkan dapat merusak laptop dalam jangka panjang.

Untuk membetulkan Macbook, disarankan untuk pergi ke tempat resmi atau individu yang sudah mahir dan terlatih khusus menangani produk Apple atau Macbook.

Unbranded Laptop Without Logo - NovaCustom

Pilih Macbook atau Laptop?

Nah, tadi adalah beda Macbook dengan laptop Windows. Kamu jadi tahu kan apa bedanya Macbook dengan laptop. Jadi, apakah kamu sudah memutuskan untuk membeli yang mana yang sesuai untuk kamu?

Pertama-tama, ketahui dulu apa kebutuhanmu dan berapa budgetmu. Kalau khawatir harganya terlalu tinggi, kamu bisa cek di Jagofon aja ya!

Meskipun perangkat elektroniknya second, kualitasnya bukan berarti buruk loh. Barang bekas tidak selalu buruk.

Selain harganya yang terjangkau, kamu juga akan merasa aman karena mendapatkan garansi yang bisa kamu klaim.