JagoHacks

Apa Itu Wireless Charger dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Jagoans masih nge-charge HP pakai kabel? mana maen, Jagoans! Selain menggunakan metode konvensional yang menyambungkan HP kamu dengan kabel USB untuk mengisi daya, ada beberapa metode lain untuk mengisi daya baterai HP atau perangkat elektronik kamu, salah satunya adalah menggunakan wireless charger alias pengisi daya nirkabel.

Dunia teknologi semakin berkembang dan fitur wireless charging semakin diminati oleh para produsen smartphone untuk disematkan ke dalam fitur tambahan yang bisa menjadi elemen penting untuk meningkatkan daya jualnya.

Namun, untuk sebagian orang fitur ini terasa asing, karena memang biasanya hanya disematkan ke dalam HP flagship seperti Samsung seri S atau produk Apple seperti iPhone dan aksesorisnya.

Nah, buat Jagoans yang kurang paham apa itu wireless charger dan bagaimana cara menggunakannya, yuk simak artikel di bawah ini.

Baca juga: AirPods Pro: Hadir Dengan Wireless Charging Case

Apa Itu Wireless Charger?

Wireless Charger - Jagofon
Image Source: Popular Science

Seperti namanya, wireless charger adalah pengisi daya tanpa kabel tambahan yang berfungsi untuk menambah daya baterai HP atau perangkat elektronik kamu. Walaupun tidak menggunakan kabel, kamu harus menempelkan atau mendekatkan HP kamu dengan wireless charger karena memang kerjanya menggunakan sistem induksi elektromagnetik.

Biasanya untuk mengisi daya secara nirkabel atau wireless, kamu membutuhkan alas atau pad yang terhubung dengan arus listrik. Setelah terhubung, kamu tinggal menempelkan HP kamu yang sudah mendukung fitur ini, dan kamu sudah bisa mengisi daya baterai tanpa harus memasang kabel USB ke HP kamu.

Tentu cara ini sangat praktis dan efisien, karena kamu tidak perlu repot-repot menggunakan kabel, apalagi kamu memiliki beberapa perangkat yang harus diisi ulang daya baterainya secara bersamaan.

Namun, tidak semua pad atau alas wireless charger mendukung semua perangkat atau HP yang support fitur ini. Hal ini dikarenakan perbedaan teknologi dan metode transfer daya. Ada yang menggunakan metode induksi medan magnet dan ada juga yang menggunakan metode resonansi medan magnet yang menjadi standar teknologi wireless charging untuk saat ini.

Oleh karena itu lahirlah beberapa konsorsium yang menghadirkan standar wireless charging, salah satunya adalah Qi (dibaca: Chi) yang menggunakan teknologi wireless charging yang tadinya berstandar induksi medan magnet kemudian dalam perkembangannya mulai beralih ke resonansi medan magnet.

Qi sendiri memang sudah sangat populer dan terkenal terutama lewat produk Apple dan Samsung yang memang sudah memiliki kerja sama dan mengeluarkan sebuah sertifikasi. Sehingga semua perangkat yang memiliki sertifikasi Qi bisa menggunakan wireless charger yang sama.

Selain itu ada standar wireless charging lain yang bernama PMA alias Power Matter Alliance. Standar ini menggunakan teknologi yang sama dengan Qi yang menggunakan induksi medan magnet namun tidak memiliki kompatibilitas yang sama dengan Qi. Jadi kamu tidak akan bisa mengisi HP kamu yang bersertifikat Qi ke dalam wireless charger bersertifikat PMA.

Lalu ada standar wireless charging bernama Rezense. Standar yang menganut teknologi resonansi medan magnet ini memiliki keunggulan yang unik. Kamu tidak perlu menempelkan perangkat kamu di atas pad untuk mengisi daya dan bisa mengisi beberapa perangkat secara langsung selama jaraknya berdekatan dengan pad nya.

Nah, itulah beberapa penjelasan wireles charger dan beberapa standarnya. HP Samsung sendiri memiliki beberapa sertifikat Qi pada seri S nya, namun ada pula yang tersertifikasi PMA.

Keunggulan Wireless Charger

Apa Itu Wireless Charger dan Bagaimana Cara Menggunakannya? - Jagofon
Image Source: IndoGamers

Wireless charger memiliki beberapa keunggulan, salah satu diantaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Menggunakan wireless charger bisa meningkatkan kualitas hidup kamu. Kamu akan dibebaskan dari keribetan memasang dan mencabut kabel USB ke dalam HP Samsung kamu saat ingin mengisi daya.

Kamu juga bisa menghemat waktu saat seharian berada di luar. Saat pulang dari rumah dan menuju kamar, kamu pasti lelah dan pasti daya baterai iPhone kamu sudah rendah dan harus diisi ulang. Dengan menggunakan fitur wireless charging di iPhone, kamu tinggal meletakkan ponsel kamu di atas pad yang tersedia dan kamu tinggal menunggunya sampai penuh sambil beristirahat.

Tidak Khawatir Harus Ganti Kabel USB

Menggunakan kabel USB memiliki risiko tersangkut atau terputus. Jika hal ini terjadi, mau tidak mau kamu harus beli kabel yang baru. Dengan menggunakan wireless charger juga ruangan kamu akan lebih terorganisir tanpa ada kabel yang terlihat semrawut.

Port Pengisian Daya Terhindar dari Kerusakan

Port charging yang ada di HP akan mengalami masalah atau rusak jika dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini tidak akan terjadi jika kamu lebih sering menggunakan wireless charger ketimbang menggunakan kabel.

Charging Pad Bisa Dipakai Lintas OS dan Brand

Pad wireless charger dan smartphone yang tersertifikasi oleh Qi seperti Samsung dan iPhone bisa menggunakan charger yang sama walau berbeda brand. Jika kamu menggunakan kabel, kamu harus menyesuaikan port yang digunakan oleh HP kamu, antara Lightning, Type-C, atau bahkan microUSB.

Kekurangan Wireless Charger

Kelebihan dan Kekurangan Wireless Charger Pada Smartphone - Jagofon
Image Source: Ubox.id

Walaupun memiliki kelebihan yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup kamu, wireless charger juga memiliki beberapa kekurangan, salah satu diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengisian Daya Lebih Lama

Mengisi daya baterai menggunakan wireless charger tergolong lebih lama. Arus yang dialirkan biasanya lebih rendah ketimbang menggunakan kabel sehingga memperlambat durasi pengisian daya baterai. Kamu bisa ambil contoh pada iPhone 14 yang support wireless charging hanya sampai 7,5W saja.

Mobilitas Terbatas

Saat menggunakan wireless charger, kamu tidak bisa menggeser atau memakai HP kamu. Jika kamu mengangkat atau menggesernya saja, proses pengisian daya baterai akan terhenti.

Harga Tergolong Mahal

Untuk kaum mendang-mending, harga wireless charger memang tergolong mahal daripada memakai charger bawaan konvensional. Walaupun banyak bertebaran wireless charger murah, disarankan menggunakan wireless charger yang sudah tersertifikasi Qi atau PMA untuk menambah masa pakai baterai HP kamu ya Jagoans.

Tak seperti wireless charger abal-abal, iPhone mengeluarkan perangkat yang sudah tersertifikasi Qi. Seperti produk terbarunya iPhone 14 dan iPhone 15 yang sudah didukung MagSafe wireless charging sampai dengan 15W.

Cara Pemakaian Wireless Charger

Apa Itu Wireless Charger dan Bagaimana Cara Menggunakannya? - Jagofon
Image Source: Beritrust

Untuk memulai menggunakan wireless charger, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan. Adapun cara pemakaian wireless charger adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum memutuskan menggunakan wireless charger, pastikan HP atau perangkat elektronik kamu sudah didukung fitur wireless charging dan memiliki sertifikasi yang sama antara Qi atau PMA atau yang lainnya.
  2. Hubungkan pad wireless charger kamu dengan listrik yang ada di rumah kamu.
  3. Pilih tempat yang datar untuk meletakan pad wireless charger-nya.
  4. Tempatkan HP di atas pad atau berdiri, tergantung model pad yang kamu beli dengan layar menghadap ke depan.
  5. Tunggu dan biarkan HP kamu terisi.

Baca juga: Inilah HP Yang Mirip Dengan iPhone X, Harga Terjangkau

Kesimpulan

Memutuskan membeli HP yang support wireless charging bukanlah keputusan yang buruk. Hidup kamu akan terasa mudah dan ruangan kerja terasa rapi saat memakai wireless charger.

Samsung dan iPhone adalah 2 brand yang sering menyematkan fitur wireless charger pada produk andalannya. Samsung seri S, bahkan iPhone seri terbaru menyematkan fitur ini dengan teknologi yang lebih canggih.

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman menggunakan wireless charger, kamu bisa beli HP yang support wireless charging nya di Jagofon! Karena Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Ini cara baru beli gadget bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!