JagoHacks

Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Dynamic Island? Simak Disini!

iPhone 14 Pro dan Pro Max pertama kali memperkenalkan fitur interaktif bernama Dynamic Island. Fitur yang menghebohkan saat kemunculannya ini mentransformasi "poni" iPhone yang selama ini berada pada iPhone X sampai iPhone 13. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan dengan Dynamic Island?

Tak hanya tampilannya yang berubah, fitur yang terletak pada notch kamera depan ini memiliki beberapa fungsi. Penasaran dengan apa itu Dynamic Island dan beberapa fungsi serta keunggulannya? yuk simak disini!

Baca juga: Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli?

Dynamic Island

Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Dynamic Island? Simak Disini! | Jagofon
Image Source: Infinum

Dynamic Island adalah fitur interaktif baru yang mulai dirilis sejak update iOS 16 yang terletak pada notch kamera depan TruDepth nya. Mulai diperkenalkan dari iPhone 14 Pro dan Pro Max, sekarang fitur ini ada di semua model iPhone 15 Series.

Dynamic Island memiliki bentuk seperti pil di bagian atas layar ‌iPhone‌. Fitur ini bisa menyesuaikan bentuk dengan hardware kamera sebagai notifikasi aplikasi iPhone atau aktivitas kamu yang sedang berjalan. Penambahan elemen-elemen kecil seperti inilah yang membuat pengembangan iOS jadi semakin seru untuk diikuti.

Karena fitur ini aktif secara otomatis, kamu bisa melihat bar multitasking dalam hitungan detik tanpa perlu melakukan tindakan tambahan. Pengalaman UI baru ini tentu akan menarik perhatian Apple Fanboy untuk mencobanya.

Dari segi desain, penempatan Dynamic Island yang terletak di bagian atas memang proporsional, terlebih fungsinya yang memberikan informasi aktivitas yang iPhone kamu sedang jalankan, kamu tak akan melewatkan aktivitas atau kegiatan yang sedang berlangsung.

Keunggulan Dynamic Island

Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Dynamic Island? Simak Disini! | Jagofon
Image Source: TechRadar

Secara singkat, Dynamic Island memiliki tugas yang bisa mempermudah kamu dalam urusan multitasking. Cara kerja yang memadukan hardware dan software ini memungkinkan kamu untuk beralih antar satu fungsi ke fungsi lain tanpa harus membuka-tutup aplikasi terkait. Adapun keunggulan lainnya terkait Dynamic Island adalah sebagai berikut.

Kamu Bisa Melihat dan Berinteraksi dengan Aktivitas Background

Saat kamu menjalankan sebuah aplikasi yang berjalan di background, saat aplikasi tersebut memiliki sebuah update, kamu bisa langsung menerima informasinya pada Dynamic Island.

Beberapa aplikasi seperti screen recording, pemutar musik, aplikasi maps, timer, voice memo recording, notifikasi panggilan masuk, durasi panggilan telepon, skor fitness, koneksi personal hotspot, dan sesi SharePlay bisa langsung menampilkan update saat kamu menggunakannya atau tanpa kamu menggunakannya.

Contohnya jika kamu menggunakan aplikasi screen recording, Dynamic Island akan beralih fungsi sebagai alat yang bisa mengatur kapan kamu bisa menghentikan rekamannya. Pun ketika ada panggilan masuk, Dynamic Island akan berubah bentuk untuk menerima atau memberikan pilihan lain terhadap panggilan tersebut.

Mendapatkan Update Terkini Aplikasi yang Sedang Berjalan

Saat menjalankan sebuah aplikasi yang berjalan cukup lama seperti fitness tracking atau maps, kamu bisa memanfaatkan Dynamic Island untuk memberikan informasi terkini mengenai aktivitas aplikasi tersebut.

Kamu akan dimudahkan dalam melihat progres sebuah aplikasi yang bisa menghemat waktu tanpa harus membuka aplikasi tersebut.

Langsung Aktif Ketika Membuka iPhone

Tak perlu menekan suatu tombol fungsi atau suatu perintah, Dynamic Island akan secara otomatis aktif dengan seamless setelah kamu membuka iPhone kamu.

Hal yang memberikan kualitas hidup yang lebih baik ini memungkinkan kamu tak perlu repot memberikan perintah lain untuk melihat suatu notifikasi atau sebuah progres dari sebuah aplikasi yang sedang berjalan.

Beberapa Aktivitas Bisa Terlihat Secara Bersamaan

Selain menampilkan progres atau informasi dari sebuah aplikasi yang sedang berjalan, Dynamic Island juga bisa menampilkan beberapa aktivitas secara bersamaan.

Kamu bisa mengatur apa saja tugas dan aktivitas yang sedang ditampilkan pada Dynamic Island, kemudian kamu juga bisa mengaturnya sedemikian rupa seperti mematikannya, menggeser, mengubah kurang, dan lain sebagainya.

Nah, di atas adalah beberapa dari sekian banyak keunggulan dari Dynamic Island, namun sebenarnya apa sih fungsi dari Dynamic Island pada iPhone?

Fungsi Dynamic Island

Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Dynamic Island? Simak Disini! | Jagofon
Image Source: Apple Developer

Secara fungsi, Dynamic Island bisa menunjukkan sebuah peringatan iPhone dan menunjukkan task atau tugas yang sedang aktif. Kamu juga bisa melihat dan mengatur Dynamic Island menjadi tiga tampilan dengan berbagai perintah. Adapun beberapa cara merubah ukuran Dynamic Island iPhone adalah sebagai berikut.

  • Untuk memperbesar tampilan Dynamic Island supaya bisa melihat tugas lebih detail, kamu bisa sentuh dan tahan bagian Dynamic Island, atau kamu bisa menggunakan cara menggesernya dari bagian tengah menuju ke kiri atau kanan.
  • Untuk memperkecil ukuran Dynamic Island agar terlihat lebih ringkas, kamu bisa menggeser bagian ujung kanan atau kiri menuju arah tengah.
  • Kemudian untuk beralih antar task atau tugas pada Dynamic Island, kamu bisa menggeser dari satu sisi atau sebaliknya.

Nah, sekarang kondisi apa saja sih yang mengaktifkan notifikasi, peringatan, atau konfirmasi sebuah aksi yang ada pada Dynamic Island?

Berikut beberapa peringatan akan muncul ketika kamu membuka iPhone dengan Face ID, konfirmasi Apple Pay, notifikasi Find My, status transfer file via AirDrop, indikator saat kamera aktif, peringatan low-batt, status koneksi AirPods dan status baterainya, status pengisian daya ulang, status mode silent, notifikasi NFC, saat membuka Apple Watch, dan masih banyak lagi.

Hampir semua aktivitas yang kamu lakukan bersama iPhone bermuara pada Dynamic Island. Fungsinya yang versatile yang bisa memberikan notifikasi dan memberikan beberapa fungsi pada aplikasi yang sedang berjalan bisa meningkatkan kualitas hidup kamu ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu!

iPhone dengan Dynamic Island? Ada Disini!

Secara umum, Dynamic Island menyuguhkan fungsi pintasan sekaligus memberikan notifikasi dan peringatan aktual yang memberikan kemudahan saat menggunakan iPhone dan aksesorinya.

Kamu tak perlu repot membuka aplikasi secara penuh sehingga bisa memberikan pengalaman baru menggunakan iPhone. Dynamic Island juga terus mendapatkan pengembangan yang pasti akan terus dimutakhirkan untuk memberikan pengalaman menggunakan ponsel ke tingkat selanjutnya.

Jika kamu ingin mencicipi fitur canggih yang hanya ada di iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan iPhone 15 series ini kamu bisa membelinya di Jagofon dengan harga yang lebih murah loh Jagoans!

Walau harganya lebih murah, kualitasnya dijamin seperti HP baru. Jagofon hadir untuk kamu yang ingin membeli HP second impian dengan kualitas papan atas. Semua produknya 100% masih layak dan memiliki kondisi seperti baru. Hal ini dikarenakan semua produk sudah lolos pengujian dari 90+ titik fungsi, sehingga HP yang kamu beli sudah dijamin kelayakannya.

Jangan khawatir, semua HP yang dijual di Jagofon memiliki 7 hari garansi uang kembali, 1 Bulan garansi ganti mesin, dan memiliki pilihan tambahan masa garansi sampai dengan 6 Bulan dengan memberikan sedikit biaya tambahan.

Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!