Product

5 Rekomendasi Smartphone Terbaik Tahun 2023 Versi Jagofon

Samsung adalah salah satu merk HP yangs sering digunakan oleh orang-orang sampai sekarang. Hal ini berkat kualitasnya yang terjamin dan sistemnya yang cukup bersahabat, bahkan untuk orang tua. Tapi, selain Samsung, ada juga merk lain seperti iPhone yang sering bisa dilihat dimana-mana.

Bagi kamu yang mau ganti HP tahun ini, Jagofon punya rekomendasi Smartphone terbaik tahun 2023 ini. Yuk, dilihat apa saja smartphone-nya!

Samsung Galaxy Z Flip

Source: Tokopedia

Samsung Galaxy Z Flip adalah salah satu smartphone terbaik yang terkenal dengan desainnya yang unik. HP ini datang dengan desain terlipat yang terinspirasi dari HP jadul dengan model flip.

Selain modelnya yang unik, Samsung Galaxy Z Flip punya beberapa plus poin seperti kamera yang baik, materi yang berkualitas, dan performa yang oke. HP lipat ini datang dengan kamera depan dan belakang dengan 12 MP. Hasil jepretannya bersih, terang, jelas, dan memiliki warna tajam. Tidak usah khawatir kalau HP-nya bakal lemot ketika foto, karena HP ini dilengkapi dengan Snapdragon 855+ dan 8 GB RAM.

Sayangnya, layarnya rapuh. Meskipun bahan layarnya berkualitas, layarnya akan mendapatkan bekas lipatan di tengah karena desainnya. Dan karena hardware-nya cukup berat, HP ini boros di baterai dan kamu harus menyisakan waktu untuk charging karena Samsung Galaxy Z menggunakan fast charging 15W.

iPhone 14

Source: Apple

iPhone 14 adalah series terbaru dari Apple yang dirilis tahun 2022 lalu. iPhone 14 mengalami rombakan yang drastis di desain mereka, mulai dari Dynamic Island yang unik dan bodi terbuat dari aluminium dan kaca. Meskipun HP-nya terbuat dari kaca, iPhone 14 terlindungi berkat Gorilla Glass di depan dan belakang.

Kamera iPhone 14 juga oke. Meskipun megapiksel-nya cuma 12, kameranya memiliki sensor yang lebih tajam yang menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam. Kameranya juga memiliki fitur ultra wide dan autofocus untuk pengambilan gambar yang lebih baik.

Ketika iPhone 14 dirombak desainnya, HP terbaru Apple ini juga kehilangan banyak hal seperti slot SIM, kartu memori, dan audiojack 3,5 mm yang biasanya ada di semua iPhone. Terlebih lagi, lubang charger sekarang pun tidak universal alias tidak bisa digunakan dengan USB type C. Berarti, kamu harus menghabiskan uang untuk beli charger khusus untuk iPhone 14.

Kekurangan iPhone 14 tidak berhenti di situ juga. Tidak semua series 14 punya Dynamic Island, karena semua series 14 kecuali versi Pro memiliki notch. Sungguh disayangkan, mengingat semua series 14 tidak jauh perbedaannya dalam segi fitur, performa, dan kualitas. Bahkan, banyak fitur yang ada di iPhone 14 identik dengan iPhone 13.

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

iPhone 13

Source: Apple

Smartphone terbaik tahun 2023 lain untuk kategori Apple adalah iPhone 13. Meskipun HP ini dirilis tahun 2021, HP ini masih menjadi favorit banyak orang karena berbagai fitur mereka. Kamera 12 MP milik iPhone 13 dilengkapi dengan ultra wide dan sensor yang bisa membantumu untuk memotret di tempat dengan cahaya minim. Untuk kamu yang suka merekam video, kamu bisa menggunakan Cinematic Mode.

Meskipun kameranya cukup berat, tidak usah khawatir karena iPhone 13 dilengkapi dengan A15 Bionic dan baterai yang tahan lama. Sehingga, HP kamu akan selalu mulus apapun aplikasi yang digunakan. Speakernya pun juga bagus karena dilengkapi dengan  Dolby Atmos yang membuat pengalaman menonton atau gaming kamu lebih immersive.

Meskipun iPhone 13 memiliki performa dan fitur yang baik, tidak ada perubahan yang signifikan di desain HP-nya. Selain itu, refresh rate iPhone 13 juga cukup rendah yaitu 60 Hz. cukup disayangkan mengingat ada 90 Hz dan 120 Hz yang ada di iPhone lain. Dan meskipun kameranya 4K, kamu cuma bisa merekam dengan 1080HD saja. Padahal, ada fitur 4K yang bisa digunakan untuk foto.

Kekurangan terakhir dari iPhone 13 adalah waktu charging yang lama. Meskipun kita bisa wireless charging di iPhone 13, HP ini masih belum mendukung fast charging. Jadi siap-siap saja untuk menyisakan waktu yang banyak untuk mengisi baterainya.

Samsung Galaxy S23

Source: Samsung

Bagi pecinta Samsung, kamu bisa mencoba Samsung Galaxy S23. Hp yang dirilis pada tahun 2023 ini ada beberapa upgrade yang memberikan kesan premium. Salah satu dari upgrade tersebut adalah layar AMOLED dengan fitur yang membuat layarnya lebih cerah dan tajam dibandingkan dengan HP Samsung lain.

Highlight lain dari HP ini adalah chipsetnya yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini dilengkapi dengan clock speed yang lebih maksimal sehingga performa S23 lebih optimal dan baik. Baterainya pun juga bisa bertahan dalam waktu yang lama, sehingga chipsetnya bisa bekerja dengan baik tanpa batasan waktu.

Sayangnya, performa Samsung Galaxy S23 tidak begitu stabil. Kadang ada saat dimana performanya cepat dan optimal lalu turun setelah beberapa menit. Kekurangan ini bisa membuat kamu terganggu ketika melakukan aktivitas seperti gaming atau streaming. Selain itu, performanya juga akan termakan dengan sistem UFS 3.1 untuk memorinya. Sistem ini tidak se-efisien UFS 4.0 sehingga bisa menyita waktu sistem.

Dan jangan berharap dengan merchandise asli dari Samsung, karena HP ini tidak dijual dengan kotak charger-nya. Ya, kamu harus beli charger-nya secara terpisah yang berarti kamu harus mengeluarkan uang lebih.

Baca juga: Samsung S23: Kamera Epik, Performa Ciamik!

Samsung Galaxy S22

Source: Samsung

Kalau Samsung Galaxy S23 terlalu mahal, kamu bisa menggunakan Samsung Galaxy S22. Meskipun HP ini menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 sebagai chipset mereka, tidak usah khawatir karena chipset ini mempunyai performa yang tangguh dan cepat. Performanya juga mendukung sensor baru yang ada di kamera. Meskipun resolusi kamera menurun, sensornya bisa membantu kamu untuk mendapatkan foto dengan hasil yang cerah dan penuh detail.

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy S22 adalah speaker dan Haptic Feedback-nya. Speaker HP ini dibuat oleh perusahaan audio terkenal bernama AKG. Untuk Haptic Sensor, banyak orang memujinya karena sensornya sangat responsif dan mempunyai suara yang jernih dan jelas.

Sayangnya, performa Samsung Galaxy S22 tidak seimbang dengan daya baterainya. Daya baterainya hanya 3700 mAh dan bisa bertahan maksimal 9 jam apabila digunakan dengan banyak aplikasi. Dan sama seperti adiknya, Samsung Galaxy S22 mempunyai performa yang tidak stabil.

Kesimpulan

Kalau kamu sudah yakin mau ganti HP kamu dengan smartphone terbaik tahun 2023 ini, kamu bisa mendapatkan HP idaman di Jagofon. Selain lebih murah, semua HP second Jagofon dijamin berkualitas karena Jagofon selalu melakukan testing di 90+ titik produk mereka.

Dengan testing ini, Jagofon ingin memastikan bahwa HP-nya akan dikirim dengan keadaan baik ke pelanggannya. Yuk, beli HP terbaik di tahun 2023 dengan  harga miring di Jagofon sekarang!