JagoHacks

7 Cara Masuk FYP Di TikTok dengan Cepat

TikTok adalah salah satu media sosial yang paling dikenal sekarang. Pada Q3 2022, setidaknya ada 1.5 miliar user yang aktif menggunakan TikTok setiap bulan, dan setidaknya ada 1 miliar video ditonton setiap bulan di TikTok.

Yang membuat TikTok unik adalah algoritmanya, dimana siapa pun bisa FYP atau trending, mulai dari anak kecil sampai kakek tua, apabila mereka berhasil membuat konten yang menarik perhatian, mereka bisa jadi terkenal hanya karena satu video. Nah, bagaimana sih biar kita bisa masuk FYP? Yuk, simak tips cara masuk FYP TikTok dengan cepat di bawah ini!

1. Jangan Fokus ke Kuantitas, tapi ke Kualitas

Source: DC Studio

Salah satu kesalahan yang sering dibuat oleh content creator TikTok adalah membuat video terlalu sering. Ini bukan berarti kamu tidak boleh sering upload video. Hanya saja, upload video non-stop tanpa melihat kualitas video tidak akan efektif. Daripada kamu fokus ke jumlah video yang ada, lebih baik kamu mencari “formula” video yang berkualitas dan cocok untuk kamu.

Tidak ada formula video berkualitas yang “pasti,” tapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar video kamu terlihat high-quality. Pertama, kamu harus mencari style video yang cocok untuk kamu. Kamu bisa mendapatkannya dengan bereksperimen menggunakan beberapa video atau edit video kamu.

Selain style, kamu juga harus memastikan bahwa video yang dihasilkan tidak akan pecah atau buram ketika di upload. Kamu bisa menggunakan HP berkamera bagus atau edit videonya di Capcut untuk mencapai kualitas HD.

Selain kualitas video, kamu juga harus membuat konten yang berkualitas juga. Pastikan konten kamu relatable, lucu, dan juga disenangi oleh audiens niche kamu. Cara masuk FYP TikTok satu ini mungkin agak sulit, tapi kalau kamu sudah menemukannya dan konsisten membuat konten tersebut, videomu pasti akan cepat FYP.

2. Buat Video Berdurasi Pendek

Source: Raw Pixel

Kalau kamu lihat beranda FYP kamu, kebanyakan video yang sukses masuk FYP adalah video yang mempunyai durasi pendek. Hal ini karena setidaknya 50% dari warga TikTok merasa bahwa video dengan durasi pendek lebih enjoyable ketika mereka ditonton. Bahkan, banyak yang merasa bahwa video berdurasi lebih dari satu menit bisa membuat mereka stres!

Oleh sebab itu, pastikan video kamu mempunyai durasi pendek. Pastikan durasi videomu tidak lebih dari 30 detik. Tentu saja, kamu harus pintar-pintar membuat kontenmu karena kamu dibatasi oleh waktu. Kamu harus memastikan semua yang ingin kamu sampaikan sukses dirangkum dalam waktu setengah menit saja.

Baca juga: Tips Foto HP di Pantai

Source: freepik.com (katemangostar)

Percaya atau tidak, penggunaan sound yang trending bisa membantu videomu cepat masuk FYP TikTok. Sebuah sound akan trending ketika banyak orang like, comment, dan share video dengan suara tersebut. Jadi, ketika kamu menggunakan sound yang trending, ada kemungkinan bahwa orang-orang akan melihat videomu lebih cepat dari biasanya.

Tentu saja, sound bukan hanya faktor yang akan membuat videomu cepat trending. Kamu juga harus memastikan bahwa videomu cukup menarik sehinga orang-orang akan comment, like, dan share video kamu. Jika kamu sukses membuat kontent menarik dengan video trending, yakin deh videomu pasti akan masuk FYP!

4. Memakai Hashtag dengan Tepat

Source: freepik.com

Cara masuk FYP TikTok satu ini lumayan tricky. Karena ada mitos TikTok yang mengatakan bahwa videomu akan trending kalau kamu tidak menggunakan hashtag. Padahal, hashtag digunakan agar videomu bisa “menjaring” audiens yang diinginkan.

Contohnya, kamu upload video soal makanan. Kalau kamu menggunakan hashtag yang berhubungan dengan makanan, kemungkinan videomu akan muncul di FYP food lovers lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak melihat video makanan di TikTok. Kalau video kamu nongol di beranda FYP food lovers, akan lebih tinggi pula kemungkinan video kamu di-comment, like, dan share oleh para food lovers. Video tanpa hashtag mungkin akan memperluas audience kamu, tapi apa gunanya hal tersebut apabila mereka tidak share, comment, dan like video kamu?

Oleh sebab itu, pastikan kamu menggunakan hashtag yang benar. Mereka harus sesuai dengan konten dan audience yang ditargetkan. Jika tidak, videomu pasti sepi nanti.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp

5. Bangun Engagement

Source: DC Studio

Salah satu cara masuk FYP TikTok yang bisa kamu gunakan untuk menambah interaksi di videomu adalah membangun engagement di kontenmu. Kamu bisa membangun engagement dengan membuat caption menarik yang mengajak audiens untuk nonton videonya sampai habis atau komen di videonya.

Kalau menurutmu caption kurang ampuh, kamu bisa melakukannya di videomu dengan menanyakan “menurut kalian bagaimana? (atau komen yang mirip dengan contoh). Hal tersebut terlihat simpel, tapi mereka bisa mendorong audiens untuk menulis komen di videomu. Semakin banyak orang yang koomen, semakin tinggi pula kemungkinan videomu masuk FYP.

6. Tulis Caption yang Menarik

Source: freepik.com (lifestylememory)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, caption bisa digunakan untuk mengundang audiens. Semakin menarik captionmu, semakin banyak orang yang akan like, share, dan comment videomu.

Tentu saja, captionnya tidak wajib untuk mengajak audiens untuk komen. Hal-hal kecil seperti caption yang lucu bisa membuat orang lain komen di video. Tapi jika hal itu terlalu sulit, kamu bisa menggunakan caption untuk memulai diskusi di bagian komentar.

Untuk variasi, kamu bisa menulis caption seperti “tonton sampai habis” agar penonton tidak pergi dari video. Atau, kamu bisa menulis proses pembuatan video seperti menaruh jumlah waktu yang dipakai untuk membuat videonya.

Baca juga: 5 Alasan Macbook Air Cocok Bagi Mahasiswa

7. Upload Konten di Waktu yang Tepat

Source: freepik.com

Waktu kamu upload konten juga bisa mempengaruhi ketenaran videomu. Jika kamu upload videomu ketika traffic TikTok sedang tinggi, lebih besar kesempatan buat videomu sering ditonton setelah kamu langsung upload.

Cara masuk FYP TikTok satu ini menyarankan kamu memilih upload video di waktu yang tepat, kamu bisa melihat berandamu di Pro Account dan lihat jam upload videomu yang paling ramai. Atau, kamu bisa mengunggah video ketika orang sedang istirahat, seperti jam makan siang (jam 12.00) atau jam pulang seperti jam 16.00 atau jam 17.00. Kalau kamu bisa memadukan waktu upload yang tempat dengan konten yang menarik, niscaya videomu pasti langsung rame.

Siap untuk FYP?

Meskipun ada berbagai trik agar kamu bisa FYP, kamu tetap harus fokus kepada kualitas videomu. Kontennya harus relatable, gampang dicerna, bisa menarik perhatian, dan tentu saja, high-quality.

Kalau kamu mau beli HP high-quality untuk rekam TikTok tapi punya budget pas-pasan, kamu bisa membeli HP second di Jagofon. Jagofon menyediakan HP second dengan kualitas yang terjamin karena semua HP mereka sudah melewati tes fungsi.

Jadi, HP yang kamu dapat dari Jagofon akan selalu berfungsi dengan baik! Kalau kamu nggak percaya, ayo buat profil baru di Jagofon dan masukan HP impianmu ke keranjang. Dijamin bakal kaget dengan harganya!